KendaraanOtomotif

Pilih mana: Nissan Terra vs Toyota Fortuner ?

Persaingan ketat antara Nissan Terra dan Toyota Fortuner yang mengeluarkan produk yang sama-sama menarik perhatian masyarakat ingin memiliki mobil mewah dan gagah ini.

PT Nissan Motor Indonesia yang baru-baru ini telah merilis produk terbaru mereka, yaitu Nissan Terra yang siap mengaspal di tanah air indonesia. Membuat Toyota Fortuner menjadi saingannya nanti. Nissan Terra yang nantinya akan meramaikan segmen SUV dan siap mengalahkan kedudukan Toyota Fortuner. Sebagai pendatang baru, Nissan membekali banyak fitur supaya mampu bertarung dengan Fortuner dan Pajero Sport. 

Maka dari itu, yuk simak artikel kali ini yang akan membahas mengenai keduanya.

Persamaan Nissan Terra dan Toyota Fortuner

  • Memiliki beberapa kesamaan, seperti LED headlight, 7-seat, dan interior eksklusif yang membuat kamu nyaman. 
  • Di dalamnya terdapat touchscreen system di konsol tengah dan sistem audio.
  • Soal fitur keduanya sudah dilengkapi dengan banyak fitur keselamatan seperti ABS, Airbags, EBD, bahkan Hill Start Assist dan Hill Descent Control.

Perbedaan Nissan Terra dan Toyota Fortuner

  •  Nissan Terra hadir dengan panjang 4.882 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.835 mm, dan wheelbase 2.850 mm. Ground clearance mobil ini mencapai 225 mm dan diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya. Sedangkan, Toyota Fortuner memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Sementara jarak sumbu roda nya 2.745 mm dan ground clearance 193 mm. Baca juga: 7 Oli Mobil Matic Terbaik.
  • Nissan Terra yang sedikit lebih unggul dari segi dapur pacunya. SUV baru ini mengusung mesin diesel 2,5 liter dengan tenaga 188 hp dan torsi 450 Nm. sedangkan, Toyota Fortuner dibekali mesin diesel 2,5 liter yang hanya mampu memuntahkan daya sebesar 148 hp dan torsi 401 Nm.
  • Nissan Terra dijual mulai 1,5 jutaan peso atau sekitar Rp 400 jutaan hingga 2,1 jutaan peso atau setara Rp 557 jutaan, Sedangkan Toyota Fortuner dibanderol paling murah Rp470 jutaan hingga Rp660 jutaan.
  • Terdapat pada bagian sisi safetynya, yang dimana Toyota Fortuner masih belum melampaui Nissan Terra. Pasalnya, Fortuner hanya memiliki SRS Airbag di kabin depan, sementara Nissan Terra di 7 titik, termasuk kabin belakang.

Nissan Terra

Munculnya produk baru, menjadi ujung tombak penjualan SUV Nissan. Mereka ingin merayakan kembali kesuksesan Nissan Terrano pada 1993 – 2006. New Nissan Terra mewakili warisan legendaris SUV yang kuat dan menggabungkannya dengan sejumlah teknologi cerdas dari Nissan Intelligent Mobility. Para pengunjung dapat menjelajahi fitur-fitur Nissan Intelligent Mobility 

Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya memboyong Nissan Terra. Kelahiran Terra sejatinya inisiatif perusahaan, untuk memperlihatkan keahlian Nissan selama 60 tahun dalam membuat SUV. Untuk diketahui, Nissan Patrol dan Terrano menjadi asal-usul DNA dalam membangun New Nissan Terra. 

Kelebihan Nissan Terra 

  •  Desain eksterior mewah

Memiliki desain yang eksterior yaitu sporty dan mewah. Dimana hal tersebut dapat dilihat dari desain grill depan yang dirancang berukuran besar dengan frame chrome yang akan memberikan kesan sporty dan mewah. 

Ditambah lagi dengan desain bumper depan yang akan lebih memberikan nuansa kokoh serta velg yang besar bernuansa sporty yang akan memberikan kesan mantap dan nyaman.

  • Fitur Keselamatan dan Keamanan Lengkap

Penggunaan lampu jenis LED yang dibingkai dengan frame chrome yang akan lebih memberikan kesan modern dan sporty, kemudian ditambah juga dengan adanya lampu kabut yang akan menambah penerangan cahaya kepada para pengguna pada saat berkendara di malam hari. 

Terdapat juga pada bagian side mirror yang telah dirancang dengan kombinasi turning signal, sehingga sudah pasti mobil nissan terra ini akan tampak sangat modern dan sporty.

  • SUV Gagah Berkapasitas Tujuh Orang

Nissan Terra juga punya fungsional yang terbilang baik yang mampu menampung tujuh orang di dalamnya dengan konfigurasi kursi tiga baris. Bahkan masih tersisa ruang dibagian belakang yang berfungsi untuk bagasi.

Mobil ini memiliki panjang 4.895 mm, lebar 1.865 mm dan tinggi 1.835. Untuk ground clearance yang mencapai 225 mm, membuat Nissa Terra  mampu melampaui berbagai medan jalan.

Kekurangan Nissan Terra 

  •  Desain dashboard kurang menarik

Kelemahan yang dimiliki Nissan Terra ini salah satunya ada dashboard Nissan Terra yang kurang menarik mas bro. Desain monoton, dan tidak diberi ornamen lain yang bisa memperindah dashboardnya.

