ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Realme 5i vs Redmi Note 8

Realme 5i dan Redmi Note 8 merupakan sebuah smartphone dari kedua merk yang berbeda. Keduanya menjadi pilihan bagi kalangan anak muda. Selain memiliki harga yang cukup terjangkau, Realme 5i dan Redmi Note 8 juga memiliki spesifikasi yang cukup baik.

Bagaimanakah spesifikasi dari Realme 5i dan Redmi Note 8?

Apakah ada kelebihan dan kekurangan dari kedua smartphone Realme 5i dan Redmi Note 8? Yuk, temukan jawabannya pada penjelasannya di bawah ini.

 Realme 5i vs Redmi Note 8

Realme 5i

Realme adalah perusahaan elektronik yang menjadi salah satu terbesar di Indonesia saat ini. Elektronik tersebut adalah smartphone Realme. Banyak sekali produk smartphone terbaik yang dijual oleh Realme dengan spesifikasi sangat bagus. Baca juga Pilih Mana: Realme 5 atau Oppo A5S?

Dari beberapa banyaknya tipe yang ada, yang baru-baru ini menjadi banyak pilihan karena termasuk tipe baru dipasarkan adalah Realme 5i. Bagaimana spesifikasi dari smartphone Realme 5i? Apa kelebihan dan kekurangan dari smartphone Realme 5i? Simak penjelasannya di bawah ini.

Spesifikasi Realme 5i

1. Layar
Smartphone yang tersedia dalam varian warna Blue dan Green ini punya layar berdiagonal 6.5 inci tipe IPS dengan resolusi 720 x 1.600 piksel atau HD+.

Panelnya sudah dilindungi lapisan Gorilla Glass dengan kecerahan layar hingga 480 nits.

2. Desain
Dari sisi desain sendiri smartphone Realme 5i memiliki desain yang hampir sama saja dengan tipe atau seri smartphone dari Realme lainnya.

Realme tidak begitu banyak melakukan perubahan untuk smartphone Realme 5i.

3. Kamera
Realme 5i juga membawa kemampuan kamera apik seperti yang ditawarkan keluarga Realme 5 series, yakni konfigurasi quad-camera, dengan kamera utama 12 MP aperture f/1.8.

kamera kedua berkekuatan 8 MP ultra wide dengan kemampuan jangkauan hingga 119 derajat. Kamera ini sudah mendukung fitur Super Night Mode.

Sementara dua kamera terakhir masing-masing berkekuatan 2 MP sebagai lensa makro (fokus 4 cm) dan depth sensor. Adapun untuk kamera selfie berkekuatan 8 MP.

Masih dari kamera utamanya, kamera Realme 5i mampu mengabadikan video hingga resolusi 4K pada 30 fps. Selain itu, kameranya juga dapat membuat video slow-motion pada 120 fps.

4. Baterai
Berbicara mengenai keunggulan Realme 5i jelas terlihat pada kapasitas baterai perangkat ini.

Bukan main-main, Realme membekali Realme 5i dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini sudah dilengkapi dengan dukungan pengisian cepat 10W.

5. Harga
Mengenai harga, Realme 5i dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dijual dengan harga Rp 1.799.000. Sedangkan varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dijual dengan harga Rp 1.999.000.

Varian paling tinggi dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB dijual Rp 2.299.000.

 Realme 5i vs Redmi Note 8

Kelebihan Realme 5i

Berikut kelebihan smartphone Realme 5i:

  • Harga yang terjangkau
    Dari sisi harga sendiri smartphone Realme 5i dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Dari sisi yang rendah hingga yang tinggi juga memiliki harga yang masih dibilang cukup terjangkau dan ekonomis.
  • Baterai yang besar
    Selain memiliki harga yang terjangkau, baterai yang diberikan oleh Realme 5i memiliki kapasitas yang sangat cukup tinggi. Dengan harga yang terjangkau dan kapasitas baterai yang tinggi menjadikan smartphone ini disukai banyak orang.
  • Kualitas kamera yang terbaik
    Bagaimana dengan kualitas kameranya? Untuk kualitas dari kamera Realme 5i memiliki kualitas yang sudah sangat terbaik. Anda tidak perlu ragukan lagi. Dengan berbagai fitur yang ada akan membuat hasil foto tampak lebih jelas.

Kekurangan Realme 5i

Berikut kekurangan smartphone Realme 5i:

  • Port charging masih micro USB
    Kekurangan yang pertama yang bisa Anda ketahui dari smartphone Realme 5i adalah bahwa smartphone yang terjangkau ini masih menggunakan port charging micro USB. Jika Anda tidak suka dengan charging micro USB smartphone ini belum menjadi pilihan yang tepat.
  • Desain yang biasa saja
    Untuk Anda yang memilih desain smartphone terbaik, maka smartphone Realme 5i belum menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Karena memang desain yang diberikan oleh Realme 5i terbilang biasa saja, namun cocok ya dengan harganya hehe.
  • Kurang cocok untuk game
    Sebenarnya smartphone Realme 5i cocok-cocok saja digunakan untuk bermain game. Namun, banyak juga yang review bahwa menggunakan smartphone Realme 5i untuk bermain game kurang cukup oke, namun tidak menjadi masalah penting sih! Hehe.

Redmi Note 8

Redmi Note 8 ini dapat dibandingkan dengan Realme 5i karena memang harga yang dijual hampir sama. Redmi Note 8 banyak diminati oleh berbagai kalangan karena memang harga yang terjangkau dengan spesifikasi terbaik.

