Elektronik

Pilih Mana: Realme 3 atau Oppo A3S?

Memiliki smartphone dengan spesifikasi canggih dan harga yang ekonomis tentu menjadi dambaan untuk setiap orang, apalagi untuk orang yang banyak melakukan kegiatan lewat smartphone. Realme 3 dan Oppo A3S hadir untuk memberikan kemudahan lewat performa yang mumpuni untuk kegiatan sehari-hari. Penasaran dengan detail dan spesifikasi dari kedua smartphone tersebut? So kali ini saya akan membahas mengenai Realme 3 dan Oppo A3S. Stay tune guys.

Realme

Saat ini nama Realme semakin populer di Indonesia berkat beragam smartphone terbarunya di Indonesia yang mempunyai detail hardware tinggi, namun dengan harga yang dapat dikatakan murah.

Walaupun pemain baru, tetapi Realme sudah berani meluncurkan smartphone dengan detail hardware besar yang mempunyai harga terjangkau, seperti Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1 di Indonesia.

Saat ini Sky Li merupakan CEO Global dari Realme yang awal mulanya merupakan Vice President dari OPPO. Sedangkan Madhav Sheth menjabat sebagai CEO India dari Realme. Berikutnya, Josef Wang berperan menjadi Marketing Director of Realme SEA (South East Asia) yang mengurus juga pasar di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 atau Samsung Galaxy S10e?

Realme 3

Bentang layar Realme 3 sendiri berdimensi 6,22 inci dengan resolusi 720 x 1.520 piksel serta aspect ratio 19:9. Terdapat poni dengan konsep tetesan air (dewdrop) yang berperan sebagai rumahan kamera depan, dengan sensor 13 megapiksel.

Buat hardware, Realme 3 dibekali chip Mediatek Helio P60, opsi RAM 3 GB dan 4 GB, dan opsi media penyimpanan 32 GB atau 64 GB. Realme 3 berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka khas Realme, ColorOS 6.0. Realme 3 dibekali baterai 4.230 mAh dengan sokongan teknologi pengisian daya cepat 10W.

Kamera Realme 3

Buat detail kamera, perangkat ini masih memakai konfigurasi yang sama dengan generasi sebelumnya namun mempunyai peningkatan secara kualitas. Yakni dengan kamera utama 13MP, yang saat ini muncul dengan aperture lebih besar yakni f/1.8. Serta ditambah dengan kamera sekunder buat kebutuhan bokeh yakni dengan sensor 2MP (Depth Sense).

Sedangkan kamera selfienya mempunyai peningkatan yang lumayan besar, dimana pada Realme 3 memakai sensor 13 MP dengan aperture F/2.0. Berkat SoC yang sudah mendukung kebutuhan AI, beragam fitur AI pula sudah disematkan di smartphone Realme 3. Seperti Chroma Boost dan juga Nightscape. Ada pula buat perekaman maksimum sampai 1080p serta ada juga fitur video Slo-Mo.

Baterai Realme 3

Manajemen daya pula jadi satu kelebihan yang ditawarkan di Realme 3. Dimana smartphone ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 4230 mAh yang diklaim bakal membagikan ketahanan energi yang sangat bisa diandalkan untuk konsumen.

Harga Realme 3

Pertama, varian 3GB RAM+32GB ROM yang dijual dengan harga Rp1.999.000,- lalu varian 3GB RAM+64GB ROM Rp 2.099.000,- dan 4GB RAM+64GB ROM dipasarkan dengan harga Rp 2.399.000,-. Terdapat 2 opsi warna yang ada yakni Dynamic Black dan Radiant Blue.

Oppo

Memandang respon Mobile Smartphone amat besar pada masyarakat disitulah yang membuat OPPO Electronic turut meramaikan pasar Smartphone. Mungkin banyak warga di Indonesia yang tidak tahu mengenai Asal usul Industri Oppo Electronic. OPPO Electronic Corp, Ltd berdiri pada tahun 2004 sebagai produsen elektronik yang beralamat di Dongguan, Guangdong, Negara China.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V17 Pro atau Samsung A70?

