Smartphone

Pilih Mana: Realme XT vs Redmi Note 8 Pro

Realme dan Redmi sampai saat ini rasanya masih terus bersaing dalam mempromosikan produk smartphonenya agar bisa dicintai oleh para calon pembelinya. Keduanya juga gencar dalam memperbagus spesifikasi dan performa produknya masing-masing, seperti halnya Realme XT dan Redmi Note 8 Pro.

Realme XT dan Redmi Note 8 Pro adalah dua smartphone yang saat ini cukup di idamkan oleh kaum milenial, hal ini tidak lain karena cukup mumpuni untuk diajak bermain game mobile sehari-hari.

Penasaran dengan detail dari kedua smartphone ini? Untuk itu simak terus artikel dari Selera.id ini ya guys agar bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan saat memilihnya. Disini aja ya guys!

Realme XT

Realme XT menjadi pembuktian bahwa realme terus berusaha meningkatkan kemampuan produk-produknya namun tetap dengan rentang harga paling pantas. Salah satu contoh dari peningkatannya yaitu di bidang performa. Realme XT mempunyai performa yang mumpuni seperti melalui chipset dan kapasitas memori setingkat flagship.

Pada bagian dapur pacunya, Realme XT memakai prosesor Snapdragon 712 AIE. Chipset generasi baru besutan Qualcomm ini mempunyai proses 10nm serta meningkatkan kecepatan clock menjadi 2,3 Ghz.

Pihak Qualcomm mengklaim peningkatan tersebut mengarah pada 10% peningkatan kinerja keseluruhan dan 35% peningkatan kinerja grafis bila dibanding dengan generasi chipset sebelumnya. Selain itu, keberadaan mesin AI 3.0 sangat meningkatkan efisiensi dalam pengenalan suara, pemrosesan gambar, dan optimalisasi. Baca juga Pilih Mana: Realme 5 atau Xiaomi Redmi Note 7?

Kamera Realme XT

Realme XT mempunyai sensor kamera resolusi ultra tinggi 64MP, sensor kamera resolusi tertinggi yang sempat ada di ponsel. Sensor 1/1.72″ GW1 64MP ultra-besar, 34% lebih besar dari sensor 48MP dan fitur binning piksel cerdas 4-in-1, aperture besar f/1.8, dan lensa 6P dengan kemampuan menangkap cahaya yang superior, memberikan realme XT kemampuan fotografi tingkat flagship.

Bersama dengan teknologi ISOCELL Plus, sensor Samsung GW1 64MP memakai teknologi piksel Tetracell 4-in-1 untuk menggabungkan 4 piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar berukuran 1.6μm. Teknologi Tetracell dan 3D HDR akan memungkinkan konsumen mengambil foto-foto sejernih kristal dalam keadaan apa pun.

Selain itu, realme XT hadir dengan 3 lensa tambahan: lensa ultra wide-angle, lensa ultra macro, dan lensa potret. Kamera ultra wide-angle mempunyai bidang pandang 119 derajat yang mempunyai besaran sampai 50% lebih luas dari ukuran normal, dan mesin LCD Realme dengan cerdas mengoreksi distorsi pada bagian tepi.

Baterai Realme XT

Performa kencang diikuti dengan performa pengisian daya baterai yang juga kencang. realme XT dibekali baterai 4000 mAh dan sudah tertanam teknologi VOOC Flash Charge 3.0. Walaupun cepat, namun teknologi pengisian daya ini dapat mempertahankan penampilan maksimal baik ponsel maupun pengisian daya.

Realme XT vs Redmi Note 8 Pro

Fitur Realme XT

  1. Sidik jari
    Modul pemindai sidik jari optik terbaru dari Goodix 3.0 menghadirkan sistem identifikasi multi-monitor dan menambahkan filter yang bisa mengidentifikasi warna untuk pengalaman membuka kunci yang lebih aman.
  2. Game Space
    Konsumen bisa menyimpan semua game ke dalam Game Space dan menikmati pengalaman gaming yang lebih mendalam.

