Smartphone

Pilih mana: Oppo Reno 4 vs Oppo Reno 3?

Oppo merupakan salah satu merk smartphone yang berasal dari negeri Tiongkok. Sebelum merambah ke teknologi smartphone, OPPO memproduksi peralatan elektronik seperti LCD TV, Portable Media Player, MP3 Player, DVD, Disc Player, dan e Book. Pada tahun 2008 OPPO mulai  menciptakan dan menggarap suatu produk smartphone.

Pada tahun 2013, untuk pertama kalinya mengeluarkan produk smartphone untuk di pasar Indonesia secara resmi. Sebelum di pasarkan ke Indonesia, OPPO terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara diantaranya adalah Rusia, America, Thailand, Vietnam, dan Qatar. Sejak saat itu OPPO terus melakukan promosi untuk memperkenalkan kualitas produknya melalui iklan Media Cetak, Internet, dan TV. 

Namun, dengan banyaknya merk smartphone membuat persaingan di pasar kian ketat, maka dari itu mereka memastikan produknya memiliki daya jual dan daya saing yang kuat di setiap segmennya. 

Nah kabar gembira yang membuat smartphone yang satu ini menjadi populer adalah produk dengan seri terbarunya yaitu Oppo Reno 3 dan tidak lama dari itu disusul dengan Oppo Reno 4 yang tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda diantara produk Oppo yang sudah lebih dulu dirilis. Artikel kali ini akan membahas mengenai keduanya :

Oppo Reno 4

Oppo Reno 4 merupakan seri terbaru yang dikeluarkan oleh smartphone merk oppo. Oppo reno 4 merupakan generasi dari Oppo Reno 3 yang dimana spesifikasinya melebihi Oppo Reno 3. Dirilis di tahun ini pada tanggal 12 Oktober 2020 dan dipasarkan. Dibanding dengan Oppo Reno 3 tentunya oppo reno 4 membawa sejumlah peningkatan mulai dari desain, harga maupun spesifikasinya.

Oppo Reno 4 memiliki desain dengan tampilan depan layar AMOLED dan memiliki ukuran 6,4 inci dengan  resolusi Full HD Plus. Memiliki desain yang modern yaitu dual punch-hole serta alih-alih water drop notch seperti oppo Reno 3 yang sudah dirilis lebih awal. Read also: Pilih mana: iPhone 12 vs iPhone 11 pro max?

Keunggulan dari Oppo Reno 4 terdapat pada desain yang memiliki kamera selfie 32 Megapixel. Memiliki lubang kamera yang berbentuk kapsul dengan ukuran (f/2.4), AON Smart Sensor dan pada bagian kamera juga Oppo Reno memiliki 4 buah kamera. Oppo Reno 4 yang dilengkapi dengan memiliki konfigurasi kamera punggung yang sangat identik menjadi daya tarik sehingga menarik minat pembeli di target pemasaran dan menjadikan ciri khas untuk seri Oppo yang satu ini.

Dilengkapi keempat kamera yang terdiri dari kamera utama 48 Megapixel dengan ukuran (f/1.7), kamera ultrawide 8 Megapixel dengan ukuran(f/2.2), kamera marco 2 Megapixel dengan ukuran(f/2.4), dan kamera mono 2 Megapixel dengan ukuran(f/2.4).

Keempat nya ditunjang dengan sederet fitur pemotretan seperti AI Color Portrait, Ultra Steady Video, Monochrome Video, Night Flare Portrait, Ultra Dark Mode, 960fps Slow-motion, dan Ultra 108 Megapixel Clear Image.

Oppo Reno 4 juga memiliki baterai berkapasitas 4.015 mAh dengan mendukung teknologi pengisian sangat cepat VOOC 4.0 (30W). Smartphone dengan sistem operasi Android 10 yang sudah dilapisi dengan tampilan antarmuka yang khusus dari Oppo versi teranyar, Color OS 7.2.

Oppo Reno 4 yang memiliki RAM 8 GB ditenagai chip Snapdragon 720G dan memori internal 128 GB. Kamu juga bisa memasang micro SD (kartu memori) tambahan hingga 256 GB serta dilengkapi dengan dual sim.

Oppo Reno 4 bisa kamu dapatkan dengan harga pengenalan sekitar Rp.5.199.000 namun sekarang harga pasarannya sekitar Rp.4.999.000 dengan pilihan dua warna yaitu Galactic Blue dan Space Black.

Kelebihan Oppo Reno 4

  • Dengan tampilan layar OLED yang sangat memukau

OPPO Reno 4 yang menghadirkan layar berpanelkan OLED dengan memiliki kontras yang rentang dinamis lebih tinggi. Dengan ukuran layar sebesar 6,4 inci yang memiliki resolusi Full HD, yakni tepatnya 1080 x 2400 megapiksel. Sementara itu juga mempunyai rasio yang aspeknya berada di angka 20:9 dengan kerapatan megapiksel sebesar 411 ppi.

  • Memiliki memori internal dan RAM yang sangat besar

OPPO Reno 4 menawarkan kapasitas dengan memori internal yang sangat besar, yaitu 128 GB dan RAM 8 GB yang sudah lebih cukup untuk segala keperluan multitasking serta aplikasi terberat sekaligus.

