Pilih Mana: Redmibook 15 atau Infinix X1?

Di era digital ini, laptop menjadi perangkat penting untuk menunjang berbagai aktivitas, baik untuk bekerja, belajar, maupun hiburan. Bagi para pelajar dan mahasiswa, laptop yang ringan dan portabel dengan harga terjangkau menjadi pilihan utama. Dua merek laptop yang menawarkan spesifikasi mumpuni dengan harga bersaing adalah Redmibook 15 dan Infinix X1.

Dalama artikel ini kami akan membahas lebih dalam mengenai Redmibook 15 dan Infinix X1, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki oleh kedua laptop tersebut. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Redmibook 15

Xiaomi RedmiBook 15 merupakan salah satu laptop andalan dari Xiaomi yang telah tersedia di Indonesia. Dikenal sebagai perusahaan teknologi yang menawarkan produk dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas hardware yang baik, Xiaomi memperkenalkan laptop mereka ke pasar Indonesia melalui RedmiBook 15.

Dengan harga sekitar Rp 5.999.000 per Maret 2024, kalian dapat memperoleh laptop dengan spesifikasi yang cukup handal, seperti prosesor Core i3, RAM 8 GB, dan SSD 256 GB. Meskipun demikian, seperti halnya produk lainnya, RedmiBook 15 tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan.

Berikut Spesifikasi dari Redmibook 15:

Layar

Ukuran layar yang besar, mencapai 15,6 inci, memberikan kesan luas dan mewah pada laptop ini. Frame tipis juga menambahkan sentuhan kemewahan. Meskipun layarnya luas, namun panelnya masih menggunakan teknologi TN yang biasa saja dalam hal kecerahan dan reproduksi warna.

Panel ini juga kurang optimal dalam sudut pandang, sehingga diperlukan penempatan yang tepat sejajar dengan mata untuk penggunaan yang optimal. Oleh karena itu, laptop ini kurang disarankan untuk pekerjaan desain atau editing yang membutuhkan akurasi warna yang tinggi. Namun, untuk penggunaan kantor atau kelas online, laptop ini masih cukup aman dan dapat diandalkan.

Port

Xiaomi Redmibook 15 memiliki dua port USB 3.0 yang dapat digunakan untuk menyambungkan perangkat eksternal seperti flashdisk atau hard drive. Kecepatan transfer data dari port USB 3.0 ini lebih tinggi dibandingkan dengan port USB 2.0 yang juga ada pada laptop ini.

Selain itu, terdapat juga port audio 3,5 mm yang dapat digunakan untuk menghubungkan headset atau speaker eksternal. Laptop ini dilengkapi dengan port HDMI 1.4 yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan laptop ke layar TV atau monitor eksternal. Port LAN RJ45 juga tersedia untuk menghubungkan laptop ke jaringan internet melalui kabel Ethernet.

Di bagian kiri, terdapat port power, dua port USB 3.0, dan HDMI 1.4. Sementara di sisi kanan, terdapat Kesington Lock, port LAN RJ45, USB 2.0, pembaca kartu SD, dan jack audio 3,5 mm. Lubang ventilasi untuk pembuangan panas terletak di sisi belakang layar, sementara ventilasi untuk masuknya udara segar terletak di bagian bawah laptop.

Keyboard dan Touchpad

Redmibook 15 dilengkapi dengan keyboard chiclet yang nyaman untuk mengetik, namun tidak dilengkapi dengan backlight LED. Penempatan tombol power agak unik, berdekatan dengan tombol Backspace, Delete, dan Home.

Touchpad-nya luas dan mudah digunakan. Desain dan material laptop ini terlihat premium dan mewah untuk harganya. Redmibook 15 tidak terlihat seperti laptop murah dari tampilannya.

Performa

Dari sisi performa gaming, Xiaomi RedmiBook 15 menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Masalahnya terletak pada penggunaan GPU Intel UHD Graphics yang menggunakan RAM shared, serta konfigurasi RAM yang hanya single channel. Sebagai hasilnya, untuk game-game terbaru, pengguna harus mengurangi pengaturan resolusi dan detail agar dapat mencapai frame rate yang stabil di atas 30 FPS.

