Pilih Mana: Realme C2 atau OPPO A3S?

Memilih smartphone di kelas harga Rp 1 jutaan bisa menjadi hal yang membingungkan. Banyak pilihan tersedia dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkan. Dua di antaranya adalah Realme C2 dan OPPO A3S, yang sama-sama menawarkan harga terjangkau dengan beberapa keunggulan masing-masing.

Artikel ini akan membantu kalian memilih mana yang lebih cocok untuk kebutuhan kalian. Kami akan membahas spesifikasi, fitur, dan performa kedua smartphone ini secara detail, sehingga kalian dapat membuat keputusan yang tepat. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Realme C2

Saat ini nama Realme semakin populer di Indonesia berkat berbagai macam smartphone terbarunya di Indonesia yang mempunyai detail hardware tinggi, namun dengan harga yang dapat dikatakan ekonomis.

Hampir semua merek ponsel cerdas fokus pada seri unggulan mereka, tetapi Realme memperkuat posisinya di segmen low-end dengan meluncurkan beberapa perangkat yang sangat mengesankan.

Contohnya adalah Realme C2. Ponsel ini bisa dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik dalam kisaran harga Rp 1 jutaan. Bahkan, tak ada yang boleh diremehkan dari apa yang Realme C2 tawarkan. Keunggulannya jauh melampaui harapan untuk sebuah ponsel murah.

Berikut spesifikasi Realme C2 :

Komponen penting yang ada pada suatu smartphone yaitu dapur pacu. Realme C2 sendiri dibekali prosesor MediaTek MTK6762R octa-core dengan ARM Cortex-A53 clock speed CPU 2.0 GHz. Handphone ini dibekali kartu grafis IMG PowerVR yang mempunyai keseimbangan antara ketajaman layar serta efisiensi baterai

Chipset itu menggunakan proses produksi TSMC 12nm FinFET yang secara teknis bisa menyuguhkan kejernihan layar serta produksi foto dengan teknologi sambil memastikan pengiritan daya.

Fitur Realme C2

Ada sebagian fitur menarik seperti Riding Mode yang sesuai untuk para bikers. Sebab membungkam seluruh notifikasi secara otomatis dikala pemakai sedang mengemudikan motor. Sekaligus mengontrol panggilan yang bisa masuk dan mengirim sms otomatis.

Setelah itu Smart Assistant menyediakan konsumen dengan portal layanan satu atap, yang secara langsung menyuguhkan pada konsumen data paling penting dalam bentuk kartu di layar Utama.

Juga ada pengaturan akses OPUSH serta prioritas notifikasi bawaan Android, dimana notifikasi prioritas kecil bakal ditempatkan di bawah buat kurangi notifikasi yang berhamburan kepada konsumen. Tidak hanya itu, realme C2 pula sediakan layanan cloud gratis buat menyimpan gambar, video, album, kontak, rekaman, SMS, dan sejenisnya.

Kamera Realme C2

Sebagai handphone entry level, realme sudah memperlengkapi handphone ini dengan fitur kamera yang lumayan bagus. Ada kamera ganda dengan bentuk 13MP+ 2MP yang menggunakan lensa 5P dan bukaan f/2.2. Kamera dibantu oleh teknologi MediaTek’ s Imagiq suite menciptakan gambar bokeh kekinian.

Sebaliknya buat kamera depan 5 MP dengan efek bokeh yang menghadirkan foto potrait yang cemerlang. Terdapat pengenalan wajah dengan 128 titik identifikasi wajah dalam durasi 0.3 detik buat membuka kunci handphone (face unlock) dimungkinkan berkat bukaan lensa depan sebesar f/2.0 pada kamera depan.

Fitur sangat menarik tentu saja merupakan Chroma Boost yang juga jadi andalan di produk realme yang lebih tinggi yakni realme 3 dan realme 3 Pro. Fitur ini menggunakan teknologi AI buat mengenali serta mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih banyak dalam highlight serta shadows, dan membagikan eksposur yang lebih seimbang.

Baterai Realme C2

Sedangkan buat baterainya sendiri berkapasitas 4.000mAH. Baterai ini diperkuat dengan teknologi MediaTek CorePilot yakni suatu prosesor efisien 12nm menyeimbangkan beban aktivitas prosesor dengan gampang. Baterai realme C2 mampu bertahan seharian tanpa butuh di-charge.

Kelebihan Realme C2

Desain Modern dan Atraktif

Ketika membahas mengenai desain, Realme memang menempatkan fokus yang besar pada aspek ini agar terlihat menarik dan sesuai dengan tren saat ini. Realme C2 mengusung desain yang dikenal sebagai Diamond Cut, yang merupakan desain unik yang menyerupai permata berlian untuk memberikan tampilan yang berbeda dari desain konvensional. Hal ini membuatnya terlihat memikat meskipun memiliki harga yang terjangkau.

