ElektronikHome

Pilih Mana: Oven Oxone atau Kirin?

Oven telah menjadi peralatan dapur yang wajib tersedia jika kalian ingin membuat makanan kering tanpa minyak, seperti aneka kue kering, roti, dan cake. Saat ini banyak sekali merk oven listrik yang beredar di pasaran contohnya Oven Oxone dan Kirin.

Oven Oxone dan Kirin memiliki keunggulan yang sama yaitu menjanjikan pengkonsumsian daya listrik yang lebih hemat, Tetapi dari kedua oven Oxone dan Kirin manakah yang lebih baik? Jika kalian bingung memilih keduanya, Jangan sampai melewatkan artikel di bawah ini ya!

Oven Oxone

Microwave dan Oven listrik. Ya, Oxone memproduksi kedua jenis barang tersebut. Namun, kali ini kami ingin mengajak Anda untuk mengenal produk oven listrik keluaran Oxone. Pada dasarnya, Oxone merilis beberapa jenis oven listrik dengan ukuran dan fungsi yang berbeda. Baca juga Pilih Mana: Oven Listrik atau Gas?

Seperti Oven Listrik Oxone OX-858 BR memiliki fungsi 4 in 1 yaitu, memanaskan makanan, mencairkan, memanggang, dan membakar. Fungsinya bisa merangkap microwave dan juga oven serta sangat praktis karena dilengkapi tusukan untuk memanggang daging dan ayam. Untuk seri oven listrik Oxone OX-858 BRini dibandrol drngan harga  sekitar Rp 600 ribu.

Kapasitas 18 liter dengan daya listrik 400 – 800 watt oven ini juga bisa digunakan untuk BBQ. Terdapat tusukan rotisserie, temperatur maksimum yang dihasilkan mencapai 230 derajat celcius. Oven listrik Oxone murah ini juga memiliki pengatur waktu otomatis dengan maksimum 120 menit.
Spesifikasi Oven Oxone
Kapasitas 18 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 1000 W
Ukuran 445 x 346 x 315 mm

Kelebihan Oven Oxone

  • Memiliki tiga fungsi tombol serbaguna
    Terdadapat tiga fungsi tombol utama, yaitu: temperature control (hingga 230’C), function control (defrost untuk mencairkan berbagai makanan, broil/ rotisserie untuk memanggang hingga 5 kg unggas/ ayam, roast/ convection untuk memanggang roti, muffin, waffle, pizza, dll, serta tombol roast untuk memanggang cake, pai, daging sapi, dan masakan lainnya).
  • Memiliki fungsi 4 in 1
    Memiliki fungsi 4 in 1, yaitu memanaskan makanan, mencairkan makanan, memanggang, dan membakar. Jadi, fungsinya seperti merangkap fungsi microwave dan oven. Sangat praktis, sehingga kalau anda sudah memiliki oven listrik ini, anda tidak perlu lagi membeli microwave.
  • Memiliki teknologi BBQ
    Kapasitasnya cukup besar, sekitar 18 liter. Daya listrik yang dibutuhkan juga standar, yaitu 400-800 watt. Keunggulan lainnya adalah oven listrik ini memiliki teknologi BBQ dengan kelengkapan rotisserie pick untuk memanggang daging dalam jumlah besar dan hasil matang merata.

Kekurangan Oven Oxone

  • Sulit membersihkannya
    Kekurangan yang pertama pada oven Oxone ini yaitu dari segi perawatannya, untuk menjaga keawetan oven tentunya kita harus memperhatikan kebersihan oven itu sendiri, Nah, untuk Oven oxone ini sedikit sulit membersihkannya dan membutuhkan ketelitian ya.
  • Bobot yang cukup berat
    Kekurangan yang lainnya pada oven Oxone ini yaitu bobotnya yang cukup berat dengan jenis oven listriknya, Hal ini yang menyebabkan oven ini sulit dipindahkan dan dibersihkan ya.
  • Kurang cocok untuk produksi besar
    Kapasitas oven Oxone juga umumnya lebih kecil dari oven gas, sehingga tidak direkomendasikan untuk penggunaan produksi besar seperti usaha-usaha rumahan atau pabrik. Namun, oven ini sangat cocok digunakan untuk pemakaian rumah.

Oven Kirin

Selain dikenal sebagai merk magic com yang bagus, Kirin juga dikenal sebagai merk oven listrik yang bagus. Kualitas oven listrik Kirin memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk produk oven listrik, Kirin memproduksi beberapa tipe dan kapasitas oven yang berbeda-beda.

Sebagian besar oven listrik Kirin memang menggunakan material stainless steel yang membuat panas dapat menyebar secara merata.

Tipe yang paling laris di pasaran adalah KBO-190RAW, di mana kapasitas oven ini cukup besar yaitu 19 L. Anda dapat memasak makanan dengan temperature 100 sampai 250 derajat celcius. Di samping itu, desain oven dengan fungsi rotisserie memungkinkan kalian untuk menusuk daging dan dimasak di dalam oven ini agar matangnya lebih merata.

