Smartphone

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs OnePlus 7T

Smartphone canggih saat ini sudah menjadi kebutuhan primer untuk manusia. Dengan spesifikasi dan performa yang mumpuni, seluruh aktivitas dan pekerjaan manusia tentu terbantu dengan baik seperti halnya Realme X2 Pro dan OnePlus 7T yang kini cukup digemari banyak konsumen.

Selain beberapa pekerjaan penting, Realme X2 Pro dan OnePlus 7T dikenal juga mampu mendukung aktivitas gaming mobile kamu sehari-hari. Maka dari itu tak heran bila kedua smartphone ini disukai oleh kaum milenial.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua smartphone canggih ini? Untuk itu yuk simak terus artikel Selera.id agar bisa kamu jadikan acuan dalam memilih smartphone anadalan kamu sehari-hari. Stay tune guys!

Realme X2 Pro vs OnePlus 7T

Realme X2 Pro

Ponsel ini ditenagai Qualcomm Snapdragon 855 Plus SoC 7nm, yang menggabungkan delapan-core Kyro CPU serta Adreno 640 GPU. Bahkan dibandingkan Snapdragon 855 saja, ada peningkatan 5% untuk inti CPU tunggal dan peningkatan 15% untuk kinerja rendering GPU.

Lebih lanjut SoC ini mendukung Snapdragon Elite Gaming dan tampilan Quad HD+ untuk pengalaman gaming yang luar biasa dan ditingkatkan. Chip pemrosesan AI juga 3 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, tangkas dan cerdas menjalankan operasi inti. Dalam hal performa, tidak diragukan lagi realme X2 Pro menawarkan performa yang ngebut.

Realme X2 Pro hadir dalam konfigurasi 12GB RAM dengan 256GB ROM. Dengan RAM LPDDR4X untuk membawa kinerja ke tingkat berikutnya, memori 256GB menerapkan teknologi UFS 3.0. Baca juga Pilih Mana: ROG Phone 2 vs Oneplus 7T

Kamera Realme X2 Pro

Ponsel ini menawarkan set-up quad camera, yang terdiri dari kamera utama 64MP, lensa telephoto 5x Hybrid Optical Zoom, lensa ultra-wide angle 115°, serta lensa potret.

Kamera utama realme X2 Pro memakai sensor Samsung GW1 64MP 1/1, 72 inci, aperture besar f/1,8, dan lensa 6P. Sensor ini secara teknis menanamkan mekanisme binning piksel cerdas 4-in-1 Quad Bayer yang menggabungkan 4 piksel yang berdekatan menjadi satu pixel besar 1,6μm.

Selanjutnya lensa ultra wide-angle 115°. Dengan bukaan f/2,2, resolusi 8MP, dan dukungan PDAF, konsumen dapat mengambil bidikan dengan bidang pandang seluas 115°, yang menghasilkan piksel berukuran 1,4μm-besar lewat binning piksel yang cerdas.

Kamera ketiga merupakan lensa potret. Di mana sistem filter warna yang baru memungkinkan lensa potret untuk mendeteksi beragam cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama untuk menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, serta menambahkan tekstur pada potret.

Kamera keempat merupakan telefoto dengan kemampuan hybrid optical zoom 5x. Selain itu juga mempunyai kemampuan zoom sampai 20 kali. Lensa mempunyai resolusi 13MP dengan aperture besar f/2,5 dan dukungan PDAF.

Realme X2 Pro vs OnePlus 7T

Kamera dilengkapi dengan AI Intelligent Beauty yang mengidentifikasi 296 titik deteksi fitur unik untuk memberikan 8 juta solusi kecantikan.

Realme X2 Pro juga mendukung Selfie Nightscape dengan algoritma yang mengoptimalkan pemotretan potret dalam fotografi malam serta paparan layar seimbang.

Baterai Realme X2 Pro

Realme X2 Pro dilengkapi dengan baterai 4000mAh standar industri yang kuat, yang mendukung teknologi manajemen baterai AI untuk secara proaktif memprediksi aplikasi yang kurang aktif, membekukan aplikasi yang tidak aktif dengan cepat, mengurangi caching berlebih, serta mencegah aplikasi dibuka untuk penghematan daya maksimum.

