HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Rinso atau Attack?

Mencuci pakaian adalah kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan, mencuci pakaian juga tidak terlepas dari kamu memilih deterjen untuk menghasilkan cucian yang bagus. Banyaknya merek deterjen yang bisa kamu pilih seperti deterjen Rinso dan Attack.

Rinso dan Attack memiliki kualitas deterjen yang bagus yang dapat menghasilkan cucian yang diharapkan oleh semua orang terutama para ibu rumah tangga. Tetapi manakah yang lebih bagus dari keduanya? Dengan artikel kali ini kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari deterjen Rinso dan Attack.

Rinso

Rinso adalah nama merek sabun cuci atau deterjen dari Unilever yang digunakan di Australia, Indonesia, Selandia Baru, Inggris serta Amerika Serikat. Merek ini awalnya diciptakan oleh Robert S. Hudson dengan merek dagang Hudsons Soap dan pada tahun 1908 dijual kepada Lever Brothers dari Port Sunlight, Inggris. Baca juga Pilih Mana: Detergent Bubuk atau Detergent Cair?

Rinso juga diproduksi oleh Lever Brothers Company (kemudian dikenal sebagai Unilever) di Amerika Serikat, dimulai pada tahun 1918. Tujuan Rinso adalah memberikan proses pencucian yang efektif dan lebih mudah dan pengalaman mencuci terbaik agar orang dapat mengeluarkan semua potensi mereka tanpa takut kotor.

Di Indonesia, Rinso diluncurkan pada tahun 1970 sebagai merek deterjen pertama di negara tersebut dan terkenal dengan moto “Berani Kotor itu Baik”. Kini, Rinso adalah pemimpin nomor satu di pasar deterjen Indonesia, dan berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award selama 3 tahun berturut-turut (2003, 2004 dan 2005).

Kelebihan Rinso

  • Busa lebih banyak dan banyak varian
    Kelebihan yang utama dari sabun cuci atau deterjen merek Rinso ini adalah saat kamu mencuci pakaian busa yang dihasilkan sangat banyak. Sehingga bekerja lebih efektif dan tidak perlu kucek berulang kali, Dan hasilnya juga sangat memuaskan. Jadi tidak perlu repot harus mengucek atau menyikat berkali kali. Dan dapatkan sensasinya hasil terbaiknya dari Rinso. Selain itu juga Rinso memiliki banyak varian yang bisa kamu pilih.
  • Penghilang noda yang baik
    Salah satu mencuci pakaian yang kotor adalah untuk membersihkan segala macam kotoran pada pakaian atau noda-noda yang menempel. Rinso menjadi salah satu deterjen yang banyak diminati dengan kelebihannya dapat menghilangkan noda hal ini terbukti karena Rinso mengandung bahan yang sangat ampuh di dalamnya untuk menyerap dan menghilangkan noda noda yang sulit hilang.
  • Wangi tahan lama dan mudah didapatkan
    Selain untuk mendapatkan hasil yang bersih, pemilihan deterjen yang wanginya tahan lama juga menjadi pertimbangan saat kamu ingin membeli deterjen tersebut. Aroma wangi deterjen Rinso mampu bertahan lebih lama, maka kamu tidak perlu repot-repot membeli minyak wangi. Cukup dengan deterjen Rinso semuanya bisa segera teratasi. Deterjen Rinso juga mudah untuk kamu dapatkan karena sudah dijual dimana-mana sehingga tidak sulit untuk kamu mebelinya.

