Pilih Mana: Pensil Faber Castell atau Derwent?

Pensil adalah alat tulis yang sangat umum digunakan di seluruh dunia. Alat tulis ini terdiri dari sebuah batang tipis yang biasanya terbuat dari grafit atau campuran grafit dengan tanah liat yang dijepit di dalam kemasan kayu cedar merah atau bahan lainnya. Ujung pensil yang lebih tajam digunakan untuk menulis atau menggambar pada berbagai permukaan seperti kertas, karton, atau bahkan kayu.

Pensil pertama kali ditemukan pada abad ke-16 di Inggris, tetapi pada saat itu, pensil terbuat dari batang grafit murni yang tidak dibungkus. Grafit adalah material yang ditemukan di Cumberland, Inggris, dan memiliki sifat menulis yang unik. Pada awalnya, grafit digunakan dengan cara meretasnya sehingga menghasilkan tumpukan serpihan grafit yang digunakan untuk menulis.
Pensil tersedia dalam berbagai tingkat kekerasan dan kelembutan, yang dinyatakan dengan kode seperti “HB,” “2B,” atau “4H.” Pensil dengan kode “H” cenderung lebih keras dan digunakan untuk garis yang lebih halus dan tajam, sementara pensil dengan kode “B” cenderung lebih lembut dan cocok untuk garis yang lebih gelap dan tebal.

Pensil juga telah berkembang menjadi berbagai varian, termasuk pensil warna, pensil mekanis, dan pensil digital. Pensil warna digunakan untuk menggambar dan mewarnai gambar, sementara pensil mekanis memiliki mekanisme yang memungkinkan batang grafit diganti tanpa harus mengasahnya.

Dalam artikel ini kita akan membahas dua merek pensil yang sudah dikenal oleh semua orang, yaitu Faber Castell dan Derwent. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Faber Castell

Sejarah Faber-Castell dimulai pada tahun 1761 ketika Kaspar Faber pertama kali mendirikan perusahaan ini di Nuremberg, Jerman. Pada awalnya, Faber hanya membuat pensil secara manual dan dengan bahan-bahan sederhana seperti grafit dan kayu. Namun, dengan berjalannya waktu, perusahaan ini berkembang pesat dan mulai menghasilkan pensil berkualitas tinggi.

Pada tahun 1839, Lothar von Faber, generasi kedelapan dari keluarga Faber, mengambil alih perusahaan dan memperkenalkan berbagai inovasi penting. Dia adalah orang yang pertama kali menciptakan pensil dengan bentuk hexagonal yang kita kenal saat ini. Ini membuat pensil lebih mudah digenggam dan mencegahnya bergulir di atas meja. Selain itu, Lothar von Faber juga memperkenalkan sistem penomoran pensil yang masih digunakan hingga sekarang.

Salah satu produk paling terkenal dari Faber-Castell adalah pensil Polychromos, yang sangat digemari oleh seniman-seniman di seluruh dunia. Pensil ini terkenal karena pigmen berkualitas tinggi yang menghasilkan warna-warna cerah dan tahan lama. Mereka sangat cocok untuk seni lukis, ilustrasi, dan sketsa.

Kelebihan Pensil Faber Castell

Berikut ini beberapa kelebihan dari Faber Castell yang perlu Anda ketahui:

Kualitas Grafit Premium

Salah satu keunggulan utama pensil Faber-Castell adalah penggunaan grafit berkualitas tinggi. Grafit ini dipilih secara khusus untuk menghasilkan core pensil yang halus dan tahan lama. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan garis-garis yang presisi dan tidak mudah patah. Bahkan pensil dengan tingkat kekerasan yang berbeda, seperti 2B atau 6B, tetap memiliki grafit berkualitas tinggi.

Desain Ergonomis Hexagonal

Pensil Faber-Castell memiliki desain hexagonal yang khas. Bentuk ini memberikan kenyamanan ekstra saat digenggam dan mencegah pensil bergulir di atas meja. Ergonomis dan praktis, pensil ini sangat cocok untuk digunakan dalam waktu yang lama tanpa membuat tangan lelah.

Beragam Tingkat Kekerasan

Faber-Castell memproduksi pensil dengan berbagai tingkat kekerasan, mulai dari 9H (paling keras) hingga 9B (paling lunak). Ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih pensil yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka. Pensil yang lebih keras cocok untuk detail presisi, sementara yang lebih lunak memberikan hasil bayangan dan tekstur yang lebih baik.

Kekurangan Pensil Faber Castel

Berikut ini beberapa kekurangan dari Faber Castell yang perlu Anda ketahui:

Harga yang Relatif Tinggi

Salah satu kekurangan utama pensil Faber-Castell adalah harganya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan merek pensil lainnya di pasaran. Kualitas tinggi datang dengan harga, dan ini bisa membuatnya kurang terjangkau bagi beberapa orang, terutama bagi mereka yang hanya membutuhkan pensil untuk penggunaan sehari-hari.

