KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Roti Tawar atau Gandum?

Karena nasi dianggap sebagai makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang sangat tinggi, banyak orang yang mencari makanan pengganti nasi. Salah satu makanan pengganti nasi adalah roti, roti juga memiliki beberapa jenis seperti roti tawar dan roti gandum. Jika Anda membutuhkan makanan pengganti nasi, manakah yang sebaiknya Anda pilih? Roti tawar atau nasi?

Roti tawar dan roti gandum merupakan makanan yang sama-sama dapat digunakan sebagai pengganti nasi karena sama-sama memiliki kandungan karbohidrat. Meskipun sama-sama memiliki kandungan karbohidrat, kedua jenis roti ini memiliki banyak perbedaan. Dilihat dari bentuk fisiknya saja, Anda pasti bisa membedakan roti tawar dengan roti gandum. Roti tawar memiliki warna yang lebih putih dan memiliki tekstur yang lebih halus. Sedangkan roti gandum memiliki warna yang cenderung coklat dan memiliki tekstur yang halus. Selain roti tawar dan roti gandum, Anda juga dapat menggunakan oatmeal sebagai makanan pengganti nasi.

Roti Tawar

Roti tawar merupakan roti yang paling banyak dikenal oleh masyarakat. Roti ini memiliki warna yang cenderung putih. Roti tawar dibuat dari tepung terigu yang bagian kulit luar dan serat dari serealianya telah dibuang. Baca juga Pilih Mana: Roti Kukus atau Roti Bakar?

Kelebihan Roti Tawar

Berikut beberapa kelebihan atau manfaat mengonsumsi roti tawar yang perlu Anda ketahui:

Lebih Tahan Lama
Salah satu kelebihan roti tawar adalah dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan roti gandum. Warna putih pada roti tawar dihasilkan dari proses penggilingan yang cukup lama, hal ini juga yang membuat minyak alaminya terpisah sehingga roti tawar dapat tahan lebih lama dibandingkan dengan roti gandum.

Sebagai Penambah Energi
Kelebihan lain yang dimiliki roti tawar adalah dapat menambah energi dan dapat berfungsi sebagai pengganti nasi. Roti tawar mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga akan mampu membuat kenyang. Saat lapar, roti juga lebih praktis dikonsumsi daripada harus makan nasi. Kamu bisa membeli di toko atau mall seperti Hypermart 

Harga yang Lebih Terjangkau
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh roti tawar adalah memiliki harga yang relatif terjangkau. Selain dapat bertahan lebih lama, roti tawar juga memiliki harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan roti gandum. Karena itulah, roti ini lebih sering dibeli atau dikonsumsi.

Kekurangan Roti Tawar

Berikut kekurangan roti tawar yang perlu Anda ketahui:

Rentan Mengalami Lonjakan Gula Darah
Salah satu kekurangan mengonsumsi roti tawar adalah tubuh akan rentan mengalami kenaikan gula darah. Hal ini disebabkan karena roti tawar terbuat dari tepung yang sangat halus sehingga sangat mudah dicerna oleh tubuh. Saat gula darah naik, tubuh akan cenderung menghasilkan lebih banyak insulin. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus menyebabkan diabetes tipe dua.

Mengandung Lebih Banyak Kalori
Kekurangan lain yang dimiliki roti tawar adalah memiliki kalori yang lebih banyak atau lebih besar jika dibandingkan dengan roti gandum. Dengan demikian, roti tawar ini sebenarnya kurang cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Dikutip dari IDNTimes.com karena mengandung lebih banyak kalori roti tawar malah berpotensi menaikkan berat badan.

Ditambahkan Bahan Kimia
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki roti tawar adalah ditambahkan bahan kimia yang cukup banyak. Bahan kimia tersebut seperti benzyl peroxide, potassium bromide, serta diperkaya dengan vitamin dan mineral melalui proses yang artifisial bukan proses alami.

