Elektronik

Pilih mana: Printer Canon vs Printer Hp?

Ada banyak merk printer yang tersedia di pasaran. Tentunya dengan harga dan kualitas terbaik yang dihadirkan. Anda pasti sudah sangat familiar dengan kedua merk printer kali ini Canon dan Hp.

Kedua printer ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing loh. Nah, Bagi Anda yang hendak membeli atau membutuhkan printer, mungkin kedua merk printer ini bisa menjadi referensi Anda untuk memilih.

Ingin tahu kira-kira apa saja yang bisa diberikan oleh kedua merk printer ini? Yuk langsung baca artikelnya di Selera.id.  Baca juga: Pilih Mana: Canon G2010 atau EPSON L3110?

Printer Canon vs Printer Hp

Printer Canon

Canon merupakan sebuah perusahaan jepang yang mengkhususkan produknya dalam produk gambar dan optik, termasuk kamera, mesin fotokopi dan printer komputer. Canon juga satu-satunya brand yang menghadirkan printer monokrom yang juga dapat digunakan untuk mencetak warna. Pengguna tidak perlu membeli printer baru yang bisa cetak warna, cukup menambah katrid warna.

Printer Canon hadir dalam berbagai pilihan model, masing-masing dengan fitur dan kelebihan yang beraneka ragam. Selain itu, printer Canon juga terkenal dengan kualitas hasil cetaknya, kemudahan pemakaian, serta daya tahannya yang lama.

Ada dua jenis printer Canon yang umum dicari oleh konsumen, yaitu printer inkjet dan laser. Printer merk ini pun bisa Anda jumpai di beberapa toko elektronik. Canon sendiri memiliki penggemarnya sendiri, tak heran jika canon masih menjadi produk yang sangat terpercaya karena kualitas dan jaminannya.

Baca juga: 10 Merk Tinta Printer Terbaik 2020

Kelebihan Printer Canon

Berikut ini Kelebihan Printer Canon:

  • Memiliki kecepatan printer yang baik
    Kelebihan yang ada pada printer merk ini terdapat pada daya kecepatan yang yang diberikannya. Dibanding dari semua printer pesaingnya. Canon memiliki kecepatan printer yang baik, cepat dan bagus. Tidak kalah kualitasnya dengan merk-merk terkenal lainnya.
  • Hasil warna bagus
    Ketika saat Anda mengeprint suatu gambar. Gambar yang dihasilkan dari printer satu ini sangat bagus. Warna gambarnya juga terang dan jelas. Nah, hal ini tentu menjadi sesuatu yang baik untuk Anda. Anda tidak perlu khawatir jika hasil warnanya akan pudar dan tidak jelas. Dengan memilih produk ini Anda bisa terhindar dari masalah diatas.

Printer Canon vs Printer Hp

Kekurangan Printer Canon

Berikut ini Kekurangan Printer Canon:

  • Harganya yang relatif mahal
    Beberapa jenis printer dari produk Canon memiliki rentang harga yang cukup mahal. Hal ini yang sangat disayangkan oleh penggunanya. Namun, meskipun begitu merk ini masih sangat menjamin kualitasnya dengan baik loh. Jadi, Anda tidak perlu merasa menyesal nantinya.
  • Tidak tahan lama
    Kebanyakan beberapa pengguna mengeluhkan bahwa printer merk ini tidak tahan lama untuk digunakan karena ada beberapa waktu dimana jika printer ini jarang digunakan. Ia terkadang tidak berfungsi seperti normalnya.

Printer Hp

HP merupakan salah satu produsen printer ternama. Hewlett Packard Company yang dikenal dengan sebutan Hp adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia. Perusahan satu ini memiliki keberadaan global dalam bidang komputasi, percetakan, dan gambaran digital, dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.

Ada berbagai macam produk elektronik yang diproduksi oleh brand satu ini seperti smartphone, laptop, notebook,digital television dan termasuk juga printer. Produk-produknya pun sudah banyak digunakan oleh setiap orang,loh.

Nah, ingin tahu apa saja kira-kira kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh printer Hp ini. Berikut penjelasan lebih detailnya:

Kelebihan Printer Hp

Berikut ini Kelebihan Printer Hp:

  • Harga lebih ekonomis
    Kelebihan lainnya Anda juga bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau loh. Selain kualitas yang baik, Anda juga bisa menghemat pengeluaran dan tidak membuat kantong Anda bolong.
  • Sangat cocok untuk penggunaan di kantor
    Kelebihan lainnya yang ada pada printer ini dibanding dengan pesaingnya yaitu Printer merk Hp ini akan sangat cocok digunakan di area perkantoran karena rata-rata perkantoran hanya membutuhkan printer untuk mencetak Diatas kertas biasa. Apabila Anda menggunakan printer merk Hp hanya untuk mencetak menggunakan kertas biasa, maka tentunya printer satu ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan.