Fitur Realme X2 Pro

  1. VC liquid cooling
    Sistem pendingin cair ini mencakup sampai 1393 mm persegi, atau 100% dari luas permukaan termal utamanya. Temperatur bisa dikurangi berkat serat karbon superkonduktor superimposed, lembaran multi-layer grafit, dan bahan pembuangan panas yang amat efisien lainnya.
  2. Tactile Linear Motor
    Realme X2 Pro juga menghadirkan Tactile Linear Motor yang menambahkan daya dan perasaan bertekstur pada umpan balik getaran. Amat bermanfaat untuk para gamers sebab mendukung mode getaran khusus skenario untuk game ponsel populer.
  3. In-display fingerprint
    Pengenalan serta pembukaan kunci sidik jari G3.0 terbaru, yang sudah menggandakan area sensitif sentuhan dan meningkatkan intensitas sinyal sampai 40%. Kecepatannya membuka akes layar meningkat cuma 0,23 detik, diklaim sebagai in-display fingerprint tercepat yang ada pada saat ini di pasar.

Kelebihan Realme X2 Pro

  • Teknologi layar canggih
    Tidak cuma detail jeroan yang mentereng, Realme X2 Pro juga membawa teknologi layar canggih khas flagship masa kini. Yakni panel layar Super AMOLED, kecerahan sampai 1.000 nits, fitur HDR10+ sampai refresh rate mencapai 90 Hz! Layar ini dilindungi oleh Gorilla Glass 5 produksi Corning.
  • Spesifikasi gaming apik
    Bayangkan, dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855+ (7 nm) berkecepatan sampai 2.96 GHz, yang mana tercanggih dan terkencang saat ini, aplikasi mana yang tidak dapat dilibas secara lancar jaya?
  • Hadirnya sensor NFC
    NFC lagi-lagi menjadi primadona, mengingat budaya Indonesia yang sudah beralih ke era dompet digital. Pengembangan aplikasi menyangkut sensor ini juga amat santer dikabarkan.

Kekurangan Realme X2 Pro

  • Tidak tahan air
    Secara teknis, Realme tidak memberikan kepastian soal fitur tahan air dan debu pada X2 Pro. Rasanya cukup disayangkan bila perihal ini tidak ada pada ponsel yang masuk segmen unggulan.
  • Tanpa edge screen
    Layar lengkung sepertinya sudah menjadi harus untuk smartphone premium masa kini. Diawali dari Samsung, Huawei dan bahkan Xiaomi sudah mengaplikasikan desain layar ini pada jajaran unggulannya. Hal ini belum diusung oleh Realme X2 Pro
  • Desain biasa saja
    Realme X2 Pro dapat dikatakan menawarkan desain belakang yang terkesan biasa saja, layaknya HP Android harga 3 jutaan yang diluncurkan belum lama ini. Yang membuatnya semakin aneh terlihat pada peletakkan logo “realme” di bagian belakang yang disusun horizontal di bawah setup kamera yang disusun secara vertikal.
Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy J4 atau Xiaomi Redmi S2?

OnePlus 7T

Perangkat yang berstatus sebagai ponsel gaming ini telah menjalankan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka OxygenOS. Layar pun sudah dilindungi anti gores Gorilla Glass.

Kinerja OnePlus 7T sebanding dengan flagship terbaru berkat dukungan chipset Snapdragon 855 Plus berkonsep octa-core terdiri dari single-core 2,96GHz, triple-core 2,42GHz, dan quad-core 1,78 GHz.

Realme X2 Pro vs OnePlus 7T

Dapur pacu OnePlus 7T disandingkan bersama RAM 8GB untuk mendongkrak performanya. Kemampuan gaming-nya juga andal berkat grafis dari Adreno 640 dengan clock speed 700MHz.

Kamera OnePlus 7T

Kamera utama berkekuatan 48MP dengan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0.8um piksel ditanamkan bersama lensa 26mm aperture f/1.6. Kamera kuncinya pula dibantu fitur PDAF, OIS, serta LED Flash.

Berikutnya, kamera kedua OnePlus 7T berkekuatan 16MP yang berfungsi sebagai kamera ultra-wide dengan dukungan lensa 17mm aperture f/ 2. 2. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 12MP sebagai telephoto yang dipersenjatai lensa 51mm aperture f/ 2.2 untuk 2x optical zoom.

Untuk kebutuhan selfie, OnePlus 7T dibekali kamera depan berkekuatan 16MP dengan lensa aperture f/2.0 yang dibantu fitur AI.

