Kesehatan

Pilih Mana: Pasta Gigi Sensodyne atau Pepsodent?

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh kita yang paling penting. Karenanya kesehatan dan kebersihan gigi kita harus selalu dijaga. Nah, untuk merawat gigi yang putih dan sehat maupun yang mempunyai gigi semsitif ternyata tidak perlu perawatan mahal, Karena sekarang sudah banyak beredar di pasaran merk pasta gigi terbaik untuk merawat gigi seperti Pasta Gigi Sensodyne dan Pepsodent.

Kedua pasta gigi Sensodyne dan Pepsodent merupakan produsen pasta yang sudah cukup lama hadir di Inodensia sehingga namanya sudah tidak asing dan juga sudah di jual dimanapun dari warung kecil sampai supermarket.

Kali ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai pasta gigi Sensodyne dan Pepsodent dari segi kelebihan dan kekurangan dan juga membahas beberapa variasi atau jenis produk yang dimiliki keduanya pada artikel di bawah ini.

Pasta Gigi Sensodyne

Formula Sensodyne bekerja dengan dua cara yang berbeda: pasta gigi Sensodyne dengan potasium nitrat bekerja untuk menenangkan saraf di dalam gigi. Sensodyne Repair & Protect  membangun lapisan reparatif kuat di atas dentin yang terbuka untuk menciptakan penghalang bagi pemicu rasa sakit. Setiap pasta gigi Sensodyne terbukti meringankan rasa karena sakit, Pasta gigi Sensodyne ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki gigi sensitif,  Baca juga Pilih Mana: Pasta Gigi Pepsodent atau Ciptadent?

Pasta gigi Sensodyne tidak diperuntukan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun. Masalah sensitifitas jarang ditemukan pada anakanak. Konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk saran dan rekomendasi yang tepat. 

Varian Pasta Gigi Sensodyne

1. Sensodyne Protection Original
Sensodyne Original diformulasikan khusus untuk gigi sensitif. Mengandung Strontium Chloride yang terbukti secara klinis memberikan perlindungan dari rasa ngilu dengan bekerja menutup tubula/saluran penghubung saraf pada bagian dentin yang terbuka pada gigi sensitif, dengan pemakaian dua kali sehari secara teratur.

  • Meredakan rasa ngilu akibat gigi sensitif.
  • Perlindungan  untuk gigi sensitif.

2. Sensodyne Gentle Whitening
Sensodyne Gentle Whitening memberikan perlindungan dari rasa ngilu pada gigi sensitif sekaligus mengembalikan warna putih alami pada gigi dan dapat memberikan Perlindungan terhadap gigi berlubang.

3. Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh
Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh ini dilengkapi dengan teknologi Novamin, membentuk lapisan mineral gigi hingga 1.5x lebih kuat dari lapisan alami dentin untuk melindungi gigi sensitif dengan memberikan kesegaran mulut yang lebih.

4. Sensodyne Repair & Protect Whitening
Dilengkapi dengan teknologi mutakhir yaitu Novamin, Sensodyne Repair & Protect Whitening ini dapat membentuk lapisan mineral gigi hingga 1.5x lebih kuat dari lapisan alami dentin untuk melindungi gigi sensitif dan mengembalikan warna putih alami gigi serta mencegah gigi berlubang.

5. Sensodyne Rapid Relief
Sensodyne Rapid Relief bekerja secara cepat dengan membentuk lapisan menyerupai mineral di atas permukaan dentin di dalam tubuh dentin. Hal ini akan mencegah rangsangan/rasa ngilu. Sangat cepat meredakan ngilu gigi sensitif hanya dalam 60 detik.

Nama ProdukHarga Per September 2019
Sensodyne Protection OriginalRp. 35.000
Sensodyne Gentle WhiteningRp. 25.000
Sensodyne Repair & Protect Extra FreshRp 35.000
Sensodyne Repair & Protect WhiteningRp 35.000
Sensodyne Rapid ReliefRp. 30.000
Harga di atas dapat berbeda sesuai tempat penjualannya dan dapat berubah sesuai dengan waktu.

