Home

Pilih Mana: Rinso atau Soklin?

Saat ini semakin berdatangan variasi deterjen, baik dari segi aroma maupun kandungan yang dinilai aman untuk kulit sensitif, dan dapat menghilangkan noda membandel secara efektif.  Salah satunya merk deterjen Rinso dan Soklin. Merupakan deterjen yang sudah hadir sejak lama dan banyak menjadi pilihan para ibu rumah tangga di Indonesia.

Dalam artikel kali ini akan kita bandingkan kedua deterjen Rinso dan Soklin untuk melihat perbandingan dari keduanya, Selain itu, kami juga memberikan kalian tips mengenai memilih deterjen yang baik. Yuk daripada ketinggalan informasi langsung saja disimak!

Rinso

Rinso merupakan merek sabun cuci atau deterjen dari Unilever yang digunakan di Australia, Indonesia, Selandia Baru, Inggris dan Amerika Serikat. Merek ini awalnya diciptakan oleh Robert S. Hudson dengan merek dagang Hudson’s Soap dan pada tahun 1908 dijual kepada Lever Brothers dari Port Sunlight, Inggris. Rinso juga diproduksi oleh Unilever di Amerika Serikat, dimulai pada tahun 1918. Baca juga Pilih Mana: Rinso atau Attack?

Rinso merupakan salah satu bubuk sabun pertama yang dipasarkan secara massal. Rinso diiklankan secara luas melalui radio di Amerika Serikat, menjadi sponsor berbagai program radio populer di sana.

Kelebihan Rinso

  • Dapat menghilangkan noda membandel
    Rinso dapat dioleskan langsung di atas noda membandel pada pakaian untuk meningkatkan daya pembersih pada saat proses perendaman, seperti peran sabun colek dalam proses pencucian. Sehingga, Noda membandel akan hilang dalam sekali cuci.
  • Memiliki busa yang banyak 
    Busanya lebih banyak daripada deterjen bubuk biasa sehingga Rinso Cair mampu membersihkan lebih efektif ketika proses pencucian.
  • Mempunyai harum yang tahan lama 
    Memilih deterjen yang wanginya tahan lama juga menjadi pertimbangan saat kamu ingin membeli deterjen tersebut. Aroma wangi deterjen Rinso mampu bertahan lebih lama, maka kamu tidak perlu repot-repot membeli minyak wangi. Cukup dengan deterjen Rinso semuanya bisa segera teratasi. Deterjen Rinso juga mudah untuk kamu dapatkan karena sudah dijual dimana-mana sehingga tidak sulit untuk kamu mebelinya.

Kekurangan Rinso

  • Mempunyai efek yang panas ketika terkena kulit
    Kulit terutama tangan kalian akan terasa panas jika kamu terlalu lama mencuci dengan deterjen Rinso dan hal ini juga terjadi jika kamu mencuci menggunakan tangan secara manual ini terjadi biasanya di Rinso bubuk. Jika kamu mencuci dengan mesin cuci hal ini tidak akan terjadi. Kamu bisa memilih Rinso cair untuk menghindari hal tersebut.
  • Membuat pakaian menjadi kasar
    Dari kelebihan deterjen Rinso yang sudah dijelaskan di atas, juga memiliki kekurangan pada deterjen Rinso ini. jika kalianmemilih produk Rinso sebagai deterjen untuk mencuci pakaian ada kalanya kamu akan merasakan pakaian kamu akan menjadi kasar karena diakibatkan oleh butiran rinso yang ada, hal tersebut juga sudah banyak adanya review mengenai hal tersebut.
  • Dapat membuat warna pakaian menjadi pudar
    Kekurangan terakhir yang ada pada Rinso yaitu dapat membuat baju kamu bisa menjadi pudar warnanya. Dengan begitu kamu harus memperhatikan cara untuk meminimalisir hal tersebut, sebagai contoh kamu jangan terlalu lama merendam pakaian ini dengan deterjen Rinso.

