AlamAuto TechKendaraan

Pilih Mana: Pertamax atau Pertamax Turbo?

Bahan Bakar Minyak atau yang dikenal dengan sebutan BBM adalah komoditas yang penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. BBM sendiri merupakan salah satu komoditas dari sumber daya alam minyak dan gas bumi. Minyak dan gas bumi merupakan sumber daya alam strategis tidak terbarukan yang dikuasai oleh negara.

BBM yang tersedia di SPBU pun beragam, mulai dari Pertalite, Pertamax, Premium, hingga solar. Jenis BBM tersebut memiliki keunggulannya masing-masing bagi kendaraan.

Seperti halnya Pertamax dan Pertamax Turbo, kedua BBM sekilas keduanya memiliki kesamaan. Namun, sebenarnya keduanya jelas berbeda dari segi harga dan fungsinya. Untuk lebih memahami fungsi dan keunggulan serta kelemahan kedua bahan bakar ini. Simak sampai habis!

Pertamax

Pertamax merupakan jenis bensin dengan oktan 92. Dimana produk bahan bakar yang satu ini merupakan produk bensin Pertamina. Bahan bakar ini diklaim mampu memberikan proses pembakaran yang bersih, sehingga bagian dalam mesin tetap terjaga.

Selain itu, Pertamax telah dilengkapi dengan pelindung anti karat, sehingga dapat menjaga kondisi tangki bensin tetap dalam kondisi baik. Pertamax juga dapat menjaga kemurniannya dari campuran air, menjadikan proses pembakaran tetap sempurna.

Ada beberapa jenis Pertamax, diantaranya adalah Pertamax Turbo dan Pertamax Racing. Meskipun ada juga beberapa produk pertamax lainnya yang telah dihapus seperti Pertamax Plus, dimana proses penjualannya dihentikan pada tahun 2016 dan BioPertamax dihentikan pada tahun 2010.

Kelebihan Pertamax

1. Ramah Lingkungan
Kelebihan pertamax adalah lebih ramah lingkungan. Hal ini disebabkan pembakaran yang lebih baik dan efisien, sehingga emisi gas yang dikeluarkan oleh bahan bakar ini lebih bersih.

2. Pembakaran Sempurna
Selanjutnya, Pertamax memiliki pembakaran yang sempurna jika dibandingkan dengan jenis bahan bakar mesin lainnya.

3. Pembakaran Lebih Sempuran
Pertamax membuat proses perawatan kendaraan menjadi jauh lebih mudah dikarenakan tidak memiliki timbal dan memiliki proses pembakaran yang lebih sempurna sehingga klep, head, piston, serta busi sehingga memiliki kadar kerak atau deposit lebih minim.

4. Lebih Irit Dari Bensi Lain
Pertamax jauh lebih irit dibandingkan bensin lain. Pasalnya, Pertamax yang lebih sulit dibakar yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih baik.

5. Performa Mesin Lebih Baik
Performa mesin yang menggunakan Pertamax diklaim jauh lebih baik dan agresif. Pasalnya, memiliki tambahan zat aditif yang akan membuat putaran gas pada mobil lebih ringan.

Kekurangan Pertamax

1. Harga Lebih Mahal Dari Yang Lain
Harga Pertamax dibanderol jauh lebih mahal di banding BBM jenis lain. Ini dikarenakan Pertamax memang diperuntukkan bagi kaum menengah ke atas yang memakai kendaraan mewah.

2. Mesin menjadi lebih cepat panas
Bagi Anda yang kendaraannya tidak memiliki radiator, menggunakan Pertamax berpotensi membuat mesin menjadi lebih panas. Tentu ini tidak baik untuk kendaraaan Anda.

3. Menimbulkan efek knocking pada kendaraan
Mesin knocking adalah keadaan dimana mesin dapat mengeluarkan suara yang kasar. Ini terjadi karena kualitas bahan bakar yang kurang baik serta oktan yang sanagat rendah.

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo adalah bahan bakar mesin yang memiliki teknologi Ignition Boost Formula (IBF) yang dapat meningkatkan teknologi kecepatan kendaraan saat bermanuver. Bahan bakar ini diklaim mampu membuat akselerasi mesin menjadi lebih baik diakibatkan torsi yang dihasilkan cukup tinggi. Harga Pertamax Turbo pun juga cukup terjangkau dengan kualitas yang sangat baik. Baca Juga Pilih Mana: Pertalite atau Pertamax?

Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha MT-15 atau Vixion R 155?

