GadgetsTechnology

Pilih Mana: Realme 5 Pro atau Vivo Z1 Pro?

Realme 5 Pro dan Vivo Z1 Pro, merupakan dua smartphone baru yang hadir pada oktober 2019 dan kedua nya menawarkan banyak keunggulan. Sebagai smartphone gaming dengan harga sekitar Rp 3 jutaan saat pertama kali dirilis, mana yang lebih menarik diantara keduanya?

Banyak yang bingung kira-kira mau membeli smartphone yang mana sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Nah pada artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai spesifikasinya antara kedua hp tersebut.

Realme 5 Pro

Realme 5 Pro hadir dengan sederet spesifikasi mumpuni. Smartphone Quad Camera pertama milik Realme tersebut unggul dalam berbagai macam bidang, tetapi terdapat pula sisi lainnya. Baca juga Pilih Mana: Oppo K3 atau Vivo Z1 Pro?

Realme 5 Pro juga sudah memiliki USB type C sebagai konektor pengisi daya dan transfer data, berbeda dengan Realme 5 yang masih menggunakan microUSB.

Smartphone baru Realme 5 Pro  ini hadir dalam 3 varian, yakni RAM 4GB/ROM 64GB, RAM 6GB/ROM 64GB, dan RAM 8GB/ROM 128GB.

Spesifikasi Realme 5 Pro

Desain
Realme 5 Pro hadir dengan mengusung desain baru yang membawa tampilan kristal pada body perangkat. Dua warna holographic yang diusung oleh realme 5 Pro yaitu Crystal Green dan Sparkling Blue. Berbeda dari generasi sebelumnya, generasi baru menggunakan metode baru yaitu warna holografik nanometer yang diukir menggunakan laser 5 sumbu.

Realme mengklaim untuk mendapatkan warna yang berkilau tersebut, membutuhkan 15 kali pembuatan prototype dan 78 kali penyesuaian untuk menghasilkan efek visual baru warna holografik dengan motif potong pada bagian belakang bodi perangkat yang sangat mewah.

Material perangkat Realme 5 Pro yaitu polycarbonate secara unibody, dimana pada bagian depan panel layar dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3+. Pengguna bisa cukup aman tanpa khawatir layar mudah tergores. Disamping itu, realme juga menambahkan pelindung tambahan layar berupa film yang telah terpasang sejak dari dalam box.

Performa
Realme dibekali dengan SoC Snapdragon 712 AIE 10nm Octa-core CPU (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver + GPU Adreno 616), yang dipadukan dengan RAM LPDDR4X berkapasitas 8GB serta internal storage UFS 2.1 128GB. Pilihan kapasitas RAM lain yang tersedia yaitu 4GB dengan internal storage yang sama yaitu 128GB.

Dari segi kamera Realme 5 pro membawa fitur 48 MP Quad Camera, dimana sensor yang digunakan yaitu 48MP Sony IMX586 f/1.8 ditambah dengan sensor 8MP f/2.2 (Wide-Angle 119°) dan 2MP f/2.4 (Depth) serta 2MP f/2.4 (Makro).

Kelebihan Realme 5 Pro

  • Kamera yang menghasilkan gambar yang memuaskan
    Realme hadir dilengkapi dengan Quad Camera 48MP pertama, Realme 5 Pro memiliki keunggulan dalam ranah pemotretan. Kamera utamanya beresolusi 48MP mampu mengabadikan momen lebih tajam dengan sensor flagship Sony IMX586. Lensa keduanya, Realme 5 Pro didukung dengan Ultra Wide Angle 119 derajat dengan resolusi 8MP yang memungkinkan Anda untuk memotret objek secara lebih luas.
  • Performa yang unggul
    Tidak hanya unggul dari segi kameranya, Realme 5 Pro juga bisa disebut unggul dalam chipset yang dimilikinya. Realme 5 Pro ditenagai oleh Snapdragon 712 AIE yang membawa peningkatan kerja 10% serta grafis 35% dibandingkan dengan Snapdragon 710 sebelumnya.
  • Fast charging
    Realme 5 Pro dbekali dengan teknologi VOOC Flash Charge 3.0  sebesar 20 Watt yang dapat mengisi baterai hingga penuh secara cepat. Teknologi yang tersemat pada chager Realme 5 Pro ini sangat membantu Anda yang memang hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan charging ponsel.

