Smartphone

Pilih Mana: Realme 5S vs Redmi Note 8

Smartphone gaming nyatanya yang paling dicari saat ini. Bukan tanpa alasan, hal ini karena rilisnya game-game mobile terbaru yang pastinya seru dimainkan jika bersama teman. Maka dari itulah banyak smartphone gaming yang memiliki spesifikasi mumpuni untuk aktivitas gaming kamu seperti Realme 5S dan Redmi Note 8.

Selain untuk aktivitas gaming, Realme 5S dan Redmi Note 8 juga masih bisa kok untuk dipakai smartphone harian dengan kebutuhan lainnya. Harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis, jadi tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam.

Penasaran dengan detail dari kedua smartphone ini? Untuk itu simak terus Selera.id untuk dapatkan info menarik dari Realme 5S dan Redmi Note 8 yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih smartphone andalan sehari-hari. Disini aja ya!

Realme 5S vs Redmi Note 8

Realme 5S

Realme 5s masih mengadopsi spesifikasi hardware yang sama dengan realme 5. Prosesornya memakai Snapdragon 665 AIE. Penggerak semua sistem ponsel ini dibuat dengan proses pabrikasi terbaik di kelas menengah, yaitu 11 nm dan hadir dengan konfigurasi prosesor Octa-core 4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver.

Di realme 5s juga cuma ada satu varian saja, yaitu realme 5s RAM 4GB dengan ROM 128GB. Kinerja brilian yang ditampilkan oleh realme 5s itu pula berbanding sama dengan hasil benchmark. Berdasarkan percobaan memakai aplikasi benchmark AnTuTu v8.0.5-OB, realme 5s membukukan skor 173211. Baca juga Pilih Mana: Realme 3 atau Oppo A5S?

Kamera Realme 5S

Kamera utama yang dibawa perangkat ini sama dengan realme 5 Pro yaitu mempunyai kekuatan 48MP. Cuma saja, bila di realme 5 Pro sensor utamanya memakai Sony IMX586, di realme 5s memakai sensor Samsung Isocell GM1.

Terlebih, sensor utama ini juga sudah mempunyai bukaan f/1.8 yang tentu saja bisa menyerap cahaya yang lebih banyak untuk didistribusikan secara merata ke jepretan foto. Hasilnya, tentu saja akan membuat foto terlihat lebih terang serta jernih.

Konfigurasi kamera lainnya masih sama seperti realme 5 yakni kamera ultra-wide angle 8MP f/2.25 dengan 5P lens serta dibekali teknologi anti distorsi. Kamera ini diposisikan untuk menjepret gambar dengan tampilan 4x lebih luas dibandingkan kamera standar, sudut tangkapannya mencapai 119 derajat.

Berikutnya ada kamera Macro dengan aperture f/2.4 dan piksel 1,75μm. Panjang fokus lensa ini maksimal 4 cm. Kombinasi ini memungkinkan pengambilan foto yang lebih jelas dengan detail apik dalam jarak objek yang lebih dekat.

Terakhir yaitu kamera Portrait berkekuatan 2 MP. Lensa depth sensor ini dibekali sistem filter tambahan untuk mendeteksi warna hitam dan putih (monokrom).

Baterai Realme 5S

Kinerja keseluruhan dari realme 5s pula tidak lepas dari sokongan baterai berkapasitas besar. Ya, perangkat ini disokong baterai ‘tanam’ 5000 mAh. Kapasitas ini tergolong cukup besar diantara smartphone mid to low yang ada di pasaran.

Realme 5S vs Redmi Note 8

Menariknya, baterai perangkat ini dilengkapi pula dengan 4 lapisan proteksi seperti 304 stainless steel pemisah cell, bingkai tahan panas, perlindungan kelebihan daya dan Bingkai komponen cell yang juga digabungkan pula dengan AI cooling.

Fitur Realme 5S

  1. Chroma Boost
    Fitur ini bekerja untuk memaksimalkan hasil tangkapan gambar, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, dan menajamkan detail warna. Termasuk memberikan eksposur berimbang pada hasil gambar.
  2. Sidik jari
    Realme 5s memakai sensor sidik jari di bagian belakang tanpa ada pemindai wajah, sama seperti 2 seri sebelumnya.