Kelebihan Realme XT

  • Mendukung fitur fast charging
    Baterai merupakan salah satu kelebihan dari Realme XT. Kapasitasnya memang standar yaitu 4.000mAh, namun dipadu dengan dukungan fast charging VOOC 3.0 lengkap dengan charger 20W yang langsung jadi bawaan dalam kotak.
  • Ada USB Type- C
    Di zaman yang semakin canggih ini, pemakaian port USB type-C seperti sudah jadi standar tersendiri untuk HP-HP keluaran terbaru. Mengikuti tren tersebut, Realme mencoba untuk menghadirkan port USB type-C pada Realme XT ini.
  • Mendukung slot SIM dedicated
    Walaupun HP Realme XT tersedia dalam berbagai opsi memori internal, namun ada kalanya konsumen masih membutuhkan slot memori eksternal supaya beban pada HP tidak terlalu berat. Tetapi, permasalahannya adalah saat ini banyak HP yang cuma dapat mendukung pemakaian satu kartu SIM saja bila mau menambahkan memori eksternal. Untungnya, di Realme XT kamu dapat sekaligus memakai 2 kartu SIM + memori eksternal berkat adanya slot SIM dedicated.

Kekurangan Realme XT

  • Pemakaian EIS terbatas
    Electronic Image Stabilization (EIS) merupakan teknologi yang sudah mulai banyak dibenamkan pada smartphone keluaran zaman sekarang supaya hasil video lebih stabil. Walaupun telah dibekali oleh teknologi ini, tetapi sayangnya fitur EIS pada Realme XT cuma dapat dipakai para perekeman video di resolusi 1080@30fps saja.
  • Tidak mendukung NFC
    Bila kebanyakan HP kelas menengah saat ini telah dibekali oleh fitur NFC, sayangnya fitur ini mesti absen di HP Realme XT. Absennya fitur ini pada Realme XT sendiri sungguh amat disayangkan mengenang NFC jadi salah satu fitur yang paling dicari di HP keluaran zaman sekarang.
  • Kamera kurang memuaskan
    Smartphone ini mempunyai kekurangan dalam hal kamera. Sebenarnya smartphone ini mempunyai kelebihan pada kamera utama bagian belakang, yakni kamera 64 MP dan kamera depan. Sedangkan untuk kamera ultra wide dan kamera makronya masih kurang memuaskan. Pada dasarnya, kamera ultra-wide dapat menghasilkan gambar yang detail, sayangnya, perihal itu tidak terlihat pada Realme XT.

Redmi Note 8 Pro

Dari sektor performa, Redmi Note 8 Pro mengusung chipset Octa-core. Berbeda dengan perangkat terdahulu. Untuk Redmi Note 8 biasa memakai chip rakitan Qualcomm, sedangkan varian Note 8 Pro memakai chip buatan MediaTek.

Adapun prosesor yang dibawa yaitu octa-core MediaTek Helio G90T. Chip ini diklaim sebagai yang pertama hadir pada perangkat smartphone di Indonesia.

Lihat juga:  Pilih Mana: J5 Pro atau J7 Prime?

MediaTek Helio G90T di tubuh Redmi Note 8 Pro sendiri disebut andal untuk sektor gaming dan pengolahan grafis. Prosesor MediaTek Helio G90T sendiri membawa fabrikasi 12 nm dan dipadukan dengan dengan pengolah grafis atau GPU Mali G76 MC4.

Kamera Redmi Note 8 Pro

Spesifikasi kamera utama Redmi Note 8 Pro yaitu 64 MP lensa utama dengan sensor Samsung GW1 f/1.9 26 mm (wide) PDAF, 8 MP f/ 2. 2 13 mm (ultrawide), 2 MP f/2.4 (dedicated macro camera), dan 2 MP f/2.4 (depth sensor).

Realme XT vs Redmi Note 8 Pro

Kamera belakang Redmi Note 8 Pro pula mempunyai fitur AI scene detection yang bisa mengenal banyak kategori gambar dan suasana berbeda. Fitur ini akan memudahkan konsumen menciptakan hasil gambar memukau dan cerah untuk setiap suasana yang beragam tanpa perlu banyak mengedit foto.

