Makanan dan MinumanMasakParenting

Pilih Mana: Promina atau Nestle?

Periode tumbuh kembang anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Untuk mengoptimalkannya, Anda harus memberikan makanan yang bergizi. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), makanan yang bergizi saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, mengkonsumsi cemilan dua kali dalam sehari dapat membantu untuk mencukupi nutrisi.

Cemilan atau makanan selingan ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan yang berkualitas dan nilai gizi yang sesuai. Namun, membuat cemilan sendiri tentunya akan rumit karena harus mengukur nilai gizi yang terkandung terlebih dulu. Baca Juga: 10 Biskuit Bayi Terbaik 2022

Sebagai pilihannya, Anda dapat memberikan si kecil cemilan kemasan yang sudah memiliki nilai gizi terfortifikasi. Cemilan tersedia dalam bentuk yang beragam, namun yang paling populer adalah cemilan berbentuk puffs.

Di antara banyaknya snack puffs yang beredar di Indonesia, dua merek yang paling banyak digemari adalah Promina Puffs dan Nestle Cerelac Nutripuffs. Kedua merek ini menyediakan cemilan yang dapat dijadikan finger food untuk si kecil. Namun, cemilan mana yang cocok untuk si kecil? Simak penjelasannya!

Tentang Promina Puffs

Cemilan dari Promina ini merupakan puffs yang berbahan dasar beras, mengandung 10 vitamin, Omega 3 dan Omega 6 yang membantu melengkapi kebutuhan nutrisi untuk si kecil. Selain itu, Promina juga mengandung zat besi tinggi serta kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Promina Puffs memiliki 4 varian rasa yaitu Blueberry, Pisang, Strawberry Apel dan Sweet Potatoes. Dengan berbagai rasa ini, si kecil tidak akan merasa bosan ketika menyantap camilan dari Promina. 

Kelebihan Promina Puffs

Berbagai hal menjadikan Promina Puffs sebagai cemilan instan yang paling banyak digemari oleh para Ibu, berikut kelebihan dari Promina Puffs.

1.  Memiliki Banyak Varian Rasa

Anak sering kali merasa bosan ketika memakan sesuatu yang memiliki rasa yang sama. Namun, Promina menyediakan berbagai rasa yang membuat si kecil tidak akan bosan ketika mengkonsumsi cemilan ini. Ibu juga dapat memberikan varian yang berbeda di setiap harinya.

2.  Tekstur yang Lebih Tipis

Promina Puffs memiliki tekstur yang lebih tipis, hal ini akan memudahkan si kecil ketika mengkonsumsi cemilan. Karena tekstur yang tipis menjadikan promina lebih mudah lumer di mulut sehingga dapat menghindar dari potensi tersedak.

3.  Harga Lebih Terjangkau

Promina Puffs memiliki harga yang lebih terjangkau dan dapat ditemukan di berbagai toko serta pasar swalayan. Promina Puffs dapat dibeli dengan harga Rp. 6.000an (Harga Desember 2022)

Kekurangan Promina Puffs

Meski dilengkapi dengan berbagai kelebihan, Promina  tentunya memiliki beberapa kekurangan yang dapat menjadi tolak ukur sebelum memberikan cemilan ini untuk si kecil.

1.  Kandungan Zat Besi yang Rendah

Jika dibandingkan dengan Nestle, Promina memiliki kandungan zat besi yang lebih rendah. Meskipun hal ini tidak memberikan efek yang terlalu signifikan, namun Ibu harus lebih memperhatikan kandungan zat besi pada makanan utama, agar zat besi tetap tercukupi untuk si kecil.

Lihat juga:  7 Merk Saus Tiram Terbaik 2022

Tentang Nestle Cerelac Nutripuffs

Cemilan dari Nestle ini merupakan camilan dengan rasa manis yang dirancang khusus untuk meningkatkan nafsu bagi si kecil. Nestle membuat camilan dari bahan alam pilihan yang dipanggang, meleleh di mulut dan mengandung Vitamin serta Mineral.

Nestle Cerelac Nutripuffs dapat membantu mencukupi nutrisi serta mendukung perkembangan si kecil. Cemilan ini juga tidak mengandung bahan pengawet maupun tambahan garam.

Kelebihan Nestle Cerelac Nutripuffs

Tak kalah populer dengan Promina, Nestle juga memiliki berbagai kelebihan yang menjadikan cemilan ini sebagai salah satu yang populer. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Memiliki Energi Total yang Lebih Tinggi

Nestle Cerelac Nutripuffs memiliki nilai energi yang lebih tinggi, hal ini akan membuat kebutuhan nutrisi si kecil lebih terpenuhi. Tak hanya energi total yang tinggi, Nestle juga memiliki karbohidrat total sebesar 5 kkal.

2.  Memiliki Jenis Varian Sesuai Usia

Nestle menghadirkan cemilan yang dibedakan berdasarkan usia si kecil. Nestle Cerelac Nutripuffs hadir untuk usia 8 bulan ke atas dan 10 bulan ke atas, untuk tekstur yang dimiliki juga dibedakan sesuai dengan umur. Hal ini akan memudahkan Ibu untuk memilih tekstru cemilan yang sesuai.

3.  Rasa yang Lebih Gurih

Nestle memiliki rasa yang bercampur, seperti pisang dan stroberi dan campuran pisang dan jeruk. Dari perpaduan dua rasa ini akan menghasilkan rasa cemilan yang lebih gurih dan tidak terlalu manis. Hal ini menandakan bahwa kandungan gula di dalam Nestle tidak terlalu tinggi dan aman ketika dikonsumsi si kecil.

Kekurangan Nestle Cerelac Nutripuffs

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan Nestle. Walaupun memiliki kelebihan, Nestle juga memiliki berbagai kekurangan.

1.  Harga yang Lebih Mahal

Nestle memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Promina, hal ini disebabkan oleh kandungan yang lebih kompleks pada Nestle.

2.  Mengandung Kedelai

Meskipun terbuat dari bahan yang alami, Nestle memiliki kandungan kedelai dan susu yang dapat membuat alergi untuk beberapa anak. Untuk itu disarankan melihat daftar bahan secara teliti.

Pilih Mana: Promina atau Nestle?

Keterangan Promina PuffsNestle Cerelac Nutripuffs
Kelebihan - Memiliki Banyak Varian Rasa - Tekstur yang Lebih Tipis - Harga Lebih Terjangkau- Memiliki Energi Total yang Lebih Tinggi - Memiliki Jenis Varian Sesuai Usia - Rasa yang Lebih Gurih
Kekurangan - Kandungan Zat Besi yang Rendah- Harga yang Lebih Mahal - Mengandung Kedelai

Kesimpulan

Setelah mengetahui lebih tentang Promina dan Nestle, Anda tentunya dapat menyimpulkan bahwa kedua cemilan ini memiliki keunggulan tersendiri. Terlepas dari hal tersebut, Anda harus memberikan cemilan yang sesuai dengan si kecil agar nutrisi tetap terpenuhi.

Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Promina Puffs vs Nestle Cerelac Nutripuffs

VS