Smartphone

Pilih Mana: Realme 5 atau Oppo A5S?

Smartphone merupakan perangkat yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Smartphone juga memiliki manfaat yang baik untuk seluruh pekerjaan manusia jadi lebih mudah dan cepat, untuk itu diperlukan smartphone dengan kualitas yang baik seperti Realme 5 dan Oppo A5S.

Realme 5 dan Oppo A5S adalah dua smartphone yang memiliki performa cukup mumpuni seluruh aktivitas manusia. Selain itu kedua smartphone ini juga memiliki fitur yang cukup menarik sehingga menjadi atensi tersendiri untuk para penggila android.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua smartphone ini? Untuk itu yuk simak terus Selera.id agar bisa kamu jadikan acuan saat memilih smartphone andalan kamu sehari-hari. Disini aja ya!

Realme 5 atau Oppo A5S

Realme 5

Realme 5 memiliki prosesor dari Qualcomm seri Snapdragon 665 AIE. Kencenderungan pasar di Indonesia ke seri Qualcomm, dapat mengatrol potensi Realme 5. Tak seapik milih saudaranya yang memakai seri Snapdragon 710. Tetapi sudah cukup, kok.

Chipset Snapdragon 665 mempunyai kemampuan kerja octa-core (4×2.0GHz). Kartu grafisnya memakai Adreno 610. Pemakaian ponsel untuk bermain game, termasuk bisa digunakan dengan mudah.

Terutama untuk game yang mempunyai pengaturan grafis manual. Pada game dengan pengaturan grafis otomatis seperti Asphalt, maka kualitas rendering masih terlihat kasar. Baca juga Pilih Mana: Realme 5 atau Xiaomi Redmi Note 7?

Kamera Realme 5

Kamera utama Realme 5 dapat menyajikan kemampuan 12 MP, aperture f/1.8 untuk hasil foto normal atau wide. Fungsi AI camera akhirnya mengambil alih. Proses pengambilan foto langsung diolah secara cepat, menghasilkan kualitas foto lebih baik.

Untuk kamera tambahan lain ada beberapa fungsi berbeda. Selain mode portrait atau bokeh, untuk menghasilkan efek buram lewat kamera 2 MP, f/2.4, depth-sensor. Ada pula kamera ultra-wide memakai kamera berkemampuan 8 MP, f/2.2, pada sudut pengambilan gambar sampai 13 mm. 2 mode kamera yang umum ditemui pada produk ponsel lain.

Sementara itu kamera depan ponsel berkemampuan 13 MP, f/2.0. Mengambil konsep yang disebut dewdrop, kameranya berada di bagian tengah bagian atas ponsel. Mirip seperti waterdrop. Tren swafoto yang mungkin sudah berkurang, membuat kamera depan ponsel ini seperti kurang mendapat perhatian lebih.

Realme 5 atau Oppo A5S

Baterai Realme 5

Segala konfigurasi tadi didukung daya baterai yang cukup mumpuni untuk sebuah ponsel kelas menengah. Sebuah baterai baterai Li-Po 5000 mAh siap dihabiskan dalam jangka waktu yang lama. Sayangnya ponsel ini masih memakai port USB model 2.0.

Fitur Realme 5

  1. Sidik jari
    Pemindai sidik jari sudah menjadi fitur umum yang dapat ditemukan hampir di semua ponsel terbaru saat ini. Pada Realme 5, kemampuan sensornya termasuk baik.
  2. AI Freeze dan Content Adaptive Backlight Control
    Ditambah lagi beberapa fitur optimalisasi daya seperti AI Freeze dan Content Adaptive Backlight Control, membuat daya tahan baterai akan semakin panjang.

Kelebihan Realme 5

  • Aktivitas gaming yang lancar
    Untuk para pecinta game alias para gamers, mempunyai Smartphone yang bisa mendukung aktivitas game pastinya merupakan hal yang amat didambakan. Tetapi perihal itu cukup susah karena pengembangan aplikasi game terus dilakukan dan perihal itu membuat kapasitas semakin berkurang.
  • Splash resistant
    Yang tidak kalah menarik dari kelebihan yang dimiliki Realme 5 yakni tahan percikan. Berbagai macam perlindungan sudah diberikan terhadap Smartphone-smartphone terdahulu namun bagaimanapun perlindungan yang diberikan pastinya tetap akan mempunyai celah. Dengan perlindungan tahan percikan ini diharapkan memberikan perlindungan lebih terhadap Smartphone yang dimiliki.
  • Kapasitas baterai yang tahan lama
    Kelebihan lain yang akan menjadi daya Tarik tersendiri pastinya yaitu daya yang bertahan lama. Dengan kapasitas baterai yang besar tentunya akan sangat membantu konsumen dalam aktivitas hariannya tanpa mesti khawatir untuk kehabisan daya.

Kekurangan Realme 5

  • Layar yang masih HD+
    Dulunya layar HD+ tentunya merupakan sebuah kemajuan dari teknologi yang terbarukan. Tetapi seiring berjalannya waktu, saat ini layar HD+ sudah mempunyai pengganti.
  • Pengisian energi cuma 10 watt
    Meski dilengkapi dengan kapasitas daya yang sangat besar, tetapi smartphone ini tetap mempunyai kekurangan. Dalam hal ini sebab absennya pengisian cepat khas VOOC Flash Charge pada Smartphone ini.
  • Masih memakai port micro-USB
    Port Micro-USB digantikan oleh Port type-C yang saat ini mulai banyak dipakai oleh android tipe keluaran terbaru. Tetapi sayangnya Realme 5 belum memakai port type-C ini. Realme 5 masih memakai Port Micro-USB sama seperti Smartphone pada umumnya.

