GadgetsSmartphoneTechnology

Pilih Mana: Oppo Reno atau Oppo F11 Pro?

Oppo saat ini sudah menjadi produk ponsel yang sangat dikenal. Tak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga brand ini sudah dikenal luas di pasar internasional. Oppo merupakan brand ponsel yang mempunyai kantor pusat di kota Dongguan di Provinsi Guangdong Cina.

Oppo baru mulai terjun ke pasar ponsel pada tahun 2008. Dan sejak itu, Oppo pun menjadi brand ponsel yang sangat dikenal luas. Tidak heran jika Oppo menjadi ponsel android yang sering diburu oleh pecinta gadget karena spesifikasi dan fitur-fitur didalamnya yang luar biasa.

Seperti halnya kedua produk smartphone keluaran Oppo yaitu Oppo Reno dan Oppo F11 Pro yang menawarkan sederet fitur canggih dan kamera yang luar biasa. Nah, apa saja perbedaan dari kedua smartphone dari Oppo ini? Yuk disimak artikel di bawah ini untuk melihat lebih jelas spesifikasi dan kelebihan maupun kekurangan kedua smartphone ini!

Oppo Reno

Oppo Reno baru saja resmi hadir di Indonesia. Mengunggulkan segi kamera, Oppo Reno yang diboyong ke Indonesia tersedia dalam dua jenis, yaitu jenis standar dan 10x Zoom. Kedua ponsel ini menawarkan spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung. Keduanya memiliki spesifikasi mumpuni, dari mulai kamera, chipset, baterai, fitur, dan lain sebagainya.

Reno 10x Zoom menjadi pembuktian terkini dari Oppo. Sasaran inovasi teknologinya adalah sektor kamera yang bisa dikatakan istimewa. Berikut sekilas pengalaman menjajalnya. Layarnya sangat lapang, disebut Oppo sebagai panoramic screen. Rasio bodi dan layar tembus 93,1% sehingga lega buat melihat konten ataupun main game. Baca juga Pilih Mana: Oppo Reno atau Samsung A70?

Desain Oppo Reno

Oppo Reno 10x Zoom mempunyai desain layar penuh dan nyaris tanpa bezel. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi kamera selfie pop up berjuluk pivot rising camera. Ketika pengguna membuka menu kamera depan, kamera otomatis akan muncul dari bodi atas smartphone.

Beralih ke display, Oppo Reno 10x zoom memiliki layar AMOLED seluas 6,6 inci dengan rasio 19,5:9. Agar lebih tahan terhadap goresan, Oppo membekali layar dengan perlindungan Gorilla Glass 6. Soal bodi, Oppo Reno 10x zoom punya bodi yang solid dan tangguh.

Beratnya pun cukup berat ketimbang smartphone lain saat digenggam, yakni 210 gram. Bodi Oppo Reno 10x zoom dibalut dengan glass, sementara rangkanya dibuat dengan frame aluminium yang membuatnya kian tangguh.

Dimensi dan Layar Oppo Reno 
Dimensi (tinggi x lebar x tebal) 16.2cm x 7.72cm x 0.93cm
Berat 215 gram
Ukuran layar 6.6 inci, multitouch, capacitive screen
Resolusi layar2340 x 1080 pixel pada 387 ppi, 16.7 million colors
Tipe layarAMOLED oncell

Performa Oppo Reno

Smartphone Oppo Reno ini menggunakan chipset Snapdragon 855 yang memiliki peningkatan CPU 45% dan GPU 20% dibanding pendahulunya. OPPO Reno 10x Zoom juga menggunakan LPDDR 4x Dual-channel memory yang membuat performa terdongkrak 15% dan efisiensi 17%.

OPPO Reno 10x Zoom datang dengan konfigurasi RAM 8 GB plus internal 256 GB. Ruang penyimpanannya sendiri masih dilengkapi slot microSD berkapasitas maksimal 256 GB. Jadi, tidak perlu khawatir lagi untuk urusan menyimpan file dan data pada smartphone ini.

  • 48MP : kamera utama
  • 16MP : Telephoto lensa
  • 8MP : ultra wide-angle lensa

Oppo Reno 10x Zoom sebagai solusi all-in one mobile fotografi dengan menghadirkan Triple Camera. Kamera utama 48MP Sony IMX 586 dengan diafragma F/1.7, kamera kedua 8MP bersudut lebar 120 derajat yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto Wide Angle. Kamera ketiga beresolusi13MP yang sudah dilengkapi teknologi pembesaran 10x zoom, memiliki keunggulan teknologi 10x Hybrid Zoom.