Sedangkan untuk kamera depan didukung sensor 20 MP f/2.0. Kamera pula dilengkapi dengan fitur AI terbaru, seperti AI scene detection, AI beautify, dan AI portraits yang memungkinkan kemudahan untuk konsumen saat mengambil gambar.

Baterai Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro membawa baterai yang terbilang besar, yaitu 4.500 mAh. Dengan daya baterai segitu, ponsel ini mampu bertahan sampai sehari lebih pada pemakaian normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak begitu tinggi.

Fitur Redmi Note 8 Pro

  1. Hyperengine
    Fitur ini mempunyai beberapa fitur yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi.
  2. Fitur keamanan
    Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Kelebihan Redmi Note 8 Pro

  • Desain dan build quality bagus
    Redmi Note 8 Pro hadir dengan konsep serta build quality yang bagus di kelasnya. Bagian pinggir HP ini memang dibuat dari plastik namun lapisan depan dan belakang Redmi Note 8 Pro sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.
  • Panel LCD yang cerah dan Fitur HDR
    Redmi Note 8 Pro menawarkan layar 6, 53 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini memakai panel IPS dan hadir dengan rasio 19.5:9. Selain itu layar HP ini telah dilengkapi dengan fitur HDR, fitur yang jarang dapat ditemukan di HP sekelasnya.
  • Sudah dilengkapi NFC
    Nilai jual menarik lain dari Redmi Note 8 Pro merupakan fitur NFC. Fitur yang selalu ditanyakan banyak konsumen, termasuk Mi Fans (sebutan untuk fan Xiaomi), yang mau ada HP Redmi Note series yang mempunyai NFC. Keinginan itu akhirnya terwujud lewat Redmi Note 8 Pro.

Kekurangan Redmi Note 8 Pro

  • Kamera makro dan ultrawide kurang memuaskan
    Redmi Note 8 Pro memang unggul dengan kamera 64 MP- nya. Cuma saja, kamera lainnya kurang memuaskan. Kamera lain yang dimaksud yaitu kamera ultra- wide dan kamera makro.
  • Speaker mono
    Redmi Note 8 Pro tidak menawarkan speaker stereo. HP ini cuma mempunyai satu speaker saja alias speaker mono. Sebenarnya hasil suara masuk kategori oke, namun suaranya tidak lantang dan renyah. Akan lebih bagus memakai headphone, terlebih HP ini masih mempertahankan audio jack 3, 5mm.
  • Masalah iklan di MIUI
    Redmi Note 8 Pro menawarkan antarmuka MIUI 10 berbasis Android 9 Pie. MIUI sendiri merupakan antarmuka yang cukup terkenal dan mempunyai banyak fitur menarik. Cuma saja, MIUI bukan tanpa masalah. Munculnya iklan pasti jadi masalah tersendiri untuk beberapa konsumen.
SpesifikasiRealme XTRedmi Note 8 Pro
Ukuran layar Super AMOLED 6,4 inci, 1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 IPS LCD 6,53 inci, 1080 x 2340 piksel, rasio 19:9
Dimensi fisik 158,7 x 75,2 x 8,6 mm 161.4 x 76.4 x 8.8 mm
Bobot 183 gram 200 gram
Kapasitas baterai 4.000 mAh 4.500 mAh
Sistem operasi Android Pie 9, Color OS 6 Android Pie 9, MIUI 10
Harga per Januari 2020Rp 3.999.000,- Rp 3.399.000,-

Pilih Mana: Realme XT vs Redmi Note 8 Pro

Realme XTRedmi Note 8 Pro
Kelebihan- Mendukung fitur fast charging - Ada USB Type- C - Mendukung slot SIM dedicated - Desain dan build quality bagus - Panel LCD yang cerah dan Fitur HDR - Sudah dilengkapi NFC
Kekurangan- Pemakaian EIS terbatas - Tidak mendukung NFC - Kamera kurang memuaskan - Kamera makro dan ultrawide kurang memuaskan - Speaker mono - Masalah iklan di MIUI

Kesimpulan

Setelah Realme XT dan Redmi Note 8 Pro tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini mumpuni untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. Tentukan smartphone andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme XT vs Redmi Note 8 Pro

VS

Leave a Reply