Pilih Mana: Realme XT atau Realme 5 Pro?

Realme adalah sebuah perusahaan elektronik yang mengeluarkan smartphone terbaik dengan kualitas foto yang sangat bagus! Realme XT dan Realme 5 Pro keduanya adalah smartphone dari Realme yang baru saja menjadi pilihan bagi kamu muda saat ini.

Realme XT dan Realme 5 Pro dijual dengan harga yang masih tergolong standar jika melihat spesifikasinya. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada yang bisa Anda ketahui dari penjelasan kami di bawah ini.

Realme XT

Smartphone yang lebih dulu meluncur di India ini ditawarkan dengan harga bersaing, namun tetap terjangkau. Realme XT menandai lompatan terbesar Realme untuk menghadirkan smartphone berkamera paling premium di tanah air.

Smartphone dari Realme XT ini disebutkan merupakan smartphone awal dari pihak Realme yang membawa kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, yang bertujuan untuk memberikan tampilan serta nuansa premium.

Kelebihan Realme XT

Berikut kelebihan dari smartphone Realme XT:

Kamera berkualitas tinggi

Kelebihan yang pertama yang akan kami berikan untuk Anda adalah dari sisi kamera. Dimana kamera dari Realme XT memiliki kualitas kamera yang sangat super terbaik dan super tinggi. Jadi, jika kamu suka memotret maka bisa memilih Realme XT ini.

Desain dan build quality bagus

Realme XT memiliki desain bodi yang keren dan terlihat premium. Desain terlihat premium dengan balutan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Tidak hanya terlihat tetapi ketika digenggam di tangan juga feel genggamannya terasa premium di tangan dan tidak terlalu licin.

Baterai yang tahan seharian

Kelebihan lainnya selain kamera yang bagus dan kualitas yang baik. Realme XT juga memiliki kelebihan akan daya tahan baterai yang bisa tahan seharian jika Anda menggunakan smartphone dalam keadaan normal saja.

Kekurangan Realme XT

Berikut kelebihan dari smartphone Realme XT:

Tidak ada NFC

Dengan harga yang dijual cukup tinggi dari seri lainnya, sayangnya smartphone Realme XT ini belum dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa digunakan untuk transfer data, melakukan pembayaran, hingga menghubungkan perangkat.

Kamera ultra wide tidak memuaskan

Meski memang kelebihan dari Realme XT mempunyai kamera yang kualitas terbaik, namun di beberapa bagian seperti kamera ultra wide tidak memuaskan. Pada dasarnya, kamera ultra wide dapat menghasilkan gambar yang detail, sayangnya, hal itu tidak tampak pada Realme XT.

ColorOS yang memberatkan

Realme XT masih menggunakan antarmuka ColorOS. ColorOS yang dijalankan adalah ColorOS 6.0.1 yang berbasis Android 9 Pie. Menurut Techradar, ColorOS di smartphone ini memberatkan sistem karena terlalu banyak perubahan dibandingkan stock Android.

Realme 5 Pro

Realme juga resmi memboyong ponsel seri 5 terbarunya ke Indonesia beberapa waktu lalu. Harga yang ditawarkan terbilang murah, bahkan untuk varian tertingginya. Wah… penasaran dengan spesifikasi lengkapnya?

Realme 5 Pro sudah banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini karena kualitas dan spesifikasinya yang sangat bagus. Jika Anda ingin mempunyai smartphone dengan kualitas yang tinggi dari merk Realme ini, maka Realme 5 Pro bisa menjadi pilihan Anda.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan yang ada dari smartphone Realme 5 Pro di bawah ini.

Kelebihan Realme 5 Pro

Berikut kelebihan dari smartphone Realme 5 Pro:

Desain yang premium

Berbicara soal desain, Realme 5 Pro memang sangat mengutamakan hal ini karena sasaran pasarnya merupakan anak muda. Ada dalam warna Sparkling Blue dan Crystal Green, smartphone gaming ini mengacu pada desain multicolor.

Cocok untuk bermain game

Selain desain. Smartphone Realme 5 Pro ini juga sangat cocok untuk Anda digunakan sebagai smartphone untuk bermain game. Hal ini sudah diuji oleh Realme 5 Pro dalam permain online. Dan juga smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang besar.

Dilengkapi dengan USB type-c

Realme sepertinya sudah melakukan sesuatu yang mengejutkan di smartphone ini, yaitu sudah tidak microUSB pada perangkat menengahnya. USB Type C timbul pada Realme USB Type-C ini memberikan kekuatan charging yang cepat.

