GadgetsSmartphone

Pilih Mana: Realme 5 atau Redmi Note 8?

Smartphone yang memiliki harga pada kisaran 2 juta kini menjadi smartphone yang paling banyak diburu. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat smartphone yang memiliki kisaran harga 2 juta biasanya memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dan yang terpenting tidak terlalu menguras isi kantong.

Realme 5 dan Redmi Note 8 merupakan smartphone 2 jutaan yang kini bersaing ketat di pasaran. Secara desain, kedua ponsel ini memiliki kesamaan yang banyak sehingga beberapa orang pun bingung mana yang lebih baik di antara dua ponsel ini. Untuk mengetahui bedanya, yuk simak ulasan yang sudah ada di bawah ini!

Pilih Mana Realme 5 atau redmi note 8?

Realme 5

Realme 5 hadir dengan resolusi display 720 x 1600 pixel yang terbilang mengecewakan untuk sebuah smartphone kekinian yang baru saja dirilis. Ditambah dengan display realme 5 yang mengadopsi rasio 20:9 yang membuat tampilan lebih panjang, tapi dengan kerapatan pixel yang rendah (hanya 269 ppi). Baca Juga:  Pilih Mana: Realme 5 atau Samsung Galaxy A20?  

Smartphone dengan harga 2 jutaan ini memakai chipset Qualcomm Snapdragon 665. Update dari Snapdragon 660 dengan sedikit perubahan. Meski hanya ada sedikit perubahan, namun dampaknya cukup signifikan. Yaitu proses fabrikasi 11 nm yang membuat chipset ini lebih hemat daya.

Kelebihan Realme 5

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki realme 5:

  • Kapasitas baterai yang lebih besar
    Soal baterai, ini adalah bagian andalan Realme 5 dengan kapasitas 5.000 mAh. Soal keiritan baterai, Realme 5 ini hampir bisa dipakai hingga penggunaan dua hari. Namun, di balik keunggulan ini realme lagi-lagi memiliki poin minus, yaitu di aspek kecepatan pengisian baterai yang kalah saing dibanding dengan redmi note 8.
  • Kamera depan memiliki resolusi lebih tajam 
    Kamera selfie dari realme 5 ini lebih unggul karena memiliki sensor wide angle yang membuat foto dengan banyak orang akan lebih leluasa. Redmi Note 8 tidak memiliki sensor wide angle di kamera selfie-nya meski kamera belakang redmi note 8 jauh lebih bagus daripada realme 5.
  • Bentang layar yang lebih lebar
    Spesifikasi Dari sektor display, Realme 5 mengusung panel IPS LCD dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi 720 x 1.600 piksel. Ukurannya memang lebih besar daripada redmi note 8, namun resolusinya tidak jauh lebih baik jika harus dibandingkan.

Pilih Mana Realme 5 atau redmi note 8?

Kekurangan Realme 5

Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki realme 5:

  • Resolusi layar yang cukup mengecewakan 
    Realme 5 ini hadir dengan resolusi display 720 x 1600 pixel yang disebutkan sebelumnya, hal ini cukup mengecewakan untuk sebuah smartphone yang terbilang kekinian. Ditambah dengan display realme 5 yang mengadopsi rasio 20:9 yang membuat tampilan lebih panjang, tapi dengan kerapatan pixel yang rendah (hanya 269 ppi).
  • Kamera belakang yang kalah saing
    Pada segmen kamera, Realme 5 kalah telak jika dibandingkan dengan redmi note 8 karena hanya memiliki 12MP. Namun, kedua ponsel pintar ini sama-sama memiliki quad-camera, realme 5 dan Redmi Note 8 juga memiliki sensor wide, ultrawide, macro, dan depth sensor.
  • Tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging
    Meski memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar, namun seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Realme 5 juga memiliki kekurangan dari baterai itu sendiri karena hanya dilengkapi dengan arus pengisian 10W yang harus dikatakan kalah cukup jauh dibanding teknologi yang ada pada redmi note 8.
SpesifikasiRealme 5Redmi Note 8
Display IPS LCD 6.5 inci 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (269 ppi) Corning Gorilla Glass 3+IPS LCD 6.3 inci 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (409 ppi) Corning Gorilla Glass 5
OSAndroid 9.0 (Pie) - Android 10.0; ColorOS 6Android 9.0 (Pie); MIUI 10
ChipsetQualcomm Snapdragon 665 (11 nm) Qualcomm Snapdragon 665 (11 nm)
GPUAdreno 610 Adreno 610
Slot Micro SD Tersedia, up to 256GB (dedicated slot) Tersedia, up to 256GB (dedicated slot)
Kamera Belakang 12MP, f/1.8 (wide) 8MP, f/2.2, 13mm (ultrawide) 2MP, f/2.4 (macro) 2MP, f/2.4 (depth sensor) 48MP, f/1.8, 26mm (wide) 8MP, f/2.2, 13mm (ultrawide) 2MP, f/2.4 (macro) 2MP, f/2.4 (depth sensor)
Kamera Selfie 13MP, f/2.0, 26mm (wide) 13MP, f/2.0
Baterai 5000 mAh Daya pengisian 10W4000 mAh Fast Charging 18W
Harga Per-Januari 2020Rp1.999.000 - Rp2.799.000,-Rp2.099.000 - Rp2.899.000,-

Redmi Note 8

Sama seperti realme 5, smartphone Rp 2 jutaan ini juga memakai chipset Qualcomm Snapdragon 665. Update dari Snapdragon 660 dengan sedikit perubahan. Soal performa, chipset yang digunakan di ponsel ini jelas lebih baik dibandingkan Snapdragon 660. Baik untuk performa CPU maupun GPU ketika bermain game.