Kelebihan Realme 5S

  • Dapur pacu mumpuni
    Snapdragon 665 hadir dengan berbagai macam sumber daya di dalamnya, dari GPU Adreno 610 sampai DSP Hexagon 686, yang akan menjamin sebagian besar game tetap mampu berjalan di pengaturan grafis tinggi dengan pengalaman yang tetap halus saat dimainkan.
  • Baterai tahan lama
    Realme 5s pula telah dilengkapi dengan baterai yang amat besar. Walaupun baterai 5.000 mAh-nya bukan yang terbesar untuk saat ini, namun kamu masih dapat bertahan seharian penuh serta bermain game lama-lama dengannya.
  • Kamera cukup mumpuni
    Penyematan kamera yang lebih baik dari tipe sebelumnya juga jadi kelebihan yang tidak bisa kamu lewatkan. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera utama berjumlah 4 buah dalam konfigurasi 48 MP + ultra wide 8 MP + potret 2 MP + makro 2 MP. Kamera depannya juga tidak bisa dipandang sebelah mata, sebab sudah mempunyai resolusi yang sudah cukup tinggi.

Kekurangan Realme 5S

  • Masih menggunakan HD+
    Realme 5s mempunyai layar yang cukup besar. Sayangnya, di layar yang berukuran 6,5 inci tersebut, realme 5s masih memakai resolusi HD+ tepatnya 1600 x 720 piksel dibanding realme 5 Pro yang telah Full HD.
  • Masih memakai Micro-SB
    Selain layarnya, catatan lain yang perlu dipertimbangkan untuk perangkat ini yaitu antarmuka USB yang digunakannya. Sebagai smartphone kekinian yang menyasar generasi muda, agak disayangkan perangkat ini masih memakai antarmuka Micro-USB.
  • Tidak ada sensor wajah
    Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, ponsel ini hanya memiliki sensor sidik jari tanpa ada sensor wajah. Mengingat saat ini sudah banyak sekali smartphone sekelasnya yang sudah memiliki sensor wajah, hal ini tentu cukup disayangkan.

Redmi Note 8

Dapur pacunya memakai Qualcomm Snapdragon 665 ditambah dengan RAM 6GB serta penyimpanan internal 128G yang membawa sejumlah peningkatan dari segi performa dan efisiensi daya dibandingkan pendahulunya.

Redmi Note 8 menjalankan sistem operasi Android 9 (Pie) yang antarmukanya memakai MIUI Global 10.3.2. Tidak banyak perubahan berarti dibandingkan MIUI versi sebelumnya, tetapi versi terbaru ini membawa Dark Mode yang dapat membuat mata jadi lebih nyaman kala memakai ponsel di ruangan yang gelap.

Lihat juga:  8 Feature Phone Terbaik 2020

Kamera Redmi Note 8

Kamera jadi upgrade penting Redmi Note 8 dari Redmi Note 7. Yakni sekarang menggunakan 4 kamera belakang yang mirip dengan Realme 5. Tetapi bedanya, 4 kamera Redmi Note 8 bukanlah gimmick. Sebab semua kamera terpakai, serta memiliki kualitas yang bagus.

Kamera utama menggunakan sensor 12 MP yang dapat menghasilkan foto beresolusi 48 MP. Resolusi 48 MP ini juga bukan gimmick resolusi tinggi saja. Dalam mode 48M, foto yang dihasilkan cukup tinggi akan detail. Selain itu juga otomatis mendongkrak dynamic range.

Realme 5S vs Redmi Note 8

Menariknya, Redmi Note 8 juga mendapatkan kamera ultra wide dengan sensor 8 MP yang memiliki kualitas lumayan bagus serta tetap dapat menjalankan fitur HDR. Redmi Note 8 juga mendapatkan kamera makro beresolusi 2 MP. Beda dengan rivalnya, kamera makro ini memiliki hasil foto yang lumayan bagus dan autofokus.

Kamera selfie Redmi Note 8 menggunakan 13 MP f/2.0 yang cukup dapat diandalkan. Baik dalam kondisi gelap, maupun ketika di luar ruangan.

Baterai Redmi Note 8

Smartphone Rp 2 jutaan ini menggunakan baterai 4.000 mAh. Tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk pemakaian standar seharian. Berkat Snapdragon 665 yang hemat daya tetapi memiliki performa tinggi, Redmi Note 8 ini dapat digunakan untuk seharian lebih.

Lalu bagaimana dengan kecepatan mengisi daya? Smartphone baru ini mendukung fast charging 18 watt melalui USB type-C. Sayangnya charger bawaan dalam penjualan cuma 10 watt saja. Untuk kepala charger 18 watt dijual secara terpisah.