Kelebihan Pasta Gigi Sensodyne

  • Cocok digunakan untuk orang yang memilki gigi sensitif
    Produk yang telah menggunakan teknologi mutakhir Novamin ini cocok untuk Anda yang memiliki gigi ngilu cukup parah. Mengandung Strontium Chloride yang terbukti secara klinis memberikan perlindungan dari rasa ngilu.
  • Dapat mencegah terjadinya gigi berlubang
    Kandungan yang ada di dalamnya pasta gigi sensodyne akan membentuk lapisan mineral gigi yang 1,5 kali lebih kuat dari lapisan alami dentin. Lapisan tersebut berguna untuk mengurangi sensitivitas gigi dan juga mencegah terjadinya gigi berlubang.
  • Memberikan sensasi segar di mulut
    Kandungan zat tambahan limonene dan linalool dalam pasta gigi Sensodyne ini berfungsi sebagai antibakteri dan dapat menambah sensasi segar di mulut yang lebih lama bagi penggunanya.

Kekurangan Pasta Gigi Sensodyne

  • Sensasi pedas di mulut
    Kekurangan yang pertama yang ada pada pasta gigi Sensodyne ini yaitu setelah penggunaan memilki rasa pedas dimulut. Rasa pedas tersebut sedikit mengganggu ketika kita sedang mengalami sariawan pada mulut akan memberikan rasa perih sedikit.
  • Tidak cocok di gunakan oleh anak-anak
    Pasta gigi Sensodyne ini tidak cocok digunakan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun. Masalah sensitifitas jarang ditemukan pada anak-anak. Untuk menggunakannya pada anak konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk saran dan rekomendasi yang tepat.
  • Efek mencerahkan gigi yang kurang
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada pasta gigi Sensodyne ini yaitu meskipun memilki varian yang dapat mengembalikan warna putih alami, Namun hal tersebut tidak dapat mencerahkan warna pada gigi, karena varian tersebut hanya mengikuti warna asli pada gigi tanpa bisa mencerahkannya.

Pepsodent

Pepsodent merupakan merek pasta gigi yang sangat terkenal dan juga salah satu merek pasta gigi yang secara aktif mendukung dan mempromosikan kebiasaan untuk semua kalangan di mulai dari anak-anak sampai dewasa untuk menyikat gigi secara benar dan teratur.

Lihat juga:  Pilih Mana: Laser Wajah atau Peeling Wajah?
Pepsodent sendiri berdiri pada tahun 1980-an dan diproduksi oleh perusahaan terkemuka yakni PT. Unilever Indonesia.

Pepsodent dapat terbilang sebagai pemimpin pasar produk pasta gigi di Indonesia, menyadari pentingnya pemahaman masyarakat akan permasalahan gigi sensitif. Pepsodent hadir dengan berbagai varian pasta gigi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Varian Pasta Gigi Pepsodent

1. Pepsodent Sensitive Expert Original
Pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert Original menghilangkan rasa ngilu di gigi dalam 30 detik dan dapat
membantu mengatasi masalah gusi. Diperkaya dengan mineral HAP Pasta gigi nomor 1 yang dipercaya dan digunakan oleh dokter gigi di Indonesia.

2. Pepsodent Action 123 Anti Bacteria
Gaya hidup penuh stres dan diet yang tak seimbang dapat menyebabkan panas dalam yang berpengaruh pada kesehatan mulut Anda. Satu pasta gigi dengan tiga manfaat; 1. Mencegah gigi berlubang, 2. Nafas lebih segar, 3. Gigi tampak putih.  Dengan kekuatan anti bacterial ekstra dapat membantu melawan kuman setiap kali menggosok gigi.

3. Pepsodent Action 123
Pepsodent jenis ini memiliki manfaat 3 in 1 yakni formulasi gigi tampak putih, gigi berlubang dan nafas semakin segar. Pepsodent jenis ini juga mengandung kalsium aktif dan pro-flouride agar gigi selalu sehat dan kuat. Tidak hanya itu, pepsodent ini juga memiliki rasa fresh mint agar nafas selalu segar.

4. Pepsodent Herbal
Pepsodent jenis ini terbuat dari beberapa bahan alami serta serta diproses secara alami dengan tujuan gigi supaya lebih kuat, kokoh dan lebih segar. Pepsodent ini juga memiliki kandungan daun sirih yang mampu mencegah datangnya kuman. 

