Elektronik

Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Realme X?

Realme menjadi salah satu produsen smartphone yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sekarang banyak orang-orang yang memakai realme untuk smartphone mereka sehari-hari. Seperti halnya Realme 3 Pro dan Realme X, salah satu produk Realme yang memiliki spesifikasi baik dengan harga yang terjangkau. Penasaran dengan spesifikasi dan detail dari kedau smartphone tersebut? So kali ini saya akan membahas Realme 3 Pro dan Realme X. Stay tune ya.

Realme

Awalnya Realme sendiri hadir pada tahun 2010 dengan nama OPPO Real. Tentu saja produknya dibesarkan oleh OPPO. Berikutnya, Realme juga jadi sub-brand dari OPPO yang sangat laris di beberapa negara. Apalagi pada saat Realme 1 dirilis di India memperoleh sambutan yang amat baik, bahkan sanggup menyaingi Xiaomi. Selanjutnya, Realme secara resmi berdiri sendiri pada 4 Mei 2018 yang tentunya berpisah dengan OPPO.

Saat ini nama Realme semakin populer di Indonesia berkat beragam smartphone terbarunya di Indonesia yang mempunyai detail hardware tinggi, namun dengan harga yang dapat dikatakan murah.

Walaupun pemain baru, tetapi Realme sudah berani meluncurkan smartphone dengan detail hardware tinggi yang mempunyai harga terjangkau, seperti Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1 di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Realme C2 atau Realme 3?

Realme 3 Pro

Kali ini realme kembali mengejutkan kita, setelah tipe standar realme 3 memakai Helio P60 dari MediaTek, sedangkan buat tipe Pro memakai SoC Snapdragon 710 dari Qualcomm. SoC yang sejauh ini baru digunakan di smartphone kelas flagship menengah.

SoC ini mempunyai detail Octa-core CPU 2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver dan GPU Adreno 616. Opsi kapasitas memori yang ada lumayan besar yakni mulai dari 4GB RAM dan 64GB internal storage serta yang paling tinggi yakni 6GB RAM dan 128GB internal storage.

Kamera Realme 3 Pro

Tidak hanya tingkatkan sisi performa, realme pula tingkatkan mutu kamera belakang mereka dimana Realme 3 Pro dibekali dengan sensor dual kamera yakni sensor Sony IMX 519 16 MP F/1.7 pada sensor utama, dan 5 MP F/2.4 pada sensor kamera sekunder. Tidak hanya itu di kamera depan pula dibekali dengan sensor 25 MP, dengan bukaan f/2.0.

Kamera depan kualitasnya juga ditingkatkan ke resolusi 25M. Sensor kamera selfie ini mempunyai aperture besar f/2.0, dimensi sensor 1/2,8 inci, serta mensupport sintesis 4-in-1 piksel dengan dimensi piksel 1,8um. Selfie yang didapat dengan realme 3 Pro bisa menciptakan kualitas gambar lebih bagus dalam perihal eksposur, restorasi detail, dan presentasi warna.

Baterai Realme 3 Pro

Belum berhenti sampai disitu, dari segi manajemen daya Realme 3 Pro pula terhitung jempolan. Fitur ini ditenagai dengan baterai berkapasitas besar 4045 mAh. Buat mengakomodir pengisian yang cepat, fitur ini dibekali dengan adaptor pengisian daya VOOC 3.0 yang mempunyai output sampai 20W.

Harga Realme 3 Pro

Realme menjual seri 3 Pro ini dalam 2 varian. Pertama, kapasitas dengan 4GB RAM+ 64 GB ROM yang dihargai dengan harga Rp2.999.000,- Kedua, kapasitas 6 GB RAM+ 128 GB ROM yang dipasarkan dengan harga Rp 3.699.000,-. Realme 3 Pro hadir dalam varian warna Nitro Blue dan Lightning Purple.

