Pilih Mana: Photoshop atau Corel Draw?

Software pengeditan foto saat ini cukup banyak yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu, salah satunya seperti Photoshop dan Corel Draw yang saat ini masih populer dari dulu.

Fitur-fitur dan beberapa komponen di dalam Photoshop dan Corel Draw sangat banyak dan beragam. Semuanya memiliki fungsi dan peranannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan pemakainya.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai Photoshop dan Corel Draw sehingga bisa kamu jadikan sebagai perbandingan dalam memilih software untuk mengedit foto. Stay tune guys!

Photoshop

Photoshop merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak untuk editor foto atau gambar yang dikeluarkan Adobe Systems dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak yang satu ini banyak dipakai oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.

Selain mempunyai fitur yang gampang untuk dipahami, photoshop juga mempunyai beberapa fitur unggulan yang dapat bekerja secara maksimal, dan juga bisa mensuport beberapa file, sehingga bagi seorang desain grafis perihal ini merupakan salah satu syarat yang harus ada untuk masuk ke dunia desain grafis, karena photoshop dengan segala fasilitasnya sangat cocok untuk seorang desain grafis.

Photoshop dikhususkan sebagai perangkat lunak yang dipakai untuk mengedit gambar dalam format BITMAP. Foto merupakan salah satu gambar dengan format BITMAP oleh sebab itu Photoshop banyak dipakai oleh para fotografer.

Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik bila dibandingkan dengan perangkat lunak lain sejenisnya. Bisa dikatakan juga hampir tidak ada tandingannya. Format File Photoshop mampu untuk membaca serta menulis gambar berformat raster serta vektor seperti. png,. gif,. jpeg, dan lain-lain.

Kelebihan Photoshop

Menyuguhkan berbagai peralatan desain yang beragam

Sebagai pemula pemakai perangkat lunak editing tidak perlu khawatir, karena kelebihan Photoshop ini mudah dipelajari, terlihat dari tampilan awalnya yang simpel. Dengan berbagai peralatan desain yang disediakan, Kamu bisa mengedit foto maupun gambar sekreatif dan semenarik mungkin.

Amat berguna untuk menyunting maupun memanipulasi foto

Terdapat banyak sekali (bisa jadi tidak terbatas, tergantung kreativitasmu) jenis edit maupun manipulasi foto yang bisa kamu lakukan di Photoshop karena banyaknya tools yang tersedia. Apakah kamu ingin membuat satu gambar dengan gambar yang lain saling tumpang tindih, atau ingin menghapus warna tertentu dari gambarmu untuk menghasilkan efek selection yang unik, atau manipulasi lainnya, semuanya bisa kamu lakukan dengan memakai Photoshop.

Bisa dipakai untuk membuat tulisan dengan efek tertentu

Ketersediaan peralatan yang ada di Photoshop membuatmu bisa mengedit maupun membuat tulisan dengan efek-efek tertentu. Misalnya, Photoshop bisa mengubah bentuk tulisan menjadi berbeda sesuai dengan kreativitas yang kamu miliki. Beberapa bentuk efek antara lain membuat tulisan kamu menjadi cetak miring, cetak tebal, atau bergaris bawah. Perihal ini tentu amat mempermudah bila kamu mau membuat logo yang memerlukan bentuk tulisan unik.

Kekurangan Photoshop

Harga yang mahal

Sesungguhnya ini termasuk sesuatu yang logis untuk terjadi. Dengan berbagai fitur yang dipunyai oleh Photoshop, tentu harganya juga akan mahal. Namun untuk sebagian orang, harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga bisa menjadi kekurangan tersendiri.

Membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi

Dengan berbagai fitur yang dipunyai oleh Photoshop, tentu membutuhkan spesifikasi komputer yang juga tinggi. Namun untuk sebagian orang perihal ini akan menghambat fleksibilitas dalam melakukan proses editing karena tidak bisa dicoba di komputer manapun, sehingga dapat menjadi kekurangan tersendiri.

Hanya bisa menciptakan gambar yang statis

Kelemahan ini terutama terlihat versi Photoshop yang lawas. Adobe Photoshop versi terdahulu cuma bisa menciptakan gambar yang statis.

Corel Draw

Corel Draw merupakan sebuah software yang didesain khusus untuk kebutuhan editing gambar vektor, software ini pertama kali diluncurkan pada bulan januari 1989 oleh suatu perusahaan pengembang aplikasi yang ada di Ottawa-Kanada bernama Corel.

Pada tahun 1987 Corel berencana membuat sebuah aplikasi desain vektor yang akan didistribusikan untuk sistem operasi Windows dan Mac. OS. Kemudian Corel menyewa dua orang programer bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengerjakan perangkat lunak tersebut, dan tepat pada tahun 1989 diperkenalkan suatu software desain grafis besutan Corel tersebut dengan nama Corel Draw.

