HomeMasakPerabotan Rumah Tangga

Pilih mana: Rice Cooker Yong Ma vs Cosmos?

Rice Cooker merupakan penanak nasi modern yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Selain itu, rice cooker juga multifungsi loh. Anda bisa memasak, menghangatkan makanan serta mengukus berbagai jenis makanan.

Dengan fungsi dan manfaat yang beragam tentu Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki rice cooker sebagai peralatan memasak yang serbaguna. Anda juga tidak perlu bingung untuk memilih rice cooker mana yang berkualitas baik.

Ada berbagai merk rice cooker di pasaran. Dan semuanya memiliki varian dan harga yang bersaing. Termasuk salah satu rice cooker yang masih menjadi favorit saat ini yaitu Rice Cooker Yong Ma dan Cosmos.

Nah, kira-kita apa keunggulan yang dihadirkan oleh kedua merk produk rice cooker ini? Penasaran untuk tahu lebih lanjut? Simak terus Selera.id untuk menjawab setiap pertanyaan Anda mengenai kedua rice cooker ini.

Rice Cooker Yong Ma vs Cosmos

Rice Cooker Yong Ma

Yong Ma merupakan produk rice cooker yang berasal dari Korea Selatan, dan mulai masuk ke Indonesia sejak awal 90an dan berjaya sampai sekarang. Yong Ma memiliki produk rice cooker dengan kelebihan dan kualitas yang baik.

Yong Ma juga mengeluarkan banyak tipe rice cooker terbaik dengan harga yang sangat kompetitif. Selain itu juga rice cooker Yong Ma sangat mudah untuk Anda temui di pasaran Indonesia. Nah, untuk lebih lengkapnya lagi kami akan menjelaskan detailnya di bawah ini. Berikut kelebihan serta kekurangannya:

Baca artikel lainnya Pilih mana: Rice Cooker Keramik vs Stainless?

Kelebihan Rice Cooker Yong Ma

Berikut ini Kelebihan Rice Cooker Yong Ma:

  • Memiliki desain yang bagus
    Rice cooker dari Yong Ma ini memiliki desain yang mewah dan sangat elegan. Cocok untuk Anda yang suka menata ruangan Anda dengan rapi. Rice cooker ini juga memiliki berbagai macam warna.
  • Adanya sistem 3D heating
    Jika Anda sering menggunakan rice cooker sebelumnya, Anda akan merasa ada yang aneh dengan nasi ketika hangat. Misalnya yang hangat hanya di bagian bawah saja atau bahkan samping saja. Untuk mengatasi hal tersebut, Yong Ma memberikan sistem 3D Heating yang membuat panas menyeluruh dari atas, bawah, bahkan samping.
  • Mudah dibersihkan
    Kelebihan lainnya dari rice cooker Yong Ma adalah terdapat Marble Motif di dalam inner pot. Yong Ma mengeluarkan Marble Motif di dalam inner pot, yaitu motif sedikit bergelombang tidak polos seperti biasanya. Marble Motif ini akan membuat Anda lebih mudah dalam membersihkan nasi ataupun kotoran yang menempel.

Rice Cooker Yong Ma vs Cosmos

Kekurangan Rice Cooker Yong Ma

Berikut ini Kekurangan Rice Cooker Yong Ma:

  • Membutuhkan perawatan khusus
    Memang diperlukan perawatan khusus kala menangani rice cooker maupun magic com jenis apapun. Namun merk rice cooker ini sedikit berbeda Anda perlu mencuci dan membersihkan dengan hati-hati agar bagian dinding dalam rice cooker tidak akan tergores.
  • Lebih boros listrik
    Jika memang Anda sudah memilih buat memakai rice cooker, sebaiknya pakailah dengan irit, misalnya memasak seperlunya supaya segera habis dan tidak perlu menghangatkan terlalu lama. Karena beberapa pengguna yang mengeluhkan bahwa rice cooker ini begitu boros listrik.
  • Harga yang cenderung mahal
    Untuk kekurangan berikutnya adalah dimana harga yang dijual oleh produk Yong Ma ini memiliki harga yang cenderung tinggi. Tetapi kualitas yang ditawarkan sangat baik cukup relate dengan harganya kok.

Rice Cooker Cosmos

Cosmos merk lokal yang dapat bersaing dengan berbagai macam merk global yang masuk ke pasar Indonesia. Cosmos terus berinovasi menghadirkan produk elektronik rumah tangga yang berkualitas dan mempermudah pekerjaan rumah tangga, seperti Rice Cooker.