Meskipun demikian, untuk game-game populer seperti DOTA 2 dengan resolusi 720P, masih mungkin untuk mencapai frame rate antara 50 hingga 60 FPS. Namun, untuk game seperti GTA V dengan resolusi yang sama, sulit untuk mendapatkan frame rate di atas 30 FPS.

Kendala dalam performa gaming juga disebabkan oleh penggunaan RAM single channel yang tidak mendukung upgrade ke dual channel.

Selain itu, kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh laptop ini adalah SSD 256 GB dengan port M.2, namun menggunakan jenis SATA yang lebih lambat dibandingkan dengan SSD PCIe. Meskipun begitu, kecepatan baca SSD masih cukup tinggi, mencapai 558 MBps, sementara kecepatan tulisnya mencapai 500 MBps.

Desain

Laptop ini mempersembahkan desain yang modern dan bergaya, dengan bodi yang dibuat dari material logam yang kokoh dan awet. Penggunaan material logam ini tidak hanya membuat laptop terasa nyaman digunakan dan memiliki bobot yang ringan untuk mobilitas yang mudah, tetapi juga menambah kesan premium dan elegan pada laptop ini.

Kelebihan Redmibook 15

Material dan Desain Kualitas Tinggi

Redmibook 15 menampilkan desain yang sangat elegan dengan menggunakan material bodi yang terbuat dari logam berkualitas tinggi. Desain yang elegan ini tidak hanya memberikan tampilan yang menarik secara visual, tetapi juga memberikan kesan yang kokoh dan tahan lama.

Layar yang Full HD

Redmibook 15 adalah laptop yang menarik perhatian dengan layar Full HD yang memberikan pengalaman visual yang luar biasa, ditambah dengan lapisan anti gores yang menjaga kejernihan tampilan serta melindungi layar dari kerusakan akibat goresan.

Dengan resolusi yang tinggi dan teknologi lapisan anti gores ini, pengguna dapat menikmati konten multimedia dengan detail yang tajam dan kualitas gambar yang jernih, sementara ketenangan pikiran terjaga karena perlindungan tambahan terhadap layar dari berbagai potensi kerusakan fisik.

Performa yang Kencang

Redmibook 15 menampilkan sebuah laptop yang mengagumkan dengan keunggulan prosesor Intel Core i5 yang kuat. Prosesor ini memberikan kinerja yang impresif dalam menangani berbagai tugas komputasi, mulai dari pekerjaan kantor harian hingga tugas-tugas yang lebih berat seperti pengeditan video dan gaming ringan.

Kekurangan Redmibook 15

Tidak Dapat Mengupgrade RAM

Laptop Redmibook 15 memiliki keterbatasan dalam hal kemampuan upgrade RAM ke dual channel yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon pembeli yang memiliki kebutuhan akan performa yang lebih tinggi.

Infinix X1

Infinix InBook X1 adalah laptop yang direkomendasikan yang diproduksi oleh salah satu merek smartphone. Selain produk smartphone mereka yang ditawarkan dengan harga terjangkau, laptop Infinix InBook X1 juga memiliki spesifikasi yang menarik untuk kelas harganya.

Diluncurkan tahun 2021, Infinix InBook X1 merupakan produk laptop pertama dari merek tersebut. Terdapat dua varian dari laptop ini, yaitu Infinix InBook X1 dan InBook X1 Pro, yang masing-masing memiliki beberapa spesifikasi berbeda.

Berikut Spesifikasi dari Infinix X1:

Desain

Salah satu hal yang menarik dari laptop ini adalah penampilannya yang terlihat mewah untuk kelas harganya. Keseluruhan bodinya terbuat dari aluminium yang tipis dan ringan. Ketebalan bodinya hanya sekitar 16,3 mm dengan bobot sekitar 1,48 Kg. Hal ini ideal bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Performa

Spesifikasi dari Infinix INBook X1 meliputi prosesor Intel Core generasi ke-10 dengan pilihan dari Intel Core i3 hingga Intel Core i7. Prosesor ini didukung oleh RAM 8GB atau 16GB, serta penyimpanan SSD dengan kapasitas hingga 512GB. Di bidang grafis, tersedia pilihan dengan Intel Iris Plus.