Spesifikasi Oven Kirin
Kapasitas 19 L
Temperatur Maksimal 250 °C
Timer Ya
Konsumsi Daya 275 W
Ukuran 495 x 363 x 346 mm

Kelebihan Oven Kirin

  • Harga yang cukup terjangkau
    Kelebihan yang pertama pada oven Kirin ini yaitu oven ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp.400.000 – Rp.600.000, Hal itulah yang membuat oven Kirin ini banyak dilirik masyarakat.
  • Hemat listrik
    Kelebihan selanjutnya yang ada pada oven kirin ini yaitu hemat dalam mengonsumsi listrik salah satu produknya yaitu Kirin KBO-190 LW memiliki fitur daya rendah yang tidak menguras kantong untuk bayar tagihan listrik. Konsumsi dayanya hanya sekitar 275 watt.
  • Dilengkapi dengan fitur timer
    Fitur timer-nya memiliki jangka waktu maksimal 60 menit untuk memudahkan Anda dalam memasak. Hadir dengan desain simple berkapasitas 19 L yang dilengkapi 2 wire rack dan 1 baking tray. Oven bisa dipakai untuk membuat kue dan memanggang makanan dengan santai.
Lihat juga:  Pilih Mana: Lantai Vinyl vs Parket?

Kekurangan Oven Kirin

  • Tidak bisa digunakan saat mati lampu
    Ya, kekurangan satu ini yaitu umum yang akan dirasakan jika menggunakan oven listrik ya. Oleh sebab, itulah penggunaan oven listrik ini perlu pertimbangan jika kalian ingin menggunakannya untuk bisnis yang digunakan setiap hari.
  • Kurang cocok untuk produksi besar
    Kapasitas oven kirin juga umumnya lebih kecil dari oven gas, sehingga tidak direkomendasikan untuk penggunaan produksi besar seperti usaha-usaha rumahan atau pabrik. Namun, oven ini sangat cocok digunakan untuk pemakaian rumah.
  • Rotisserie yang hanya untuk ikan
    Rotisserie adalah metode memasak yang dimana objek dipanggang dengan cara diputar-putar di dalam oven. Biasanya ini untuk ayam. Di oven ini juga Rotisserie namun hanya dapat digunakan untuk ikan, Karena jika ayam matangnya kurang merata untuk satu ayam.

Tips membeli oven listrik

1. Cara Kerja Oven
Pada oven, listrik atau gas menjadi sumber ketika memanaskan. Kemudian, suhu panas ini akan menyebar dan mematangkan masakan. Oven juga dilengkapi dengan kipas untuk meratakan suhu panas agar masakan dapat matang dengan merata.

Sebaliknya, microwave menggunakan hasil dari radiasi gelombang mikro elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Gelombang mikro akan bergerak dan saling bertabrakan sehingga menimbulkan panas pada makanan dalam microwave. Jika cara kerja oven adalah dengan mentransfer panas dari sumbernya, microwave hanya meningkatkan panas dari makanan itu sendiri.

2. Energi dan Listrik yang Dibutuhkan
Oven membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mematangkan makanan sehingga butuh energi yang lebih besar dibandingkan microwave. Hal itu dikarenakan oven membutuhkan waktu sampai panas menyebar ke seluruh sudut oven.

Daya listrik yang digunakan untuk oven sebenarnya lebih kecil dibandingkan microwave tetapi, karena proses oven lebih lama dari microwave, daya listrik yang digunakan jadi lebih besar.  

Sedangkan, proses pematangan dengan microwave lebih cepat tetapi, untuk menghasilkan gelombang mikro, microwave membutuhkan konsumsi listrik yang cukup besar. Jadi, sebenarnya tergantung pada pemakaian masing-masing alat.

3. Perbedaan Ukuran
Oven memiliki ukuran yang beragam semakin kecil oven, maka watt (daya) yang dibutuhkan akan semakin kecil juga, khususnya oven listrik. Oven dengan ukuran besar biasa dipakai untuk membuat makanan dengan jumlah lebih besar seperti kue, pizza, ayam panggang dan lainnya.

Ukuran Microwave biasanya tidak pernah lebih dari 30 liter, karena didesain hanya untuk menghangatkan makanan saja. Microwave dan oven memiliki ukuran yang memang berbeda karena dari fungsinya yang juga berbeda.

Pilih Mana: Oven Oxone atau Kirin?

Oven Oxone Oven Kirin
Kelebihan- Memiliki tiga fungsi tombol serbaguna - Memiliki fungsi 4 in 1 - Memiliki teknologi BBQ - Harga yang cukup terjangkau  - Hemat listrik - Dilengkapi dengan fitur timer
Kekurangan- Sulit membersihkannya  - Bobot yang cukup berat - Kurang cocok untuk produksi besar - Tidak bisa digunakan saat mati lampu - Kurang cocok untuk produksi besar - Rotisserie yang hanya untuk ikan

Kesimpulan

Sudah kita bahas mengenai Oven Oxone dan Kirin pada artikel di atas, dari artikel tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua oven ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan oven yang lain dan konsumsi daya listriknya juga terbilang standar, Namun diantara kedua oven Kirin yang lebih kecil dalam mengonsumsi daya listrik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Oven Oxone vs Oven Kirin

VS

Leave a Reply