Smartphone

Pilih Mana: Realme XT atau Vivo Z1X?

Kecanggihan smartphone saat ini tentunya semakin maju dan semakin baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya produk smartphone yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang cukup kompetitif, salah satunya seperti Realme XT dan Vivo Z1X.

Realme XT dan Vivo Z1X merupakan smartphone yang cukup menjadi andalan banyak orang, khususnya mereka anak muda yang suka bermain game mobile. Hal ini karena kapasitas dari kedua smartphone ini cukup besar sehingga mendukung aktivitas gaming kamu bersama teman-teman.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai Realme XT dan Vivo Z1X agar bisa kamu jadikan acuan dan perbandingan dalam memilih smartphone andalan kamu. Disini aja ya!

Realme XT atau Vivo Z1X

Realme XT

Realme XT membawa bekal prosesor bikinan Qualcomm, yaitu Snapdragon 712 AIE atau Artificial Intelligence Engine. Dari sektor dapur pacu, Realme XT membawa peningkatan bila dibanding dengan pendahulunya, Realme X, yang cuma membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 710.

Snapdragon 712 sendiri diproduksi dalam fabrikasi 10 nm dan arsitektur delapan inti Kryo. Dengan fabrikasi segitu, Realme XT bisa mencapai kecepatan clock sampai 2,3 GHz atau lebih cepat 10 persen dari handset sebelumnya yang mengusung chip Snapdragon 710. Performa prosesornya masih dipadupadankan dengan pengolah grafis atau GPU Adreno 616. Baca juga Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Oppo A9 2020?

Kamera Realme XT

Realme XT menghadirkan gabungan quad-camera dari kamera utama 64 MP ISOCELL Plus Samsung GW1, lensa ultra wide angle, lensa ultra makro, dan lensa portrait di belakang.

Angka-angka kamera Realme XT sendiri terdiri atas kamera utama 64 MP ISOCELL Plus Samsung GW1 (wide) f/1.8, 8 MP f/2.3 ultra wide angle, 2 MP f/2.4 dedicated makro, dan 2 MP f/2.4 depth sensor. Berpindah ke kamera depan, Realme XT menawarkan kamera selfie 16 MP f/ 2.0 Sony IMX 471.

Realme XT juga sudah ditambahkan dengan mode chroma boost yang memakai teknologi AI untuk membuat pemandangan dalam foto bisa dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan rentang dinamis yang lebih besar.

Baterai Realme XT

Realme XT pada sektor daya yaitu perangkat sudah mengusung teknologi pengisian daya VOOC 3.0 baru dengan pengisian 20W (5V4A). Dibanding dengan pendekatan pengisian cepat bertegangan tinggi biasa, VOOC 3.0 cuma membutuhkan satu transformasi tegangan pada adaptor. Baterai 4.035 mAh bisa diisi sampai 50 persen dalam 30 menit dan 100 persen dalam 80 menit saja.

Realme XT atau Vivo Z1X

Fitur Realme XT

  1. Nightscape
    Adanya fitur nightscape sangat meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup yang ekstrim, sehingga meningkatkan kegunaan ponsel dalam kondisi gelap.
  2. Face unlock
    Fitur ini berguna untuk mendeteksi wajah penggunanya kala ingin membuka smartphone ini. Fitur face unlock-nya juga cepat dibanding dengan metode unlock lainnya.
  3. Fingerprint
    Fingerprint-nya yang multifungsi ini bisa membuka Realme XT dengan sangat cepat meski konsep yang dipakai adalah under display atau di balik panel layar.

Kelebihan Realme XT

  • Kamera 64MP
    Mengusung konfigurasi quad kamera yang banyak diadopsi oleh HP-HP jaman sekarang, Realme XT dibekali dengan kamera utama 64MP yang menjadi salah satu keunggulannya. Selain itu, kamera dengan lensa wide itu juga membawa sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 dengan aperture f/1.8. Sedangkan, 3 kamera sisanya mempunyai resolusi masing-masing sebesar 8MP f/2.3 (ultrawide), 2MP f/2.4 (dedicated macro camera), dan 2MP f/2.4 (depth sensor).
  • Dapur pacu mumpuni
    Realme XT sendiri ditenagai oleh prosesor octa-core kelas menengah Snapdragon 712 yang dibangun di atas fabrikasi 7nm dan bisa berjalan di kecepatan 2.3 GHz. Walaupun belum memakai prosesor kelas atas Qualcomm, tetapi Realme XT mempunyai performa yang tidak bisa diremehkan begitu saja.
  • Mendukung slot SIM dedicated
    Walaupun HP Realme XT tersedia dalam berbagai opsi memori internal, tapi ada kalanya konsumen masih membutuhkan slot memori eksternal supaya beban pada HP tidak terlalu berat. Namun, permasalahannya yaitu saat ini banyak HP yang cuma bisa mendukung pemakaian satu kartu SIM saja bila mau menambahkan memori eksternal. Untungnya, di Realme XT kamu bisa sekaligus memakai 2 kartu SIM+ memori eksternal berkat hadirnya slot SIM dedicated.

Kekurangan Realme XT

  • Lensa macro dan ultrawide kurang maksimal
    Sesuai dengan iklannya, Realme XT ini kabarnya cuma unggul di sektor kamera utama 64MP-nya saja. Sementara itu, kamera lainnya seperti macro serta ultrawide dinilai masih kurang maksimal.
  • Pemakaian EIS terbatas
    Electronic Image Stabilization (EIS) merupakan teknologi yang sudah mulai banyak dibenamkan pada smartphone keluaran jaman sekarang supaya hasil video lebih stabil. Walaupun sudah dibekali oleh teknologi ini, tetapi sayangnya fitur EIS pada Realme XT cuma dapat dipakai para perekaman video di resolusi 1080@30fps saja.
  • Tidak mendukung NFC
    Bila kebanyakan HP kelas menengah saat ini telah dibekali oleh fitur NFC, sayangnya fitur ini mesti absen di HP Realme XT. Absennya fitur ini pada Realme XT sendiri sungguh sangat disayangkan mengingat NFC menjadi salah satu fitur yang paling dicari di HP keluaran jaman sekarang.