Rice cooker Cosmos merupakan salah satu penanak nasi yang sudah terkenal. Berbagai varian produk rumah tangga dan elektronik ia hadirkan. Selain itu merk ini juga dipercaya sebagai produk yang berkualitas tinggi. Tentu hal ini membuat merk Cosmos terkenal dan digemari banyak orang.

Sebagai salah satu merk produsen rice cooker terkenal juga memiliki fitur yang disebut Harmond. Fitur ini merupakan fitur anti lengket yang menjamin tidak ada nasi yang terbuang karena menempel di dinding-dinding wadah. Hampir seluruh produk Cosmos sudah menggunakan fitur ini,loh.

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Rice Cooker atau Magic Com?

Lihat juga:  Pilih Mana: Kipas Angin Panasonic atau Kipas Angin Miyako?

Rice Cooker Yong Ma vs Cosmos

Kelebihan Rice Cooker Cosmos

Berikut ini Kelebihan Rice Cooker Cosmos:

  • Tidak mudah lengket
    Salah satu kelebihan dari rice cooker dari Cosmos ini telah didukung fitur Harmond yang diklaim tidak menggunakan zat kimia asam perfluorooctanoic (PFOA). Zat kimia ini biasanya ditemukan pada rice cooker anti lengket atau non stick material. Jadi dijamin tidak ada nasi yang terbuang karena menempel di dinding-dinding wadah.
  • Tahan lama
    Kelebihan lainnya dari rice cooker satu ini. Telah melewati teknologi pemrosesan khusus yang membuat inner pan melewati proses pendinginan sampai mendekati suhu 0° C, menjadikan lapisan permukaan inner pan kuat dan anti gores, tidak mengelupas, tahan lama, serta tentunya lebih sehat dan bebas kanker.
  • Harga cukup terjangkau
    Selain berkualitas dan terjamin aman. Kelebihan yang dihadirkan oleh produk rice cooker dari Cosmos ini juga terdapat pada harga rice cookernya yang juga cukup terjangkau  serta memiliki kapasitas bervariasi, mulai dari 0,8 liter hingga 2 liter. So, tanpa harus bingung. Anda bisa menentukan pilihan rice cooker sesuai dengan kebutuhan dan budget

Kekurangan Rice Cooker Cosmos

Berikut ini Kekurangan Rice Cooker Cosmos:

  • Varian warna kurang menarik
    Kekurangan yang terdapat pada rice cooker merk Cosmos ada pada varian warna pada produk yang dirasa kurang menarik dan cenderung terlihat membosankan dengan konsep warna yang itu-itu saja. Bagi Anda sangat suka dengan warna yang cerah dan tidak luput untuk memperhatikan desain suatu kemasan. Maka merk satu ini kurang menarik untuk Anda jadikan pilihan.
  • Beban daya yang dihasilkan terlalu besar
    Kekurangan berikut yang ada pada produk rice cooker Cosmos satu ini adalah saat pemakaiannya, ternyata rice cooker ini menyedot daya yang cukup besar kurang lebih 400 watt sehingga sangat boros. Maka gunakan seperlu dan sebutuh Anda saja ya!
  • Mengeluarkan bau yang tidak sedap
    Kekurangan lainnya yaitu bau sedap yang kerap kali tercium. Rice cooker ini hanya bisa pakai untuk sekali tanak nasi, karena jika nasi yang masih ada tetap dipanaskan maka akan berbau tidak sedap. Hal ini yang sangat disayangkan untuk sebagian penggunanya.

Pilih mana: Rice Cooker Yong Ma vs Cosmos?

Keterangan Rice Cooker Yong Ma Rice Cooker Cosmos
Kelebihan -Memiliki desain yang bagus -Adanya sistem 3D heating -Mudah dibersihkan-Tidak mudah lengket -Tahan lama -Harga cukup terjangkau
Kekurangan-Membutuhkan perawatan khusus -Lebih boros listrik -Harga yang cenderung mahal-Varian warna kurang menarik -Beban daya yang dihasilkan terlalu besar -Mengeluarkan bau yang tidak sedap

Kesimpulan

Nah dari perbandingan Rice Cooker Yong Ma dan Cosmos kali ini kami dapat menyimpulkan bahwa keduanya memiliki kualitas yang baik serta sangat terjamin kesehatannya. Tidak mengandung bahan dan material yang berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi oleh semua anggota keluarga. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kualitas yang diberika. Namun tetap harus memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki ya!
Semoga Bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rice Cooker Yong Ma vs Cosmos

VS

 

Leave a Reply