ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Realme X vs Samsung M30S

Saat ini banyak produsen elektronik mengeluarkan produk andalannya, salah satu yang semakin berkembang adalah smartphone, tidak terkecuali dengan Realme dan Samsung yang turut mengeluarkan tipe smartphone terbaru mereka dengan kualitas yang sangat tangguh seperti Realme X dan Samsung M30S.

Realme X dan Samsung M30S menjadi banyak pusat perhatian orang yang ingin mencari smartphone terbaru. Keduanya disebut-sebut memiliki performa dan juga berbagai segi kualitas cukup menjamin kepuasan penggunanya.

Bagaimanakah spesifikasi dari kedua smartphone Realme X dan Samsung M30S? Apa kelebihan dan kekurangannya? Temukan jawabannya pada uraian dari kamu di bawah ini.

Realme X vs Samsung M30S

Realme X

Realme X merupakan salah satu smartphone Realme yang meluncur pada pertengahan tahun 2019 ini. Realme X tampil ciamik dengan layar penuh tanpa poni. Layarnya bertipekan AMOLED yang terlihat bening dan tajam. Bagian layarnya juga dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 5. Baca juga Pilih Mana: Infinix Hot 8 atau Realme C2?

Buat mengakomodasi layarnya yang penuh, Realme X dibesut dengan kamera selfie elevating yang berada tepat di bagian tengah atas bezel dan bekerja dengan metode pop up camera. Saat aplikasi kamera diaktifkan, kamera selfie yang kualitasnya sangat tinggi dan bagus.

Tidak hanya mengandalkan sektor kameranya, Realme X juga menjadi smartphone Realme pertama yang mempunyai fitur fingerprint atau sensor sidik jari di dalam layar. Dan intinya smartphone Realme ini mempunyai spesifikasi yang cukup baik dan harga yang termasuk terjangkau menjadikan kelebihan tersendiri dari smartphone ini.

Kelebihan Realme X

  • Mendukung fast charging
    Mengandalkan fast charging VOOC 3.0 yang dapat mengisi daya 20 watt. Kelebihan ini menjadi salah satu kesukaan para gadgeter. Ditambah, telah menggunakan port USB dengan tipe C. Selain jadi port kekinian, USB dengan tipe C juga menawarkan transfer data lebih kencang.
  • Kamera kualitas tinggi
    Soal kamera dari Realme X sebenarnya memiliki kualitas kamera yang sangat bagus. Mulai dari kamera depan dan juga kamera belakangnya. Untuk Anda yang suka berfoto dan juga suka dengan fotografer, smartphone ini bisa menjadi pilihan untuk Anda.
  • Desain yang cukup elegan
    Soal desain jangan Anda khawatirkan lagi, desain diusung dengan konsep yang simple namun tetap elegan, cocok untuk Anda muda dan juga cocok dengan gaya anak sekarang. Pilihan warnanya juga ukup cantik, untuk saat ini ada pilihan warna space blue dan polar white.

Kekurangan Realme X

  • Bodi masih plastik
    Di balik desainnya yang memikat mata, sebenarnya Realme X memiliki bodi yang dibalut material plastik. Meski begitu, bahan plastik yang digunakan bukan lah level murahan. Sehingga ketika dalam genggaman tetap terasa layaknya ponsel premium.
  • Absennya fitur NFC
    Mungkin kekurangan ini tidak terlalu penting bagi banyak orang, namun dengan harga yang dijual dari smartphone ini yang biasanya sudah banyak disematkan pada merk smartphone lainnya. Realme X sayangnya belum dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa digunakan untuk transfer data, melakukan pembayaran, hingga menghubungkan perangkat.
  • Kapasitas baterai yang terbilang kecil
    Kekurangan lainnya dari Realme X ini adalah meski dengan kelebihan yang dimiliki Realme X sudah mengusung atau mengandalkan fast charging VOOC 3.0 yang dapat mengisi daya 20 watt, namun kapasitas baterai dari smartphone ini masih terbilang sangat kecil yaitu 3.765 mAh.

Realme X vs Samsung M30S

Samsung M30S

Brand atau perusahaan Samsung sudah tidak asing lagi didengar oleh orang atau di berbagai kalangan masyarakat. Apalagi, bagi orang yang suka dengan gadget smartphone. Samsung pada awal Agustus tahun ini baru saja mengeluarkan smartphone dengan tipe M30S.

Samsung M30S ini disebut-sebut dengan kualitas dari smartphone yang sangat cukup canggih dan juga kualitas desain dan berbagai macamnya yang sangat tinggi. Harga yang dijual juga sudah terbilang cukup standar.

Namun, yang menjadi patokan dari smartphone ini dengan kualitasnya yang bagus adalah baterai yang diusung dari smartphone ini terbilang sangat besar, dan juga perangkat anyar Samsung ini mengandalkan layar super AMOLED.