Performa Oppo Reno 
OSColorOS 6 berbasis Android 9 PIE
CPU ProcessorOcta-core SM8150
GPU Adreno 640
Baterai4065mAh + Vooc 3.0
RAM6GB , 8GB
ROM 128GB , 256GB

Kelebihan Oppo Reno

Beberapa kelebihan Oppo Reno yang perlu anda ketahui. yaitu:

  • Triple lensa utama
    Perpaduan tiga lensa sensor yang berbeda membuat bukaan yang penuh sebesar 16 – 160 mm sehinga sangat efektif menjangkau titik fokus sampai 10x lebih baik untuk sensor lensa ultra wide angle. menariknya lagi dalam lensa kamera oppo reno ini hadir dengan 10X hybrid zoom sehingga pengguna dapat menangkap objek gambar dengan detail dan tajam pada kondisi jarak yang jauh.
  • Dilengkapi dengan processor yang tangguh
    Oppo reno 10x diperkuat dengan processor octa-core qualcomm snapdragon 855, RAM 6GB/8GB, dan pilihan internal memori sebesar 128GB/256GB. CPU Oppo Reno ini sudah terintegrasi dengan 4th generation AI engine yang juga bisa menghemat penggunaan daya hingga 45% yang didukung juga operasi sistem colorOS 6 berbasis google android 9 PIE didalamnya.
  • Kapasitas daya super besar
    Selanjutnya yang menjadi salah satu kelebihan Oppo reno 10x zoom ini adalah adanya kapasitas daya super besar, yaitu 4065 mAH dengan diperkuat teknologi pengisian daya cepat VOOC 3.0. Oppo sendiri mengklaim bahwa pengisi daya cepat VFC terbaru mampu meningkatkan kecepatan pengisian baterai secara signifikan.

Kekurangan Oppo Reno

Selain keunggulan yang jempolan, ternyata Oppo Reno juga mempunyai beberapa kekurangan loh, seperti:

  • Bobot yang besar
    Smartphone ini bobotnya terbilang besar, yaitu 215 gram, untuk berat smartphone ini  mungkin bagi sebagian pengguna jadi masalah karena ketidaknyamanan pada saat dibawa. Namun sekali lagi, kekurangan ini sifatnya opsional, artinya bagi pengguna mempunyai pandangan tersendiri tentang berat perangkat, dan bukan sebuah kekurangan yang besar.
  • Tidak tahan air dan debu
    Sebenarnya oppo reno 10x zoom ini telah dilengkapi pelapis perangkat layar terbaik dari corning gorilla glass 6. namun yang menjadi sedikit kekurangannya adalah tidak ada rating tahan air dan debu.
  • Tidak ada wireless charging
    Baterai oppo reno 10X zoom sebenarnya memiliki kualitas baik dengan adanya teknologi fast charging VOOC 3.0, namun sayangnya teknologi wireless charging tidak tersedia pada smartphone android ini.

Oppo F11 Pro

Oppo ini menghadirkan smartphone andalannya dari keluarga F-series untuk pasar Indonesia, yakni F11 Pro. Di kelas harganya, smartphone ini tampil menggiurkan dan bisa dibilang cukup menonjol jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Asus Zenfone Max M2 Pro atau Xiaomi Redmi Note 7?

Selain memiliki desain layar penuh, spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone ini menarik. Tak hanya itu, baterai berkapasitas 4000 mAh dengan dukungan pengisian daya baterai super cepat VOOC 3.0 Flash Charging pun telah hadirnya di dalamnya. Smartphone ini juga hadir dengan kamera ganda yang kamera utamanya beresolusi 48 MP.

Desain Oppo F11 Pro

Oppo F11 Pro ini dilengkapi dengan layar 6,53 inci yang beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19,5:9. Dibandingkan smartphone seri F sebelumnya, kali ini desainnya terasa berbeda karena menggunakan kamera depan pop-up bernama Rising Camera yang memungkinkan kamera depannya berada di dalam smartphone.

F11 Pro tersedia dalam warna thunder black dan aurora green, kedua warna tersebut diambil dari seri flagship Find X. 

Kamera depannya akan muncul ke bagian atas apabila penggunanya melakukan foto selfie atau video call. Sementara itu, kamera depannya akan kembali ke bagian dalam apabila penggunanya mengakses kamera belakang atau keluar dari aplikasi kamera bawaannya.

Hal ini pun membuat layarnya memiliki desain Panoramic Screen yang benar-benar memenuhi bagian depan tanpa memiliki poni sama sekali. Beralih ke bagian belakangnya terdapat dua kamera utama, LED Flash, dan sensor fingerprint yang disusun secara vertikal.

Dimensi dan Layar Oppo Reno 
Dimensi 161.3 x 76.1 x 8.8 mm (6.35 x 3.00 x 0.35 in)
Berat 190 g (6.70 oz)
BahanMetal + Polycarbonat
Resolusi layar1080 x 2340 Piksel, Rasio 19,5:9 (397 Kepadatan Ppi)
Tipe layarLayar Sentuh Kapasitif LCD LTPS IPS, 16 Juta Warna

Performa Oppo F11 Pro

OPPO F11 Pro dibekali dengan chipset MediaTek Helio P70 Octa-core, RAM 6 GB, dan storage internal 64 GB. Dengan kombinasi hardware ini pihak OPPO mengklaim bahwa smartphone ini akan menghasilkan performa yang tinggi.