Baterai Besar dan Efisien

Realme C2 memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAH yang menjadi keunggulan utama dari ponsel pintar ini. Dengan kapasitas tersebut, pengguna dapat menggunakan ponsel ini selama sekitar 2 hingga 3 hari tanpa perlu khawatir soal daya. Hal ini membuat Realme C2 menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas namun menginginkan ponsel dengan daya tahan baterai yang tangguh.

Selain kapasitas baterai yang besar, faktor lain yang membuat baterai Realme C2 awet adalah teknologi prosesor Helio P22 dari MediaTek yang menggunakan teknologi 12 nanometer (nm). Teknologi ini membantu meningkatkan efisiensi daya sehingga ponsel dapat digunakan lebih lama tanpa harus sering diisi ulang.

Dilengkapi Triple Slot

Kelebihan Realme C2 yang patut diperhatikan adalah masih adanya slot khusus untuk kartu microSD. Hal ini menguntungkan bagi para pengguna karena ponsel ini tidak menggunakan slot tipe hybrid yang hanya memiliki dua slot.

Fitur Kamera Mumpuni

Realme C2 dilengkapi dengan kamera ganda di bagian belakang ponsel, yakni 13MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4) dengan fitur HDR dan panorama yang meningkatkan performa kameranya. Ponsel ini juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p, menambah keunggulan dalam hal fotografi dan videografi.

Fitur-fitur tambahan seperti chroma boost untuk meningkatkan kualitas warna dan video slow motion juga turut hadir dalam ponsel ini. Dengan demikian, kinerja kamera Realme C2 tergolong memuaskan untuk kelasnya dan dapat diandalkan untuk kebutuhan fotografi sehari-hari.

Kekurangan Realme C2

Tidak Memiliki Sensor Fingerprint

Memiliki fitur sidik jari telah menjadi standar pada hampir semua smartphone masa kini, untuk memudahkan penggunanya. Meskipun demikian, absennya fitur ini pada Realme C2 seharusnya tidak menjadi masalah yang serius mengingat harganya yang terjangkau dan ekonomis. Sebagai alternatif, Realme telah mengembangkan fitur AI face unlock yang sangat responsif dan efektif.

OPPO A3s

Pada bulan April tahun 2013 OPPO buat pertama kalinya memijakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Sebelum produknya dipasarkan ke Indonesia, OPPO terlebih dulu melebarkan sayapnya ke sebagian negara seperti, Thailand, Vietnam, Rusia, Amerika dan Qatar. Sejak saat itu OPPO lalu melangsungkan promosi memperkenalkan kualitas brand nya lewat iklan Media Cetak, TV, Internet dan lain- lain.

Oppo A3S adalah ponsel kelas menengah dari Oppo yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2018. Pada saat awal perilisannya, harga Oppo A3S adalah Rp 2.699.000. Menurut laporan dari KompasTekno, ponsel ini merupakan kelanjutan dari model sebelumnya, yaitu smartphone Oppo A83.

Meskipun Oppo A3S masuk dalam kategori ponsel yang sudah lama hadir di pasaran, tetapi masih banyak diminati dan dicari oleh para pengguna. Namun, pengguna mungkin mengalami kesulitan untuk menemukan unit Oppo A3S yang terbaru.

Berikut spesifikasi OPPO A3s:

Sebagai “dapur pacu” OPPO A3s memakai SoC Qualcomm Snapdragon 450. Ini merupakan SoC kategori menengah-bawah yang diluncurkan tahun 2017, dapat dikatakan masih segar, bertenaga serta berenergi buat aplikasi maupun game 3D di tahun 2018 ini.

Dengan detail mesin seperti itu, handphone ini bisa mencatat skor AnTuTu 7 sebesar 75243 serta skor Geekbench 781 (single core) dan 3733 (multi core). Dengan kata lain, sudah mumpuni buat main game 3D kekinian terlebih untuk cuma melaksanakan aplikasi sosial media tentu lancar jaya sangat minim lag- lag yang mengganggu.

Fitur OPPO A3s

OPPO A3s mengangkat beberapa fitur menarik lainnya seperti Smart Assistant. Fitur ini dibantu teknologi AI yang bisa menolong Kamu mengoperasikan OPPO A3s. Fitur ini menyuguhkan menu prediksi cuaca, step tracker, favorit kontak dan semacamnya. Kamu dapat mengontrol langkah Kamu di menu step tracker dalam kurun waktu harian, mingguan dan bulanan.

Hadir juga fitur screen recording yang bisa meng- capture video pada layar OPPO A3s. Fitur screen recording bisa Kamu aktifkan di notification tray atau menu setting. Soal keamanan, OPPO A3s disokong face unlock, pattern dan password. Sensor fingerprint mesti absen dari handphone ini.

Kamera OPPO A3s

OPPO A3s disematkan kamera utama ganda beresolusi masing-masing 13MP dengan aperture f/ 2.2 AF serta 2 MP, f/ 2.4 disokong depth sensor. Kamera selfie-nya dibantu resolusi 8MP dengan bukaan f/ 2.2. Baik kamera utama ataupun selfie OPPO A3s telah dibantu teknologi AI.