  • Setir belum ada pengaturan telescopic
Lihat juga:  Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda Element?

Kelemahan lain dari mobil ini yakni setir belum ada pengaturan telescopic. Pengaturan setir baru dapat dinaik-turunkan dn belum bisa memaju-mundurkan lingkar kemudi. Jadi pengemudi tidak bisa menyesuaikan posisi menyetir dengan nyaman

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner yang dikenal sejak tahun 2005 dengan mengalami beberapa kali perubahan, baik itu eksterior, interior, hingga fitur yang dibenamkan. Nah, hal ini tentunya dilakukan agar mobil ini menjadi top of mind masyarakat Indonesia di segmen SUV.

Pada bulan Agustus 2007 Toyota Fortuner mulai dipasarkan pada mesin berbahan dasar diesel dengan jenis mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D4D atau Direct Four Stroke Turbo Common Rail Injection. Dengan menggunakan teknologi Common Rail, mesin ini sama dengan Toyota Kijang Innova.

Pada awalnya Toyota Fortuner Diesel hanya diproduksi dengan transmisi manual namun pada tahun 2009 Toyota juga merilis Toyota Fortuner Tuned dengan transmisi otomatis. Pada versi terbarunya sendiri, Toyota Fortuner memiliki desain bodi yang sangat segar dengan tampilan terbaru Toyota Fortuner yang lebih gagah dan sporty lagi untuk menarik perhatian masyarakat indonesia.

Kelebihan Toyota Fortuner

  • Mesin Responsif

Mesin responsif merupakan keunggulan pertama dari Toyota Fortuner. Dengan memiliki bodinya yang bongsor, akan kalah rasanya jika Toyota tidak menyematkan jantung mekanis yang tak kalah jauh.

Toyota Fortuner dibekali mesin 2KD-FTV VN Turbo Intercooler yang memiliki kapasitas mesin 2.494 cc. Dengan mesin tersebut, Toyota Fortuner mampu menghasilkan tenaga maksimal 144 PS dengan putaran mesin 3.400 rpm dan torsi maksimal 35 kgm pada putaran mesin 2.899 rpm.

  • Eksterior gagah

Keunggulan Toyota Fortuner kedua terdapat di tampilannya yang gagah dan mewah. Hal tersebut terlihat dari hadirnya TRD Sportivo Grille, New TRD Sportivo Front Underguard, dan Rear Roof Spoiler yang membuat tampilan depan mobil ini semakin gagah dan sporty.

Toyota Fortuner juga telah dilengkapi dengan New LED Daytime Running Light (DRL) dan fog lamp yang dilapisi dengan aksen chrome. Alhasil, tidak hanya mobil tampil gaya, pemasangan komponen ini juga akan memaksimalkan pandangan pengemudi saat berkendara di kondisi jalan yang gelap atau berkabut.

  • Fitur Keselamatan dan Keamanan Lengkap

Sebagai SUV keluarga, sudah sepantasnya Toyota menyematkan banyak fitur keselamatan dan keamanan pada Fortuner yang berfungsi untuk melindungi pengemudi serta penumpang depan saat terjadi kecelakaan yang sangat fatal. Selanjutnya untuk menjaga keselamatan dan keamanan penumpang dan pengemudi, Toyota Fortuner juga telah dilengkapi dengan fitur ABS + EBD yang berfungsi untuk menstabilkan pengereman meski mobil ini melakukan pengereman secara mendadak dengan kecepatan tinggi.

Kekurangan Toyota Fortuner

  • Kursi Baris Tiga Baris Sempit

Sebagai mobil yang memiliki dimensi bongsor dan besar, Toyota Fortuner memiliki tiga baris jok yang terbilang sempit. Untuk orang dewasa, hal ini akan sedikit mengganggu karena tidak memiliki ruang kaki yang cukup untuk bergerak bebas yang akan berdampak pada kenyamanan yang dirasakan oleh pengemudi, terlebih saat melakukan perjalanan jarak jauh. 

  • Interior Kurang Variatif

Selain konsumsi bahan bakar yang boros, kekurangan dari Toyota Fortuner yang dimana interiornya yang kurang variatif. Bahkan, interior Toyota Fortuner terkesan lebih monoton dan tidak terlalu banyak mengalami perubahan dari seri sebelumnya.

Pilih mana: Nissan Terra vs Toyota Fortuner ?

Keterangan Nissan Terra Toyota Fortuner
Kelebihan - Desain eksterior mewah - Fitur Keselamatan dan Keamanan Lengkap - SUV Gagah Berkapasitas Tujuh Orang- Mesin Responsif - Eksterior gagah - Fitur Keselamatan dan Keamanan Lengkap
Kekurangan - Desain dashboard kurang menarik - Setir belum ada pengaturan telescopic - Kursi Baris Tiga Baris Sempit - Interior Kurang Variatif

Kesimpulan 

Nissan Terra atau Toyota Fortuner yang hampir memiliki kesamaan. Sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan. Namun jikaa say disuruh memilih dari keduanya, sudah pasti saya akan memilih Nissan Terra yang baru dirilis dong, dengan keunggulan yang lebih mantap dari Toyota Fortuner. Namun balik lagi ke kalian mau memilih yang mana dari keduanya. Apapun yang anda pilih itu sudah menjadi keputusan serta pertimbangan perjalanan keluarga anda agar lebih nyaman dan aman. Semoga bermanfaat ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nissan Terra vs Toyota Fortuner

VS