Nama ProdukHarga Per September 2019
Pepsodent Sensitive Expert OriginalRp.20.000
Pepsodent Action 123 Anti BacteriaRp. 15.000
Pepsodent Action 123Rp. 15.000
Pepsodent HerbalRp. 10.000
Harga di atas dapat berbeda sesuai tempat penjualannya dan dapat berubah sesuai dengan waktu.

Kelebihan Pepsodent

  • Membersihkan gigi secara efektif
    Seperti yang kalian ketahui bahwa pepsodent merupakan salah satu merk pasta gigi yang tentunya berfungsi sebagai bahan untuk membersihkan gigi. Pepsodent juga membersihkan kuman dan bakteri yang ada di gigi anda. Selain jenis pasta gigi lainnya, pepsodent merupakan jenis pasta gigi yang saat ini dipercaya paling efektif untuk membersihkan gigi anda.
  • Dapat memutihkan dan membuat nafas menjadi segar
    Selain dapat membersihkan gigi, kandungan fluoride yang ada pada pepsodent mampu membuat gigi menjadi lebih putih dan bersinar. Kalian akan lebih percaya diri lagi ketika melakukan berbagai aktivitas seperti berbicara dan senyum anda pu akan semakin menawan. Selain itu dengan aroma mint yang khas dari pepsodent, anda juga akan mendapatkan manfaat lain yaitu kesegaran napas.
  • Mencegah gigi berlubang
    Fungsi terpenting dari formula pada Pepsodent yang berbeda dengan manfaat kencur dan jahe, yaitu mencegah gigi berlubang. Untuk mencegah gigi berlubang itu kalian dapat mulai rajin menggosok gigi kalian dengan menggunakan pepsodent minimal sehari 2 kali untuk mencegah gigi berlubang.

Kekurangan Pepsodent

  • Tidak dapat mencegah rasa ngilu pada gigi
    Kekurangan yang pertama pada pepsodent yaitu pasta gigi ini tidak dapat mencegah rasa ngilu pada gigi yang sering di alami oleh orang yang mempunyai gigi yang sensitif. Berbeda dengan pasta gigi Sensodyne yang memang dikhusukan untuk orang yang memiliki gigi sensitif.
  • Mengandung fluoride
    Adanya kandungan fluoride dalam pasta gigi pepsodent, dan fluor itu sendiri harus melalui uji coba klinis dan mendapat persetujuan dari badan POM Kementrian Kesehatan sebelum dijual di pasaran. Tetapi, pastinya Pepsodent sudah melewati uji coba dan memiliki persetujuan karena sudah banyak beredar di pasaran, Namun dalam penggunannya jangan sampai tertelan ya.
  • Varian cukup sedikit
    Jika dibandingkan dengan pasta gigi Sensodyne yang memiliki banyak varian, berbeda dengan halnya dengan pasta gigi Pepsodent yang memilki varian yang tidak terlalu lengkap dan kebanyakan masyarakat hanya mengenal pepsodent orignal.

Pilih Mana: Pasta Gigi Sensodyne atau Pepsodent?

Sensodyne Pepsodent
Kelebihan- Cocok digunakan untuk orang yang memilki gigi sensitif - Dapat mencegah terjadinya gigi berlubang - Memberikan sensasi segar di mulut - Membersihkan gigi secara efektif - Dapat memutihkan dan membuat nafas menjadi segar - Mencegah gigi berlubang
Kekurangan- Sensasi pedas di mulut - Tidak cocok di gunakan oleh anak-anak - Efek mencerahkan gigi yang kurang - Tidak dapat mencegah rasa ngilu pada gigi - Mengandung fluoride - Varian cukup sedikit

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas yang telah kita bahas mengenai pasta gigi Sensodyne dan Pepsodent dapat kita simpulkan bahwa kdeuanya mempunyai keunggulannya masing-masing, Seperti Sensodyne yang telah menggunakan teknologi Novamin yang dapat menghilangkan rasa ngilu yang cukup parah, maka pasta gigi Sensodyne ini sangat cocok digunakan untuk kalian yang mempunyai gigi sensitif. Sedangkan untuk Pepsodent yang dapat mencerahkan gigi dan dapat mencegah gigi berlubang. Kedua pasta gigi antara Sensodyne dan Pepsodent dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sensodyne vs Pepsodent

VS