A3s ditopang fitur A. I Beautification yang pertama kali dipublikasikan di OPPO R11s dan setelah itu dibawa pada lini F series dan A series. Teknologi ini sanggup mengidentifikasi wajah sampai lebih dari 200 titik A.I Beautify 2.0 bisa menyesuaikan komponen badan terutama pada bagian leher, sehingga hasilnya tidak bakal berbeda antara wajah serta bagian leher.

Kamera utama OPPO A3s pula memperkenalkan mode 1x zoom dan 2x zoom. Mode 2x zoom ini mempermudah Kamu dikala mengambil gambar tanpa mesti mengontrol mode zoom manual.

Baterai OPPO A3s

Sumber energinya, OPPO A3s ditenagai berkapasitas lumayan besar yaitu 4. 230mAh. Sebab mempunyai baterai berkapasitas besar, durasi pengisian dayanya menyantap durasi 2 jam dari situasi baterai low di bawah 20%. Kala di charge dalam kondisi diatas 20%, baterai ini membutuhkan durasi 1 sampai 1, 5 jam.

Sokongan fitur AI Battery Management membuat energi tahan OPPO A3s semakin hemat. Kamu juga dapat mendatangi menu setting battery lalu ke power saving buat mengirit daya baterai.

Kelebihan OPPO A3S

Desain yang Elegan

Oppo A3S menampilkan desain yang elegan dengan balutan warna merah yang menawan. Bagian belakang perangkat menggunakan material komposit dengan jenis tempered glass, menciptakan kombinasi yang menarik secara visual. Di bagian kanan, terdapat tombol volume up dan down serta slot MicroSD.

Di sisi kiri, terletak tombol power. Bagian bawah ponsel dilengkapi dengan speaker, port USB, port mic, dan jack audio 3,5mm. Sementara itu, bagian atasnya tetap polos tanpa aksesori tambahan, menjadikan tampilan perangkat ini elegan tanpa kesan berlebihan.

Layar yang Luas dan Jernih

Layar Full Screen yang memiliki lebar 6,2 inci dengan resolusi 1520 x 720 piksel terlihat jelas pada bagian depan ponsel ini. Di atas layar, terdapat notch yang berfungsi sebagai tempat untuk kamera depan atau selfie, speaker receiver, sensor proximity, dan juga LED notification. Tampilan depan smartphone OPPO ini terlihat sangat lapang, memberikan kepuasan saat digunakan untuk mengakses multimedia atau bermain game.

Hardware dan Performa yang Lancar

Oppo A3s dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang dipadukan dengan prosesor 8 Core 64-Bit berkecepatan 1.8 GHz dan GPU Adreno 506. Smartphone ini memiliki konfigurasi penyimpanan dengan RAM 2GB dan ROM 16GB, yang dapat diperluas menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 256 GB.

Ketika digunakan untuk bermain game mobile, Oppo A3s menawarkan performa yang luar biasa. Layar yang menakjubkan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih memuaskan dan tetap lancar tanpa hambatan.

Memiliki Face Unlock

Biasanya, ponsel sekelas Oppo A3S memiliki sensor pemindai sidik jari yang umumnya terletak di bagian belakang bodi HP. Namun, untuk menarik perhatian penggemar gadget entry-level, Oppo memutuskan untuk mengadopsi teknologi Face Unlock. Fitur biometrik ini dianggap oleh Oppo dapat bekerja dengan cepat dan akurat, menggantikan kebutuhan akan sensor sidik jari pada perangkat tersebut.

Kekurangan OPPO A3s

Belum Fast Charging

Kita bisa memaklumi bahwa ponsel ini belum mendukung teknologi pengisian cepat. Meskipun sudah menyajikan banyak fitur yang cukup baik, sebenarnya teknologi seperti ini di ponsel sekelas Oppo A3S dianggap tidak terlalu penting. Terutama jika mempertimbangkan harganya yang terjangkau, mungkin lebih baik untuk tidak terlalu memikirkan hal tersebut.

Perbandingan Realme C2 dan OPPO A3S

Realme C2OPPO A3S
Kelebihan- Desain Modern dan Atraktif
- Baterai Besar dan Efisien
- Dilengkapi Triple Slot
- Fitur Kamera Mumpuni
- Desain yang Elegan
- Layar yang Luas dan Jernih
- Hardware dan Performa yang Lancar
- Memiliki Face Unlock
Kekurangan- Tidak Memiliki Sensor Fingerprint- Belum Fast Charging
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, Realme C2 dan OPPO A3s adalah dua pilihan yang menarik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan antara keduanya tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna, apakah lebih memprioritaskan performa, daya tahan baterai, atau fitur kamera.

Anda Pilih Realme C2 atau OPPO A3S?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!