KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Pertamina Enduro atau Shell AX7?

Oli merupakan bagian penting untuk kendaraan, dengan penggunaan oli dengan kualitas tinggi dapat membuat kendaraan Anda menjadi lebih awet pada kapasitas mesinnya, dan daya tarik bisa menjadi lebih enteng. Berbagai merk dari oli yang sudah beredar di pasaran masyarakat Indonesia kedua diantaranya adalah Pertamina Enduro dan Shell AX7.

Pertamina Enduro dan Shell AX7 memiliki kualitas oli yang sangat baik, dengan memiliki sertifikat yang sudah didapatkan sehingga untuk kedua oli ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Harga yang dijual juga keduanya cukup terjangkau. Namun, disini kami akan membahasnya lebih detail agar dapat menjadi referensi untuk Anda.

Pertamina Enduro

Pertamina Enduro adalah salah satu perusahaan yang memiliki produk oli yang sangat bagus. Dengan banyaknya penghargaan yang didapatkan oleh PT. Pertamina Lubricants, dengan penobatan menghasilkan produk oli yang unggul dengan kualitas tinggi. Baca juga Pilih Mana: Evalube atau Enduro?

PT. Pertamina Lubricant berkomitmen untuk terus berinovasi, memberikan pelumas terbaik karya anak bangsa, memberikan pelayanan yang prima. Pertamina lubricants memiliki bengkel channel antara lain Bright Olimart, OliMart, dan Enduro Express yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahan yang digunakan sudah synthetic, jadi daya tahannya terjamin dan sudah memenuhi sertifikasi JASO MA2.

Bengkel Olimart menghadirkan dan menawarkan pelumas berkualitas tinggi secara menyeluruh untuk kendaraan penumpang roda empat, sedangkan untuk kendaraan roda dua tersedia bengkel Enduro Express di SPBU tertentu.

Kelebihan Pertamina Enduro

  • Kualitas oli yang kental
    Merk oli terbaik yang dijual di Indonesia ini memang dikenal memiliki kualitas unggul dengan tingkat kekentalan yang sangat baik. Maka, tak heran jika Pertamina Enduro ini menjadi salah satu oli motor terbaik yang banyak diminati oleh pecinta otomotif. Dengan kualitas yang baik dan oli yang kental in akan menjaga mesin kendaraan Anda agar tetap kondisi baik dan suara mesin dapat menjadi halus.
  • Mesin menjadi lebih halus
    Kelebihan dari oli Pertamina Enduro sudah banyak dirasakan oleh penggunaan kendaraan atau bahkan konsumen setia oli Pertamina Enduro ini. Yaitu oli Pertamina Enduro dapat membuat kualitas mesin kendaraan Anda jauh lebih halus, sehingga saat membawa kendaraan Anda yang habis diganti dengan oli Pertamina Enduro sangat dapat memuaskan Anda.
  • Tarikan lebih enteng
    Kelebihan lainnya dari oli Pertamina Enduro adalah tarikan gas akan jauh lebih enteng, hal ini sangat bagus sekali ya. Karena dengan adanya tarikan yang super enteng membuat mesin tidak terlalu cepat panas sehingga Anda akan lebih nyaman dan aman saat mengendarai kendaraan Anda. Dan harga yang dijual oli ini juga cukup terjangkau, dan sangat mudah untuk Anda dapatkan.

Kekurangan Pertamina Enduro

  • Produk dapat dipalsukan
    Kekurangan dari oli ini adalah bahwa dengan keunggulan merknya menjadi oli ini dapat dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga untuk Anda harus lebih berhati-hati jika ingin membeli oli Pertamina Enduro, jika harga jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ada di pasaran pastikan kualitasnya bisa-bisa oli tersebut adalah palsu.
  • Warna oli terbilang cepat menjadi hitam
    Walaupun oli Enduro ini memiliki kualitas yang bagus tetapi seperti pada umumnya oli akan cepat menghitam pada hitungan bulan kedua setelah Anda mengganti oli. Tetapi hal tersebut sangat wajar saja, tidak sangat menjadi kekurangan yang penting.

  • Oli mobil kurang populer
    Jika dibandingkan dengan oli motor Enduro, maka oli Enduro untuk mobil memang jarang menjadi pilihan banyak orang, tetapi tidak semua orang ya hanya sebagian saja, karena memang untuk oli Enduro ini terkenal dengan oli untuk kendaraan bermotor.
Jenis Oli Pertamina EnduroHarga Per Oktober 2019
Enduro 4T Sport Rp. 165.000
Enduro 4T Racing Rp. 45.000
Enduro Matic Rp. 40.000

Shell AX7

Oli Shell AX7 ini adalah oli semi sintetik dari sebuah brand (perusahaan terkenal dan terbesar shell) dan dijual dengan harga yang cukup murah. Bagi para bikers mungkin sudah tidak akan asing lagi dengan oli Shell AX7 ini. Shell AX7 ideal untuk sepeda motor berperforma tinggi.

Dalam kondisi yang penuh tekanan sekalipun, pelumas ini membantu memastikan mesin Anda memberikan daya dan tenaga putar yang tinggi sehingga meningkatkan kontrol dan kenyamanan serta menambah semangat dan kenyamanan Anda dalam berkendara.

Oli yang sudah mendapatkan sertifikasi API SM dan JASO MA2 ini diformulasikan dengan Shell active cleansing teknologi yang bisa membantu penggumpalan partikel kotoran yang bisa menimbulkan endapan di mesin.