Oppo A5S

A5s ditenagai chipset Mediatek MT6765 Helio P35 yang dibuat pada proses fabrikasi 12nm, artinya cukup efisien serta hemat baterai. SoC ini mengemas konfigurasi octa-core, yang terdiri dari quad-core 2,3 GHz Cortex-A53 serta octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, dan GPU PowerVR GE8320.

Pada aplikasi benchmark AnTuTu, A5s memperoleh nilai 84.082 poin. Kemudian, pada PCMark mendapatkan 5. 335 poin, 3DMark Sling Shot 704 poin, dan Geekbench 4 single-core 922 poin serta multi-core 4.003 poin.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V9 atau Oppo F5?

Realme 5 atau Oppo A5S

Kamera Oppo A5S

Kamera utama yang bercokol di belakang A5s memiliki resolusi 13 MP (AF) dengan aperture f/2.2, berdampingan dengan kamera 2 MP dengan aperture f/2.4 sebagai depth sensor. Sedangkan, untuk aktivitas selfie, video call, dan face unlock mengandalkan kamera 8 MP dengan aperture f/2.0.

Ada empat mode utama yang disematkan, yakni portrait untuk foto dengan efek bokeh, photo dan video yang dilengkapi fungsi optical zoom 2x, dan pano.

Baik kamera belakang maupun kamera depan dapat merekam video sampai 1080p. Jadi, setidaknya resolusi tersebut sudah cukup baik bila mau membuat video atau nge-vlog dengan mengandalkan A5s.

Baterai Oppo A5S

Oppo A5s mempunyai kapasitas baterai sebesar 4.230 mAh dengan AI Battery Management, jadi pemakaian baterainya dapat lebih irit. Pengisian dayanya pula memakai teknologi fast charging 5V/2A, sehingga dapat melakukan pengisian penuh antara 2,5 jam sampai 2,9 jam

Fitur Oppo A5S

1. Sidik jari
OPPO A5s hadir untuk menyempurnakan A3s, utamanya kehadiran fitur pembaca sidik jari yang membuat membuka gembok smartphone lebih instan.

2. Smart Assistant
Fitur Smart Assistant juga ada yang menyediakan informasi personal dan akses cepat ke sejumlah fungsi serta aplikasi.

Kelebihan Oppo A5S

  • Desain kekinian
    Oppo A5s ini memiliki bodi belakang yang dibuat seperti dilapisi kaca, sehingga tampilannya terasa lebih berkualitas. HP ini juga sudah mengusung notch berupa waterdrop di bagian depan layarnya. Oppo A5s ini pula memiliki bezel yang cukup tipis sehingga layarnya terasa semakin luas.
  • Performa bagus di kelasnya
    Beralih ke sektor performanya. HP ini dibekali dengan chipset besutan Mediatek, yaitu Helio P35 dengan dukungan RAM sebesar 2 sampai 4 GB (tergantung varian yang dipilih). Sayangnya, HP ini masih memakai OS Android 8.1 (Oreo). Tetapi, perihal itu bukanlah masalah besar sebab OS Android Oreo juga masih tergolong up to date.
  • Nyaman bermain game
    Bermain game di smartphone merupakan kebiasaan hampir semua orang. Terlepas apa game dan genre yang dipakai, tentu kehadiran perangkat seperti Adreno 610, Snapdragon 665 dan RAM diatas 3 GB sanggup menopang aktivitas tersebut.

Kekurangan Oppo A5S

  • Tidak dibekali fast charging
    OPPO A5s ini tidak dibekali dengan teknologi Fast Charging sehingga membuat pengisian daya baterainya terasa lama apalagi kapasitas baterai yang dimilikinya tergolong besar.
  • Noda sidik jari mudah menempel
    Bodi belakang OPPO A5s yang tampak cantik ini mempunyai kekurangan dengan mudahnya debu maupun noda sidik jari menempel. Untuk itu, sebaiknya konsumen smartphone ini menyematkan casing tambahan supaya bodi belakang terlihat cantik tanpa khawatir tergores maupun tertempel noda.
  • Tidak dilengkapi NFC
    Near Field Communication atau yang sering dikenal NFC menjadi fitur yang jarang ditemukan di handphone kelas menengah. Selain dari perangkatnya yang cukup pricey, NFC juga belum termasuk kebutuhan yang mendesak.
SpesifikasiRealme 5 Oppo A5S
Dimensi fisik 164,4 x 75 x 9,3 mm 155,9 x 75,4 x 8,2 mm
Ukuran layar IPS LCD 6,52 inci, resolusi 720 x 1600 piksel, rasio layar 20:9 S-IPS LCD 6 inci, 720 x 1.520 piksel, rasio 19:9
Bobot 195 gram 170 gram
Kapasitas baterai 5.000 mAh 4.230 mAh
Sistem operasi Android 9.0 Pie, ColorOS 6.1 Android Pie 8.1, ColorOS 5.2
Harga per Januari 2020Rp 1.700.000,-Rp 1.900.000,-

Pilih Mana: Realme 5 atau Oppo A5S?

Realme 5 Oppo A5S
Kelebihan- Aktivitas gaming yang lancar - Splash resistant - Kapasitas baterai yang tahan lama - Desain kekinian - Performa bagus di kelasnya - Nyaman bermain game
Kekurangan- Layar yang masih HD+ - Pengisian energi cuma 10 watt - Masih memakai port micro-USB - Tidak dibekali fast charging - Noda sidik jari mudah menempel - Tidak dilengkapi NFC

Kesimpulan

Setelah membahas Realme 5 dan Oppo A5S tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki fitur dan spesifikasi yang cukup mumpuni. Harga yang disematkan pun cukup terjangkau sehingga tidak terlalu menguras kantong. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5 vs Oppo A5S

VS

Leave a Reply