Smartphone yang satu ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang diklaim pihak OPPO mampu bertahan lama. Bahkan fitur VOOC 3.0 Flash Charging yang dimilikinya dapat mengisi daya baterai hingga 0 hingga 100% hanya dalam waktu 80 menit saja.

Smartphone yang satu ini telah dilengkapi dengan ColorOS 6 berbasiskan sistem operasi Android 9 Pie.

OPPO F11 Pro ini telah dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian belakangnya. Smartphone ini mengizinkan 5 sidik jari berbeda untuk didaftarkan pada sensornya. Selanjutnya, sensor ini mampu mendeteksi sidik jari saya dengan cepat ketika saya mencobanya.

Performa Oppo F11 Pro
OSAndroid 9.0 (Pie); ColorOS 6
CPU ProcessorOcta-core (4x2.1 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-G72 MP3
BateraiBaterai Li-Po 4000 MAh
RAM4 GB atau 6 GB
Chipset Mediatek Helio P70 (12nm)

Kelebihan Oppo F11 Pro

Beberapa kelebihan Oppo F11 Pro yang layak jadi pertimbangan kalian, diantaranya:

  • Desain mewah dan kekinian
    Thunder black hadir dalam warna utama hitam dengan gradasi ungu di atas kanan dan biru di bawah kiri. Sementara, aurora green punya gradasi dari biru ke hijau yang menawan. Bagian depannya hanya dipenuhi layar dan bezel di sekelilingnya sangat tipis. F11 Pro ini mengusung desain panoramic screen.
  • Sistem operasi terbaru
    Oppo F11 Pro telah menyediakan sistem operasi Android versi teranyar 9.0 Pie. Antarmuka ini dipercantik dengan ColorOS 6 yang tampak lebih clean, menekankan latar belakang putih berpadu dengan warna terang. Dijamin simple dan Trendy.
  • Performa mantap
    Oppo melengkapi F11 Pro dengan processor bertenaga yang mungkin banyak dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Tetapi, Helio P70 besutan MediaTek yang ada di dalamnya tidak boleh dipandang sebelah mata. Chipset berfabrikasi 12 nanometer (nm) ini memiliki delapan inti pemrosesan dengan arsitektur Cortex-A73 ditambah Cortex-A53 yang powerful. Ada pun clockspeed  ini mencapai 2,1 gigahertz (GHz).

Kekurangan Oppo F11 Pro

Selain spesifikasi yang luar biasa yang di tawarkan oleh Oppo F11 Pro ini, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

  • Fingerprint masih di luar layar
    Jika sandingkan dengan pesaingnya, perangkat ini cukup kalah di sektor teknologi pengamanan. Karena, F11 Pro belum membawa sensor fingerprint yang ada di dalam layar. smartphone ini masih menggunakan sensor kapasitif yang dipasang di bagian belakang.
  • Tidak anti air dan debu
    Satu hal lagi yang menjadi kekurangan jika melihat harganya, yaitu tidak memiliki ketahanan air dan debu. Dibandingkan dengan smartphone lain yang memberikan fitur ini di rentang harga yang sama.
  • Tidak ada LED flash di kamera depan
    Meski menawarkan resolusi kamera depan tinggi dan jernih, akan tetapi belum bisa digunakan buat selfie ditempat gelap. Pasalnya, di bagian depan tidak ada fitur pencahayaan semacam LED flash.

Pilih Mana: Oppo Reno atau Oppo F11 Pro?

Oppo RenoOppo F11 Pro
Kelebihan- Triple lensa utama - Dilengkapi dengan processor yang tangguh - Kapasitas daya super besar - Desain mewah dan kekinian - Sistem operasi terbaru - Performa mantap
Kekurangan- Bobot yang besar - Tidak tahan air dan debu - Tidak ada wireless charging - Fingerprint masih di luar layar - Tidak anti air dan debu - Tidak ada LED flash di kamera depan

Kesimpulan

Kualitas smartphone yang di keluarkan oleh produsen Oppo memang tak perlu diragukan lagi. Termasuk kualitas kameranya yang jempolan termasuk kedua smartphone Oppo yang sudah kita bahas di atas yaitu Oppo Reno dan  Oppo F11 Pro yang dilengkapi dengan performa tinggi dan kamera yang apik cocok untuk kalian jadikan smartphone andalan kalian loh! Tetapi keduanya juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing dapat kalian sesuaikan dengan spesifikasi yang kalian inginkan. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kalian ketika ingin membeli smartphone Oppo Reno atau Oppo F11 Pro ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo Reno VS Oppo F11 Pro

VS

 

 

Leave a Reply