Dengan harga yang terjangkau, kualitasnya pun cukup baik untuk mesin. Bisa dibilang Pertamax Turbo memiliki kualitas yang baik dibanding bahan bakar lain. Bahan bakar ini memiliki oktan 98, yang cukup sangat tinggi.

Kelebihan Pertamax Turbo

1. Baik untuk Mesin
Pertamax Turbo memiliki kelebihan yaitu, cocok dengan berbagai kendaraan berteknologi tinggi. Setiap kendaraan memiliki rasio kompresi yang berbeda-beda dan setiap kendaraan yang mempunyai teknologi tinggi pasti membutuhkan bahan bakar mesin berkualitas baik seperti Pertamax Turbo.

2. Meningkatkan Kecepatan
Kelebihan selanjutnya adalah dapat meningkatkan kecepatan maksimal kendaraan. Hal ini diakibatkan oleh bahan bakar mesin Pertamax Turbo mampu menyempurnakan proses dari pembakaran bahan bakar. Sehingga, mesin kendaraan akan memberikan performa maksimal dan tenaga yang lebih besar.

Selain itu teknologi Ignition Boost Formula (IBF) mampu meningkatkan respon terhadap proses pembakaran untuk menghasilkan performa lebih tinggi.

3. Teknologi Anti Knocking
Bahan bakar ini memiliki teknologi untuk mencegah kendaraan knocking. Mesin knocking adalah keadaan dimana mesin dapat mengeluarkan suara yang kasar. Proses ini terjadi diakibatkan oleh kualitas bahan bakar yang kurang baik serta oktan yang sanagat rendah.

Oleh karena itu, Pertamax Turbo mempunyai formula anti knocking yang akan membuat mesin Anda lebih halus. Terlebih, Pertamax Turbo juga mempunyai oktan yang tinggi untuk mencegah kendaraan Anda mengalami knocking serta memberikan performa mesin yang maksimal.

4. Memiliki Teknologi Ecosave
Selain memiliki teknologi Anti knocking bahan bakar ini mempunyai ecosave technology. Ecosave technology adalah formula khusus yang berguna untuk melindungi mesin kendaraan Anda. Dapat kita ketahui bahwa kandungan detergency pada Pertamax Turbo berguna sebagai zat yang akan membersihkan bagian dalam mesin kendaraan.

Kekurangan

1. Harganya Mahal
Sesuai dengan namanya, Pertamax Turbo dijual dengan harganya yang cukup mahal, sehingga tidak cocok untuk masyarakat menengah ke bawah yang menggunakan kendaraan dengan CC yang kecil.

2. Tidak Bisa Digunakan Oleh Semua Kendaraan
Tak semua motor dianjurkan memakai Pertamax Turbo. Pasalnya, bahan bakar ini lebih cocok untuk kendaraan yang memiliki kompresi mesin 11-13:1 serta mobil yang dilengkapi Turbocharger dan Supercharged. Jadi, bagi yang kompresi mesinnya dibawah itu, sebaiknya menggunakan bahan bakar merek lain.

3. Penyebaran Pertamax Turbo belum merata
Meskipun berkualitas baik, nyatanya penyebaran Pertamax Turbo belum merata ke seluruh Indonesia, bahan bakar ini hanya dapat ditemui di kota-kota besar saja.

Pilih Mana: Pertamax atau Pertamax Turbo?

Keterangan PertamaxPertamax Turbo
Kelebihan - Ramah Lingkungan - Pembakaran Sempurna - Pembakaran Lebih Sempuran - Lebih Irit Dari Bensi Lain - Performa Mesin Lebih Baik- Baik untuk Mesin - Meningkatkan Kecepatan - Teknologi Anti Knocking - Memiliki Teknologi Ecosave
Kekurangan - Harga Lebih Mahal Dari Yang Lain - Mesin menjadi lebih cepat panas - Menimbulkan efek knocking pada kendaraan- Harganya Mahal - Tidak Bisa Digunakan Oleh Semua Kendaraan - Penyebaran Pertamax Turbo belum merata

Kesimpulan

Itulah kelebihan dan kekurangan Pertamax dan Pertamax Turbo yang telah dijelaskan di atas. Penggunaan bahan bakar mesin yang berkualitas dapat mempengaruhi performa mesin dan ketahanan mesin kendaraan. Oleh karena itu gunakan bahan bakar mesin yang berkualitas pada kendaraan kesayangan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pertamax atau Pertamax Turbo

VS