Kekurangan Realme 5 Pro

  • Baterai yang standar
    Kekurangan yang pertama yaitu dari kapasitas baterai yang tersemat di dalam Realme 5 Pro tergolong rendah jika dibandingkan dengan saudaranya Realme 5 yang didukung dengan big battery 5000mAh.
  • Layar yang masih versi lama
    Panel layar yang diusung oleh Realme 5 Pro masih IPS 6,3 inci, meskipun sudah FullHD+ tetapi rasanya untuk smartphone seharga Rp3 jutaan rata-rata sudah memiliki panel layar AMOLED.
  • Perlindungan layar juga masing menggunakan versi lama
    Soal perlindungan, Realme 5 Pro hanya memakai Corning Gorilla Glass 3+. Sangat disayangkan, mengingat seri Realme X sebelumnya dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Vivo Z1 Pro

Smartphone Vivo Z1 Pro merupakan smartphone keluaran terbaru dengan dilengkapi dengan kamera depan berlubang atau yang biasa disebut ‘punch hole camera’.

Kamera depan berlubang yang ada pada Vivo Z1 Pro sendiri memiliki resolusi yang cukup tinggi, yakni 32 MP dengan bukaan f/2.0. Sementara untuk kamera utama pada bagian belakang, ada tiga buah lensa, yakni 16 MP, 8 MP, dan 2 MP.

Smartphone Z1 Pro ini bukan hanya dikhususkan untuk bermain game saja. Namun Vivo Z1 Pro ini mengedepankan tiga elemen, yaitu gaming, mobilitas, dan fotografi.

Sebagai smartphone kelas menengah ke atas, Vivo juga menyematkan spesifikasi hardware yang cukup kencang, yakni chipset Snapdragon 712 dan RAM berkapasitas 6 GB atau 4 GB.

Spesifikasi Vivo Z1 Pro 

Desain

Vivo Z1 Pro didesain dengan memadukan lengkungan 3D, sehingga pengguna akan merasa nyaman ketika menggenggam Vivo Z1 Pro. Hadir dalam dua varian warna yaitu Sonic Blue dan Sonic Black.

Smartphone Vivo Z1 Pro ini memiliki bobot 201 gram, dan memiliki dimensi 162,4 x 77,3 x 8,9 milimeter, setiap sudut ponsel memiliki lengkungan yang membuat nyaman ketika digenggam. Smartphone tidak hadir dengan warna gradasi, warna yang banyak digunakan smartphone terbaru.

Lihat juga:  10 PC All In One Terbaik 2021

Vivo Z1 Pro memiliki layar berukuran 6,53 inci Full HD+ dengan Ultra O Screen,  Vivo memasang notch bulat tempat kamera depan itu di sebelah kiri. Dengan aspek rasio 19,5:9, smartphone ini memiliki screen-to-body ratio-nya 83,4 persen, cukup besar.

Performa
Vivo Z1 Pro dibekali denganchipset besutan Qualcomm, Snapdragon 712 AIE, dalam chip tersebut terdapat CPU 64 bit Qualcomm Kryo 360 dengan desain 10 nanometer. Selain itu, juga dipasang chip grafis GPU Adreno 616 yang meningkatkan performa keseluruhan hingga 25 persen.

Chip ini memberikan performa terbaik, tapi tetap irit daya. Chip dari smartphone Vivo Z1 Pro ini dilengkapi dengan kapasitas RAM dan memori internal 4 GB/ 64 GB.

Kamera Vivo Z1 Pro mempunyai tiga pada bagian belakang, dengan sensor utama 16 MP aperture f/ 1.8, 8 MP aperture f/ 2.2 16mm (ultrawide) dan sensor kedalaman 2 MP aperture f/ 2.4 plus LED flash. Sedangkan kamera depan 32 MP aperture f/ 2.0.