Seiring perkembangannya Corel Draw cuma dirilis untuk sistem operasi Windows. Hal ini disebabkan penjualan software Corel Draw untuk Mac. OS kurang laku dipasaran. Perihal ini menyebabkan pemberhentian pengembangan software Corel Draw untuk sistem operasi Mac, dan pengembang cuma fokus untuk pengembangan di lingkup sistem operasi Windows.

Selain bisa berjalan di sistem operasi Windows, Corel Draw juga bisa berjalan pada sistem operasi Linux, akan tetapi kamu wajib memakai perangkat lunak tambahan seperti Wine. Akan tetapi Wine sendiri cuma sanggup menjalankan Corel Draw versi 9 pada sistem operasi Linux.

Kelebihan Corel Draw

Hasil gambar berbasis vektor lebih baik

Definisinya, vektor merupakan kumpulan dari bentuk datar polygon yang dibentuk sedemikian rupa dengan perbandingan rasio gambar dan ukuran sehingga menghasilkan apa yang kita sebut desain gambar. Vektor ini mempunyai keunggulan dibanding format konvensional Bitmap dimana hasil gambarnya tidak pecah saat diperbesar, karena format vektor mempunyai perbandingan rasio, sehingga ukurannya akan relatif terhadap rasio dasarnya.

Tersedianya banyak tool, baik selection, editing, dan pemberian efek

Perihal ini tentunya yang memudahkan dalam mengoperasikan dan menghasilkan gambar yang menarik di Corel Draw. Perihal ini pastinya menjadi daya tarik tersendiri karena semakin banyak menu dan item yang disediakan dalam suatu software, menandakan bahwa banyak hal yang dapat dicoba dengan software tersebut, dan ini merupakan daya tarik tersendiri dari software lain yang sejenis.

Menjadi standar industri dan perusahaan

Aplikasi Corel Draw saat ini sudah menjadi aplikasi standar di dalam berbagai keperluan untuk pengerjaan desain di berbagai perusahaan. Lembaga-lembaga khusus pun sudah banyak yang memakai aplikasi ini sebagai materi yang dimasukkan kedalam materi studinya.

Kekurangan Corel Draw

Resource dan ukuran file yang besar

Pada saat ini, rasanya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa jika semakin banyak fitur desain yang disediakan oleh software design, maka akan semakin banyak juga pemakaian resource memory nya. Khususnya pada aplikasi design Corel Draw ini. Disamping penggunaanya menuntut spesifikasi PC yang bisa dibilang cukup mumpuni dalam sektor memory (RAM) dan juga graphic card, ukuran file mentahan yang dihasilkan oleh Corel Draw bisa menjadi cukup besar dengan semakin kompleks bentuk dan rangkaian vektor yang dibuat.

Pembuatan tabel sedikit sulit di Coreldraw

Pembuatan tabel di Corel Draw sedikit sedikit sulit karena Corel Draw sendiri merupakan aplikasi berbasis vektor, berbeda dengan aplikasi word processing yang mana untuk penyisipan tabel relatif mudah. Pada aplikasi berbasis vektor seperti Corel Draw, membutuhkan beberapa klik untuk mendapatkan hasil atau layout tabel yang tepat sesuai yang diinginkan.

Tidak cocok untuk pengeditan foto

Perihal ini terjadi karena target platform yang berbeda. Dimana Photoshop merupakan aplikasi editing foto bitmap, sedangkan Corel Draw merupakan aplikasi editing Vector. Perihal ini merupakan perbedaan yang cukup mendasar untuk dibilang bahwa aplikasi Corel Draw ini kurang cocok untuk editing foto. Namun demikian, walaupun dibilang kurang cocok, kita masih bisa melakukan pekerjaan foto sederhana di Corel Draw, walaupun dengan dukungan yang terbatas.

Perbandingan Photoshop dan Corel Draw

Photoshop Corel Draw
Kelebihan- Menyuguhkan berbagai peralatan desain yang beragam
- Amat berguna untuk menyunting maupun memanipulasi foto
- Bisa dipakai untuk membuat tulisan dengan efek tertentu
- Hasil gambar berbasis vektor lebih baik
- Tersedianya banyak tool, baik selection, editing, dan pemberian efek
- Menjadi standar industri dan perusahaan
Kekurangan- Harga yang mahal
- Membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi
- Hanya bisa menciptakan gambar yang statis
- Resource dan ukuran file yang besar
- Pembuatan tabel sedikit sulit di Coreldraw
- Tidak cocok untuk pengeditan foto
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Photoshop dan Corel Draw menjadi software untuk mengedit foto yang digemari oleh banyak orang. Namun saya pribadi lebih merekomendasikan Photoshop untuk menjadi andalan kamu karena lebih memiliki fitur yang lebih banyak dan mudah untuk digunakan meskipun harganya sendiri cukup mahal. Tentukan pilihan software editing kamu sesuai keinginan dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Anda Pilih Photoshop atau Corel Draw?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!