Lihat juga:  Pilih Mana: Realme X2 Pro vs OnePlus 7T
Redmi Note 8 hadir dalam beberapa varian yang dibedakan dari aspek memori internal dan kapasitas RAM. Untuk menyesuaikan dengan uang yang ada di kantong kamu, realme 5 dan Redmi Note 8 sama-sama hadir dalam 3 varian memori dan harga yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Kelebihan Redmi Note 8

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Redmi Note 8:

  • Resolusi kamera belakang yang jauh lebih baik
    Pada segmen kamera, Redmi Note 8 menang mutlak menang dengan sensor utama 48MP yang jelas lebih superior dari realme 5 yang cuma punya 12MP.  Seperti yang sebelumnya juga sudah dijelaskan, kedua ponsel ini sama-sama memiliki quad-camera, realme 5 dan Redmi Note 8 disematkan sensor wide, ultrawide, macro, dan depth sensor.
  • Dilengkapi dengan USB Type-C
    Perbedaan lain antara realme 5 dan Redmi Note 8 terletak pada jenis port yang digunakan. Untuk kamu yang ingin mendapat kecepatan transfer data yang tinggi, kamu lebih disarankan untuk membeli Redmi Note 8 sebab sudah menggunakan USB Type-C.Untuk sebuah perangkat yang terlihat modern, sangat disayangkan realme 5 masih menggunakan port jenis Micro USB yang sudah ketinggalan zaman. Sebagai latar belakang, USB Type-C mampu memindahkan data serta mengisi ulang baterai relatif lebih cepat dari Micro USB, karena itulah Redmi Note 8 mendukung fast charge 18W.
  • Display yang lebih baik 
    Redmi Note 8 hadir dengan resolusi display 1080 x 2340 pixel (409 ppi) yang jelas lebih oke secara objektif.  Dua smartphone ini sama-sama menggunakan panel IPS, jadi akurasi warna yang dihasilkan tidak sebagus AMOLED, namun keduanya memiliki kualitas yang lebih-kurang sama, di luar kerapatan pixel yang sudah dibahas sebelumnya.

Pilih Mana Realme 5 atau redmi note 8?

Kekurangan Redmi Note 8

Meski memiliki beberapa kelebihan, berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh ponsel yang satu ini:

  • Kapasitas baterai yang tidak cukup besar 
    Jika dibandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Realme 5, maka kapasitas baterai Redmi Note 8 ini masih kalah karena hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 4000 mAh. Meski begitu, baterai dari redmi note 8 ini juga memiliki keunggulannya sendiri yaitu dilengkapi dengan pengisian daya yang lebih cepat dibandingkan dengan realme 5.
  • Kamera depan yang kalah saing
    Meski redmi note 4 memiliki keunggulan yang sangat telak dalam segi kamera belakang, namun redmi note 4 harus mengakui kekalahannya dalam aspek kamera belakang. Redmi Note 8 tidak memiliki sensor wide angle seperti yang dimiliki oleh kamera depan realme 5.
  • Harganya sedikit lebih mahal 
    Meskipun memiliki spesifikai yang tidak terlalu beda jauh bahkan dapat dikatakan sangat amat mirip, kedua ponsel ini memiliki harga yang berbeda. Redmi note 8 dibanderol dengan harga yang sedikit lebih tinggi, namun perbedaan harga ini juga tidak terlalu signifikan, redmi note 8 umumnya memiliki selisih harga sekitar seratus ribu dengan realme 5.

Pilih Mana: Realme 5 atau Redmi Note 8?

Realme 5Redmi Note 8
Kelebihan- Kapasitas baterai yang lebih besar - Kamera depan memiliki resolusi lebih tajam  - Bentang layar yang lebih lebar - Resolusi kamera belakang yang jauh lebih baik - Dilengkapi dengan USB Type-C - Display yang lebih baik 
Kekurangan- Resolusi layar yang cukup mengecewakan  - Kamera belakang yang kalah saing - Tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging - Kapasitas baterai yang tidak cukup besar  - Kamera depan yang kalah saing - Harganya sedikit lebih mahal 

Kesimpulan

Dari ulasan yang sudah disampaikan di atas dapat disimpulkan bahwa kedua ponsel ini memiliki keunggulan dan kelebihan yang tidak terlalu beda jauh. Untuk kamu yang menginginkan ponsel yang memiliki kemampuan fotografi yang bagus, maka mungkin kamu akan lebih cocok dengan redmi note 8.

Sedangkan untuk kamu yang menginginkan kamera selfie dan daya tahan baterai yang lebih baik serta selisih harga yang sedikit lebih murah, maka kamu mungkin akan lebih cocok dengan realme 5. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, ya. Semoga bermanfaat!

Pilih Mana: Realme 5 atau Redmi Note 8?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5 atau Redmi Note 8?

VS

Leave a Reply