Elektronik

Pilih Mana: Realme C2 atau Realme 3?

Realme sendiri merupakan smartphone yang saat ini cukup diganderungi oleh beberapa penikmatnya terlebih anak muda. Selain spesifikasi yang cukup mumpuni, harga dari smartphone ini juga terjangkau maka tak heran bila banyak yang ingin memiliki smartphone ini. Realme C2 dan Realme 3 menjadi salah satu produk keluaran Realme yang cukup diandalkan yang sudah memiliki pasarnya masing-masing. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua smartphone ini? So kali ini saya akan bahas mengenai Realme C2 dan Realme 3. Disini aja ya.

Realme

Awalnya Realme sendiri hadir pada tahun 2010 dengan nama OPPO Real. Tentu saja produknya dibesarkan oleh OPPO. Berikutnya, Realme juga jadi sub-brand dari OPPO yang sangat laris di beberapa negara.

Apalagi pada saat Realme 1 dirilis di India memperoleh sambutan yang amat baik, bahkan sanggup menyaingi Xiaomi. Selanjutnya, Realme secara resmi berdiri sendiri pada 4 Mei 2018 yang tentunya berpisah dengan OPPO.

Saat ini nama Realme semakin populer di Indonesia berkat beragam smartphone terbarunya di Indonesia yang mempunyai detail hardware tinggi, namun dengan harga yang dapat dikatakan murah.

Walaupun pemain baru, tetapi Realme sudah berani meluncurkan smartphone dengan detail hardware tinggi yang mempunyai harga terjangkau, seperti Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1 di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Huawei P30 Pro atau Samsung S10?

Realme C2

Detail yang diusung oleh Realme C2 nampak dicocokkan dengan kebutuhan segmen yang dituju. Dimana smartphone muncul sebagai pilihan smartphone terjangkau yang mempunyai energi penuh dan tahan lama buat kegiatan sehari- hari pemakai.

Smartphone mengangkat layar 6,1 inci dengan resolusi HD+1560x720p dengan perbandingan 19.5:9. Resolusi layar lebih rendah pastinya bakal memberikan kemampuan daya lebih baik. Tetapi begitu visibilitas dari realme C2 masih tampak bagus, serta cukup terang terlihat.

Adapun SoC yang dipakai yakni MediaTek Helio P22 (Octa core Cortex A53 up to 2.0 GHz+PowerVR GE 8320) yang sudah memakai fabrikasi 12 nm, yang diharapkan memiliki efisien daya lebih bagus.

MediaTek P22 dipercaya buat menjadi otak penggerak di Realme C2. Ditambah opsi kapasitas memori sampai 3GB+32GB serta chip 8 inti yang termasuk mumpuni di kelasnya. Terlebih kecepatan clock-nya menggapai 2.0GHz.

Kamera Realme C2

Pada fitur kamera, realme C2 mempunyai kamera utama dual sensor 13 MP f/ 2.2+ 2 MP f/2.4 (depth sensor). Fitur-fitur kamera yang ada semacam Portrait Mode, HDR, Chroma Boost. Sebaliknya buat kamera selfienya, smartphone ini dibekali dengan sensor kamera 5 MP f/ 2.0 dengan fitur AI Beauty.

Baterai Realme C2

Seperti yang kita ketahui kalau smartphone ini tertuju buat konsumen yang membutuhkan daya tahan baterai yang kuat, realme C2 dibekali dengan baterai yang lumayan besar yakni 4000 mAh. Paduan layar resolusi rendah, SoC hemat daya serta kapasitas baterai yang besar pastinya membagikan ekspektasi manajemen daya yang terbaik.

Harga Realme C2

Harga dari Realme C2 sendiri yakni dihargai mulai dari Rp 1.400.000,- untuk versi RAM 2GB dan Rp 1.600.000,- untuk versi RAM 3GB. Realme C2 muncul dalam versi warna Diamond Blue dan Diamond Black

Lihat juga:  Pilih Mana: Panasonic Lumix G7 vs Sony A6000

Realme 3

Realme 3 ditopang MediaTek Helio P60 dengan metode FinFET 12nm terbaru TSMC yang lebih irit daya. Helio P60 mengadopsi struktur 8- inti serta dilengkapi dengan 4 inti Cortex-A53 dan 4 inti Cortex-A73, dengan clock speed sampai 2.0GHz.

P60 muncul dengan multi-threaded APU (AI Processing Unit), yang meliputi prosesor multi-inti dan prosesor smart control logic. Digabungkan Neuro Pilot serta penjadwal multi-thread baru yang pintar menghasilkan kemampuan yang 2 kali lebih efisien dalam konsumsi daya dibanding GPU.

Prosesor yang dipakai chipset ini yakni Octa-core. GPU nya memakai Mali-G72. Penyimpanannya ditopang RAM 4GB, ROM 64GB dan MicroSD hingga 256GB.

Kamera Realme 3

Realme 3 disematkan kamera utama ganda beresolusi 13MP dan 2MP. Lensa utamanya beresolusi 13MP dengan aperture f/1.8. Sebaliknya lensa sekundernya beresolusi 2MP disupport depth sensor. Menu kamera utama maupun selfie Realme 3 cukup sederhana. Kamera utama serta selfie Realme 3 telah disupport teknologi AI.

Kamera utama Realme 3 mengangkat fitur terkini seperti Mode Chroma Boost serta Mode Nightscape. Tersaji mode photo, portrait, pano dan expert. berbagai macam filter menarik pula disuguhkan di menu kamera utama maupun selfie.

Realme 3 disematkan kamera selfie 13MP dipadukan lensa 5P. Realme 3 memakai algoritma Selfie Pro Realme U1 yang secara tepat bisa mengembalikan detail mutu kulit, mata, dan rambut lewat 296 titik identifikasi wajah.

Baterai Realme 3

Masalah baterai, Realme 3 dibenamkan baterai berkapasitas lumayan besar yaitu 4.230mAh. Kapasitas baterai itu membagikan daya tahan lebih lama pada Realme 3.

Mode Screen Battery Optimization pada Realme 3 membuat lebih hemat daya. Penyeimbang serta Mode Efisiensi Energi Tinggi yang bisa dipilih pemakai buat memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Proses isi daya Realme 3 terhitung cepat. Dari situasi dibawah 20% sampai 100%, Realme 3 membutuhkan durasi isi daya 2 jam. Dalam situasi diatas 20%, pastinya membutuhkan durasi yang sedikit dalam proses charging, sekitar 1 hingga 1 setengah jam.

Harga Realme 3

Versi 4/ 64 dilepas seharga Rp 2.399.000,- Sebaliknya versi 3/32 dijual seharga Rp 1.799.000,- dan Realme 3 tersedia dalam versi warna Black, Dynamic Black dan Radiant Blue.

Pilih Mana: Realme C2 atau Realme 3?

Realme C2Realme 3
Kelebihan - Desain modern - Hemat baterai - Layar lebar- Fitur kamera yang baik - Kapasitas baterai besar - Menggunakan sistem operasi Android Pie
Kekurangan- Belum memiliki fingerprint - Pengisian baterai lambat- Bodi berbahan plastik - Belum ada fitur fast charging

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa spesifikasi dari Realme C2 dan Realme 3 cukup mumpuni untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. Namun jika kamu menginginkan spesifikasi yang lebih baik maka Realme 3 akan menjawab keinginan kamu. Tentukan smartphone idaman kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme C2 vs Realme 3

VS

Leave a Reply