Smartphone

Pilih Mana: Redmi Note 4X vs Redmi Note 4

Mungkin beberapa dari kamu mungkin kebingungan mengetahui apa sih perbedaan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 4 vs Xiaomi Redmi Note 4X yang punya harga cukup miring dibandingkan para pesaingnya. Sehingga tidak heran jika xiaomi redmi selalu dicari banyak masyarakat khusunya di Indonesia.

Sebai informasi tambahan bahwa xiaomi redmi 4 menghadirkan dua model smartphone. Untuk redmi 4 diluncurkan di pasar India. Untuk redmi 4X diluncurkan di pasar Tiongkok. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri adalah redmi note 4. Untuk mengetahui perbandingannya lebih lanjut langsung saja dilihat pada pembahasan artikel di bawah ini.

Redmi Note 4X vs Redmi Note 4

Redmi Note 4X

Bila kamu telah mengenali fitur dari Xiaomi Redmi Note 4 asli, yang dari pesan 4X baru akan banyak terdengar kecuali untuk prosesornya. Semacam yang sudah kita prediksi, perbandingan penting dari Xiaomi Redmi Note 4X merupakan prosesor Snapdragon 625 bukan Mediatek Helio X20 yang kita temui di tipe awal. Baca juga Pilih Mana: Oppo A5 2020 atau Redmi Note 7?

Bila kita meninjau detail yang lain, Xiaomi Redmi Note 4X berulang dengan layar IPS FullHD 5. 5 inci yang serupa, sejodoh kamera 13 atau 5 megapixels serta baterai 4. 100 mAh. Hal memori, walaupun terdapat tipe yang lebih banyak, dalam tabel kita telah terlihat karakteristik teknis dari model yang sudah kita analisa, ialah RAM 3 GB serta kapasitas internal 32 GB.

Desain

Desain Xiaomi Redmi Note 4X menjajaki garis yang serupa dengan bentuk awal, jadi kejutan di bagian ini tidak ada. Cuma sedikit perbandingan 10 gr kurang berat yang menandai jarak antara kedua tim Xiaomi.

Body pada Xiaomi Redmi Note 4X dibuat dari alumunium( semacam Nokia 5 serta Nokia 6) yang membuatnya terkesan keras serta kokoh.

Xiaomi Redmi Note 4X di bekali dengan layar berukuran 5.5 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 pixel. Layar ini memiliki kerapatan 401 ppi (pixel per inch).

Redmi 4X ini memiliki layar berjenis IPS LCD capacitive touchscreen ini dapat menghasilkan 16 juta warna. Sayang tidak terdapat perlindungan layar seperti Corning Gorilla Glass pada smartphone ini sehingga rawan terhadap goresan.

Performa
Kemampuan dari Xiaomi Redmi Note 4X lumayan baik karena di dukung dengan prosessor Octa- core 2. 0 GHz Cortex- A53 serta chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625. Buat mendukung performanya, Xiaomi Redmi Note 4X di bekali dengan RAM berdimensi 4 GB serta GPU Adreno 506.

Xiaomi menyematkan  chip Snapdragon 625 untuk Redmi Note 4X. Sedangkan, Redmi Note 4 memasang Helio X20 dari Mediatek.

Redmi Note 4X vs Redmi Note 4

Media penyimpanan pada Xiaomi Redmi Note 4X lumayan besar. Dengan penyimpanan internal berukuran 64 GB serta dapat di perbesar dengan meningkatkan microSD sampai 256 GB( tetapi hendak mengorbankan SIM slot 2).

Dari segi kamera penting pada Xiaomi Redmi Note 4X beresolusi 13 MP( f atau 2. 0, 1. 12µm) dengan autofocus serta dual- LED dual- tone flash. Kamera penting bisa menciptakan video dengan kualitas 1080p pada frame rate 30 fps serta 720p pada frame rate 120fps.

Xiaomi Redmi Note 4X di tenagai oleh baterai Lithium Polimer yang memiliki kapasitas 4100 mAh. 

