HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Rinso atau Daia?

Pakaian merupakan hal yang paling sensitif bagi manusia untuk menunjang kepercayaan diri. Untuk itu kita harus mencucinya agar terhindar dari kotoran yang menempel dan lebih nyaman digunakan. Maka dari itu diperlukan deterjen yang memiliki kualitas baik untuk mengimbanginya, seperti Rinso dan Daia.

Rinso dan Daia hadir menemani para ibu untuk membersihkan noda yang membandel yang kerap menempel pada pakaian. Soal kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi karena kedua deterjen ini sudah berpengalaman puluhan tahun di bidang pembersih pakaian.

Rinso dan Daia sendiri hadir dalam kemasan deterjen bubuk dan deterjen cair. Semua tergantung dengan kebutuhan dan selera kamu masing-masing. Yuk mari cari tahu lebih lanjut detail dari kedua merek terkenal ini. Check it out!

Rinso

Rinso diproduksi di Indonesia sebagai merek deterjen pertama di Indonesia. Rinso merupakan merek yang paling umum dipakai di Amerika Serikat, Inggris dan Australia sejak tahun 1918.

Pada tahun 1970, Unilever, menyadari potensi Indonesia dan memperkenalkan Rinso. Perihal ini terbukti menjadi langkah yang cerdas sebab Rinso hari ini bangga nomor satu pemimpin di pasar deterjen Indonesia.

Rinso merupakan brand deterjen yang sudah dikenal dan dipakai, kenapa Rinso? Sebab Rinso merupakan deterjen yang terbukti ampuh menghilangkan noda yang membandel, membuat pakaian menjadi putih cemerlang, pakaian jadi lembut, memerlukan sedikit tenaga untuk mengucek nya, tidak pedih dan lembut di tangan juga menghasilkan cucian dengan warna yang cemerlang.

Rinso hadir dengan berbagai pilihan yaitu Rinso anti noda untuk noda yang membandel, Rinso liquid deterjen dalam bentuk cair, Rinso thousand lilies molto deterjen yang dilengkapi aroma wangi, Rinso colour and care untuk warna cucian lebih cemerlang. Rinso deterjen terpercaya dari dulu hingga hari ini, pastikan cuma Rinso yang menjadi deterjen andalan kamu. Baca juga Pilih Mana: Rinso atau Attack?

Kelebihan Rinso

  • Penghilang noda
    manfaat terpenting dari lainnya yaitu sebagai penghilang noda membandel yang ada di kemeja kesayangan kamu. perihal ini terbukti sebab rinso memiliki bahan yang sangat ampuh di dalamnya untuk menyerap dan menghilangkan noda noda yang susah hilang.
  • Busa lebih banyak
    Menghasilkan busa lebih banyak, sehingga bekerja lebih efektif dan tidak perlu kucek berulang kali, Dan hasilnya pun amat memuaskan. Jadi tidak perlu repot mesti mengucek atau menyikat berkali kali. Dan miliki sensasinya dari rinso.
  • Wangi tahan lama
    Aroma wangi superior Rinso cair sanggup bertahan lebih lama, maka kamu tidak usah repot repot beli minyak wangi. Cukup dengan rinso semuanya bisa segera teratasi.

Kekurangan Rinso

  • Panas di tangan
    Kekurangan pertama yang dimiliki rinso adalah panas di tangan. Hal ini menjadi kekurangan tersendiri karena bisa menyebabkan kulit jadi mengelupas dan tidak enak dilihat. Jika sudah terjadi seperti ini kamu bisa mencuci tangan kamu menggunakan air bersih yang mengalir agar bisa meminimalisir panas saat menggunakan Rinso.
  • Butuh kucekan yang cukup ekstra
    Kekurangan kedua yaitu dengan menggunakan Rinso sebagai deterjen membuat kamu harus mengeluarkan tenaga cukup ekstra untuk menguceknya agar noda atau kotoran yang berada di pakaian bisa hilang.
  • Membuat warna pakaian jadi pudar
    Kekurangan terakhir yang dimiliki Rinso adalah membuat warna pakaian kamu lama kelamaan akan menjadi pudar. Tentu ini akan membuat pakaian kamu menjadi tidak enak dipandang dan menjadi tidak layak untuk dipakai. Untuk itu lakukan prosedur mencuci yang baik yang ada pada kemasan Rinso.
Varian RinsoKeterangan
Rinso anti nodaMembersihkan berbagai jenis noda pada pakaian
Rinso molto ultraMembersihkan noda dan menciptakan kesegaran yang tahan lama
Rinso matic top loadMencuci pakaian dengan mesin cuci bukaan atas
Rinso matic front loadMencuci pakaian dengan mesin cuci bukaan depan

Daia

Deterjen merupakan pembersih sintetis yang terbuat dari bahan-bahan turunan minyak bumi. Deterjen dipakai untuk mencuci pakaian dan kain. Wings Group juga hadir dengan produk deterjen, bermerek Daia. Deterjen ini memiliki bahan-bahan yang bisa mengangkat kotoran dan noda, membuat pakaian bersih dan bebas noda.

Daia membantu ibu dalam mencuci pakaian dalam jumlah banyak, bekerja efektif dan cepat membersihkan pakaian. Daia mempunyai busa yang banyak dan lembut untuk tangan. Untuk pakaian putih, Daia menghadirkan Daia Putih yang membuat pakaian lebih putih dan tampil cemerlang.

Daia Bunga Dan Daia Lemon menawarkan produk yang membuat cucian bersih dan wangi (wangi bunga dan lemon). Daia Plus Softener, dengan daya cuci yang dahsyat namun membuat cucian jadi lembut. Tidak hanya deterjen, Daia hadir juga dengan produk softener.