Vivo Z1X

Vivo Z1x ini dibekali dengan sebuah chipset jenis Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 yang akan dipadukan dengan sebuah prosesor jenis Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1. 7 GHz Kryo 360 Silver).

Tidak cuma itu saja, Vivo Z1x ini juga dilengkapi dengan pengolah grafis jenis Adreno 616 yang akan membuat performa ponsel ini semakin tangguh dalam menjalankan game-game terbaru saat ini.

Disisi lain Vivo Z1x ini akan menawarkan 2 opsi RAM yaitu 6GB dan 8GB, perihal ini tentu akan membuat performa handphone ini semakin tangguh.

Realme XT atau Vivo Z1X

Kamera Vivo Z1X

Vivo ini dilengkapi dengan tiga buah kamera belakang dengan resolusi 48 Mp, 8 Mp dan 5 Mp. Lensa kamera itu juga tidak lepas dari sebagian fitur kamera tambahan seperti LED flash, HDR, panorama.

Dengan ini sudah pasti lensa kamera pada handphone Vivo Z1x ini bisa menghasilkan foto- foto yang lebih sempurna walaupun dalam kondisi cuaca low light. Sementara itu, lensa kamera ponsel Vivo Z1x ini juga bisa dipakai untuk merekam video dengan hasil gambar yang lebih baik dengan tingkat resolusi 2160p@30fps, 1080p@30fps.

Baterai Vivo Z1X

Untuk baterai, Vivo Z1x ini mempunyai baterai dengan kapasitas 4500 mAh lengkap dengan fitur Fast battery charging yang akan mempercepat waktu pengisian daya pada ponsel Vivo Z1x ini.

Fitur Vivo Z1X

  1. Fingerprint
    Fitur ini sama seperti miliki Realme XT yang barusan kita bahas. Fitur ini memiliki respon yang cepat.
  2. Face Unlock
    Fitur ini memudahkan para penggunanya untuk membuka ponsel hanya dengan mendekatkan wajah ke ponsel dan secara otomatis akan terbuka.

Kelebihan Vivo Z1X

  • Kapasitas baterai besar
    Kapasitas baterai dari Vivo Z1X sendiri sebesar 4500 mAh sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan baterai jika menggunakan ponsel ini seharian pun.
  • Fingerprint pada layar depan
    Fingerprint pada layar depan menjadi kelebihan tersendiri dari Vivo Z1X ini, mengingat saat ini masih banyak fingerprint pada bagian belakang ponsel. Hal ini tentu menambah kesan elegan pada ponsel ini.
  • Slot dual SIM Card
    Dengan ini kamu bisa dengan leluasa menggunakan dua SIM Card andalan kamu tanpa perlu repot gonta-ganti.

Kekurangan Vivo Z1X

  • Belum dilengkapi pelindung layar
    Smartphone ini belum dilengkapi pelindung layar sehingga menjadi kekurangan yang cukup merugikan para penggunanya. Untuk itu kamu bisa membeli pelindung layar secara terpisah agar smartphone kamu tidak tergores dan rusak bagian layarnya.
  • Tidak ada fitur NFC
    Sama halnya dengan Realme XT, Vivo Z1X juga masih belum memiliki NFC. Mengingat ponsel kelas menengah saat ini sudah banyak yang memiliki NFC, namun hal ini masih belum diusung oleh Vivo pada seri Z1X ini.
  • Kamera depan tidak dibekali LED flash
    Kebutuhan selfie atau foto memakai kamera depan memang tidak bisa dipungkiri. Yang menjadi kekurangan tersendiri dari ponsel ini adalah belum dilengkapi LED flash pada kamera depan sehingga kamu tidak bisa selfie menggunakan smartphone ini memakai kamera depan.
SpesifikasiRealme XTVivo Z1X
CPUSnapdragon 712, Octa-core Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 Octa core
GPUAdreno 616 Adreno 616
O.S. Android Pie 9, Color OS 6 Android 9.0 (Pie)
Baterai 4.000 mAh 4.500 mAh
GPSYesYes
Berat183 gram 189.6 g
Harga per Oktober 2019Rp 3.999.000,-Rp 3.400.000,-

Pilih Mana: Realme XT atau Vivo Z1X?

Realme XTVivo Z1X
Kelebihan- Kamera 64MP - Mendukung slot SIM dedicated - Dapur pacu mumpuni - Kapasitas baterai besar - Fingerprint pada layar depan - Slot dual SIM Card
Kekurangan- Lensa macro dan ultrawide kurang maksimal - Pemakaian EIS terbatas - Tidak mendukung NFC - Belum dilengkapi pelindung layar - Tidak ada fitur NFC - Kamera depan tidak dibekali LED flash

Kesimpulan

Realme XT dan Vivo Z1X adalah smartphone yang memiliki kualitas baik dengan beberapa fitur canggih dan performa yang mutakhir di dalamnya. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih milihnya Realme XT karena memiliki spesifikasi yang bagus dan performa yang lebih canggih. Tentukan pilihan kamu sesuai selera dan kebutuhan guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme XT atau Vivo Z1X

VS

Leave a Reply