Pilih Mana: Resso atau Spotify?

Dalam dunia musik digital yang semakin berkembang, layanan streaming telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna untuk menikmati lagu-lagu favorit mereka secara praktis dan mudah diakses. Dua platform yang sering menjadi perbincangan adalah Resso dan Spotify.

Keduanya menawarkan beragam fitur yang menarik serta katalog musik yang luas, namun masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan oleh para pengguna.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi perbandingan antara Resso dan Spotify, membantu kalian untuk memilih platform mana yang lebih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan musik kalian.

Resso

Resso adalah platform streaming musik yang relatif baru yang menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang unik. Diluncurkan pada tahun 2020 oleh perusahaan teknologi asal Tiongkok, ByteDance, yang juga mengoperasikan platform media sosial populer TikTok, Resso menawarkan kombinasi antara streaming musik dan interaksi sosial.

Platform ini menonjol dengan fitur-fitur seperti lirik bergerak yang sinkron dengan lagu, komentar pengguna yang terintegrasi secara langsung, dan kemampuan untuk membuat dan membagikan konten audio visual.

Resso berusaha untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih mendalam dan terhubung secara sosial bagi para penggunanya.

Kelebihan Resso

Tampilan User Friendly

Banyak pengguna merasa puas dengan tampilannya dan menyebutkan bahwa antarmuka aplikasi Resso mirip dengan media sosial TikTok, yang kemungkinan besar disebabkan oleh fakta bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh tim yang sama.

Desain antarmuka aplikasi pemutar musik Resso sangat menarik bagi kalangan muda dan juga dirancang untuk memudahkan para pengguna dalam menemukan lagu-lagu terbaru dari berbagai genre.

Mudah Mencari Sound TikTok

Karena Resso dan TikTok berasal dari perusahaan yang sama, sangatlah mudah untuk menemukan musik yang sedang populer di TikTok di dalam aplikasi Resso. Hal ini mungkin terjadi karena algoritma yang digunakan oleh kedua aplikasi tersebut mirip.

Tentunya, hal ini sangat menguntungkan bagi para pengguna yang ingin menemukan musik yang bagus dari TikTok. Dengan menggunakan Resso, mereka dapat dengan mudah mencari dan mendengarkan lagu-lagu tersebut.

Gratis

Resso tersedia secara gratis bagi siapa pun untuk digunakan. Namun, platform ini juga memiliki opsi berlangganan. Meskipun seseorang menggunakan aplikasi secara gratis, tidak ada perbedaan yang mencolok dengan versi premium.

Kekurangan Resso

Banyak Lagu Belum Tersedia

Saat ini, saya hanya menemukan satu kekurangan dalam aplikasi Resso. Karena aplikasi ini masih baru, koleksi lagunya belum sebanyak pesaingnya, seperti Spotify dan JOOX. Setelah saya mencoba mencari lagu-lagu lawas, beberapa di antaranya belum tersedia dalam aplikasi.

Meskipun demikian, hal ini bukanlah masalah besar karena jumlah lagu yang tersedia kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Spotify

Spotify merupakan platform layanan streaming musik digital, podcast, dan video yang memberikan akses kepada penggunanya ke jutaan lagu dan konten lainnya dari berbagai artis di seluruh dunia. Platform ini dapat diakses melalui berbagai perangkat, termasuk komputer, ponsel, tablet, speaker, televisi, dan mobil, serta memungkinkan pengguna untuk dengan mudah beralih antar perangkat menggunakan fitur Spotify Connect.

Spotify menyediakan fitur akses gratis dengan beberapa batasan bagi pengguna yang baru mencoba layanan ini atau yang tidak ingin berlangganan bulanan. Dengan fitur gratis tersebut, pengguna tidak dapat membuat playlist, mengunduh musik untuk didengarkan secara offline, atau mengubah pengaturan kualitas musik. Selain itu, setiap kali melakukan pergantian lagu, pengguna akan ditemani oleh iklan suara yang mengajak mereka untuk berlangganan.

Bagi pelanggan Spotify Premium, tersedia fitur pengaturan kualitas musik. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih kualitas musik yang diunduh atau diputar secara online, mulai dari Normal (96 kbit/s), High (160 kbit/s), hingga Extreme (320 kbit/s). Pengaturan ini dapat disesuaikan secara terpisah untuk mode streaming dan unduhan, serta pengguna juga dapat mengatur pengunduhan musik melalui data seluler atau mematikannya sesuai keinginan.

Kelebihan Spotify

Spotify mempunyai discovery musik yang lebih bagus

Kalian dapat dengan lebih mudah mengeksplorasi lagu-lagu baru yang mungkin kalian sukai berdasarkan artis, lagu terkait, fitur Daily Mix, playlist publik, speaker pintar, TV, sistem suara di mobil, konsol game, dan lain-lain. Mencari dan menemukan lagu favorit di Spotify terasa lebih mudah.

Spotify mempunyai opsi akun gratis

Meskipun disertai iklan dan tidak mendukung pengunduhan offline, layanan ini cukup memuaskan untuk menikmati berbagai musik tanpa harus berlangganan secara berbayar. Apakah kalian tertarik untuk menggunakan Spotify?

Spotify tersedia di berbagai platform

Spotify dapat dengan mudah didengarkan melalui berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone/Windows 10 Mobile, dan lainnya. Oleh karena itu, Spotify tentu kompatibel dengan sebagian besar perangkat.

Kekurangan Spotify

Tidak memiliki Theme Center

Spotify tidak memiliki Pusat Tema yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Kekurangan ini menjadi penting karena terkadang kita bisa merasa bosan dengan tema yang tidak bisa diubah di Spotify.

Perbandingan Resso dan Spotify

Resso Spotify
Kelebihan- Tampilan User Friendly
- Mudah Mencari Sound TikTok
- Gratis
- Spotify mempunyai discovery musik yang lebih bagus
- Spotify mempunyai opsi akun gratis
- Spotify tersedia di berbagai platform
Kekurangan- Banyak Lagu Belum Tersedia- Tidak memiliki Theme Center
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam memilih antara Resso dan Spotify, penting untuk mempertimbangkan preferensi pribadi dan kebutuhan musik kalian. Resso menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang unik dengan fitur-fitur sosial yang menarik, sementara Spotify memiliki katalog musik yang luas dan terintegrasi dengan berbagai perangkat.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pemilihan tergantung pada preferensi individual pengguna. Yang pasti, baik Resso maupun Spotify merupakan pilihan yang baik untuk menemani kalian dalam menikmati dunia musik secara digital.

Anda Pilih Resso atau Spotify?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!