Kelebihan Samsung M30S

  • Kapasitas baterai yang cukup besar
    Kelebihan yang sangat mencolok dari smartphone Samsung M30S ini adalah kapasitas baterainya yang sangat cukup besar dan memuaskan pengguna yang suka dengan bermain game. Kapasitas baterai yang ditawarkan dalam perangkat ini adalah kapasitas baterai jumbo. Bahkan tidak tanggung-tanggung, perangkat baru ini dibekali dengan baterai hingga 6.000 mAh untuk pertama kalinya. Juga, diusung dengan pengisian cepat.
  • Kualitas kamera yang tinggi
    Selain memiliki kapasitas yang sangat cukup besar dari segi kamera smartphone ini sudah tidak perlu diragukan lagi guys, karena kualitas kamera yang sangat tinggi hasil foto yang Anda dapatkan sangat memuaskan Anda. apalagi, bagi Anda yang suka selfie. Spesifikasi kamera yang cukup menarik ini, diimbangi dengan beberapa fitur yang bisa mempercantik fotografi dan videografi.
  • Desain yang elegan
    Mungkin banyak dari Anda yang suka memilih smartphone mulai dari segi desainnya. Untuk itu, smartphone Samsung M30S ini sangat cocok untuk Anda karena desain yang diusung sudah sangat cukup elegan dan bagus. Pilihan warnanya juga cukup cantik dan kekinian untuk anak muda saat ini.

Kekurangan Samsung M30S

  • Desain bodi masih plastik
    Sama halnya dengan Realme X dimana bodi yang disematkan masih bodi plastik. Dimana Samsung M30S ini juga masih menggunakan atau mengusung bodi yang plastik, dibelakang desain yang cantik dan elegan namun sangat disayangkan untuk bodi yang diusung oleh Samsung M30S ini.
  • Fast charging hanya 15 watt
    Samsung M30S dibekali dengan teknologi pengisian cepat hanya 15 watt saja. Teknologi ini tidak yang tercepat sehingga membuat pengisian baterai smartphone ini cenderung lama. Situs Sammobile mencatatkan waktu pengisian daya baterai smartphone ini sampai penuh mencapai 2 jam 30 menit. Sementara Android Authority mencatatkan waktu pengisian daya sampai penuh mencapai 158 menit.
  • Kamera kondisi low light mengecewakan
    Kualitas tangkapan kamera belakang smartphone ini tergolong bagus dan jadi salah satu keunggulan. Tetapi di sektor kamera ini, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M30S. Kekurangan tersebut adalah tidak optimalnya kemampuan kamera smartphone ini ketika memotret di kondisi low light atau kurang cahaya.

Realme X vs Samsung M30S

KeteranganRealme XSamsung M30S
PerusahaanPerusahaan Realme Perusahaan Samsung
Brand TipeRealme X Samsung M30S
KeluaranTahun Mei 2019Tahun Agustus 2019

Realme X vs Samsung M30S

1. Desain
Realme X memiliki desain yang sudah sangat cukup elegan hal ini sama dengan Samsung M30S yang memiliki kelebihan akan desainnya yang elegan. Kedua tipe smartphone ini cocok sekali untuk anak yang masih berjiwa muda dengan konsep yang kekinian.

Namun, sayangnya untuk Samsung M30S tidak dibekali dengan layar pelindung, beda dengan halnya Realme X diusung pelindung Gorilla Glass 5.

2. Kamera
Kualitas kamera dari keduanya juga sudah sangat bagus dan cocok untuk Anda yang suka mengoleksi foto atau hobi berfoto atau mempunyai jiwa fotografer.

Realme X mengandalkan dual kamera 48 MP f/1.7 + 2 MP f/2.4 depth sensor. Ditambah kamera selfie 16 MP f/2.0. Sensor 48 MP di smartphone ini memakai Sony IMX 586 yang terkenal kualitasnya. Untuk Samsung M30S, ini sudah dilengkapi dengan kamera trio yang memiliki konfigurasi lensa wide 48 MP (f/2.0), lensa ultra wide 8 MP (f/2.2), dan lensa kedalaman 5 MP (f/2.2).

3. Baterai
Dari segi baterai kedua smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang sangat jauh berbeda.

Untuk Realme X memiliki kapasitas baterai dari smartphone ini masih terbilang sangat kecil yaitu 3.765 mAh. Sedangkan untuk Samsung M30S mengusung kapasitas baterai sebesar 6.000 mAh baterai jumbo, cocok untuk Anda bermain game.

4. Harga
Kedua smartphone ini dijual dengan harga yang masih terbilang standar dan cukup terjangkau.

Keduanya dijual dengan harga sekitar Rp. 3 jutaan per November 2019.

Pilih Mana: Realme X vs Samsung M30S

Realme XSamsung M30S
Kelebihan- Mendukung fast charging - Kamera kualitas tinggi - Desain yang cukup elegan - Kapasitas baterai yang cukup besar - Kualitas kamera yang tinggi - Desain yang elegan
Kekurangan- Bodi masih plastik - Absennya fitur NFC - Kapasitas baterai yang terbilang kecil - Desain bodi masih plastik - Fast charging hanya 15 watt - Kamera kondisi low light mengecewakan

Kesimpulan

Untuk pemilihan dari kedua smartphone Realme X dan juga Samsung M30S keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Anda yang ingin mencari smartphone dengan tahan lama untuk bermain game maka Samsung M30S bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, Realme X juga memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme X vs Samsung M30S

VS

Leave a Reply