Shell AX7 diformulasikan dengan Teknologi Pembersihan Aktif Shell yang mampu mencegah partikel-partikel kotoran agar tidak saling melekat dan membentuk endapan. Hal ini sangat bagus sekali agar kendaraan Anda tetap terjaga.

Kelebihan Shell AX7

  • Mesin menjadi lebih halus
    Sudah banyak yang menjadi kelebihan dari Shell AX7 diketahui orang apalagi bagi pecinta otomotif. Bahwa oli Shell AX7 memiliki kemampuan agar mesin pada kendaraan Anda tetap terjaga. Mesin menjadi lebih halus dari sebelumnya Anda menggunakan oli ini, hal ini dipercaya dengan banyaknya review yang mengatakan hal tersebut. Jika Anda menginginkan mesin kendaraan menjadi lebih halus mungkin Shell AX7 bisa menjadi pilihan yang tepat.
  • Mudah didapatkan
    Di Indonesia oli Shell AX7 bisa didapatkan dengan mudah. Oli ini memiliki beberapa varian yang bisa digunakan untuk motor bebek, matic dan juga sport. Jadi Anda bisa menggunakan motor ini pada apapun jenis motor Anda.

  • Harga relatif terjangkau
    Kelebihan dari oli Shell AX7 memiliki harga yang cukup atau relatif terjangkau, dengan oli yang terjangkau tersebut tentu kualitasnya sangat baik. Tidak perlu Anda khawatirkan lagi untuk oli Shell AX7 ini ya.
    Kekurangan Shell AX7

Kekurangan Shell AX7

  • Produk sering dipalsukan
    Kelebihan Shell AX7 sangat bagus sekali untuk menjaga kualitas kendaraan Anda. Tetapi apakah Anda bahwa Shell AX7 sering sekali dibuat produk palsu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oli ini dibuat oleh orang pedagang kaki lima biasanya dan dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi jangan Anda tergiur dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan biasanya, untuk lebih aman pastikan membelinya di toko resmi-resmi atau bengkel-bengkel resmi.
  • Tarikan tidak begitu enteng
    Biasanya ketika habis mengganti oli maka tarikan pada kendaraan akan lebih enteng, tetapi pada Shell AX7 sepertinya tidak begitu dirasakan. Tarikan pada kendaraan motor tidak begitu terasa enteng namun bukan berarti tidak enteng ya. Hanya saja tidak begitu dirasakan ke enetengan tarikannya.
  • Mesin menjadi lebih panas
    Kekurangan yang satu ini mungkin tidak seluruh orang tidak menyukainya, yaitu ketika penggunaan oli Shell AX7 mesin akan lebih cepat panas. Hal ini sebenarnya sangat bagus dibandingkan mesin dalam keadaan dingin. Tetapi jika di jalanan macet kendaraan dengan mesin yang cepat panas akan membuat sedikit tidak nyaman untuk Anda.
Jenis Oli Shell AX7Harga Per Oktober 2019
Shell Advance AX7 10W-30Rp. 36.000
Shell Advance AX7 10W-40Rp. 45.000
Shell Advance AX7 15W-50Rp. 138.000

Pertamina Enduro vs Shell AX7

  • Pertamina Enduro oli yang sudah memiliki sertifikat JASO MA2 sehingga tidak perlu Anda khawatirkan lagi keamanannya. Begitu juga dengan Shell AX7 sudah memiliki sertifikat JASO MA2. Jadi keduanya adalah pilihan oli yang bisa menjadi referensi terbaik untuk Anda.
  • Pertamina Enduro dan Shell AX7 dipercaya banyak orang saat mengganti oli dengan keduanya makan mesin kendaraan Anda akan jauh lebih halus dari sebelumnya. Hal ini sangat bagus sekali untuk menjaga umur mesin Anda.
  • Mudah didapatkan adalah hal yang yang cukup penting yang menjadi pertimbangan untuk Anda. Untuk mendapatkan kedua merk oli ini Anda tidak perlu kesusahan karena diberbagai bengkel dan toko sudah banyak menjual kedua oli ini.
Produk dapat dipalsukan. Ya, Pertamina Enduro dan Shell AX7 ini sering terjadinya produk pemalsuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Jadi, pastikan Anda membeli di bengkel resmi atau bahkan bengkel langganan Anda. Jangan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah, karena bisa jadi itu adalah oli palsu.
  • Tarikan gas yang terbilang enteng dan mesin tidak terlalu panas kelebihan yang dimiliki oleh oli Pertamina Enduro. Dibandingkan dengan oli Shell AX7 yang tarikan tidak begitu enteng, dan mesin menjadi lebih panas hal ini dipercaya dengan banyaknya review yang mengklaim akan hal ini.

Pilih Mana: Pertamina Enduro atau Shell AX7?

Pertamina EnduroShell AX7
Kelebihan- Kualitas oli yang kental - Mesin menjadi lebih halus - Tarikan lebih enteng - Mesin menjadi lebih halus - Mudah didapatkan - Harga relatif terjangkau
Kekurangan- Produk dapat dipalsukan - Warna oli terbilang cepat menjadi hitam - Oli mobil kurang populer - Produk sering dipalsukan - Tarikan tidak begitu enteng - Mesin menjadi lebih panas

Kesimpulan

Untuk pemilihan oli sendiri diantara Pertamina Enduro dan Shell AX7, Anda bisa pilih sesuai dengan selera Anda saja ya. Jika ingin memiliki tarikan gas yang lebih enteng dan mesin yang tidak terlalu panas maka oli Pertamina Enduro bisa menjadi pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pertamina Enduro vs Shell AX7

VS

Leave a Reply