GadgetsSmartphoneTechnology

Pilih Mana: Oppo Reno6 atau Samsung Galaxy A52?

Membahas mengenai smartphone memang tidak akan ada habisnya, Apalagi membahas mengenai brand besar seperti Oppo dan Samsung. Karena keduanya sangat mendominasi pasar saat ini, tidak heran jika tiap tahun mereka bersaing untuk mengeluarkan produk terbaiknya.

Namun kali ini kita akan membandingkan dua produk mereka yaitu Oppor Reno6 dan Samsung Galaxy A52. Mari simak pembahasan berikut!

OPPO RENO6

Oppo Reno series adalah pengganti model R yang hadir sebagai smartphone kelas menengah dengan desain colorful dan fiturnya yang menarik, cocok untuk kaum milenial. Ponsel ini dilengkapi dengan Quad camera berkualitas, 50W Flash Charge, chipset bertenaga, dan masih banyak kelebihan lainnya. Namun tidak hanya itu, ada beberapa kelebihan serta kekurangan dari ponsel ini. Baca Juga Pilih Mana: Infinix Note 10 Pro atau Redmi Note 10?

SPESIFIKASI:

• Nama: Oppo Reno6 4G
• Rilis: 27 Juli 2021
• Berat: 173 gram (g)
• Material: Kaca depan, bingkai plastik, belakang plastik
• Jenis dan Ukuran Layar: AMOLED, 6,4 inci (Rasio layar ke body ~84,8%)
• Resolusi Layar: 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~411 ppi density)
• Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
• CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
• GPU: Adreno 618
• RAM: 8 GB
• Memori Internal: 128 GB
• Kamera Belakang: 64 MP (f/1.7, wide, PDAF) + 8 MP (f/2.2, ultrawide) + 2 MP (f/2.4, macro) + 2 MP (f/2.4, depth)
• Kamera Depan: 44 MP (f/2.4, wide)
• Bluetooth: 5.1, A2DP, LE, aptX HD
• Sensor: Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
• Baterai: 4.310 mAh (fast charging 50W)

Kelebihan Oppo Reno6

1. Kamera Berkualitas dengan Fitur Canggih.
Jepretan cahaya di kamera ini menghasilkan gambar yang sangat baik dikarenakan Algoritme Live HDR dan Ultra Night Video yang dapat menyesuaikan cahaya, baik siang maupun malam.

2. Kapasitas baterai besar dan Fast Charging
Oppo Reno6 4G memiliki kapasitas baterai 4310 mAh dan dilengkapi teknologi 50W Flash Charge yang dapat melakukan pengisian hanya 5 menit untuk tiga jam pemutaran video.

3. Dilengkapi Multi-Cooling System
Multi Cooling System yang membantu ponsel untuk tetap dingin dan membuang hawa panas.

4. Sudah menggunakan chipset snapdragon 720G 8nm
Ponsel ini dilengkapi Qualcomm Snapdragon 720G 8nm dengan pengalaman yang mulus tanpa lag.

5. Dilengkapi Dolby Atmos
Teknologi surround sound yang memberikan pengalaman mendengarkan musik lebih baik dengan audio sinematik 3D.

Kekurangan Oppo Reno6

1. Belum Mendukung Sinyal 5G
2. Belum Memiliki Sertifikasi IP68
3. Tidak Dilengkapi Gorilla Glass

Beli Oppo Reno6 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

SAMSUNG A52

Samsung Galaxy A52 secara resmi melenggang di Indonesia pada 17 maret 2021. Penerus dari Samsung Galaxy A51 ini menjanjikan banyak peningkatan yang membuatnya layak untuk dibeli.

Salah satunya adalah sertifikasi tahan air dan debu IP67. Fitur ini cukup istimewa bagi Galaxy A52. Sebab, tak banyak smartphone kelas menengah yang memiliki sertifikasi IP67. Selain itu ponsel satu ini tentu saja menyimpan banyak hal menarik yang perlu Anda ketahui.

