Elektronik

Pilih Mana: PlayStation 4 atau Xbox One?

Banyak hal yang menjadi kesenangan dan hobi orang. Salah satunya yaitu kesenangan atau hobi bermain game. Dalam beberapa jenis game terdapat konsol game yang merupakan perangkat untuk mendukung berbagai aktivitas bermain game. Dua jenis konsol game yang dapat Anda gunakan yaitu PlayStation 4 dan Xbox One. Manakah konsol game yang memiliki performa baik dalam mendukung Anda dalam bermain game? PlayStation 4 atau Xbox One?

PlayStation 4 dan Xbox One sebenarnya merupakan konsol yang fungsi dasarnya mendukung aktivitas bermain game. PlayStation 4 merupakan pengembangan dari PlayStation 3. Banyak orang yang memilih menggunakan PlayStation 4 karena memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Xbox One. Namun banyak juga yang menggunakan Xbox One karena memiliki performa yang sangat baik.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Redmi S2 atau Redmi Note 5?

PlayStation 4

PlayStation 4 merupakan penerus dari PlayStation 3. Dikutip dari Wikipedia.org  PlayStation 4 dirilis pada 15 November 2013 di Amerika Utara dan rilis di Indonesia pada 19 Februari 2014. Konsol game ini merupakan besutan dari Sony Computer Entertainment.

Kelebihan PlayStation 4

Berikut beberapa kelebihan PlayStation 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan PlayStation 4 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Xbox One. PlayStatin 4 lebih berfokus ke pure gaming. Karena memiliki harga yang terjangkau, banyak orang yang menggemari PlayStation 4. Anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli PlayStation 4 meskipun memiliki budget yang terbatas.

  • Lebih Sedikit Mengonsumsi Daya

Kelebihan lain yang dimiliki oleh PlayStation 4 adalah mengonsumsi daya yang lebih sedikit daripada Xbox One. Jika Xbox One menghabiskan watt sekitar 20 hingga 30 watt, PlayStation hanya membutuhkan sekitar 13 watt.

  • Tidak Menghasilkan Suara Bising

Kekurangan yang ada di PlayStation 3 telah diperbaiki di PlayStation 4. PlaysStation 4 tidak menghasilkan suara sama sekali sebab PlayStation lebih tenang dibandingkan PlayStation 3 sebelumnya.

Kekurangan PlayStation 4

Berikut beberapa kekurangan PlayStation 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Waktu yang Lebih Lama Mendinginkan Diri

Salah satu kekurangan PlayStation 4 adalah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan diri. Playstation 4 membutuhkan waktu tambahan sekitar 15 hingga 20 menit untuk mendinginkan diri. Karena itulah Anda harus menunggu lebih lama agar mesin PlayStation 4 menjadi lebih dingin.

  • Memiliki Controller Game yang Masih Rendah

Kekurangan lain PlayStation 4 adalah memilih controller game yang masih di bawah controller Xbox One. Controller game pada PlayStation 4 sebenarnya telah ditingkatkan dari controller game PlayStation 3. Namun sayangnya controller game Xbox One masih lebih unggul.

  • DualShock Memakan Tempat yang Lebih Banyak

Kekurangan PlayStation 4 selanjutnya adalah memiliki DualShock yang lebih panjang sebab touch pad menggantikan tombol start dan select namun hal ini masih memakan tempat yang lebih banyak. Meskipun begitu, DualShock ini kontrol analog DualShock PlayStation 4 ini terasa lebih nyaman sebab tidak lagi berbentuk bulat keluar seperti sebelumnya.

Kelebihan PlayStation 4Kekurangan PlayStation 4
- Harga lebih terjangkau- Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tidak panas
- Lebih sedikit mengonsumsi daya- Memiliki controller game yang masih rendah
- Tidak menghasilkan suara bising- Dualshock memakan tempat yang lebih banyak

Xbox One

Xbox One merupakan konsol game atau permainan video yang dikembangkan oleh Microsoft. Xbox One merupakan penerus dari Xbox360 yang dirilis pada tahun 2013. Konsol permainan ini memiliki banyak penggemar karena dianggap mampu bersaing dengan Playstation 4.

Kelebihan Xbox One

Berikut beberapa kelebihan Xbox One yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Tampilan yang Gagah

Salah satu kelebihan Xbox One adalah memiliki tampilan yang gagah. Xbox One memiliki desain sudut-sudut yang sangat jelas. Karena memiliki desain seperti ini, Xbox One lebih mudah untuk penyatu dengan peralatan hiburang elektronik yang ada di ruang tamu seperti DVD player dan sebagainya.

  • Tidak Mengeluarkan Suara Bising

Kelebihan lain Xboxone adalah tidak mengeluarkan bising, bahkan tidak mengeluarkan suara apapun ketika dinyalakan hingga berjam-jam lamanya. Di dalam mesin Xbox One terdapat mesin kipas yang sangat besar sehingga mampu untuk meredam suara dan membuat Xbox One menjadi lebih tenang.

  • Lebih Cepat Mendinginkan Diri

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Xbox One adalah lebih cepat untuk mendinginkan diri jika dibandingkan PlayStation 4. Xbox One mampu mencapai suhu normal dalam waktu 30 menit saja. Sedangkan PlayStation membutuhkan waktu tambahan 15 menit hingga 20 menit.

Kekurangan Xbox One

Berikut kekurangan Xbox One yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Besar Mengonsumsi Daya Listrik

Salah satu kekurangan Xbox One adalah mengonsumsi daya listrik lebih besar daripada PlayStation 4. Xbox One menghabiskan daya sebesar 20 hingga 30 watt saat memainkan sebuah game. Jumlah daya yang dibutuhkan ini jauh lebih besar dari daya yang dikonsumsi PlayStation. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan pengguna apalagi jika akan digunakan lebih instens.

  • Suhu Lebih Tinggi dari PlayStation 4

Meskipun memiliki teknologi pendingin yang sudah baik, namun Xbox One belum bisa mengatasi masalah suhu dengan baik. Xbox One dapat mencapai suhu yang lebih panas daripada PlayStation 4. Suhu yang dihasilkan oleh Xbox One ini mencapai 45 derajat celcius sedangkan PlayStation hanya mencapai hingga 38 derajat celcius.

  • Harga Lebih Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki Xbox One adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan PlayStation 4. Meskipun mahal, para pembeli Xbox One akan mendapatkan perangkat Kinect secara gratis. Xbox One ini juga melakukan pendekatan one stop entertainment. Artinya, meskipun memiliki harga yang mahal, tapi Xbox one telah mampu menjawab keinginan dan kebutuhan konsumen.

Kelebihan Xbox One Kekurangan Xbox One
- Memiliki tampilan yang gagah- Lebih besar mengonsumsi daya listrik
- Tidak mengeluarkan suara bising- Suhu lebih tinggi dari PlayStation 4
- Lebih cepat dingin dan tidak panas- Harga lebih mahal

Pilih Mana: PlayStation 4 atau Xbox One?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara PlayStation 4 dan Xbox One. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua konsol game tersebut:

PlayStation 4 Xbox One
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Mengonsumsi daya listrik lebih rendah - Mengonsumsi daya listrik lebih tinggi
- Suhu lebih rendah daripada Xbox One- Suhu lebih tinggi sehingga lebih panas

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai PlayStation dan Xbox One di atas, tidak dapat dikatakan mana yang lebih baik. Kedua konsole game ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya perlu disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, kenyamanan, serta budget yang Anda miliki.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PlayStation 4 vs Xbox One

VS

Leave a Reply