Derwent

Derwent adalah merek pensil seni yang terkenal dan diakui secara internasional. Merek ini dikenal karena pensil-pensil berkualitas tinggi yang mereka produksi untuk seniman, ilustrator, dan pecinta seni di seluruh dunia. Derwent adalah salah satu merek yang paling sering dipilih oleh seniman karena berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Merek Derwent memiliki sejarah panjang dalam industri seni. Merek ini berasal dari Cumberland Pencil Company, yang didirikan pada tahun 1832 di Keswick, Inggris. Dari sana, perusahaan ini telah berkembang pesat dan menjadi salah satu produsen pensil seni terbesar di dunia.

Salah satu kelebihan utama pensil Derwent adalah kualitas tinggi dari produk-produk mereka. Pensil-pensil ini terbuat dari bahan berkualitas, seperti kayu cedar untuk tubuh pensilnya, dan pigmen warna yang tahan lama. Ini memastikan hasil seni Anda tetap indah dan awet.

Kelebihan Pensil Derwent

Berikut ini beberapa kelebihan dari Derwent yang perlu Anda ketahui:

Kualitas Tinggi

Salah satu kelebihan utama pensil Derwent adalah kualitas tinggi dari produk-produk mereka. Pensil-pensil ini terbuat dari bahan berkualitas, seperti kayu cedar untuk tubuh pensilnya, dan pigmen warna yang tahan lama. Ini memastikan hasil seni Anda tetap indah dan awet.

Beragam Jenis Pensil

Derwent menawarkan beragam jenis pensil yang dapat memenuhi kebutuhan seniman dari berbagai gaya seni. Mereka memiliki pensil pensil grafit, pensil warna, pensil aquarel, dan bahkan pensil pensil yang dirancang khusus untuk seni tato sementara. Ini memberikan fleksibilitas dan banyak pilihan bagi seniman.

Pilihan Set Pensil

Merek ini juga menawarkan berbagai set pensil yang dirancang khusus untuk berbagai keperluan seni. Set-set ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi seniman pemula yang ingin mencoba berbagai jenis pensil dan warna.

Teknologi Inktense

Pensil Inktense adalah inovasi yang luar biasa. Mereka menggunakan pigmen tahan air yang aktif saat dicampur dengan air, menciptakan warna yang cerah dan tahan lama. Pensil ini cocok untuk seniman yang ingin menciptakan karya seni dengan warna yang kuat.

Inovasi Aquarel

Pensil aquarel Derwent adalah salah satu yang terbaik di dunia. Mereka menggabungkan kualitas pensil warna dengan efek aquarel yang menakjubkan. Pensil aquarel Derwent dapat diaplikasikan seperti pensil warna biasa dan kemudian dicampur dengan air untuk menciptakan efek aquarel yang indah.

Kekurangan Pensil Derwent

Berikut ini beberapa kekurangan dari Derwent yang perlu Anda ketahui:

Mudah Patah

Beberapa seniman melaporkan bahwa pensil Derwent, terutama pensil warna, cenderung lebih rapuh dan rentan patah dibandingkan dengan merek lain. Ini dapat menjadi masalah ketika Anda menginginkan presisi dalam pekerjaan seni Anda.

Sulit Dihapus

Salah satu fitur unik Derwent adalah pensil warna mereka yang tahan air. Namun, ini juga berarti bahwa setelah warna diaplikasikan dan dicampur dengan air, itu menjadi sulit untuk dihapus atau diperbaiki jika Anda melakukan kesalahan.

Perbandingan Pensil Faber Castell dan Derwent

Faber CastellDerwent
Kelebihan- Kualitas Grafit Premium
- Desain Ergonomis Hexagonal
- Beragam Tingkat Kekerasan
- Kualitas Tinggi
- Beragam Jenis Pensil
- Pilihan Set Pensil
- Teknologi Inktense
- Inovasi Aquarel
Kekurangan- Harga yang Relatif Tinggi- Mudah Patah
- Sulit Dihapus
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kedua merek, Faber-Castell dan Derwent, memiliki tempat istimewa dalam dunia seni. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi Anda, jenis seni yang Anda tekuni, dan anggaran Anda. Baik Faber-Castell maupun Derwent adalah merek yang dihormati dengan kualitas pensil seni yang luar biasa. Sebaiknya Anda mencoba beberapa pensil dari setiap merek dan menentukan mana yang paling sesuai dengan gaya dan kebutuhan seni Anda.

Anda Pilih Faber Castell atau Derwent?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!