Fitur Redmi Note 8

  1. Fitur wireless
    Fitur komunikasi wireless ini biasa dipakai untuk mengecek serta mengisi saldo kartu uang elektronik dan berbagai keperluan lain.
  2. Liquid cooling chamber
    Fitur ini berfungsi untuk mengatasi panas smartphone kamu dari chipset gaming. Jadi mau berapa lama kamu bermain akan tetap dingin dan nyaman digunakan.

Kelebihan Redmi Note 8

  • Performa dapur pacu mumpuni
    Pada sektor dapur pacu, Redmi Note 8 sudah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11 nm yang lebih efisien pemakaian dayanya. Chipset ini sendiri sudah memakai 8 inti (octa core) dengan 4×2.0 GHz Kryo 260 Gold dan 4x.18 GHz Kryo 260 Silver.
  • Daya tahan dengan corning gorilla glass
    Untuk sektor daya tahan, Redmi Note 8 telah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5 bagus pada bagian layar depan dan bodi belakang. Walaupun belum mempunyai sertifikasi IP68 smartphone ini sudah dilengkapi dengan pelapis nano yang membuat HP Xiaomi terjangkau ini tahan akan percikan air.
  • Teknologi 4 kamera lengkap
    Redmi Note 8 dibekali dengan 4 kamera utama dengan sensor Samsung ISOCELL GM2 resolusi 48MP, ditambah dengan kamera ultra-wide 120 derajat 8MP, makro 2MP, dan depth sensor 2MP. Kamera utama 48MP sanggup menangkap foto beresolusi tinggi sampai 8000 x 6000 piksel dan sudah mendukung perekaman video sampai resolusi 4K dan stabilisasi EIS.

Kekurangan Redmi Note 8

  • Kualitas kamera makro
    Mirip seperti kebanyak perangkat lainnya, Redmi Note 8 dilengkapi dengan kamera makro 2MP. Kalau dilihat dari sensornya berukuran cukup kecil. Sehingga ketika melakukan pemotretan kiranya akan menimbulkan cukup noise, terlebih bila melakukan foto dalam kondisi low-light.
  • Belum tersedia konektivitas NFC
    Redmi Note 8 belum dilengkapi dengan konektivitas NFC (Near Field Communication) yang kiranya bakal marak digunakan beberapa waktu ke depan. Setidaknya beberapa merek HP Android kompetitor sudah menyediakan fitur ini pada smartphone kelas entry-level mereka yang dijual dengan harga Rp2-3 jutaan.
  • Jaminan ketersediaan
    Meski memiliki harga ekonomis, Xiaomi banyak dicap konsumen Indonesia sebagai HP ghoib terlebih apabila kamu mengikuti tren Redmi Note 7 yang susah untuk didapatkan beberapa waktu lalu. Tentu jaminan ketersediaan, baik offline maupun online, menjadi tantangan Redmi Note 8 untuk memikat para konsumen setia Xiaomi di Indonesia.
SpesifikasiRealme 5SRedmi Note 8
Layar 6,5 inci IPS, 720 x 1600 piksel , aspek rasio 20:9, Gorilla Glass 3+ IPS LCD 6,3 inci, 1080 x 2340 piksel, rasio 19:9
Dimensi fisik 164.4mm (L) x 75.6mm (W) x 9.3mm (D) 158.3 x 75.3 x 8.4 mm
Bobot 198 g 190 gram
Sistem operasi ColorOS 6 (Android 9.0 Pie) Android Pie 9, MIUI 10
ProsesorQualcomm SDM665 Snapdragon 665 AIE Octa-coreSnapdragon 665
Harga per November 2019Rp 2.022.000,- Rp 2.799.000

Pilih Mana: Realme 5S vs Redmi Note 8 

Realme 5SRedmi Note 8
Kelebihan- Dapur pacu mumpuni - Baterai tahan lama - Kamera cukup mumpuni - Performa dapur pacu mumpuni - Daya tahan dengan corning gorilla glass - Teknologi 4 kamera lengkap
Kekurangan- Masih menggunakan HD+ - Masih memakai Micro-SB - Tidak ada sensor wajah - Kualitas kamera makro - Belum tersedia konektivitas NFC - Jaminan ketersediaan

Kesimpulan

Realme 5S dan Redmi Note 8 adalah smartphone yang mumpuni untuk apapun aktivitas mobile kamu. Beberapa fitur canggih yang ada di dalamnya menjadikan nilai plus tersendiri untuk smartphone kelas menengah kebawah ini. Lalu yang mana pilihan kamu? Pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5S vs Redmi Note 8 

VS

Leave a Reply