Home

Pilih Mana: Ruko atau Rumah?

Ruko dan Rumah adalah sebuah tempat yang sering dijadikan untuk investasi seperti disewakan atau dijual belikan. Disini saya akan menjelaskan definisi ruko dan rumah, tips desain ruko dan rumah juga kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Ruko

Ruko atau singkatan dari rumah toko sendiri merupakan sebutan untuk bangunan- bangunan di Indonesia yang umumnya berlantai antara 2 sampai 5 lantai yang sering dijadikan investasi. Lantai- lantai dasar pada ruko digunakan sebagai tempat usaha atau seperti kantor, sedangkan lantai atasnya digunakan sebagai tempat tinggal. Baca juga Pilih mana: Garasi atau Carport

Ruko umumnya mempunyai penampilan yang sederhana serta sering dibentuk bersama ruko- ruko lainnya yang memiliki konsep yang serupa ataupun mirip sebagai suatu kompleks. Walaupun diucap sebagai ruko, toko- toko ini menyediakan beraneka ragam fungsi dari rumah makan hingga garasi kecil untuk memperbaiki kendaraan.

Tips Desain Ruko

Biaya Ekonomis
Pembuatan ruko juga wajib memperkirakan bayaran yang dikeluarkan dengan teliti agar lebih murah. Saat sebelum membuat konsep, sebaiknya dicoba analisa tapak terlebih dahulu. Gunanya buat memastikan angka ataupun harga jual ruko itu agar angka dari sebagian gedung yang ada bisa dibandingkan.

Bentuk ruko
Gedung ruko umumnya terdiri dari 2 atau 3 lantai. Bentuk dasarnya adalah balok yang diberi menukik ataupun rongga di bagian tertentu. Tidak hanya itu, masing- masing ruko senantiasa ditandai dengan garis lurus pada kolom. Jadi, batas antar ruko tidak berupa dinding atau pagar melainkan garis lurus itu sendiri.

Lokasi
Lokasi menggambarkan perihal terutama buat penentuan tempat ruko yang penting. Dalam memilih lokasi, dibutuhkan analisa jejak terlebih dahulu, yaitu seperti riset kecil untuk menentukan apakah suatu lokasi pantas untuk diperuntukan sebagai tempat usaha atau tidak.

Ukuran Ruko
Pada umumnya, tidak ada ketentuan hal standar resmi ukuran suatu ruko. Akan tetapi, ukuran standar yang digunakan sebagai prinsip merupakan lebar depan suatu mobil( kendaraan roda 4), yaitu 3, 5 meter.

Umumnya lagi ditambah juga dengan sirkulasi pejalan kaki( estimasi 2 orang berjalan bersebelahan), yaitu 1,5 meter. Jadi, ukuran standar yang bisa didapat untuk lebar depan suatu ruko adalah 5 meter.

Jika kamu yang malas untuk mencari ruko keliling-keliling, nah kamu bisa mencarinya di situs online seperti OLX.

Rumah

Dalam arti umum, rumah merupakan salah satu gedung yang dijadikan tempat tinggal sepanjang waktu waktu tertentu. Rumah dapat menjadi tempat tinggal orang ataupun binatang, tetapi untuk sebutan tempat tinggal yang khusus untuk binatang merupakan sangkar, sarang, atau kandang.

Dalam arti khusus, rumah merujuk pada konsep- konsep sosial- kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain- lain.

Rumah mempunyai bermacam bentuk serta jenis konsep yang beraneka ragam, tidak hanya bentuk rumah minimalis, ada pula sebagian bentuk rumah lain seperti bentuk rumah kontemporer, rumah tradisional serta bentuk rumah modern yang banyak diinvestasikan. Tidak hanya mempunyai beraneka ragam bentuk rumah saat ini pula mempunyai ukuran dasar, seperti rumah type 36, rumah type 45, rumah type 54

Tips Desain Rumah

Hindari Menyimpan Barang yang Tidak Diperlukan
salah satu prinsip dari rumah minimalis merupakan barang- barang yang terdapat di dalam rumah diseleksi dengan cara fungsional. Artinya, pisahkan atau buang benda yang tidak bermanfaat atau sudah lebih dari 3 bulan tidak kamu gunakan.

Di sisi lain, pastikan perabotan yang terdapat memang mempunyai fungsi yang kamu perlukan. Lebih baik lagi bila bersifat multifungsi. Misalnya, tempat tidur yang juga mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan.

 

Pilih Satu Warna Netral Sebagai Dasar
Sebaiknya pilih warna netral sebagai dasar konsep karena inti dari konsep minimalis adalah tidak berlebihan. Dari menggabungkan bermacam warna netral lebih bagus kamu langsung memilih satu warna netral sebagai dasar.

Mayoritas orang memilih satu warna netral buat cat dinding. Setelahnya warna furniture dapat dicocokkan dengan turunan warna dasar yang dipilih. Kesan warna netral ini juga membantu rumah mungilmu terlihat jauh lebih besar plus bergaya.

Pilih Perabotan Berkualitas
Rumah ukuran tipe 21 atau 36 memang sangat tricky saat harus memilih furniture alasannya karena ruangannya sangat terbatas. Kamu harus benar- benar memilih perabotan yang dibutuhkan dengan kualitas yang baik.

Dibandingkan membeli banyak perabotan serta furniture lebih bagus kamu merinci dulu barang apa saja yang sangat diperlukan. Lebih bagus kamu memilih furniture dengan bahan terbaik dengan harga yang sedikit mahal.


Usahakan Mendapatkan Penerangan Alami
Salah satu sistem mendapatkan rumah yang nyaman merupakan dengan mendapatkan sinar ataupun penerangan terbaik. Tidak ada salahnya berinvestasi mengganti aturan posisi lampu ataupun meningkatkan jendela besar agar rumah kamu mendapatkan penerangan alami.

Jangan berikan penerangan redup ya karena rumah kamu akan terlihat tua serta usang. Jika tidak dapat merombak aturan posisi lampu serta jendela beli lah beberapa lampu meja atau stand lamp.

Jika kamu yang malas untuk mencari rumah keliling-keliling, nah kamu bisa mencarinya di situs online seperti OLX.

Pilih Mana: Ruko atau Rumah?

RukoRumah
Kelebihan - Permintaan terhadap suplai ruko dan rukan tergolong tinggi - Jangka waktu penyewaan menengah yakni antara 2-3 tahun lebih panjang - Tingkat pengembalian investasi ruko dan rukan lebih besar- Kenaikan harga menjanjikan sekitar 10 hingga 25%. - Banyak dicari orang dibandingkan tanah ataupun apartemen - Lebih mudah diagunkan ke bank jika Anda ingin memutar uang untuk investasi lain
Kekurangan- Ruko dan rukan sensitif terhadap krisis ekonomi karena merupakan tempat berdagang - Prospek bisnis ruko dan rukan sangat bergantung pada lokasi - Nilai bangunannya semakin lama semakin menyusut. Tentu karena semakin tua umur bangunan nilai ekonomisnya juga menurun. - Membutuhkan perawatan terus menerus sehingga rumah yang kamu jadikan investasi tetap kokoh

Kesimpulan:

Pada dasarnya Ruko dan Rumah sangat bagus untuk dijadikan investasi disewakan atau dijual. walaupun begitu harus benar-benar dilihat nilai investasinya seperti lokasi dan sebagainya agar untuk kamu yang suka investasi Ruko dan Rumah tidak akan rugi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ruko vs Rumah

VS

Leave a Reply