Berikut beberapa varian dan harga dari produk Rinso pada tabel dibawah ini:

Produk Rinso Harga Per September 2019
Rinso Matic Deterjen Pencuci Pakaian Bubuk 1 kgRp 40.000
Rinso Liquid Molto Ultra 1000 mLRp 43.000
Rinso Deterjen Bubuk Anti Noda 1.8kgRp 40.000
Rinso Matic Top Load Untuk Mesin Cuci Bukaan Atas 1kgRp 50.000
Rinso Anti Noda 800 GramRp 40.000

Soklin

Deterjen Soklin mengkombinasikan keampuhan So Klin Detergent dengan kelembutan Softener. Softergent mampu membersihkan noda sekaligus melembutkan kain/pakaian. Soklin Softergent mampu menghilangkan noda hingga keserat kain, dengan extra butiran pelembut 2x lebih banyak, membuat 2x lebih lembut & lebih wangi  membuat serat kain lebih mengembang, lembut, halus & wangi. So Klin Softergent memberikan solusi ekonomis dan praktis.

Kini So Klin menghadirkan So Klin Softergent Lavender.  Variant terbaru dari So Klin Softergent ini merupakan  perpaduan deterjen dan butiran pelembuat  yang efektif membersihkan dan melembutkan pakaian dengan cara praktis dan ekonomis.

Tidak hanya itu saja, kini So Klin Softergent juga  dilengkapi dengan Fresh Protection yang dapat  melindungi pakaian dari bau apek meskipun dijemur didalam ruangan atau cuaca mendung. Cucian jadi lebih wangi, lembut & mudah disetrika . Dan juga Aroma Sensory lavender yang memberikan keharuman wangi bunga lavender yang menenangkan.

Kelebihan Soklin

  • Formula yang lembut
    Kelebihan  pertama pada Soklin yaitu dilengkapi dengan formula yang lembut sehingga tidak membuat kulit tangan pecah-pecah. Soklin sangat cocok bagi kalian yang mempunyai kulit yang sensitif.
  • Tidak meninggalkan residu
    Untuk kelebihan yang lain pada Soklin ini yaitu produk yang tidak meninggalkan residu, beberapa detergent meninggalkan residu setelah pemakaian namun beda halnya dengan Soklin ini yang sama sekali tidak meninggal residu pada pakaian.
  • Formula anti bakteri
    Selain dapat menghilangkan noda dan memberikan keharuman pada pakaian, Soklin ini dapat membunuh bakteri pada pakaian. Sehingga pakaian untuk keluarha terjaga kesehatannya.
Lihat juga:  10 Merk Kompor Gas Terbaik 2021

Kekurangan Soklin

  • Terdapat zat kimia
    Didalam softener Soklin ini terdapat zat kimia yang dapat merusak lingkungan. jadi, kekurangan dari produk ini dapat mencemari lingkungan.
  • Tidak bisa menghilangkan noda membandel secara efektif
    Untuk kekurangan yang ada pada Soklin ini yaitu kemampuannya yang kurang dalam menghilangkan noda membandel, Jika dibandingkan dengan rinso yang dapat secara efektif menghilangkan noda membandel yang ada pada pakaian.
  • Busa yang sedikit
    Kekurangan terakhir yang ada pada Soklin yaitu sedikitnya busa yang dihasilkan sehingga kamu perlu menuangkan Soklin cukup banyak untuk menghasilkan busa yang banyak sehingga penggunaannya akan sedikit lebih boros.

Berikut beberapa varian dan harga dari produk Rinso pada tabel dibawah ini:

Produk SoklinHarga Per September 2019
Soklin Higinis Putih 18Kg Rp 35.500
Soklin Cair Liquid Softergend 750mlRp 55.000
Soklin GSG: Matic Deterjen Cair Top Load Pouch 1600 mLRp 34.000
So Klin So klin Softergen Pink Cotton 1800 GramRp 45.000
So Klin Power Pro 18kg Rp 35.500

Cara memilih deterjen pakaian

1. Hilangkan noda membandel terlebih dahulu
Kebanyakaan noda yang menempel di pakaian seperti noda minyak, tumpahan makanan, keringat dan lain sebagainya, memiliki sifat asam. Pilihlah deterjen beralkalinitas rendah untuk menetralisir sifat asam pada noda. Dengan begitu noda akan lebih mudah rontok.

