Smartphone

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs Realme 5 Pro

Smartphone merupakan barang wajib yang dimiliki berbagai kalangan dari berbagai usia. Ada banyak smartphone yang tentunya dapat kamu pilih sesuai keinginan dan kemampuan membelinya di pasaran Indonesia. Realme merupakan salah satu brand smartphone yang kini semakin meroket karena banyak memiliki produk ponsel yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beberapa tipe ponsel pintar jagoan dari realme adalah Realme X2 Pro dan Realme 5 Pro. Mungkin kamu sedikit kebingungan mana yang lebih bagus di antara kedua ponsel ini? Yuk simak ulasan yang sudah kami buat di bawah ini!

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs Realme 5 Pro

Realme X2 Pro

Realme merupakan brand yang banyak merilis ponsel low entry dan ponsel mid-range yang biasanya populer dalam waktu  yang sangat singkat. Di Indonesia, brand Realme ini juga mencapai kesuksesan walau masih merupakan brand smart phone yang dapat dikatakan pendatang baru. 

Realme X2 Pro tentu pertama kali dirilis perdana di Spanyol dan China. Tentu saja perilisannya disambut hangat oleh gadget enthusiast serta fans setia Realme di tanah air tercinta. Sebagai ponsel flagship, harga Realme X2 Pro terbilang lebih ekonomis dibandingkan dengan ponsel flagship lain dengan spesifikasi setara. Baca Juga: Pilih Mana: Realme XT vs Realme 5 Pro

Kelebihan Realme X2 Pro

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari smartphone Realme X2 Pro:

  • Desain yang premium
    Teknologi layar yang canggih dilengkapi dengan desain yang membuat ponsel ini terkesan mahal berbekal bingkai aluminium dan lapisan kaca di bagian depan maupun belakang ponsel ini menjadikan desain Realme X2 Pro terlihat sangat berkelas dan premium, cocok untuk kamu yang ingin memiliki ponsel yang terlihat mewah.
  • Memiliki fitur fast charging
    Realme juga tidak tanggung-tanggung dalam hal baterai dan pengisian daya baterai. Realme X2 Pro dibekali dengan kapasitas baterai yang terbilang cukup besar. Bukan itu saja, Realme memberikan teknologi pengisian daya baterai cepat Super VOOC Flash Charge dengan daya 50 watt. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu yang lama hanya untuk mengisi daya ponsel yang satu ini.
  • Kualitas kamera lengkap dan handal
    Kelebihan yang utama dari Realme X2 Pro adalah bahwa dari sisi kamera sendiri smartphone ini memiliki spesifikasi kamera yang cukup lengkap dan terbilang handal. Tidak perlu kamu ragukan lagi soal kualitas kamera dari Realme X2 Pro.

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs Realme 5 Pro

Kekurangan Realme X2 Pro

Berikut kekurangan dari smartphone Realme X2 Pro:

  • Tidak ada fitur anti air
    Secara teknis, Realme tidak memberikan kepastian tentang fitur tahan air dan debu pada smartphone Realme X2 Pro. Rasanya cukup disayangkan jika hal ini tidak ada pada ponsel yang masuk segmen unggulan dan mengingat harganya yang terbilang sangat tinggi. Namun terlepas dari itu semua, ponsel ini tetap patut diunggulkan.
  • Harga yang cukup tinggi
    Mungkin kebanyakan orang bilang jika smartphone ini memiliki harga yang terjangkau. Tetapi pada dasarnya smartphone Realme X2 Pro ini masih memiliki harga yang cukup tinggi–terutama jika kita bandingkan dengan ponsel yang kini sedang kita sandingkan dengan Realme X2 Pro yaitu Realme 5 Pro, harga kedua ponsel ini cukup jauh perbandingannya.
  • Tidak dilengkapi dengan slot microSD
    Realme X2 Pro tidak mendukung penggunaan memori eksternal. Ponsel ini memang menawarkan memori internal yang lega. Dengan kapasitas tersebut sebenarnya sudah cukup tetapi tentu alangkah lebih baik jika ponsel ini mendukung penggunaan slot microSD karena tentunya akan sedikit terasa kurang apabila sebuah ponsel android tidak dilengkapi dengan tempat untuk membuat memori terasa lebih lega.

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs Realme 5 Pro

KeteranganRealme XT Realme 5 Pro
MerekRealme Realme
ChipsetSnapdragon 855Snapdagon 712
HargaMulai dari Rp. 5 jutaMulai dari Rp. 2,5 juta

Realme 5 Pro

Realme 5 Pro hadir dengan sederet spesifikasi mumpuni ala smartphone kelas atas. Smartphone Quad Camera pertama milik Realme ini unggul dalam berbagai macam bidang, tetapi terdapat pula sisi lainnya yang menjadi kekurangan dari ponsel keren dengan harga murah ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 7 atau Xiaomi Redmi 7?