Kelebihan Roti TawarKekurangan Roti Tawar
- Lebih tahan lama- Rentan mengalami lonjakan gula darah
- Sebagai penambah energi- Mengandung lebih banyak kalori
- Harga yang lebih terjangkau- Ditambahkan bahan kimia

Roti Gandum

Roti gandum merupakan roti yang terbuat dari tepung rye atau gandum utuh yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Roti gandum ini memiliki warna yang lebih kecoklatan. Warna tersebut diperoleh secara alami dari bagian berserat dari serealia yang sengaja tidak dibuang serta digunakan dalam tepungnya.

Kelebihan Roti Gandum

Berikut beberapa kelebihan atau manfaat mengonsumsi roti gandum yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Banyak Serat
Salah satu kelebihan roti gandum adalah memiliki kandungan serat yang banyak. Dengan demikian usus akan lebih sehat, selain itu tubuh juga akan terhindar dari risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, sembelit, obesitas dan lain sebagainya.

Memiliki Kandungan Gizi yang Lebih Tinggi
Kelebihan lain yang dimiliki roti gandum adalah memiliki kandungan zat gizi yang lebih tinggi daripada roti tawar. Zat gizi tersebut seperti mineral, vitamin B, serta berbagai jenis lemak. Hal ini dikarenakan roti gandum memiliki proses pembuatan dan penggilingan yang tidak terlalu lama seperti roti tawar.

Tidak Menggunakan Bahan Kimia
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki roti gandum adalah sebagian besar roti gandum diproses dengan cara alami dan tidak digiling dalam waktu yang lama. Selain itu, roti gandum juga biasanya tidak ditambahkan dengan bahan-bahan kimia sehingga lebih sehat dan lebih alami.

Kekurangan Roti Gandum

Berikut kekurangan roti gandum yang perlu Anda ketahui:

Kurang Tahan Lama
Salah satu kekurangan roti gandum adalah kurang awet dan kurang tahan lama, hal ini dikarenakan proses penggilingan roti gandum lebih sebentar. Selain itu, minyaknya juga tidak dipisahkan dari roti saat proses penggilingan sehingga roti gandum lebih cepat rusak dan kurang tahan lama.

Harga Lebih Mahal
Kekurangan lain yang dimiliki roti gandum adalah memiliki harga yang lebih mahal sedikit jika dibandingkan dengan roti tawar. Namun, harga yang mahal ini sesuai dengan kualitas dan zat gizi yang terkandung dalam roti gandum.

Memiliki Kandungan Gluten
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki roti gandum adalah memiliki kandungan gluten di dalamnya. Gluten merupakan mengandung komponen yang bernama peptida. Gluten merupakan salah satu komponen yang menghindari gluten ini karena masalah kesehatan.

Kelebihan Roti GandumKekurangan Roti Gandum
- Memiliki banyak serat- Kurang tahan lama
- Memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi- Harga lebih mahal
- Tidak menggunakan bahan kimia- Memiliki kandungan gluten

Pilih Mana: Roti Tawar atau Gandum?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara roti tawar dan roti gandum. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Roti TawarRoti Gandum
- Proses penggilingan lebih lama- Proses penggilingan lebih sebentar
- Mengandung lebih sedikit serat- Mengandung lebih banyak serat
- Memiliki warna yang cenderung putih- Memiliki warna yang cenderung coklat

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai roti tawar dan roti gandum di atas, dapat diketahui bahwa roti gandum mengandung serat dan nilai gizi yang lebih tinggi daripada roti tawar. Selain itu roti gandum juga tidak ditambahkan bahan-bahan kimia pada saat proses pembuatannya, sehingga roti gandum lebih sehat dan lebih baik untuk dikonsumsi. Khususnya bagi Anda yang sedang diet, sebab roti gandum tidak memiliki kalori yang tinggi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Roti Tawar vs Gandum

VS

Leave a Reply