Kelebihan Vivo Z1 Pro

  • Kamera selfie superior
    Vivo mengincar target pasar remaja dengan membekali smartphone Vivo Z1 Pro ini dengan kamera depan beresolusi 32 MP. Sebagai smartphone menengah, kamera selfie ponsel ini cukup bagus. Ditambah dengan olahan kecerdasan buatan di dalamnya, hasil foto selfie maupun wefie jadi lebih sempurna.
  • Sistem operasi terkini
    Vivo Z1 Pro dibekali dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dan Funtouch Os 9. Funtouch OS juga mengantarkan beberapa perubahan desain, mulai dari tampilan UI lebih mirip dengan iOS, hingga apps Action yang memudahkanmu dalam melakukan tugas sehari-hari.
  • Performa kencang
    Smartphone Vivo Z1 Pro ini sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 712 AIE. Untuk kelasnya, kehadiran chipset ini tergolong bagus. Di dalam chipset ini, terdapat prosesor octa core yang terdiri dari Kryo 360 Gold dengan dual core 2.3 GHz dan Kryo 360 Silver dengan enam core 1.7 GHz. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat Adreno 616 yang membuat game berat juga cukup nyaman.

Kekurangan Vivo Z1 Pro

  • Bodi yang terlalu besar
    Smartphone Vivo Z1 Pro ini tergolong mempunyai bodi yang terlalu bongsor dan cenderung berat. Layar 6,5 inci dengan dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm dan bobot 207 gram memang bukanlah ukuran kecil untuk sebuah ponsel genggam.
  • Masih menggunakan port microUSB
    Tidak menggunakan port USB Type-C sebenarnya masih biasa bagi Vivo. Biasanya untuk menekan harga atau karena charger dengan port USB Type-C masih belum terlalu populer. Namun, fakta kalau banyak smartphone yang harganya lebih murah dari smartphone ini sudah menghadirkan USB Type-C, tentu sektor ini jadi kekurangan Vivo Z1 Pro tersendiri.
  • Tidak dilengkapi dengan gorilla glass
    Kekurangan lainnya yaitu Vivo Z1 Pro memang tak dibekali dengan Gorilla Glass besutan Corning dan mengusung pelindung layar buatan pabrikan lain. Meski begitu, ada kemungkinan juga Vivo memberi pelindung layar Gorilla Glass, namun versi yang lebih lama. Akan tetapi, soal keamanan layar, kamu bisa menutupinya dengan memberikan tempered glass berkualitas.
Spesifikasi Realme 5 Pro Vivo Z1 Pro
Performa Snapdragon 712 Snapdragon 712
Penyimpanan 64 GB 64 GB
Kamera 48MP + 8MP + 2MP + 2 MP 16MP + 8MP + 2MP
Baterai 4035 mAh 5000 mAh
Ram 4 GB 4 GB
Layar 6.3" (16 cm)6.53" (16.59 cm)

Pilih Mana: Realme 5 Pro atau Vivo Z1 Pro?

Realme 5 Pro Vivo Z1 Pro
Kelebihan- Kamera yang menghasilkan gambar yang memuaskan - Performa yang unggul - Fast charging - Kamera selfie superior - Sistem operasi terkini - Performa kencang
Kekurangan- Baterai yang standar - Layar yang masih versi lama - Perlindungan layar juga masing menggunakan versi lama - Bodi yang terlalu besar - Masih menggunakan port microUSB - Tidak dilengkapi dengan gorilla glass

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa dari segi performa untuk bermain game, Realme 5 Pro dan Vivo Z1 Pro seimbang dengan Snapdragon 712. Tetapi ada beberapa komponen lain yang membuat keduanya berbeda. Seeperti Realme 5 Pro jelas secara harga akan paling menarik. Selain itu, kalian mendapatkan kamera tangguh dan charger ngebut lewat USB type-C. Sedangkan, Vivo Z1 Pro menawarkan kapasitas baterai jumbo, dan juga tampilan depan dengan layar punch hole yang menarik perhatian.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5 Pro vs Vivo Z1 Pro

VS

Leave a Reply