Kekurangan Rinso

  • Dapat membuat bahan pakaian menjadi kasar
    Dari kelebihan deterjen Rinso yang sudah dijelaskan di atas, juga memiliki kekurangan pada deterjen Rinso ini. Yang pertama akan saya bahas adalah jika kamu memilih produk Rinso sebagai deterjen untuk mencuci pakaian ada kalanya kamu akan merasakan pakaian kamu akan menjadi kasar, hal tersebut juga sudah banyak adanya review mengenai hal tersebut.
  • Membuat warna baju menjadi pudar
    Kekurangan lainnya dengan deterjen Rinso juga membuat baju kamu bisa menjadi pudar warnanya. Dengan begitu kamu harus memperhatikan cara untuk meminimalisir hal tersebut, sebagai contoh kamu jangan terlalu lama merendam pakaian ini dengan deterjen Rinso. Jika kamu ingin mencuci langsung saja menuangkan Rinso secukupnya dan langsunglah mulai mencuci.
  • Tangan terkadang merasa panas
    Kekurangan lainnya ini sebenarnya banyak dialami oleh berbagai jenis merek dari deterjen. Tangan kamu akan merasa panas jika kamu terlalu lama mencuci dengan deterjen Rinso dan hal ini juga terjadi jika kamu mencuci menggunakan tangan secara manual ini terjadi biasanya di Rinso bubuk. Jika kamu mencuci dengan mesin cuci hal ini tidak akan terjadi. Kamu bisa memilih Rinso cair untuk menghindari hal tersebut.

Varian Favorit Deterjen Rinso.

Varian Deterjen RinsoKeterangan
Rinso Anti Noda Rinso Anti Noda tersedia dalam bentuk deterjen bubuk dan cair Classic Fresh yang kini hadir dengan teknologi SmartFoam, busa lebih cepat hilang saat membilas, menghemat hingga setengah air bilasan. Dengan formulasi anti noda, cepat menghilangkan noda membandel
Rinso Molto Deterjen Cair Rinso Molto deterjen cair mampu menghilangkan noda 2x lebih efektif (tergantung jenis noda, kain, dan kondisi pencucian) dengan kesegaran Molto yang tahan lama. Berbeda dengan deterjen bubuk, dengan formatnya yang cair dan formula hebat penghilang noda.
Rinso Matic Rinso Matic merupakan produk deterjen yang disediakan khusus untuk penggunakan mencuci dengan mesin cuci matic top load maupun front load. Tersedia dalam bentuk deterjen cair dan bubuk dengan varian yang berbeda.

Attack

Attack adalah brand deterjen yang sudah dikenal dan digunakan. Attack merupakan deterjen yang terbukti ampuh menghilangkan noda yang membandel, membuat pakaian menjadi putih cemerlang, pakaian jadi lembut dan tidak kasar.

Attack juga adalah deterjen berkualitas yang memiliki daya bersih tinggi dan selalu berinovasi. Varian-variannya mempunyai kemampuan lebih untuk memenuhi kebutuhan ibu rumah tangga yang akan menghasilkan cucian yang bersih, sehingga memberikan kepuasan menyeluruh setiap kali mencuci.

Lihat juga:  Pilih Mana: Cat Dulux atau Mowilex?

Kelebihan Attack

  • Ampuh menghilangkan noda
    Kelebihan utama yang dihasilkan oleh deterjen Attack ini adalah deterjen Attack dipercaya ampuh menghilangkan noda yang membandel di pakaian ataupun celana yang sedang kamu cuci sehingga hal ini akan membuat cucian kamu menjadi lebih bersih dan cemerlang.

  • Memiliki banyak varian
    Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh deterjen Attack adalah bahwa deterjen ini memiliki banyak varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu, varian tersebut juga memiliki banyak kemampuan lebih untuk memenuhi kebutuhan ibu rumah tangga.
  • Pakaian menjadi lembut
    Kelebihan ini juga menjadi pilihan untuk semua orang terutama ibu rumah tangga saat ini memilih deterjen. Attack dipercaya akan menghasilkan pakaian yang dicuci menjadi lebih lembut dan tidak kasar seperti pesaingnya yang sudah dijelaskan di atas yaitu Rinso.

Kekurangan Attack

  • Aroma tidak terlalu wangi dan tidak tahan lama
    Kekurangan yang utama dari deterjen Attack ini adalah aroma yang dihasilkan tidak terlalu tercium walaupun ada sedikit aromanya akan menghasilkan aroma yang tidak tahan lama jika dibandingkan dengan pesaingnya Rinso makan Rinso jauh lebih unggul untuk masalah ketahanan aroma.
  • Sedikit busa yang dihasilkan
    Deterjen Attack juga memiliki kekurangan yaitu sedikitnya busa yang dihasilkan sehingga kamu perlu menuangkan Attack agak terlalu banyak untuk menghasilkan busa yang banyak dan juga kamu memerlukan banyak tenaga untuk mengucek baju.
  • Terkadang tangan terasa panas
    Kekurangan yang terakhir ini akan kamu rasakan jika kamu mencuci pakaian menggunakan tangan atau secara manual, hal ini sama dengan deterjen Rinso. Tetapi ini biasanya terjadi di deterjen Attack yang bubuk. Kamu bisa pilih deterjen Attack yang cair jika ingin menghindari hal tersebut.