Realme X

Realme terhitung konsisten buat terus memperkenalkan produk dengan konsep yang elegan di tiap produknya termasuk yang kali ini yakni itu realme X. Melangkah lebih jauh dari seri-seri sebelumnya, realme X terlihat membawa konsep yang lebih elegan dan juga memiliki kesan lebih premium. Mulai dari estetika konsep sampai material body yang dipakai, realme X memang dapat dikatakan smartphone realme yang sangat flagship saat ini.

Lihat juga:  8 Kipas Laptop Terbaik 2021

Mengenai detail yang diusung oleh realme X, layar 6. 53-inci dengan aspek perbandingan 19, 5: 9 beresolusi FullHD+ (1080x2340p) ini sudah memakai teknologi panel Super AMOLED. Layar ini mempunyai kerapatan piksel 394ppi dengan tingkat kecerahan sekitar 450 nits. Warna layar memang terlihat amat terang serta berkat teknologi OLED, kontras yang dimilikinya amat bagus

Realme X dibekali dengan SoC yang seperti dengan produk yang belum lama mereka luncurkan yakni realme 3 Pro. Realme X pula mengangkat SoC Snapdragon 710 dari Qualcomm (Octa- core CPU 2×2.2 GHz Kryo 360 Gold 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver & GPU Adreno 616).

Sebaliknya buat memori, smartphone ini muncul dengan RAM berkapasitas mulai dari 4GB, 6GB hingga 8GB, sebaliknya buat internal storage yang ada yakni 64GB dan 128GB.

Kamera Realme X

Kamera depan pop-up realme X memakai kaca safir yang kuat dan tahan gesekan. Slide pop kamera secara otomatis bakal memasukkan kamera bila smartphone terguling atau kecelakaan lain saat pemakaian, sebab realme mengklaim sudah memasang sebagian sensor yang bisa mengetahui saat jatuh atau kecelakaan lain pada smartphone.

Pada fitur kamera, realme X dibekali dengan sensor kamera 48MP (Sony IMX 586)+ kamera sekunder 5MP. Kamera utama mempunyai sensor 1/2.0 inci dengan ukuran piksel 1,6um dan aperture f/1.7 yang besar. Perekaman video maksimum yakni 4K,30fps atau 1080P,30/60fps.

Perekaman video pula telah dibantu dengan teknologi EIS, alhasil pengambilan gambar bakal lebih stabil. Fitur andalan realme seperti Nightscape, Chroma Boost dan HDR juga tersedia. Adapun pada kamera selfie, smartphone ini mempunyai sensor 16MP (Sony IMX 471) dengan aperture f/2.0.

Baterai Realme X

Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas yang tidak begitu besar, bila dibanding dengan realme 3 pro bahkan masih lebih kecil. Yakni 3765mAh. Tetapi fitur ini juga dibekali dengan pengisian VOOC 3.0, yang mempunyai output sampai 20W (5V4A).

Harga Realme X

Di Indonesia, Realme X dihargai dengan harga Rp 3.799.000,- buat versi 4 GB/128 GB dan Rp 4.199.000,- buat versi 8 GB/128 GB. Realme X hadir dalam varian warna Steam White dan Punk Blue.

Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Realme X?

Realme 3 ProRealme X
Kelebihan - Desain modern - Layar luas dan lebar - Fitur kamera mumpuni- Layar Super AMOLED yang baik - Kamera mumpuni - Desain modern
Kekurangan- Masih memakai micro USB - Belum memiliki lensa wide- Kapasitas baterai tidak terlalu besar - Tidak memiliki NFC

Kesimpulan

Realme 3 Pro dan Realme X menjadi salah satu smartphone yang cukup banyak digemari oleh orang-orang. Spesifikasi yang diberikan juga cukup mumpuni untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. Namun jika kamu menginginkan spesifikasi dan kualitas yang lebih baik, maka Realme X menjadi jawabannya. Tentukan smartphone pilihan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 3 Pro vs Realme X

VS