Kekurangan Realme 5 Pro

Berikut kekurangan dari smartphone Realme 5 Pro:

Perlindungan layar kurang baik

Kekurangan yang pertama yang akan Anda ketahui dari smartphone Realme 5 Pro ini adalah mengenai sebuah perlindungan layar, dimana smartphone Realme 5 Pro ini hanya memakai Corning Gorilla Glass 3+.

Absennya panel AMOLED

Realme 5 Pro memiliki kelebihan layar lebar yang tajam serta kaya akan warna. Tetapi, tidak diberkati kecanggihan layar AMOLED yang membuat tampilan layar di perangkat ini tergolong lebih cerah serta tajam dibandingkan teknologi IPS.

Tidak ada lensa telephoto

Mungkin Realme 5 Pro terdengar begitu bagus dengan membawa empat kamera utama sekaligus. Namun, cukup disayangkan lensa telephoto tidak hadir sebagai pelengkap pada bagian belakang device ini.

Spesifikasi Realme XT dan Realme 5 Pro

Desain dan Pilihan Warna

Realme XT tersemat notch di tepi atas layarnya bergaya teardrop. Sementara casing belakangnya glossy yang menampilkan efek hyperbola light streak. Realme 5 Pro memang sangat mengutamakan hal ini karena sasaran pasarnya merupakan anak muda.

Realme XT tersedia dalam 2 varian warna, yaitu Pearl Blue dan Pearl White. Realme 5 Pro Sparkling Blue dan Crystal Green.

Ukuran Layar
Untuk segi ukuran layar smartphone, keduanya memiliki ukuran yang cukup berbeda. Namun, tidak begitu terlalu signifikan.

Realme XT membawa layar 6.4 inci resolusi FHD+ tipe Super AMOLED. Realme 5 Pro masih IPS 6.3 inci resolusi FHD+ tetapi tidak mengusung panel layar AMOLED.

Kamera
Untuk sisi kamera dari kedua smartphone yaitu Realme XT dan Realme 5 Pro, sama-sama memiliki spesifikasi dengan memiliki 4 sensor kamera.

Realme XT hadir dengan empat sensor kamera utama dengan sensor terbesar adalah 64 MP. Sensor lainnya terdapat 8 MP lensa ultra wide dengan bukaan f/2.3 , 2 MP lensa makro f/2.4 dan lensa.

Realme 5 Pro kamera belakang serbaguna. Satu kamera utama menghadirkan sensor 48 MP dengan bukaan f/1.8. Lalu 8 MP yang digunakan untuk mengambil gambar ultra wide, serta dua kamera dengan lensa makro dan depth sensor.

Baterai

Baterai juga menjadi salah satu hal atau spesifikasi penting untuk sebuah smartphone . Dimana keduanya ini memiliki kapasitas baterai yang tidak berbeda jauh

Realme XT baterai berkapasitas 4.000 mAh. Sedangkan Realme 5 Pro mengandalkan kapasitas daya sebesar 4.035 mAh. Dan keduanya juga didukung dengan pengisian daya cepat.

Harga

Kemudian spesifikasi terakhir tidak kalah penting mengenai harga yang diberikan oleh Realme XT dan Realme 5 Pro.

Realme XT dijual dengan harga sekitar Rp. 4 jutaan, sedangkan untuk Realme 5 Pro Rp. 3 jutaan.

Perbandingan Realme XT dan Realme 5 Pro

Realme XTRealme 5 Pro
Kelebihan- Kamera berkualitas tinggi
- Desain dan build quality bagus
- Baterai yang tahan seharian
- Desain yang premium
- Cocok untuk bermain game
- Dilengkapi dengan USB type-c
Kekurangan- Tidak ada NFC
- Kamera ultra wide tidak memuaskan
- ColorOS yang memberatkan
- Perlindungan layar kurang baik
- Absennya panel AMOLED
- Tidak ada lensa telephoto
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Realme XT dan Realme 5 Pro memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang sudah kami jelaskan di atas. Namun, keduanya memiliki harga yang begitu cukup sedikit berbeda. Jika ingin fitur yang lengkap dan desain yang kekinian maka Realme XT adalah pilihan yang tepat dan tidak malu-maluin untuk digenggam. Semoga bermanfaat.

Anda Pilih Realme XT atau Realme 5 Pro?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!