2. Pilihlah deterjen dengan kandungan sekaligus pemutih
Aroma itu timbul karena noda yang melekat kuat pada serat pakaian belum hilang sepenuhnya. Deterjen beralkalinitas lemah sebenarnya sudah cukup untuk menghilangkan noda, tetapi dalam keadaan seperti itu, pilihlah deterjen yang juga mengandung bahan pemutih atau sodium carbonate.

3. Gunakanlah deterjen khusus untuk menjaga tekstur bahan pakaian tertentu
Agar tekstur bahan wol, rajut, dan sebagainya tetap terjaga, gunakanlah deterjen netral atau deterjen khusus. Bila hanya untuk sekali pencucian, menggunakan deterjen biasa pun tak masalah. Namun, sebaiknya hal itu tak dilakukan secara berkelanjutan. Deterjen netral atau khusus umumnya telah melalui serangkaian uji coba sehingga terbukti efektif membersihkan noda membandel sekaligus menjaga tekstur dan warna pakaian.

4. Periksalah kecocokan kandungan deterjen dengan jenis pakaian
Selain mengandung bahan pembersih noda, sebagian deterjen juga mengandung pemutih sekaligus pelembut. Pililhlah produk dengan meneliti bahan serta cara kerjanya karena tidak semua deterjen akan cocok dengan jenis bahan pakaian yang akan dicuci.

  • Kandungan fluorescent agent
    Kandungan fluorescent agent yang meningkatkan fungsi pemutih dan mencerahkan warna pakaian.
  • Kandungan pelembut untuk menghemat waktu dan tenaga saat mencuci
    Deterjen berkandungan pelembut tentu membuat kalian lebih lega karena hasil cucian bisa lembut hanya dengan satu langkah. Selain hasil yang lebih lembut dibandingkan dengan deterjen biasa, timbulnya daya listrik statis pada kain pun bisa dicegah.
  • Kandungan enzim
    Enzim yang terkandung dalam deterjen merupakan enzim pemecah noda yang dapat meresap ke dalam serat pakaian. Terdapat empat jenis enzim yang umum digunakan, yaitu protease, lipase, amilase, dan selulase untuk menghilanngkan dan membersihkan noda membandel.

5. Pilihlah deterjen dengan efisiensi harga yang sesuai anggaran
Karena digunakan hampir setiap hari, pilihlah deterjen berdasarkan anggaran belanja kalian.Berdasarkan perbandingan harga dan kuantitasnya, deterjen bubuk yang umumnya lebih ekonomis menempati urutan pertama, disusul oleh deterjen cair dan gel ball detergent.

Selain itu, kalian bisa menyiasati anggaran dengan penggunaan soda kue dan sabun cuci. Keduanya dapat digunakan sebagai substitusi deterjen khusus untuk mencuci bagian kerah atau lengan.

Pilih Mana: Rinso atau Soklin?

RinsoSoklin
Kelebihan - Dapat menghilangkan noda membandel - Memiliki busa yang banyak  - Mempunyai harum yang tahan lama  - Formula yang lembut  - Tidak meninggalkan residu - Formula anti bakteri
Kekurangan- Mempunyai efek yang panas ketika terkena kulit - Membuat pakaian menjadi kasar - Dapat membuat warna pakaian menjadi pudar - Terdapat zat kimia  - Tidak bisa menghilangkan noda membandel secara efektif  - Busa yang sedikit

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas mengenai kedua deterjen Rinso dan Soklin, kedua deterjen memang sangat laris di pasaran karena keunggulan yang ditawarkannya dan dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua deterjen ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kalian mempunyai kulita yang cukup sensitif kami menyarankan kalian untuk memilih deterjen Soklin, Namun jika kalian ingin memfokuskan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian Rinso dapat menjadi pilihan yang tepat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rinso vs Soklin

VS