SPESIFIKASI:

  • Layar Super AMOLED 6.5 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
  • RAM 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy A52

1. Desain Segar
Tak seperti Galaxy A51 yang penutup belakangnya bermotif prisma, punggung si adik tampil trendi dan minimalis. Lensa kamera yang ada di dalam modulnya juga ditata rapi membentuk segitiga tumpul. Selain itu,
polesan matte pun mengaburkan kesan murahan. Polesan ini tentu tidak dipilih sembarangan.

Lihat juga:  7 Hp Samsung Terbaik 2022

2. Tampilan Meyakinkan
Layar Galaxy A52 memang bagus. Karena menggunakan panel Super AMOLED Full HD+ yang dipakai mendukung laju penyegaran 90 Hz (adaptif), dan punya touch sampling rate 180 Hz.

3. Performa Lumayan
Bukan rahasia bahwa chipset Exynos masih kalah dari Snapdragon dalam urusan pengolahan grafik. Itulah mengapa Samsung mencoba berkolaborasi dengan AMD untuk merancang GPU yang powerful.

4. Baterai Jempolan
Ukuran baterai 5000 mAh yang dikandung Galaxy A52 meningkat sebesar 500 mAh dari Galaxy A51. Endurance rating-nya pun mencapai 105 jam.

5. Speaker Mantap
Galaxy A52 memiliki dua speaker stereo. Satu berada di atas menyatu dengan earpiece dan satu lagi berada di grill bawah. Kelantangannya di volume maksimal sedikit turun ke -29.3 LUFS ketika fitur Dolby Atmos dinyalakan. Kelantangan memang meningkat jika Dolby Atmos dimatikan. Tetapi suara yang bagus tentu bukan sekadar lantang.

6. Kamera Oke
Yang membedakan Galaxy A52 ini dengan pendahulunya adalah OIS,. penstabil gambar berbasis optik ini memang sulit ditemui di ponsel midrange. Fungsinya jelas untuk meminimalkan blur akibat guncangan, baik saat membidik gambar atau merekam video.

Selain itu kamera utamanya beresolusi 64 MP dengan bukaan f/1.8. Secara default, kamera ini menghasilkan gambar 16 MP. Dengan metode 4-in-1 binning pixel, resolusi 64 MP bisa dibuat.

Kekurangan Samsung Galaxy A52

1. Inkonsistensi Warna Foto
Hasil jepretan ponsel ini memang di atas rata-rata di kelas menengah. Namun konsistensi warnanya perlu ditingkatkan. Terutama pada kamera utama dan kamera ultrawide. Masalah sama juga terjadi pada kamera depan yang kadang menampilkan warna kulit berbeda meski orang yang difoto sama.

2. Build Quality dan Ketebalan
Penutup belakang Galaxy A52 ini bisa dibilang kurang kokoh dan mantap dibanding pendahulunya. Padahal, kover kedua ponsel sama-sama dirancang dengan material plastik polikarbonat. Disisi lain, ketebalannya yang membengkak 0,5 mm dari Galaxy A51 (7,9 mm). Hal ini membuat tangan terasa tidak nyaman saat menggam ponsel terlalu lama.

3. Adaptor Kurang Oke
Saat dilakukan pengecasan selama 30 menit, adaptor 15 W hanya mampu mengisi baterai hingga 34 persen saja. Kalah jauh disbanding adaptor 25 W yang bisa sampai 52 persen.

Beli Samsung Galaxy A52 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: Oppo Reno6 atau Samsung Galaxy A52?

Keterangan Oppo Reno6Samsung Galaxy A52
Kelebihan - Kamera Berkualitas dengan Fitur Canggih - Kapasitas baterai besar dan Fast Charging - Dilengkapi Multi-Cooling System - Sudah menggunakan chipset snapdragon 720G 8nm - Dilengkapi Dolby Atmos- Desain Segar - Tampilan Meyakinkan - Performa Lumayan - Baterai Jempolan - Speaker Mantap - Kamera Oke
Kekurangan - Belum Mendukung Sinyal 5G - Belum Memiliki Sertifikasi IP68 - Tidak Dilengkapi Gorilla Glass- Inkonsistensi Warna Foto - Build Quality dan Ketebalan - Adaptor Kurang Oke
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Kedua brand tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kembali kepada Anda, lebih memilih yang mana sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oppo Reno6 atau Samsung Galaxy A52

VS