Kelebihan Daia

  • Formulasi yang baik
    Memiliki formulasi hebat penghilang noda, Daia terbukti efektif mengangkat dan menghilangkan kotoran pada pakaian. Kamu juga tidak perlu lagi khawatir pakaian akan menguning sebab ekstrak pemutih pakaian sudah terkandung di dalamnya.
  • Lembut di tangan
    Seringkali kamu mengeluh bila setelah mencuci pakaian membuat tangan jadi kasar dan tidak harum. Tetapi Daia Detergent White memberikan formula yang sanggup melembutkan tangan setelah mencuci sehingga Kamu tidak perlu khawatir lagi tangan menjadi kasar. Daia juga mengandung L.A.S (Linear Alkylbenzene Sulfonate) yang mudah terurai dalam air sehingga lebih ramah lingkungan.
  • Wangi yang tahan lama
    Setelah mencuci menggunakan Daia, kamu akan merasakan aroma wangi yang disuguhkan oleh Daia. Aroma wanginya pun dinilai cukup tahan lama, sehingga kamu tidak perlu menggunakan parfum lagi untuk menjadi pewangi kamu.
Lihat juga:  8 Merk Rak Sepatu Terbaik 2021

Kekurangan Daia

  • Membuat tangan panas
    Sama halnya dengan Rinso, Daia juga menyebabkan tangan pencucinya menjadi panas dan kulit menjadi rusak. Cuci tangan kamu dengan air mengalir agar meminimalisir rasa panas yang ada.
  • Sedikit boros
    Agar performa pakaian menjadi lebih baik dan lebih wangi diperlukan deterjen Daia yang cukup banyak. Karena jika hanya sedikit menambahkannya tidak akan berefek penuh untuk pakaian kamu menjadi lebih wangi dan nyaman dipakai.
  • Bahan pakaian menjadi lebih kasar
    Kekurangan terakhir yang terdapat pada Daia adalah bahan pakaian yang dicuci akan menjadi lebih kasar dan kurang nyaman dipakai. Namun kamu bisa menyetrika pakaian kamu agar kembali menjadi lebih nyaman dipakai.
Varian DaiaKeterangan
Daia putihMembuat pakaian putih menjadi putih cemerlang dan pakaian warna tetap stand out
Daia bungaMembuat pakaian memiliki keharuman dan kesegaran bunga yang tahan lama
Daia lemonDengan formulasi kesegaran dari parfum lemon yang tahan lama membuat pakaian menjadi segar seharian
Daia softener pink & violetTak hanya membuat pakaian bersih dan segar sepanjang hari, namun juga membuat pakaian menjadi lembut

Tips mencuci menggunakan tangan yang benar

Mencuci menggunakan tangan merupakan cara yang terbukti ampuh dalam membersihkan pakaian harian kamu. Untuk itu berikut beberapa tips mencuci menggunakan tangan yang benar agar pakaian kamu senantiasa wangi dan nyaman dipakai.

  1. Isi ember cuci dengan air bersuhu sesuai petunjuk pada label perawatan pakaian. Bila kamu mencuci beberapa pakaian sekaligus, pilihlah suhu air terendah.
  2. Gunakan sarung tangan karet untuk mencuci.
  3. Tambahkan deterjen berkualitas pilihan kamu ke dalam air sesuai takaran yang direkomendasikan di kemasan detergen. Aduk-aduk dengan tangan sampai detergen terlarut sempurna di dalam air.
  4. Masukkan pakaian satu per satu sampai terendam seluruhnya di bawah permukaan air. Masukkan pakaian yang ternoda terlebih dahulu untuk direndam selama kurang lebih 30 menit.
  5. Kucek lembut cucian dalam air larutan detergen supaya noda terangkat. Hindari mengucek cucian terlalu kuat atau menarik pakaian ketika menguceknya.
  6. Gunakan sikat cucian yang lembut untuk membersihkan jenis-jenis atau bagian-bagian pakaian yang tidak bisa dikucek, misalnya kerah baju kaku dan bra.
  7. Peras cucian dengan meremas-remasnya. Memelintir cucian ketika memeras sebaiknya dihindari pada jenis pakaian apa pun serta berbahan apa pun. Buang air bekas cucian dan isi kembali ember dengan air bersih untuk membasuh cucian. Lakukan beberapa kali sampai air perasan jernih tanpa residu deterjen.
  8. Bila kamu ingin memakai pewangi atau pelembut cucian. Tambahkan produk yang kamu pilih pada air bilasan terakhir sesuai takaran yang direkomendasikan pada kemasan produk. Rendam cucian dalam larutan itu selama 10-15 menit.
  9. Angkat cucian dari larutan pewangi dan peras secukupnya.
  10. Jemur cucian di udara terbuka supaya pakaian terhindari dari bau apek. Pakaian yang rentan berubah bentuk sebaiknya tidak digantung di tali jemuran atau hanger, melainkan digelar di atas permukaan datar yang bersih. Kibaskan cucian untuk melepas kerutan-kerutan sebelum jemuran.

Pilih Mana: Rinso atau Daia?

Rinso Daia
Kelebihan- Penghilang noda - Busa lebih banyak - Wangi tahan lama - Formulasi yang baik - Lembut di tangan - Wangi yang tahan lama
Kekurangan- Panas di tangan - Butuh kucekan yang cukup ekstra - Membuat warna pakaian jadi pudar - Membuat tangan panas - Sedikit boros - Bahan pakaian menjadi lebih kasar

Kesimpulan

Pada artikel diatas sudah dijelaskan detail, kelebihan dan kekurangan dari Rinso dan Daia. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi yang mana pilihan kamu? Kalau mimin sih Daia karena lebih lembut dan memiliki wangi yang tahan lama. Tentukan pilihan deterjen kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rinso vs Daia

VS