Printer Canon vs Printer Hp

Kekurangan Printer Hp

Berikut ini Kekurangan Printer Hp:

  • Pemasangan yang cukup sulit
    Kekurangan ini yang ada pada printer ini yaitu terdapat pada pemasangan infus printer nya yang sulit. Hal ini dikarenakan paper tray yang berada di depan. Jadi, bagi Anda yang baru saja memakai printer ada baiknya untuk bertanya penggunaanya dan petunjuknya sebelum membeli.
  • Rentan terjadi error
    Kekurangan berikutnya pada printer ini adanya potensi motherboard printer Hp cepat mengalami kerusakan atau bahkan mati total karena letaknya yang berada di bagian bawah tempat parkir cartridge. Pada posisi tersebut sangat berpotensi bagian motherboard printer Hp mengalami kecipratan tinta yang tentunya bisa menimbulkan korsleting. Hal ini sungguh sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.
Lihat juga:  Pilih Mana: Huawei Y9 Prime vs Realme 5 Pro

Tips Memilih Printer yang Bagus dan Awet

  1. Pilih Merk Branding
    Dengan memilih produk printer dari merk branding, Anda sudah mendapatkan kualitas baik, beberapa merk yang terkenal dan dapat dijadikan sebagai pilihan seperti canon, epson, hp, brother dan fuji xerox. Bagi Anda yang ingin memilih merk lain, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu kekurangan serta kelebihan mengenai perbandingan merk lain dengan merk brand terkenal.
  2. Usahakan Membeli Printer Dalam Kondisi Baru
    Mengingat printer merupakan mesin yang pasti akan memiliki penurunan kinerja baik itu dari segi mencetak, scan ataupun fotokopi. Sebaiknya hindarkan untuk mencari printer yang bekas dikarenakan dapat memungkinkan kerugian di calon pembeli, dari sisi penjual juga terkadang menyembunyikan kekurangan saat dijualnya.
  3. Garansi Resmi Yang Jelas
    Tips selanjutnya adalah cek garansi. Ada beberapa toko yang hanya memberikan kartu garansi resmi saja, dan ada pula toko yang membantu klaim garansi Anda, sehingga pilihlah toko penjualan yang bisa membantu mengklaim kerusakan printer yang Anda beli sehingga hal itu akan menjadi poin tambah bila sewaktu waktu printer anda rusak.
  4. Kualitas Cetak Printer Yang Bagus
    Dalam memilih printer, Anda juga harus menentukan kualitas percetakan. Di pasar printer, kini telah banyak beredar printer printer yang memiliki kualitas biasa hingga kualitas photo, biasanya untuk printer kualitas bagus memiliki seri seri “Photo / image” seperti Epson Stylus Photo R2000. Perbedaan keduanya terletak saat mencetak dokumen atau gambar, bila pada printer seri photo hasil cetakannya lebih bagus, terkesan seperti kerapatan pixel yang sangat kecil dan tidak tampak. Sedangkan pada printer biasa, akan terasa pixel pecah yang mencolok ketika mencetak gambar yang sangat besar. Sebaiknya gunakan printer model biasa agar menghemat budget.
  5. Perhatikan Kecepatan Mencetaknya
    Pernahkah Anda menemui pelayanan percetakan? Bisnis digital printing ini sangat membutuhkan sekali kecepatan tinggi dalam mencetak, bahkan rata rata dibutuhkan percetakan dengan kecepatan yang lebih dari 50 halaman per menit-nya. Sebaliknya, bila Anda tidak membutuhkan kecepatan mencetak, sebaiknya point satu ini bisa Anda abaikan karena setiap printer memiliki standar mencetak yang hampir sama.
  6. Tanyakan Ketahanan Usia Printer
    Sebagai konsumen, Anda juga memiliki hak untuk menanyakan kisaran usia tahan lamanya printer yang akan Anda beli. Dikarenakan ada beberapa printer yang memang cepat rusak, kerusakan biasanya terletak pada cartridge yang tidak tahan lama dan harganya cartridge lebih mahal dari printer itu sendiri. Ada baiknya konsultasi dan bertanya langsung dengan yang ahli ya! Agar tidak salah memilih.
Keterangan Printer Canon Printer Hp
PendiriYoshida Goro dan Uchida SaburoBill Hewlett dan Dave Packard
AsalJepangAmerika Serikat

Pilih mana: Printer Canon vs Printer Hp?

Keterangan Printer Canon Printer Hp
Kelebihan -Memiliki kecepatan printer yang baik -Hasil warna bagus-Harga lebih ekonomis -Sangat cocok untuk penggunaan di kantor
Kekurangan -Harganya yang relatif mahal -Tidak tahan lama-Pemasangan yang cukup sulit -Rentan terjadi error

Kesimpulan

Nah, itu dia perbandingan mengenai printer Canon dan Hp. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda ya! Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu produk printer yang akan Anda beli serta jangan sungkan untuk bertanya cara penggunaannya dan pemasangan tintanya jika Anda belum mengetahuinya. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Printer Canon vs Printer Hp

VS

 

Leave a Reply