KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Pajero atau Venturer?

Pasar otomotif menyediakan banyak jenis mobil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya, seperti hatchback, sedan, LCGC, MPV, SUV dan sebagainya. Namun, di antara banyaknya jenis mobil yang beredar, jenis MPV dan SUV menjadi jenis yang paling laris di Indonesia. Baca Juga: Pilih mana: Nissan Terra atau Mitsubishi Pajero ?

Alasan MPV dan SUV menjadi jenis paling laris di Indonesia karena jenis mobil ini dapat mengangkut penumpang yang lebih banyak dan juga kuat di berbagai medan jalanan. Perbedaan paling mendasar dari MPV dan SUV adalah bentuk dari mobilnya, MPV diperuntukan sebagai mobil keluarga sedangkan SUV diperuntukan untuk kebutuhan kendaraan sport yang kuat di segala medan.

Jenis mobil MPV yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia adalah Innova Venturer sedangkan Pajero Sport menjadi jenis mobil SUV yang paling laris di Indonesia. Tentunya, Anda harus mengetahui perbedaan dari dua mobil ini, agar dapat menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak penjelasannya.

Tentang Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport merupakan sebuah kendaraan roda empat yang dibuat oleh Mitsubishi Motor. Mulai diproduksi pada tahun 1996 dan diekspor pertama kali pada tahun 1997 di berbagai negara.

Pada tahun 2021, PT. Mitsubishi Motor merilis New Pajero Sport dengan 7 kursi penumpang. Pajero Sport merupakan salah satu jenis mobil SUV yang menjadi produk andalan dari Mitsubishi.

Kelebihan Pajero Sport

Sebagai mobil SUV, Pajero memberikan berbagai penawaran terbaik bagi penggunanya. Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Pajero.

1.  Mesin yang Bertenaga

Pajero memiliki mesin 4N15 2.4T yang mengeluarkan tenaga sebesar 181 ps yang memiliki putaran 3.500 rpm, 430 torsi puncak 2.500 dengan terdapat pilihan transmisi otomatis 8 percepatan. Dengan keluaran mesin yang tinggi, membuat Pajero lebih bertenaga dan tangguh di segala medan jalan.

2.  Kesan Mobil Maskulin

Pada kesempatan ini, pabrik Mitsubishi memberikan beberapa perubahan tampilan eksterior agar terlihat lebih segar. Beberapa penyegaran yang sangat terlihat jelas pada model mobil ini adalah kesan maskulin yang dipertegas dengan kehadiran desain grille serta lampu depan kombinasi baru.

3.  Keamanan yang Canggih

Mobil ini memiliki fitur keselamatan yang canggih seperti Forward Collision Mitigation System yang dapat mencegah tabrakan dengan kendaraan di depan. Dilengkapi juga dengan fitur Hill Descent Assist yang dapat menjaga kecepatan saat berkendara di medan yang menurun serta mencegah mobil melaju kencang saat menuruni bukit.

Kelemahan Pajero Sport

Meskipun dianggap sebagai mobil andalan Mitsubishi, Pajero juga memiliki berbagai kelemahan pada mobilnya. Simak penjelasannya.

1.  Opsi mesin hanya Satu

Pajero hanya memiliki satu opsi mesin yaitu mesin diesel. Mesin diesel memang diketahui menawarkan penampilan garang serta konsumsi bahan bakar yang lebih efektif ketimbang model berbahan bakar bensin. Namun, menggunakan mobil bermesin diesel akan membuat mobil lebih bising.

Lihat juga:  Pilih Mana: Aerox 155 atau Vario 125?

2.  Konsumsi Bahan Bakar yang Boros

Pajero memiliki body mobil yang bongsor, dengan body seperti ini akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang tinggi. Meskipun tidak seboros dengan mobil yang menggunakan mesin bensin, Pajero cukup dikatakan boros untuk mobil bermesin diesel.

Tentang Toyota Venturer

Mobil keluaran toyota tahun 2017 ini merupakan varian termahal serta termewah dari Kijang Innova. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle dengan 6 seater ini memberikan penyegaran yang membuat mobil lebih kuat, maskulin dan semakin prestisius.

Meskipun berjenis mobil MPV, Venturer tampak seperti mobil SUV karena memiliki kesan gagah dan maskulin. Venturer cocok untuk dibawa berpergian bersama keluarga atau rekan kerja.

Kelebihan Toyota Venturer

1.  Kombinasi Aksen Mewah dan Sporty

Seperti yang diketahui bahwa Venturer berjenis MPV namun terkesan seperti SUV. Mobil ini memiliki figur yang lebih agresif karen penggunaan griller bermodel “trapezoid” yang dikelilingi aksen krom.

2.  Fitur Premium

Venturer menyediakan berbagai fitur mewah yang dapat dirasakan oleh pengemudi, seperti head unit yang telah mengadopsi teknologi miracast, USB, Bluetooth, Radio, Smart Phone Connection dan NFC yang dapat digunakan untuk mengecek saldo pada kartu elektronik.

3.  Memiliki Dua Pilihan Mesin

Berbeda dari Pajero yang memiliki satu opsi mesin, Venturer memiliki pilihan mesin Bensin dan Diesel. Kedua mesin ini memiliki tenaga yang cukup besar, yaitu 2.0L bensin dan 2.4L diesel turbocharger. Kedua mesin ini ditambahkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic serta manual 5-percepatan.

Kekurangan Toyota Venturer

1.  Harga yang Mahal

Harga yang ditawarkan oleh Venturer ini hampir menembus setengah miliar rupiah. Mengingat dengan harga yang tinggi dan tidak reasonable, Anda dapat memiliki pilihan mobil yang lebih gagah, mewah dan nyaman.

2.  Mesin Diesel Tidak Disarankan Menggunakan Bio Solar

Meskipun dilengkapi dengan mesin diesel, namun mobil ini tidak akan cocok jika menggunakan jenis BBM bio solar karena Venturer menggunakan teknologi Injection Common Rail. Jika dipaksakan menggunakan bio solar, akan mengakibatkan usia injector dan membuat kerak pada ruang bakar.

Pilih Mana: Pajero atau Venturer?

Keterangan Pajero Venturer
Kelebihan - Mesin yang Bertenaga - Kesan Mobil Maskulin - Keamanan yang Canggih- Kombinasi Aksen Mewah dan Sporty - Fitur Premium - Memiliki Dua Pilihan Mesin
Kekurangan - Opsi mesin hanya Satu - Konsumsi Bahan Bakar yang Boros- Harga yang Mahal - Mesin Diesel Tidak Disarankan Menggunakan Bio Solar

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, tentunya Anda mengetahui perbedaan antara Pajero dan Venturer. Kedua mobil ini akan memberikan manfaat yang baik, sesuai dengan kebutuhan serta digunakan dengan baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pajero vs Venturer

VS