Finance

Pilih Mana: Ripple atau Vertcoin?

Mata uang digital sangat viral di kalangan masyarakat. Hal ini karena mata uang digital memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan mata uang biasanya. Banyak sekali mata uang yang dapat kamu temukan yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu berinvestasi, seperti Ripple dan Vertcoin.

Kedua ini sudah banyak menjadi pilihan bagi orang yang suka dengan investasi mata uang digital, karena banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan. Pada artikel ini akan membahas mengenai Ripple dan Vertcoin tersebut. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Ripple

Ripple pertama kali diidealisasikan oleh Ryan Fugger pada tahun 2004, yang mengembangkan prototipe pertama untuk Ripple sebagai sistem keuangan digital desentralisasi (Ripple Pay). Sistem ini diluncurkan pada tahun 2005 dan bermaksud untuk menyediakan solusi pembayaran yang aman dalam jaringan global. Baca juga Pilih Mana: Cardano atau Ethereum?

Pada tahun 2012, Fugger menyerahkan proyek itu kepada John McCaleb dan Chris Larsen, dan bersama- sama mereka membangun suatu perusahaan berbasis teknologi di Amerika Serikat bernama OpenCoin. Mulai saat itu Ripple mulai dibangun sebagai sebuah protokol yang bermaksud untuk menyediakan solusi perbankan dan institusi finansial lainnya.

Di tahun 2013, OpenCoin merubah namanya menjadi Ripple Labs, yang akhirnya pada tahun 2015 diubah kembali menjadi Ripple. mengadopsi teknologi Blockchain seperti Bitcoin dan mata uang kripto lain pada umumnya. Namun, Ripple diciptakan untuk tujuan yang agak berbeda dari Bitcoin. Selain digunakan sebagai tempat penyimpan kekayaan, Ripple juga mempunyai tujuan lain sebagai pelengkap penggunaan mata uang kripto lainnya.

Tujuan Utama Ripple
Ripple sebagai alat pembayaran global berbasis Internet Protocol, seperti HTTP dan TCP/IP yang digunakan dalam pengaturan website dan data. Namun, Ripple didesain khusus untuk melakukan pengiriman dan penerimaan pembayaran Cross-Chain Universal.

Ripple bisa bertindak sebagai exchanger terhadap mata uang Negara (Rupiah, Dollar, Poundsterling dan lain-lain), Cryptocurrencies (BTC, ETH, LTC dan lain-lain), hingga Komoditas (Emas dan Perak). Singkatnya, Ripple menjadi solusi mudah atas pertukaran mata uang satu dengan lainnya. Ripple juga memiliki banyak manfaat untuk melakukan transaksi seperti pembayaran lebih murah.

Ripple juga merupakan mata uang kripto yang tidak bisa diatur nilainya oleh institusi (organisasi) manapun, pemerintah, bahkan penciptanya sendiri, pembayaran lebih murah. Karena Ripple juga merupakan mata uang kripto yang tidak bisa diatur nilainya oleh institusi (organisasi) manapun, pemerintah, bahkan penciptanya sendiri, pembayaran lebih murah.

Kelebihan Ripple

  • Keamanan yang Baik
    Penggunaan Ripple (XRP) sangat aman, karena memiliki perlindungan jaringan dari penyalahgunaan dengan sistem Shared Ledger dari akun ke akun. Jadi, hampir tidak mungkin penyerangan (hacking) terhadap Ripple ini berhasil, karena server Ledger (Buku Besar) catatan transaksi tidak hanya dimiliki satu komputer pada satu tempat saja, namun dimiliki semua pengguna Ripple di seluruh dunia.
  • Harga Masih Murah
    Ripple awalnya dirancang sebagai sistem pembayaran sehari-hari, jadi Ripple lebih hemat tenaga maka hal ini akan membuat nilai transaksi yang termasuk murah atau transaksinya lebih cepat dan murah.
  • Ripple Aman Akan Pemeriksaan
    Ripple telah dimulai sebagai sebuah organisasi resmi, sebagaimana fokus utamanya untuk digunakan oleh bank. Sehingga Ripple tidak menjadi subjek beberapa pemeriksaan regulasi seperti banyak cryptocurrency lainnya.
Manfaat RippleKeterangan
Ripple Sebagai Alat Pembayaran Ripple sebagai alat pembayaran global berbasis Internet Protocol, seperti HTTP dan TCP atau IP yang digunakan dalam pengaturan website dan data. Namun, Ripple didesain khusus untuk melakukan pengiriman dan penerimaan pembayaran Cross-Chain Universal.
Ripple Bisa Sebagai ExchangerRipple bisa bertindak sebagai exchanger terhadap mata uang Negara (Rupiah, Dollar, Poundsterling dan lain-lain), Cryptocurrencies (BTC, ETH, LTC dan lain-lain), hingga Komoditas (Emas dan Perak).
Pembayaran Lebih MurahKarena Ripple juga merupakan mata uang kripto yang tidak bisa diatur nilainya oleh institusi (organisasi) manapun, pemerintah, bahkan penciptanya sendiri, pembayaran lebih murah.
Solusi Mudah Untuk Pertukaran UangRipple menjadi solusi mudah atas pertukaran mata uang satu dengan lainnya. Ripple juga memiliki banyak manfaat untuk melakukan transaksi seperti pembayaran lebih murah.