Lihat juga:  Pilih Mana: iPhone X atau iPhone 8?

Anda penasaran dengan spesifikasi dari Redmi Note 8? Tenang! Kami akan membahasnya pada ulasan di bawah ini, dan juga kami sudah memberikan kelebihan dan kekurangan dan kedua smartphone.

Spesifikasi Redmi Note 8

1. Layar
Layar Redmi Note 8 berdiagonal 6.3 inci. Jenis panel dan resolusi layar keduanya serupa (IPS LCD, Full HD Plus).

Redmi Note 8 telah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5 bagus pada bagian layar depan dan bodi belakang.

2. Desain
Untuk segi desain dari smartphone Redmi Note 8 memiliki desain yang terbilang biasa saja.

Desain Redmi Note 8 bisa dibilang sudah cukup pasaran dengan merk atau tipe smartphone lainnya.

3. Kamera
Redmi Note 8 dibekali konfigurasi kamera belakang yang serupa dengan versi “Pro”, hanya saja kamera utama ponsel tersebut beresolusi 48 MP (f/1.8, wide). Tiga kamera lainnya sama dengan milik Redmi Note 8 Pro.

Keempat kamera belakang Redmi Note 8 Pro disusun secara vertikal dan diletakkan di bagian tengah atas bodi ponsel, sedangkan susunan kamera Redmi Note 8 terletak di sisi kiri atas. Selain kamera belakang, perbedaan juga bisa dilihat di kamera selfie.

Redmi Note 8 Pro dibekali kamera depan 20 MP (f/2.0), sementara milik Redmi Note 8 beresolusi 13 MP (f/2.0). Kamera selfie pada kedua ponsel ini disematkan di dalam poni (notch) dengan model yang sama, dengan gaya ala tetesan air (waterdrop).

4. Baterai
Bagaimana dengan kapasitas baterainya? Nah, untuk kapasitas baterainya bisa dibilang kecil ya guys.

Dimana baterai smartphone Redmi Note 8 ini memiliki baterainya berkapasitas 4.000 mAh. Dan pengisian daya cepat 18 W.

5. Harga
Harga Redmi Note 8 di Indonesia dipatok sebesar Rp 1.999.000 untuk varian 3 GB/ 32 GB, Rp 2.199.000 untuk varian 4 GB/ 64 GB.

Dan Rp 2.799.000 untuk varian tertinggi 6 GB/128 GB.

 Realme 5i vs Redmi Note 8

Kelebihan Redmi Note 8

Berikut kelebihan smartphone Redmi Note 8:

  • Kualitas kamera terbaik
    Dari sisi kamera, dimana smartphone Redmi Note 8 memiliki kualitas kamera yang sangat terbaik. Redmi Note 8 menang mutlak menang dengan sensor utama 48 MP yang jelas lebih superior dari realme 5 yang cuma punya 12 MP.
  • Dilengkapi dengan USB Type-C
    Dan kelebihan lainnya untuk Anda yang ingin mendapat kecepatan transfer data yang tinggi, kamu lebih disarankan untuk membeli Redmi Note 8 sebab sudah menggunakan USB Type-C.
  • Daya tahan gorilla glass terbaik
    Untuk sektor daya tahan, Redmi Note 8 sudah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 baik pada bagian layar depan dan bodi belakang. Walau belum memiliki sertifikasi IP68 smartphone ini sudah dilengkapi dengan pelapis nano yang membuat HP Xiaomi terjangkau ini tahan akan percikan air.

Kekurangan Redmi Note 8

Berikut kekurangan smartphone Redmi Note 8:

  • Kapasitas baterai kecil
    Dari sisi kapasitas baterai, dimana Redmi Note 8 kalah telak dengan Realme 5 i. Redmi Note 8 hanya memiliki 4.000 mAh kapasitas baterai.
  • Belum tersedia konektivitas NFC
    Redmi Note 8 belum dilengkapi dengan konektivitas NFC (Near Field Communication) yang agaknya bakal marak digunakan beberapa waktu ke depan.
  • Kamera depan yang kalah saing
    Redmi Note 8 tidak memiliki sensor wide angle, hal ini menjadi kekurangan tersendiri bagi smartphone Redmi Note 8. Jadi, pastikan Anda memilih dengan benar ya.
KeteranganRealme 5i Redmi Note 8
MerkRealme Xiaomi
TipeRealme 5i Realme 5i
Kisaran HargaRp. 1 - Rp. 2 jutaanRp. 1 - Rp. 2 jutaan

Pilih Mana: Realme 5i vs Redmi Note 8

Realme 5i Redmi Note 8
Kelebihan- Harga yang terjangkau - Baterai yang besar - Kualitas kamera yang terbaik - Kualitas kamera terbaik - Dilengkapi dengan USB Type-C - Daya tahan gorilla glass terbaik
Kekurangan- Port charging masih micro USB - Desain yang biasa saja - Kurang cocok untuk game - Kapasitas baterai kecil - Belum tersedia konektivitas NFC - Kamera depan yang kalah saing

Kesimpulan

Realme 5i dan Redmi Note 8 memiliki kelebihan dan kekurangan yang sudah kami jelaskan di atas. Keduanya memiliki spesifikasi yang sudah cukup detail yang kami jelaskan. Jadi, untuk memilih Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Dan jika ingin kapasitas baterai cukup besar Realme 5i bisa menjadi pilihan Anda. semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5i vs Redmi Note 8

VS

Leave a Reply