Makanan dan MinumanParenting

Pilih Mana: Promina atau Sun?

Pada saat bayi berumur 6 bulan, dibutuhkan makanan pendamping atau MPASI. Salah satu makanan pendampingnya adalah bubur bayi instan. Sebenarnya bubur bayi dapat dibuat sendiri di rumah, tapi bagi beberapa ibu di luar sana, menggunakan bubur bayi instan dianggap lebih praktis. Baca Juga: Pilih Mana: Milna atau Promina?

Bubur bayi instan sering disebut bubur fortifikasi. Jenis bubur bayi ini dapat dengan mudah ditemukan di pasaran maupun toko swalayan dengan berbagai varian rasa. Bubur bayi fortifikasi merupakan bubur yang berasal dari bahan alami yang sudah dikeringkan, seperti buah-buahan, sayur, atau daging yang dikeringkan dan dibentuk menjadi bubuk.

Sebagian ibu mungkin masih memiliki keraguan untuk memberikan bubur instan karena takut kebutuhan nutrisi si kecil tidak dapat terpenuhi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena seluruh produk bubur fortifikasi harus memenuhi standar higiene, nutrisi dan keamanan pangan sesuai standar WHO.

Kami akan merekomendasikan dua bubur bayi yang telah teruji kualitasnya, yaitu, Promina dan Sun. Kedua bubur ini, menjadi merk bubur favorit para ibu di luar sana. Simak lebih lanjut mengenai kedua bubur ini.

Tentang Promina

Promina merupakan merk makanan bayi dan anak yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Promina memiliki formula EmPAT Te-PAT, yang menjaga tekstur, nutrisi dan pilihan rasa disesuaikan dengan kebutuhan bayi dan anak.

Promina memiliki varian bubur yang terbuat dari bahan alam pilihan dan diolah menggunakan teknologi pengeringan modern. Seluruh produk bubur dari Promina dibuat tanpa menggunakan penguat rasa dan pengawet sehingga aman ketika dikonsumsi oleh bayi dan anak.

Kelebihan Promina

Sebagai perusahaan yang mengedepankan produknya untuk bayi dan anak, Promina menghadirkan beragam kelebihan pada buburnya.

1.  Menyediakan Varian Bubur

Promina memiliki varian yang dapat memudahkan Anda dalam menyesuaikan tekstur bubur dengan usia bayi.

  • Promina Bubur bayi dengan tekstur yang halus, untuk bayi usia 6 bulan.
  • Promina Bubur Tim yang bertekstur agak kasar, untuk bayi usia 8 bulan ke atas.
  • Promina Sweet Cereal, cocok untuk usia 9 bulan ke atas.
  • Promina Nasi Tim yang dapat dipilih untuk bayi usia 12 bulan ke atas.

2.  Kandungan Gizi dan Nutrisi yang Lengkap

Sesuai dengan formulanya, Promina memiliki beragam nutrisi lengkap dikarenakan kandungan vitamin, mineral dan prebiotic FOS yang dapat membantu proses penceranaan si kecil. Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin  C,Vitamin B1, B2, B6 dan B16 juga terkandung di dalam bubur ini.

3.  Mengandung Antioksidan

Tak hanya gizi dan nutrisi, Promina juga melengkapi buburnya dengan antioksidan. Kandungan antioksidan ini dapat membantu menunda dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Bagi bayi, kandungan ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

Kekurangan Promina

1.  Rasa yang Terlalu Tajam

Beberapa varian bubur dari Promina memiliki rasa yang terlalu gurih. Bagi beberapa bayi, rasa yang gurih ini merupakan rasa yang terlalu tajam di lidahnya, hal ini menimbulkan ketidakcocokan pada sebagian bayi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Dr Brown atau Avent?

2.  Menghasilkan Limbah yang Banyak

Meskipun praktis, Promina menyediakan bubur yang dikemas secara terpisah dan memiliki berbagai kondimen di dalam kotaknya. Menjadikan limbah yang dihasilkan dari satu kotak bubur tergolong banyak.

Tentang Sun

Sun merupakan merk produk bubur bayi yang juga diproduksi oleh Indofood. Bubur bayi ini hadir sebagai makanan sehat serta bergizi untuk bayi, bubur dari Sun ini juga dapat menjadi makanan pendamping ASI dengan berbagai varian rasa favorit bayi.

Sun dikenal sebagai makanan bayi untuk usia 6 bulan dan dapat dikonsumsi secara aman karena memiliki kandungan gizi yang telah memenuhi standar kebutuhan bayi sebagai makanan yang sehat. Sun juga mengandung DHA yang dapat membantu dalam perkembangan otak.

Kelebihan Sun

Sun tak kalah dari Promina, mereka juga memberikan berbagai kelebihan pada produk bubur bayinya.

1.  Mengandung 15 Vitamin dan 8 Mineral

Sun memiliki kandungan vitamin yang lebih kompleks dan diiringi dengan mineral. Dengan dua kandungan ini akan membantu bayi dalam tumbuh kembangnya dan memenuhi setiap kebutuhan vitamin dan mineral pada bayi. Tak hanya vitamin dan mineral, Sun juga menambahkan DHA yang berguna untuk perkembangan sistem saraf bayi pada 6 bulan pertama.

2.  Memiliki Varian Rasa Tunggal

Beberapa produk bayi biasanya akan mencampurkan rasa pada bubur, seperti rasa brokoli dan ayam. Hal ini terkadang membuat bayi enggan untuk memakannya karena rasa yang aneh. Namun, Sun menghadirkan rasa tunggal yang lebih familiar di lidah bayi. Seperti rasa pisang, beras merah, kacang hijau dan lainnya.

3.  Memiliki Bubur yang Bertekstur

Beberapa bayi tidak cocok dengan tekstur bubur yang terlalu lembut karena akan merangsang bayi muntah. Namun, Sun memiliki bubur yang lebih bertekstur sehingga dapat merangsang nafsu makan bayi.

Kekurangan Sun

Sun juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan sebelum diberikan kepada bayi.

1.  Nilai Gizi Rendah

Dari kandungan gizinya, Sun memiliki kandungan gizi yang paling rendah dibandingkan merk MPASI bubur fortifikasi lainnya.

Pilih Mana: Promina atau Sun?

Keterangan Promina Sun
Kelebihan - Menyediakan Varian Bubur - Kandungan Gizi dan Nutrisi yang Lengkap - Mengandung Antioksidan- Mengandung 15 Vitamin dan 8 Mineral - Memiliki Varian Rasa Tunggal - Memiliki Bubur yang Bertekstur
Kekurangan - Rasa yang Terlalu Tajam - Menghasilkan Limbah yang Banyak- Nilai Gizi Rendah
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Promina dan Sun merupakan bubur terfortifikasi yang memberikan banyak manfaat untuk bayi. Walaupun bubur ini tergolong instan, tapi kedua bubur ini memiliki kandungan gizi yang telah terukur dan disesuaikan dengan standar makanan bayi dari WHO.

Promina dan Sun dapat memberikan nutrisi yang baik sebagai makanan pendamping. Anda dapat memilih satu dari dua bubur ini yang sesuai dengan selera si kecil.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Promina atau Sun

VS