KesehatanParenting

Pilih Mana: Proris atau Tempra?

Ketika anak sakit tentunya akan membuat seluruh orang tua khawatir, bahkan hal ini dapat membuat orang tua menjadi kesulitan untuk mengatasinya. Salah satu penyakit yang sering diderita oleh anak-anak adalah demam.Demam pada anak terjadi apabila suhu tubuh melebihi batas normal yaitu 37.2 derajat celcius. 

Pada beberapa kasus, demam yang terjadi pada anak bukanlah kondisi yang berbahaya, karena hal ini dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Namun, demam juga tidak boleh disepelekan karena demam dapat menjadi pertanda penyakit serius. Baca Juga: 7 Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman 2022

Sebagian besar demam pada anak merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk mempersulit bakteri dan virus bertahan hidup pada suhu tubuh yang tinggi. Namun, jika demam terus berlanjut dalam beberapa hari, maka penyakit ini harus diobati.

Dari sejumlah banyaknya obat demam, dua di antaranya adalah Proris dan Tempar. Kedua obat ini menjadi obat yang paling dicari oleh orang tua sebagai langkah awal untuk meredakan panas pada anak.

Tentang Proris

Proris merupakan obat pereda demam dan nyeri ringan. Obat ini juga dikhususkan untuk penderita yang mengalami peradangan dan dapat mengurangi gangguan radang pada pernafasan secara umum.

Proris mengandung zat Ibuprofen yang tergolong Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID) yang berperan untuk menghambat kerja dari enzim siklooksigenase agar mengurangi rasa sakit akibat luka peradangan.

Kelebihan Proris

Sebagai salah satu obat pereda panas yang populer, Proris menawarkan berbagai kelebihan yang dapat dirasakan. Berikut penjelasannya.

1.  Dapat Mengurangi Nyeri

Tak hanya meredakan demam, Proris juga dapat mengobati nyeri ringan seperti nyeri pada penyakit gigi, sakit kepala. Hal ini dikarenakan kandungan Ibuprofen yang memiliki sifat analgesik, antiinflamasi dan antipiretik.

2.  Mudah Dijumpai

Proris tergolong obat bebas terbatas yang berarti bahwa obat ini dapat dibeli tanpa membutuhkan resep dokter, namun harus tetap mengikuti anjuran minum. Proris juga mudah dijumpai pada apotek bahkan toko swalayan.

3.  Tersedia Tutup Takar

Proris menyediakan tutup takar di dalam kemasannya untuk memudahkan dalam memberikan obat sesuai dosis kepada anak. Hal ini juga bertujuan agar dosisi yang diberikan kepada anak lebih pas.

Kekurangan Proris

Tak hanya kelebihan, Proris memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan sebelum memberikan obat ini kepada anak.

1.  Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Meskipun Proris diformulasikan untuk anak, namun orang dewasa juga dapat meminum obat pereda panas ini. Proris tergolong obat dengan kategori D jika diminum oleh ibu hamil dan menyusui, hal ini dikarenakan Proris berisiko terhadap janin dan dapat mengancam jiwa.

2.  Dapat Menyebabkan Sakit Lambung

Proris tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita ulkus peptikum atau penyakit tukak lambung dan duodenum yang berat. Hal ini dikarenakan Proris dapat menyebabkan pendarahan lambung.

Lihat juga:  7 Cairan Tetes Mata Softlens Yang Bagus 2022

Tentang Tempra

Tempra merupakan obat untuk meredakan demam dan rasa nyeri pada anak-anak. Obat ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kepala saat flu atau sakit gigi. Obat Tempra ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu obat tetes dan sirup.

Berbeda dengan Proris, Tempra mengandung bahan aktif paracetamol. Bahan aktif ini bekerja untuk mengatur menurunkan suhu tubuh saat anak atau orang dewasa mengalami demam. Selain demam, obat ini juga dapat meningkatkan toleransi terhadap rasa nyeri di otak.

Kelebihan Tempra

Obat pereda demam yang berbahan aktif paracetamol ini juga memiliki berbagai kelebihan yang dapat membantu penderitanya. Simak penjelasannya.

1.  Dapat Dikonsumsi Oleh Bayi

Tempra memiliki berbagai varian salah satunya adalah Tempra Drop atau tetes yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia 3 sampai 24 bulan. Selain itu, jenis ini juga mengandung 100 mg paracetamol di tiap 1 ml nya.

2.  Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil

Seperti yang diketahui bahwa Tempra juga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, Tempra tergolong sebagai obat dengan kategori B yang menunjukan bahwa obat ini tidak memiliki potensi berbahaya untuk janin.

3.  Tergolong Obat Bebas

Tempra merupakan jenis obat bebas sehingga dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Meskipun begitu, aturan pakai obat Tempra ini telah tersedia dengan jelas pada bagian kemasan.

Kekurangan Tempra

Seperti yang kita tahu bahwa Tempra memiliki berbagai kelebihan, namun Tempra juga memiliki berbagai kekurangan. Simak penjelasannya.

1.  Mengandung Alergen

Sebelum mengkonsumsi obat ini, Anda harus teliti ketika membaca kandungan di tiap tetesnya. Hal ini dikarenakan obat ini memiliki beberapa kandungan yang dapat memicu alergi bagi konsumennya.

Pilih Mana: Proris atau Tempra?

Keterangan Proris Tempra
Kelebihan - Dapat Mengurangi Nyeri - Mudah Dijumpai - Tersedia Tutup Takar- Dapat Dikonsumsi Oleh Bayi - Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil - Tergolong Obat Bebas
Kekurangan - Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil - Dapat Menyebabkan Sakit Lambung- Mengandung Alergen
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Setelah mengetahui tentang kedua obat ini dapat dilihat bahwa obat ini memiliki perbedaan dalam kandungan bahan aktifnya. Proris mengandung Ibuprofen sedangkan Tempra mengandung Paracetamol untuk bahan aktifnya.

Proris dan Tempra dapat memberikan efek yang baik ketika diminum sesuai dengan anjuran konsumsi dan menyebabkan efek samping yang berbahaya ketika diminum lebih dari dosis dan tidak sesuai dengan umur yang dianjurkan.

Walaupun obat ini dapat meredakan demam, tapi Anda tetap harus mengkonsultasikan dengan dokter apabila demam tidak turun. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Proris atau Tempra

VS