Baterai OnePlus 7T

Ponsel gaming ini dibekali baterai berkapasitas 3.800 mAh didukung fitur fast charging Warp Charge 30T berakal 30W. Teknologi ini sanggup memuat baterai 70% dalam waktu 30 menit. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan pengisian ulang baterai yang lama.

Fitur OnePlus 7T

  1. Fingerprint
    Sensor sidik jari di layar ini mempunyai respon yang tergolong bagus. Banyak reviewer yang memuji kecekatan dan respon dari OnePlus 7 Pro ini.
  2. Sertifikasi IP68
    Fitur ini memungkinkan OnePlus 7T tahan api dan tahan air. Hal inilah menjadi fitur andalan untuk smartphone gaming ini.

Kelebihan OnePlus 7T

  • Layar AMOLED 90Hz
    OnePlus 7T hadir dengan dimensi layar 6,55 inci. Layarnya ini menawarkan perbandingan 20:9 dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini mempunyai kerapatan layar 402 ppi. Selain itu, layar HP ini memakai panel Fluid AMOLED dengan pelindung Corning Gorilla Glass. Tidak ketinggalan layar HP ini sudah mendukung HDR10+ serta DCI-P3 100%.
  • Pengisian super cepat
    OnePlus 7T dibekali dengan teknologi pengisian super cepat. Teknologi pengisian cepat yang dipunyai HP ini merupakan Warp Charge 30T atau bahasa sederhananya teknologi pengisian cepat 30W.
  • OxygenOS 10 berbasis android 10
    OnePlus 7T hadir dengan tampilan antarmuka Oxygenos yang berbasis Android 10. OxygenOS dikenal sebagai salah satu custom ROM yang mengubah Android murni serta menambahkan beberapa fitur serta pengaturan yang banyak manfaatnya.

Kekurangan OnePlus 7T

  • Tidak ada wireless charging
    Kekurangan pertama dari OnePlus 7T yaitu tidak adanya kemampuan untuk wireless charging. Kenapa ini amat penting? Sebab bisa jadi Kamu butuh HP kelas atas yang sudah mempunyai fitur lengkap, termasuk kemampuan untuk memuat daya tanpa kabel, serta OnePlus 7T tidak mempunyai hal tersebut.
  • Tidak terdapat audio jack
    Kekurangan lain dari OnePlus 7T yaitu tidak adanya audio jack 3,5 mm. Sesungguhnya perihal ini sudah bisa ditebak mengenang OnePlus 7 juga tidak mempunyai audio jack 3,5 mm. Tetapi, untuk Kamu yang membutuhkan lubang audio jack 3,5 mm, jelas ini jadi satu kekurangan tersendiri.
  • Tidak ada IP rating
    Kekurangan terakhir dari OnePlus 7T yaitu tidak adanya kemampuan tahan air. Fitur ini jelas dibutuhkan, terutama untuk Kamu yang memang mencari HP kelas atas dengan kemampuan tahan air. Sebab tidak adanya IP rating di HP ini jadi kekurangan tersendiri.
Spesifikasi Realme X2 ProOneplus 7T
OSAndroid 9.0 Pie, ColorOS 6 Android 10.0; OxygenOS 10.0.5
ChipsetQualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm) Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
CPUOcta core (2.96 GHz, Single core, Kryo 485 + 2.42 GHz, Tri core, Kryo 485 + 1.8 GHz, Quad core, Kryo 485) Octa-core (1x2.96 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485)
GPUGPU Adreno 640 (700 MHz) Adreno 640 (700 MHz)
Baterai Kapasitas 4.000 mAhKapsitas 3.800 mAh
Harga per November 2019Rp 7.800.000,-Rp 8.429.700,-

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs OnePlus 7T

Realme X2 ProOnePlus 7T
Kelebihan- Teknologi layar canggih - Spesifikasi gaming apik - Hadirnya sensor NFC - Layar AMOLED 90Hz - Pengisian super cepat - OxygenOS 10 berbasis android 10
Kekurangan- Tidak tahan air - Tanpa edge screen - Desain biasa saja - Tidak ada wireless charging - Tidak terdapat audio jack - Tidak ada IP rating

Kesimpulan

Realme X2 Pro dan OnePlus 7T menjadi smartphone yang cukup diidamkan oleh banyak orang, khususnya remaja. Dengan beberapa fitur didalamnya, kedua smartphone ini sanggup mendukung beberapa kebutuhan kamu via smartphone sehari-hari. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan smartphone andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme X2 Pro vs OnePlus 7T

VS

Leave a Reply