Layar

Di bagian layar laptop ini, tersedia panel layar IPS berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Panel layar ini mendukung gamut warna sRGB 100% dan memiliki tingkat kecerahan hingga 300 nits. Engsel layarnya juga dirancang agar dapat dibuka penuh hingga 180 derajat.

Fitur

Selain itu, Infinix INBook X1 juga dilengkapi dengan fitur isi ulang cepat yang memungkinkan baterainya terisi sekitar 70% hanya dalam waktu satu jam. Laptop ini juga menyediakan dukungan untuk WiFi6, Bluetooth 5.1, sensor sidik jari, keyboard backlit, dan fitur In-Sync yang memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan konten dari smartphone ke laptop dengan mudah.

Kelebihan Infinix X1

Dilengkapi Prosesor Intel Terbaru

Laptop Infinix X1 menampilkan prosesor Intel terbaru generasi ke-10, sebuah teknologi canggih yang membawa performa dan efisiensi ke tingkat baru. Dengan kehadiran prosesor Intel generasi ke-10, pengguna dapat menikmati pengalaman komputasi yang lebih responsif, multitasking yang lancar, serta konsumsi daya yang lebih efisien, yang semuanya merupakan faktor penting dalam menentukan produktivitas dan kenyamanan penggunaan sehari-hari.

Menggunakan Layar Full HD (IPS)

Laptop Infinix X1 menawarkan pengalaman visual yang mengagumkan dengan layar Full HD (IPS), yang memberikan kualitas gambar yang tajam dan detail yang luar biasa. Dengan resolusi tinggi ini, pengguna dapat menikmati konten multimedia, bekerja dengan lebih produktif, dan menjelajahi internet dengan visual yang jernih dan hidup.

Teknologi IPS juga memastikan sudut pandang yang luas, sehingga gambar tetap jelas dan warna tetap akurat bahkan saat dilihat dari sudut yang ekstrem. Dengan layar Full HD (IPS), pengguna Infinix X1 dapat merasakan kedalaman dan kejelasan yang memukau dalam setiap tampilan, membuat pengalaman penggunaan laptop menjadi lebih memuaskan dan memikat.

Dapat Dibuka Hingga 180 Derajat

Laptop Infinix X1 memiliki keunggulan dalam fleksibilitasnya yang luar biasa. Dengan desain yang inovatif, laptop ini dapat dibuka hingga sudut 180 derajat, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan posisi layar sesuai dengan preferensi mereka.

Kemampuan ini tidak hanya menawarkan kenyamanan ekstra saat digunakan dalam berbagai situasi, tetapi juga memberikan fleksibilitas dalam berkolaborasi atau berbagi layar dengan orang lain.

Kekurangan Infinix X1

Bukan Brand Besar

Meskipun laptop Infinix X1 tidak berasal dari brand besar yang sudah mapan di pasar, hal ini bukan berarti bahwa kekurangan yang dimilikinya tidak signifikan. Sebaliknya, meskipun Infinix bukanlah nama besar dalam industri laptop, namun kekurangan yang mungkin dimiliki oleh Infinix X1 tetap patut dipertimbangkan dengan serius oleh calon pembeli.

Oleh karena itu, meskipun tidak memiliki nama besar, kekurangan yang terdapat pada Infinix X1 tetap menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

Perbandingan Redmibook 15 dan Infinix X1

Redmibook 15Infinix X1
Kelebihan- Material dan Desain Kualitas Tinggi
- Layar yang Full HD
- Performa yang Kencang
- Dilengkapi Prosesor Intel Terbaru
- Menggunakan Layar Full HD (IPS)
- Dapat Dibuka Hingga 180 Derajat
Kekurangan- Tidak Dapat Mengupgrade RAM- Bukan Brand Besar
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Secara keseluruhan, baik Redmibook 15 maupun Infinix X1 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Redmibook 15 menonjol dengan performa yang kuat dan dukungan dari brand besar seperti Xiaomi, sementara Infinix X1 menawarkan desain yang menarik dan fitur yang cukup kompetitif meskipun berasal dari brand yang relatif baru di pasar laptop.

Dalam memilih antara keduanya, penting bagi konsumen untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka serta menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Anda Pilih Redmibook 15 atau Infinix X1?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!