Saat sebelum merambah ke teknologi Mobile smartphone, OPPO memproduksi peralatan elektronik seperti MP3 Player, LCD Televisi, Portable Media Player, DVD, e-Book serta Disc Player.

Dan pada tahun 2008 Barulah OPPO mulai menggarap pasar Smartphone. Pada bulan April tahun 2013 OPPO buat pertama kalinya memijakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi.

Oppo A3S

Bawa beragam fitur terbaru mulai dari bentuk layar penuh dengan poni yang menaikkan nilai perangkat, kamera ganda yang sanggup menciptakan efek bokeh dan baterai berkapasitas jumbo.

Muncul dengan mengangkat chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan campuran RAM 3GB serta memory internal 32GB, sayangnya A3s muncul tanpa sensor sidik jari. Sebagai gantinya, Oppo mengubahnya dengan fitur sensor pemindai wajah buat membagikan proteksi perangkat.

Yang lumayan menarik yaitu, fitur ini telah dibekali dengan sokongan OS Android 8.1 Oreo plus antarmuka Color OS 5.1 yang merupakan antarmuka paling terupdate buat saat ini.

Kamera Oppo A3S

Oppo A3s disematkan kamera utama ganda beresolusi masing-masing 13MP dengan aperture f/2.2 AF serta 2 MP, f/2.4 disokong depth sensor. Kamera selfie-nya dibantu resolusi 8MP dengan bukaan f/2.2. Baik kamera utama ataupun selfie Oppo A3s sudah disupport teknologi AI.

Kamera utama Oppo A3s pula memperkenalkan mode 1x zoom dan 2x zoom. Mode 2x zoom ini mempermudah Kamu dikala mengambil gambar tanpa mesti mengatur mode zoom manual.

Buat video, tersaji menu video serta time-lapse buat kamera utama maupun selfie. Terdapat 2 opsi resolusi yang dapat dipilih yaitu 720p dan 1080p. Kamu pula dapat memakai efek beauty pada video dengan kamera belakang dan depan. Video yang dihasilkan kamera utama maupun selfie cukup bagus.

Baterai Oppo A3S

Sumber energinya, Oppo A3s ditenagai berkapasitas cukup besar yaitu 4.230 mAh. Sebab mempunyai baterai berkapasitas besar, waktu pengisian dayanya memakan durasi 2 jam dari kondisi baterai low di bawah 20%. Kala di charge dalam situasi diatas 20%, baterai ini membutuhkan durasi 1 sampai 1,5 jam.

Harga Oppo A3S

Oppo A3S muncul dalam 2 model penyimpanan yaitu RAM 2GB dengan ROM 16GB dan RAM 3GB dengan ROM 32GB. Model RAM 3GB dijual seharga Rp 2.699.000. Sedangkan RAM 2GB dilepas dengan harga Rp 1.999.000. OPPO A3s juga mempunyai dua pilihan warna yaitu Red dan Dark Purple

Pilih Mana: Realme 3 atau Oppo A3S?

Realme 3Oppo A3S
Kelebihan - Performa yang mumpuni - Memiliki fitur face unlock - Sudah dilengkapi Color OS 6- Memiliki fitur face unlock - Layar lebar dan responsif - Baterai tahan lama
Kekurangan- Pengisian baterai lama - Noda sidik jari mudah menempel - Belum memiliki fitur fast charging - Baterai non-removable

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita ulas diatas bahwa Realme 3 dan Oppo A3S memiliki performa dan spesifikasi yang mumpuni untuk digunakan sehari-hari. Namun buat kamu yang doyan selfie, maka Realme 3 bakal cocok banget buat kamu karena sudah memiliki fitur kamera yang baik. Tentukan pilihanmu sesuai dengan selera dan kebutuhan guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 3 vs Oppo A3S

VS