Kelebihan Redmi Note 4X

  • Dilengkapi dengan kapasitas yang besar
    Xiaomi Redmi Note 4X dielngkapi dengan baterai 4100 mAh yang bagus dan memiliki cadangan baterai siaga selama 11 hari. Ponsel ini juga bisa digunakan untuk bermain game selama 15 jam. Snapdragon 625 yang terdapat pada ponsel juga mendukung pengisian cepat (fast-charging) dan membutuhkan waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam untuk mengisi telepon hingga penuh.
  • Resolusi kamera layaknya kamera digital
    Redmi Note 4X mempunyai 2 kamera dengan pernyataan pixel yang menarik ialah kamera depan 5 Megapixel serta Kamera belakang 13 Megapixel. Perihal itu menaikkan angka jual Xiaomi Redmi Note 4X sebab pengambilan gambar dengan kamera beresolusi semacam itu menciptakan tangkapan yang amat baik, dan dilengkapi dengan Flash sehingga membuat hasil kamera yang amat memuaskan.
  • Memiliki performa yang unggul
    Teknologi terkini yang dipakai buat Xiaomi Redmi Note 4X merupakan terkait processornya. Dimana Qualcomm Snapdragon 625 octa core didesain dengan tingkatan pengalaman yang menarik tanpa menghabiskan baterai. Dengan seluruh fitur yang ada pada Snapdragon 625 octa core sanggup menghadirkan konektivitas yang kilat, tampilan yang jernih, serta kemampuan yang powerfull serta efisien.

Kekurangan Redmi Note 4X

  • Tidak memiliki proteksi layar
    Bagi kami, akan lebih bagus bila Xiaomi Redmi Note 4X dilengkapi perlindungan layar semacam Corning Gorilla Glass. Tidak cuma untuk menaikkan estetika pada layar, Gorilla Glass pula dapat mencegah layar dari kehancuran langsung.
  • Belum terdapat fitur tahan air
    Terkadang bermain dalam air menjadi tempat favorit untuk diabadikan menjadi sebuah momen. Namun hal itu belum bisa dilakukan oleh Xiaomi Redmi Note 4X, karena belum dilengkapi dengan sistem waterproof, sehingga tidak bisa digunakan dalam air tanpa pelindung dan tidak bisa dibawa ketika hujan atau harus diberikan perlindungan waterproof ketika hujan.
  • Tidak adanya fitur NFC
    Near-field communication (NFC) adalah teknologi yang memungkinkan dua perangkat, seperti ponsel dengan kartu elektronik (misal e-money), untuk menjalin komunikasi dengan mendekatkan keduanya ke jarak dibawah 4cm.

Redmi Note 4

Redmi Note 4 telah menjadi smartphone yang telah ditunggu-tunggu oleh para Mi Fans di Indonesia, karena spesifikasinya yang sangat menarik untuk segmen harga yang ditawarkan. Note 4 merupakan sebuah upgrade dengan pendekatan yang unik.

Redmi Note 4 menggunakan layar IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD, yang memiliki visibiltas cukup baik. Dapur pacunya dibekali dengan SoC Snapdragon 625 (Octa Core A53 2.0GHz+ GPU Adreno 506), RAM 3GB serta internal memori 32GB. … Kamera mampu merekam video dengan kualitas 1080p/30fps atau 720p/120fps.

Desain

Redmi Note 4 memiliki tubuh berdimensi 151x76x8,5 -inci, tersusun atas material logam dengan konstruksi unibody. Smartphone mengusung tema simetris, di mana modul kamera, dual flash LED, dan sensor pemindai sidik jari diletakkan sejajar, kemudian rangkaian lubang di sisi bawah diposisikan paralel, mengapit port microUSB di tengah. Hanya peletakan tombol yang tidak simetris. Semuanya ditaruh di sisi kanan smartphone.

Redmi Note 4X vs Redmi Note 4

Xiaomi membuat bagian pinggir punggung Redmi Note 4 melengkung demi memberikan impresi ramping. Pemakaian kaca 2.5D memperkuat efek tersebut, lalu tubuh aluminium anodized-nya menumbuhkan kesan mewah.

Performa
Sama seperti smartphone Xiaomi lainya, Redmi Note 4 ini menggunakan antarmuka MIUI 10 yang menggunakan basis sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Ponsel ini kemudian mendapat upgrade ke Android 7.0 Nougat dan mendapat update MIUI secara reguler.

Xiaomi Redmi Note 4 dibekali baterai berkapasitas besar di kelasnya, yakni 4100mAh. Daya tahan baterai ponsel ini bisa seharian penuh atau lebih, tergantung intensitas penggunaan. Namun, ponsel ini belum mendukung fitur fast charge.

Salah satu kelebihan Xiaomi Redmi Note 4 ini adalah dilengkapi dengan infrared blaster pada sisi atas. Infrared blaster membuat Redmi Note 4 dapat difungsikan sebagai remote universal untuk peralatan elektronik di rumah, seperti TV atau AC.

