KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Polysilane atau Promag?

Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang banyak dijumpai pada masyarakat Indonesia. Penyakit ini dapat menyerang segala kalangan, tak hanya remaja, seorang lansia juga dapat terserang penyakit ini.

Gejala penyakit lambung ini timbulnya rasa nyeri pada bagian ulu hati, sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, terkadang juga membuat pangkal tenggorokan terasa pahit dan asam. Baca Juga: 10 Obat Sembelit Terbaik 2022

Pada beberapa kasus asam lambung yang telah tergolong parah, penderita akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan. Sebelum penyakit ini menjadi parah, langkah awal untuk mencegahnya adalah meminum obat penurun asam lambung.

Ketika perut telah mengalami sakit, penderita biasanya akan merasa panik dan tidak dapat berpikir jernih mengenai obat maag yang dapat membantu mengobati penyakit ini. Dua obat penyakit lambung yang dapat membantu adalah Polysilane dan Promag.

Simak penjelasan di bawah untuk mengetahui lebih jelas tentang kedua obat ini.

Tentang Polysilane

Polysilane merupakan obat dengan kandungan polydimethylsiloxane yang dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan penyakit lambung, seperti kelebihan asam lambung, gastritis, nyeri lambung, kembung dan mual pada lambung.

Obat ini mengandung Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida yang memiliki kemampuan untuk menetralkan asam lambung dengan mengurangi aktivitas proteolitik.

Kelebihan Polysilane

Sebagai obat penurun asam lambung yang paling banyak dicari, tentunya Polysilane memiliki berbagai kelebihan. Berikut penjelasannya.

  • Kandungan Aluminium dan Magnesium yang Tinggi

Polysilane memiliki kandungan bahan aktif aluminium dan magnesium hidroksida yang tinggi, kedua bahan ini dapat membantu untuk menetralkan asam lambung serta melindungi dinding lambung dari potensi iritasi akibat asam.

  • Mudah Dijumpai dan Harga yang Terjangkau

Termasuk ke dalam golongan obat bebas, menjadikan Polysilan mudah dijumpai di tiap toko obat, apotek bahkan toko swalayan. Selain mudah di jumpai, Polysilane juga memiliki harga yang terjangkau mulai dari Rp. 6.500 sampai Rp. 10.800 (Harga per Desember 2022)

  • Memiliki Beragam Jenis Produk

Polysilane memiliki berbagai varian produk yang dapat disesuaikan dengan penderitanya, Polysilane juga memiliki bentuk obat berbentuk tablet kunyah, suspensi dan kaplet. Polysilane juga menyediakan obat yang dikhususkan pada bayi dan anak-anak dengan umur 2-12 tahun.

Kekurangan Polysilane

Meskipun tergolong obat yang sempurna, Polysilane juga memiliki berbagai kekurangan. Berikut penjelasannya.

  • Varian yang Tidak Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Polysilane dengan bentuk tablet kunyah, suspensi dan kaplet tergolong sebagai obat kategori C yang memberikan efek samping terhadap janin. Efek samping ini disebabkan oleh kandungan simethicone.

  • Dapat Menyebabkan Kerusakan Fungsi Ginjal

Jika Polysilane digunakan dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan fungsi ginjal akibat menumpuknya aluminium hidroksida di dalam ginjal.

Lihat juga:  Pilih Mana: Imboost atau Imunos?

Tentang Promag

Sama halnya dengan Polysilane, Promag juga dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan asam lambung seperti nyeri tukak lambung, kembung, gastritis, kelebihan asam lambung dan perasaan penuh pada lambung.

Promag mempunyai kandungan utama yaitu Hydrotalcite yang termasuk ke dalam golongan antasida. Kandungan ini bekerja dengan cara menurunkan tingkat keasaman lambung, dengan begitu gejala seperti nyeri ulu hati dan heartburn dapat mereda.

Kelebihan Promag

Tak kalah dengan saingannya, Promag juga menghadirkan berbagai kelebihan yang menjadikan obat ini unggul di kelasnya.

  • Mudah Dijumpai dan Harga yang Murah

Promag juga termasuk sebagai obat bebas yang dapat dibeli tanpa memerlukan resep obat dari dokter. Selain mudah dijumpai, obat ini juga dapat dibeli dengan harga yang murah. Meski murah, khasiat yang diberikan tidaklah murahan.

  • Dapat Mengatasi Nyeri dan Perut Kembung

Promag memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi nyeri perut dan juga kembung. Dengan kandungan Simethicone, obat ini dapat mengatasi sendawa bahkan rasa tidak nyaman di perut akibat peningkatan produksi gas.

Kekurangan Promag

Berikut kekurangan dari Promag yang dapat menjadi pertimbangan sebelum meminum obat ini.

  • Dapat Menyebabkan Gangguan Ginjal

Sama halnya dengan Polysilane, Promag juga dapat membuat gangguan fungsi ginjal karena pemberian obat berjenis antasida yang mengandung magnesium sehingga dapat menimbulkan hipermagnesia.

  • Dapat Mengurangi Fosfor dalam Darah

Konsumsi Promag secara terus menerus akan mengurangi jumlah fosfor di dalam darah. Kekurangan fosfor akan menyebabkan sendi menjadi kaku dan nyeri. Selain itu juga membuat tubuh kurang berenergi dan menurunkan nafsu makan.

Pilih Mana: Polysilane atau Promag?

Keterangan Polysilane Promag
Kelebihan - Kandungan Aluminium dan Magnesium yang Tinggi - Mudah Dijumpai dan Harga yang Terjangkau - Memiliki Beragam Jenis Produk- Mudah Dijumpai dan Harga yang Murah - Dapat Mengatasi Nyeri dan Perut Kembung
Kekurangan - Varian yang Tidak Aman Dikonsumsi Ibu Hamil - Dapat Menyebabkan Kerusakan Fungsi Ginjal- Dapat Menyebabkan Gangguan Ginjal - Dapat Mengurangi Fosfor dalam Darah
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari kedua produk obat di atas, dapat diketahui bahwa Polysilane dan Promag dapat membantu dalam menurunkan tingkat keasaman pada lambung agar nyeri perut berkurang. Namun, kedua obat ini tidak dapat mengurangi produksi asam lambung.

Kedua obat ini akan memberikan efek yang baik bagi tubuh ketika dikonsumsi sesuai dengan aturan dan dosis yang berlaku.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Polysilane atau Promag

VS