Kekurangan Ripple

  • Tidak Ada Rencana Jangka Panjang
    Tujuan utama Ripple adalah untuk mempromosikan teknologi transfer uangnya dan koin XRP tampaknya menjadi bagian sekunder dari strategi keseluruhan mereka. Ini, oleh karena itu, menunjukkan Ripple tidak bermain sesuai dengan aturan cryptos tradisional.
  • Memegang 50% Pasokan Koin XRP
    Sementara cryptocurrency dalam sifatnya dimaksudkan untuk didesentralisasi, Ripple telah menentang biji-bijian dan memiliki lebih dari 50% dari seluruh pasokan pada koin XRP . Para ahli percaya bahwa ini dapat memiliki semacam efek buruk pada prediksi harga Ripple.
  • Buku Besar yang Tidak Standar
    Pendekatan buku besar konsensus Ripple juga berbeda dari standar cryptocurrency biasa karena mengharuskan peserta yang “divalidasi” untuk memberikan verifikasi transaksi.
Lihat juga:  Pilih Mana: Investasi Perak atau Emas?

Vertcoin
Vertcoin diluncurkan pertama kali pada tahun 2014. Algoritma Vertcoin direka untuk menahan pengembangan perkakasan pertambangan dan pertambangan multipool khusus, memastikan transaksi disahkan oleh rangkaian yang tersebar luas dan mengelakkan tekanan jualan apabila kolam perlombongan yang besar secara tidak sengaja membanjiri pasar dengan uang syiling yang baru di tambang.

Vertcoin sudah didesain khusus untuk operasi penambangan kecil. Koin digital ini menggunakan algoritma Proof of Work sebagai mekanisme konsensus. Kelebihan dari Vertcoin yaitu, koin kripto ini dibuat untuk dapat bertahan terhadap pengembangan hardware seperti ASIC. Vertcoin tidak memiliki ICO atau Premine, pengembang bekerja sepenuhnya dari donasi komunitas.

Tujuan Utama Vertcoin
Vertcoin adalah mata wang digital yang boleh ditukar melalui internet. Vertcoin ini juga sebenarnya ditujukan khusus untuk orang yang mempunyai toko-toko lokal, pedagang online, dan bisnis independen. Banyak sekali orang yang sudah menjadikan Vertcoin sebagai investasi yang baik,

Vertcoin juga membangun komunitas crypto dengan lebih dari 40 pedagang dan bisnis yang menerima koin untuk pembayaran. Sebagai “The People’s Coin”, pesannya adalah untuk “membangun bank kamu sendiri.” Vertcoin juga tidak dimiliki negara manapun.

Kelebihan Vertcoin

  • Dapat Menjadi Tabungan
    Vertcoin merupakan bentuk lain tabungan masyarakat yang diterapkan dengan sistem yang tidak merepotkan. Selain itu dengan Vertcoin semua perantara keuangan yang biasa dilakukan di bank-bank dapat dihilangkan. Para pemegangnya juga tak perlu membayar biaya layanan dan registrasi.
  • Keamanan Terjamin
    Pada keamanan Vertcoin juga terjamin, hal tersebut tidak perlu kamu ragukan lagi. Karena banyak juga yang sudah menggunakan vertcoin ini.
  • Mampu Menjadi Mata Uang Global
    Meski setiap negara telah memiliki mata uang masing-masing, Vertcoin tetap hadir dan masuk kedalamnya mata uang global. Vertcoin tidak mengenal batas negara, tidak goyah karena kondisi politik di pemerintahan, dan tidak terpengaruh apapun.
Manfaat VertcoinKeterangan
Dapat Menjadi TabunganVertcoin merupakan bentuk lain tabungan masyarakat yang diterapkan dengan sistem yang tidak merepotkan. Selain itu dengan Vertcoin semua perantara keuangan yang biasa dilakukan di bank-bank dapat dihilangkan.
Mampu Menjadi Mata Uang GlobalVertcoin adalah mata wang digital yang boleh ditukar melalui internet, dan juga Vertcoin mampu menjadi mata uang global.

Kekurangan Vertcoin

  • Tidak Stabil
    Vertcoin merupakan mata uang yang bersifat spekulatif. Sedangkan saat ini belum cukup banyak perusahaan yang menawarkan pembelian dan penjualan produk-produk dengan vertcoin sebagai alat pembayarannya. Maka dari itu Vertcoin dibilang keaungan yang tidak stabil atau bersifat spekulatif.
  • Dapat Terjadi Tindakan Kriminal
    Tindakan kriminal disini maksudnya adalah, bahwa Vertcoin juga rentan terhadap tindakan kriminal seperti pencucian uang. Hal tersebut terjadi karena Vertcoin sendiri tidak diatur dalam pemerintahan.
  • Resiko Kehilangan yang Tinggi
    Resiko isi hard disk Vertcoin terhapus tanpa sengaja. Kamu dapat kehilangan semua isi dompet tanpa bisa ditelusuri kemana hilangnya. Selain itu, orang-orang yang memiliki keahlian di bidang komputerisasi dapat mencuri uang.

Pilih Mana: Ripple atau Vertcoin?

Ripple Vertcoin
Kelebihan- Kemanan yang baik tidak perlu diragukan - Ripple aman akan pemeriksaan - Harga transaksi yang murah - Dapat menjadi tabungan - Keamanan yang terjamin - Mampu menjadi mata uang global
Kekurangan- Tidak ada rencana jangka panjang - Memegang 50% pasokan koin XRP - Buku besar yang dibawah standar- Tidak stabil - Dapat terjadi tindakan kriminal - Resiko kehilangan yang besar

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Ripple dan Vertcoin, keduanya adalah mata uang yang dapat dijadikan investasi yang sangat bagus, karena Ripple dan Vertcoin juga memiliki kelebihan yang cukup baik. Tetapi memang keduanya juga memiliki kekurangannya masing-masing. Jadi, untuk kamu yang ingin berinvestasi, sebaiknya kamu harus terlebih dahulu memahami mengenai investasi yang kamu pilih, dan resiko-resiko yang akan didapatkan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ripple vs Vertcoin

VS

Leave a Reply