Kekurangan Oppo Reno 4

  • Tidak mempunyai sensor NFC

 Near Field Communication yang bisa membantu untuk mengecek saldo e Toll dan kartu pembayaran dengan menempelkan kartu pada body Handphone saja

Oppo Reno 3

Oppo Reno 3 merupakan seri yang dikeluarkan sebelum Oppo Reno 4 yang memiliki spesifikasi yang berbeda. Smartphone ini dirilis di tahun ini pada tanggal 21 April yang pada saat itu sedang naik daun. 

Oppo Reno 3 memiliki keunggulan yang beda tipis dari Oppo Reno 4. Smartphone memiliki kamera jumbo yang sering digunakan penggemar fotografi. Kenapa disebut kamera jumbo ?, karena smartphone yang satu ini memiliki kamera dengan resolusi hingga 108 Megapixel yang dihasilkan bukan dari fitur bawaan sensor kamera aslinya, Namun dihasilkan dari image stitching lensa 48 Megapixel.

Sehingga hal ini membuat berbeda dengan merk yang lain seperti samsung dan xiaomi. Pada bagian kamera depan Oppo Reno 3 menghadir kamera depan 44 Megapixel dengan ukuran (f/2.4). Kameranya memiliki desain khusus sendiri yang dimana berbentuk water drop di bagian tengah.

Oppo Reno 3 memiliki empat kamera yang terdiri dari kamera belakang ponsel utama 48 Megapixel, kamera ultra wide angle 8 Megapixel, kamera telephoto 13 Megapixel, mono lens 2 Megapixel serta dilengkapi dengan kamera swafoto (selfie) dengan sensor sebesar 42 Megapixel.

Selain itu juga terdapat sensor yang dapat mendeteksi gestur tangan dimana bisa mengontrol smartphone kamu dari kejauhan dengan hanya menggunakan gestur tangan, serta dilengkapi dengan AON yang bisa mengidentifikasi hanya pemilik smartphone saja yang bisa membuka layar.

Sebelumnya, untuk mengaktifkan kamera dengan 108 Megapixel ini, pengguna harus mengaktifkan fitur pro terlebih dahulu. Setelah diaktifkan barulah kamu bisa mengambil foto multi-frame secara otomatis digabungkan lewat teknologi AI. Sedangkan untuk video, Oppo Reno 3 telah meningkatkan kemampuan serta kualitas mulai dari kestabilan gambar dengan bantuan teknologi EIS (Electronic Image Stabilization). Maka dari itu video yang sudah direkam akan mempunyai resolusi 1080p dengan enam frame per detik.

Di Indonesia Oppo Reno 3 menggunakan prosesor Mediatek Helio P90, sedangkan di negara lain dipasarkan dengan prosesor  yang menggunakan Snapdragon 730. Beroperasi dengan ColorOS 7 berbasis Android 10 serta dilengkapi dengan kapasitas baterai 4.025 mAh yang membuat pengisian cepat hingga 20 watt VOOC 3.0.

Oppo Reno 3 memiliki dual SIM yang dapat digunakan dan memiliki RAM 8GB dan ROM 128GB yang ternyata dapat ditingkatkan lagi microSD hingga 256GB. Karena sudah dirilis Oppo Reno 4 yang menggeserkan harga Oppo Reno 3 yang berkisaran Rp.4.999.000 dengan pilihan warna Sky Mirror White dan Moonlight Black.

Kelebihan Oppo Reno 3

  • Dilengkapi dengan layar AMOLED dan Always on-display
Lihat juga:  Pilih Mana: Realme X2 Pro vs OnePlus 7 Pro

OPPO Reno 3 yang memiliki layar 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 megapiksel. Layar dengan dimensi 6,4 inci dan kerapatan layar 411 ppi, serta  dilengkapi dengan panel AMOLED yang membuat tampilan layar ponsel menjadi daya tarik. Bahkan sudah dilengkapi dengan fitur Always-on-display.

  • Memiliki ketahanan daya baterai yang tahan lama

OPPO Reno 3 sangat terbilangan memiliki daya tahan baterai serta kualitas yang sangat baik. 

Kekurangan Oppo Reno 3

  • Kekurangan pada sidik jari yang mudah menempel di bodi

OPPO Reno 3 menghadirkan bodi polikarbonat dengan desain yang dibuat mirip kaca. Namun, sidik jari gampang menempel di bodinya.

Nah, bagaimana setelah kamu membaca artikel mengenai Oppo Reno 4 vs Oppo Reno 3 mulai dari spesifikasi beserta harganya, apakah kamu sudah tau mana smartphone yang ingin kamu beli di antara keduanya ?

Oppo Reno 4 vs Oppo Reno 3

Keterangan iPhone 12 iPhone 12 pro
Kelebihan - Dengan kualitas kamera yang unggul - Memiliki daya tahan dan super ringan- Memiliki Chipset Paling Powerful - Memiliki Tingkat Kecerahan Layar OLED
Kekurangan - Charger dan earPod dijual terpisah - Sinyal masih terbatas - Earphone Dan Kepala Casan Dijual Terpisah - Minim peningkatan Dari versi Reguler

Kesimpulan 

Semua produk Oppo, baik Oppo Reno 3 dan Oppo Reno 4 yang sudah dirilis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memiliki spesifikasi serta harga yang berbeda juga, maka dari itu sebelum membeli kenali terlebih dahulu keduanya.

Dari berikut penjelasan dari kedua Oppo yang sudah saya bahas semoga bisa bermanfaat untuk kalian.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo Reno 4 vs Oppo Reno 3

VS