Varian Favorit Deterjen Attack.

Varian Deterjen RinsoKeterangan
Attack Hygiene Plus Protection Liquid Deterjen cair konsentrat berteknologi tinggi yang cocok untuk semua jenis mesin cuci, larut sempurna hingga ke serat kain dan mudah dibilas tanpa sisa deterjen pada pakaian maupun mesin cuci. Membersihkan dan merawat pakaian dengan baik.
Attack Plus Softener Deterjen konsentrat berteknologi tinggi dari Jepang, membersihkan dan merawat pakaian dengan baik ampuh mencegah pertumbuhan kuman membuat pakaian tampak lebih bersih dengan ampuh menghilangkan noda membandel dan membuat pakaian menjadi lembut.
Attack Batik Care Deterjen cair yang diciptakan khusus untuk mencuci dan merawat batik, kebaya, hijab, chiffon, kaftan, sutra, brokat, abaya, dan pakaian berbahan halus lainnya. Merawat warna dan melindungi pakaian dari kerusakan. Pakaian akan tampak lebih bersih cemerlang.

Jenis Deterjen

  • Deterjen Bubuk
    Deterjen bubuk adalah sabun cuci baju dalam format bubuk. Deterjen ini bisa digunakan untuk mencuci pakaian dari keranjang baju kotor sehari-hari. Deterjen bubuk dilengkapi dengan bahan aktif penghilang noda untuk membersihkan noda membandel dengan efektif. Selain itu, deterjen bubuk tersedia untuk proses pencucian manual dengan tangan dan mesin cuci.

  • Deterjen Cair
    Deterjen cair adalah sabun cuci cair untuk mencuci pakaian. Format cair memudahkan deterjen jenis ini lebih cepat larut dengan air. Selain itu, deterjen cair ini memiliki dua kali lebih efektif menghilangkan noda. Deterjen cair juga bisa mengaplikasikan langsung ke titik noda membandel di baju. Deterjen cair tersedia dalam dua varian, yakni untuk mencuci dengan tangan dan mesin cuci.
Jenis deterjen cair ini banyak menjadi pilihan semua orang karena tidak membuat tangan menjadi panas dan kasar.
  • Deterjen krim
    Detergen jenis krim seakan memiliki magnet yang tidak begitu kuat dan kurang begitu diminati karena hasil akhirnya yang kurang memuaskan dan memberikan efek baju yang kurang bersih. Umumnya, deterjen yang memiliki tekstur seperti pasta ini lebih sering digunakan untuk mencuci dengan menggunakan tangan. Hal ini menjadikan deterjen krim ini sudah sangat jarang dijual oleh toko-toko.

Pilih Mana: Rinso atau Attack?

RinsoAttack
Kelebihan - Busa lebih banyak dan banyak varian - Penghilang noda yang baik - Wangi tahan lama dan mudah didapatkan - Ampuh menghilangkan noda - Memiliki banyak varian - Pakaian menjadi lembut
Kekurangan- Dapat membuat bahan pakaian menjadi kasar - Membuat warna baju menjadi pudar - Tangan terkadang merasa panas - Aroma tidak terlalu wangi dan tidak tahan lama - Sedikit busa yang dihasilkan - Terkadang tangan terasa panas

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai deterjen Rinso dan Attack keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sebagai deterjen untuk mencuci pakaian. Tetapi jika melihat kelebihan dan kekurangan yang sudah dijelaskan di atas, saya lebih merekomendasikan kamu memilih Rinso untuk memenuhi kebutuhan mencuci pakaian kamu. Tetapi sebenarnya kamu harus menggunakan deterjen yang memang cocok saat kamu gunakan ya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rinso vs Attack

VS