Sektor fotografi, Xiaomi Redmi Note 4 ini mengandalkan kamera utama berkekuatan 13 megapiksel yang telah dibenamkan fitur phase-detection autofocus dan juga dual LED flash. Adapun kamera depan guna memuaskan penggemar selfie berkekuatan 5MP. Baik kamera depan maupun kamera belakang dapat merekam video dengan resolusi full HD.

Kelebihan Redmi Note 4

  • Memiliki desain yang mewah
    Kelebihan pertama yaitu dari segi desain elegan dan terkesan cantik karena Redmi Note 4 memiliki lengkungan di setiap sudut nya serta lengkungan pada back cover nya yang hampir mirip Mi 5. lengkungan pada back cover tersebut membawa kesan mewah dan nyaman di genggaman.
  • Kapasitas RAM yang besar
    RAM yang diberikan pada kedua versinya juga cukup besar, memori internal 16GB dengan RAM 2GB dan internal 64 GB + RAM 3GB. Pada versi 64 GB, free memori yang dapat di gunakan yakni 55.8 GB, sedangkan RAM nya tersisa 1.6 GB dari total 3GB.
  • Menghasilkan hasil foto yang jernih
    Dengan dilengkapi kamera utama yang beresolusi 13 mega piksel yang di lengkapi dengan dual LED flash, kamera tersebut mampu menghasilkan jepretan yang jernih dan tajam. Pada kamera depan nya beresolusi 5 MP yang sudah di lengkapi dengan fitur beautify sehingga foto selfie akan menjadi lebih bagus.

Kekurangan Redmi Note 4

  • Dual SIM yang menyatu dengan slot MicroSD
    Slot SIM2 menyatu dengan slot MicroSD, karena jenis slot SIM nya hybrid, hal ini bisa jadi masalah untuk versi 16 GB, namun untuk versi 64 GB kami rasa tak jadi masalah.
  • Kamera depannya belum dilengkapi LED Flash/Screen Flash 
    Kekurangan selnjutnya dari Redmi Note 4 ini yaitu kamera depannya tidak ada LED flash sehingga tidak dapat digunakan untuk selfie dimalam hari.
  • Baterai yang tidak bisa dilepas atau Non-Removable
    Baterai Non-Removable, artinya tertanam di dalam perangkat. Tidak bisa di copot, sehingga ada sebagian orang yang cukup risih karena baterai nya tidak dapat dilepas.

Spesifikasi Redmi Note 4X vs Redmi Note 4

Spesifikasi Redmi Note 4X Redmi Note 4
PerformaSnapdragon 625 Octa core
Penyimpanan 32 GB 32 GB
Kamera13 MP 13 MP
Baterai 4100 mAh 4100 mAh
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 Inti octa, 2 GHz, Cortex A53
Resolusi Layar Full HD (1080 x 1920 piksel) Full HD (1080 x 1920 piksel)
Warna Champagne Gold, Platinum Silver, Matte Black, Hatsune Green, Cherry Pink Hitam, Emas, Abu-abu

Pilih Mana: Redmi Note 4X vs Redmi Note 4

Redmi Note 4X Redmi Note 4
Kelebihan- Dilengkapi dengan kapasitas yang besar. - Resolusi kamera layaknya kamera digital. - Memiliki performa yang unggul. - Memiliki desain yang mewah. - Kapasitas RAM yang besar. - Menghasilkan hasil foto yang jernih.
Kekurangan- Tidak memiliki proteksi layar. - Belum terdapat fitur tahan air. - Tidak adanya fitur NFC. - Dual SIM yang menyatu dengan slot MicroSD. - Kamera depannya belum dilengkapi LED Flash/Screen Flash.  - Baterai yang tidak bisa dilepas atau Non-Removable.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa Redmi Note 4X dan Redmi Note 4 memiliki spesifikasi yang hampir serupa sehingga tidak ada perbedaan jauh antar keduanya yang dapat menggangu kinerja saat digunakan. Namun, tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi, kami sarankan untuk memilih  Xiaomi Redmi Note 4 yang sudah resmi dirilis di Indonesia karena sudah melewati tahap penyesuaian untuk digunakan di Indonesia dan tentunya ada garansi resmi jika terjadi suatu masalah.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Redmi Note 4X vs Redmi Note 4

VS

Leave a Reply