Realme 5 Pro juga sudah memiliki USB type C sebagai konektor pengisi daya dan transfer data, berbeda dengan Realme 5 yang masih menggunakan microUSB.

Smartphone baru Realme 5 Pro  ini hadir dalam 3 varian, yakni RAM 4GB/ROM 64GB, RAM 6GB/ROM 64GB, dan RAM 8GB/ROM 128GB.

Kelebihan Realme 5 Pro

Berikut ini beberapa kelebihan dari Realme 5 Pro:

  • Kamera dengan hasil gambar yang memuaskan
    Realme hadir dilengkapi dengan Quad Camera 48MP pertama, Realme 5 Pro memiliki keunggulan dalam ranah pemotretan. Kamera utamanya beresolusi 48MP mampu mengabadikan momen lebih tajam dengan sensor flagship Sony IMX586.Sedangkan untuk lensa kedua yang ada, Realme 5 Pro ini sudah dilengkapi juga dengan Ultra Wide Angle 119 derajat dengan resolusi 8MP yang memungkinkan kamu untuk memotret objek secara lebih luas dan jelas.
  • Performa yang unggul
    Tidak hanya unggul dari segi kamera saja, Realme 5 Pro juga bisa disebut unggul dalam chipset yang dimilikinya. Realme 5 Pro ditenagai oleh Snapdragon 712 AIE yang membawa peningkatan kerja 10% serta grafis 35% dibandingkan dengan Snapdragon 710 sebelumnya–meskipun harus diakui chipset milik Realme X2 Pro jauh lebih canggih. 
  • Dilengkapi dengan fitur fast charging
    Bukan hanya Realme X2 Pro yang harganya selangit saja yang dilengkapi dengan fitur fast charging. Realme 5 Pro juga dibuat dengan teknologi VOOC Flash Charge 3.0  sebesar 20 Watt yang dapat mengisi baterai hingga penuh secara cepat.Teknologi yang tersemat pada chager Realme 5 Pro ini sangat membantu kamu yang memang hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan charging ponsel.

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs Realme 5 Pro

Kekurangan Realme 5 Pro

Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Realme 5 Pro:

  • Kapasitas baterai yang standar
    Kekurangan pertama dari ponsel ini adalah dari kapasitas baterai yang tersemat, yap, kapasitas baterai di dalam Realme 5 Pro tergolong sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan saudaranya Realme 5 yang didukung dengan big battery 5000mAh.
  • Layar versi lama
    Panel layar yang dimiliki oleh Realme 5 Pro masih IPS 6,3 inci, meskipun sudah FullHD+ tetap saja ponsel pintar yang satu ini dapat dikatakan kalah saing dengan rata-rata ponsel yang memiliki harga sama, ponsel pintar dengan harga yang sama dengan ponsel ini biasanya memiliki layar dengan versi yang jauh lebih baik.
  • Perlindungan layar yang juga versi lawas
    Soal perlindungan layar, Realme 5 Pro hanya memakai Corning Gorilla Glass 3+ yang sangat disayangkan, mengingat seri Realme X sebelumnya dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5 yang jauh lebih baik dibandingkan dengan ponsel yang satu ini.

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs Realme 5 Pro

Realme X2 ProRealme 5 Pro
Kelebihan- Desain yang premium - Memiliki fitur fast charging - Kualitas kamera lengkap dan handal - Kamera dengan hasil gambar yang memuaskan - Performa yang unggul - Dilengkapi dengan fitur fast charging
Kekurangan- Tidak ada fitur anti air - Harga yang cukup tinggi - Tidak dilengkapi dengan slot microSD - Kapasitas baterai yang standar - Layar versi lama - Perlindungan layar yang juga versi lawas

Kesimpulan

Kedua ponsel besutan Realme ini memiliki spesifikasi yang tentu hampir sama mengingat perilisannya yang hanya berselang beberapa bulan saja. Namun harus diakui bahwa Realme X2 Pro dinilai lebih unggul dalam beberapa spesifikasi yang ada.

Meski begitu, harga jual dari Realme X2 ini sangat mahal jika harus dibandingkan dengan Realme 5 Pro. Selisih harga yang ada terlampau cukup jauh, hampir dua kali atau bahkan tiga kali lipat. Maka dari itu, untuk kamu yang memiliki budget sedikit terbatas, kamu bisa memilih Realme 5 Pro yang kemampuannya tidak kalah gahar. Yap, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, ya! Semoga bermanfaat!

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs Realme 5 Pro

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme X2 Pro vs Realme 5 Pro

VS

Leave a Reply