Perangkat Keras

Pilih Mana: RX 570 vs GTX 1060

Bermain game atau sekedar menonton lewat pc tentunya membutuhkan spesifikasi dan performa yang baik, terlebih pada bagian VGA Card . VGA Card sendiri saat ini sudah banyak jenisnya, baik untuk kepentingan gaming atau kebutuhan sehari-hari. Salah dua VGA Card yang saat ini cukup diminati adalah RX 570 dan GTX 1060.

RX 570 dan GTX 1060 sendiri mumpuni untuk kamu yang menginginkan kualitas grafik berkualitas tinggi. Dengan begitu tak heran bila harga yang disematkan kedua VGA Card ini umumnya cukup tinggi juga.

Untuk itu yuk simak terus artikel kali ini yang membahas RX 570 dan GTX 1060 sehingga bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih VGA Card andalan kamu untuk aktivitas sehari-hari.

RX 570 vs GTX 1060

RX 570

VGA Card RX 570 sendiri cukup menjadi andalan untuk beberapa orang yang membutuhkan desain gambar yang cerah dan detail. Salah satu merek yang merilis RX 570 yaitu datang dari AMD Radeon.

Selain memperkenalkan Radeon RX 580 di lini Radeon RX 500 Series terbaru mereka, divisi RTG (Radeon Technologies Group) dari AMD ini juga memperkenalkan Radeon RX 570 untuk menawarkan pengalaman bermain permainan yang lebih baik di tingkat Full-HD. Sama seperti Radeon RX 580 yang jadi ujung tombak Radeon RX 500 Series, Radeon RX 570 juga mengusung GPU Polaris yang sudah dioptimalisasi.

Diposisikan sebagai penerus dari Radeon RX 470, segmen yang disasar akan serupa, yakni lebih ditujukan untuk kamu yang mau bermain game dengan detail tinggi di resolusi Full-HD. Selain itu, AMD pula menawarkan Radeon Chill yang menjadi fitur anyar Radeon sejak lahirnya Radeon RX 500 Series.

AMD Radeon RX 570 ini hadir dengan GPU berbasiskan Polaris baru yang datang dari proses “optimalisasi” pada yang fabrikasi 14nm Finfet arsitektur Polaris. Mengusung GPU baru bernama Polaris 20XL, GPU pada RX 570 hadir dengan spesifikasi yang sama dengan GPU polaris pada RX 470, yakni 32 Compute Unit dengan total mempunyai 2048 Stream Processor.

Dan bisa dipastikan ukuran die-nya juga sama, yakni pada angka 232 mm² berkat pemakaian proses fabrikasi 14 nm FinFet. Berkat proses “Refined”, GPU Polaris pada RX 570 bisa berjalan lebih tinggi dengan Base Clock dinilai 1168 MHz dengan Boost Clock mencapai 1244 MHz.

RX 570 vs GTX 1060

Beranjak ke memori graphics card ini, RX 570 pula dibekali dengan memori 4 GB GDDR5 dengan kecepatan memori yang bisa mencapai 7.000 MHz. Baca juga Pilih Mana: Kompresor Lakoni vs Multipro

Kelebihan RX 570

  • Desain menarik
    VGA Card dari RX 570 ini memiliki desain yang menarik. Untuk kamu yang menyukai desain VGA dengan konsep modern dan ganas maka RX 570 menjadi jawaban yang tepat untuk kamu.
  • Sistem pendingin yang baik
    Sistem pendingin besarnya juga bukan sekedar untuk memanjakan mata saja. Perihal ini terbukti dengan sistem pendingin ini sanggup menyuguhkan suhu kerja yang baik. Dalam kondisi full-load di kedua mode pemakaian, graphics card ini mencatatkan suhu kerja di angka 74°C dengan fan cuma 64%.
  • Performa graphics card berkualitas tinggi
    Graphics card baru besutan Powercolor ini memang menawarkan spesifikasi yang tinggi, dan berkat spesifikasi pre-overclocknya yang tinggi tersebut, graphics card ini hampir dapat mengejar performa Radeon RX 480 8GB reference. Graphics card ini sanggup melibas sesi pengujian sintetik maupun game tanpa gangguan.

Kekurangan RX 570

  • Ukuran yang bongsor
    Kualitas nya yang bagus tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Tetapi kualitasnya yang baik ini mesti dibayar dengan desainnya yang membongsor, dimana graphics card ini memerlukan ruang lebih dari 310mm untuk dapat terpasang dengan baik dan mudah di dalam casing.
  • Konsumsi daya masih tergolong tinggi
    Konsumsi daya yang dimiliki oleh RX 570 ini masih tergolong tinggi. Hal ini menjadi perbandingan tersendiri untuk para calon pembeli namun tidak sedikit juga yang mewajarkan karena kualitas yang dimiliki oleh VGA Card ini.
  • Masih sedikit yang menjual
    Untuk kamu yang menginginkan VGA Card ini mesti mencarinya dengan lebih teliti karena masih sangat sedikit yang menjualnya. Namun jangan khawatir karena di toko online saat ini sudah ada yang menjualnya.

GTX 1060

Jika kita tadi membahas mengenai AMD untuk RX 570 nya, kali ini kami akan membahas mengenai GTX 1060 yang diusung oleh NVIDIA GeForce yang menjadi rival dari AMD itu sendiri.

GeForce GTX 1060 ini mendukung GPU Boost 3.0 dan Fas Sync–GPU Boost 3.0 memungkinkan offset frekuensi per-voltase untuk mengoptimalkan potensi kartu grafis, sedangkan Fast Sync membantu menciptakan pengalaman lebih lembut dan rendah latensi pada game lebih ringan seperti League of Legends.

RX 570 vs GTX 1060

GeForce GTX 1060 juga berbasiskan pada proses fabrikasi FinFET 16 nm seperti kedua saudara tuanya. Artinya, GeForce GTX 1060 juga mempunyai kelebihan peningkatan efisiensi daya.

Lihat juga:  Pilih mana: Microphone Condenser vs Microphone Dynamic?

GeForce GTX 1060 mempunyai TDP 120 Watt, sama seperti pendahulunya GeForce GTX 960 yang berbasis Maxwell, tetapi menawarkan performa jauh lebih bagus dari pendahulunya itu.

Walaupun begitu, GeForce GTX 1060 sesungguhnya tidak dapat disamakan dengan kedua kakaknya. Misalnya, GeForce GTX 1060 tidak memakai GPU GP104 sebab memakai GPU anyar GP106.

Perihal serupa dilakukan NVIDIA pada generasi sebelumnya-GeForce GTX 970 dan 980 yang berbasiskan Maxwell memakai GPU GM204 yang sama, tetapi GeForce GTX 960 berbasiskan pada GPU berbeda yaitu GM206.

Kelebihan GTX 1060

  • Mumpuni untuk aktivitas VR
    Temukan kinerja VR generasi berikutnya, latensi rendah, dan kompatibilitas plug and play dengan headset terkemuka yang didorong oleh teknologi NVIDIA VRWorks. Audio VR, fisika, dan haptics memungkinkan kamu mendengar dan merasakan setiap saat.
  • Teknologi gaming terbaru
    Pascal dibangun untuk memenuhi permintaan display generasi berikutnya, termasuk VR, ultra-high-resolution, serta multiple monitor. Ini fitur teknologi NVIDIA GameWorks untuk gameplay serta pengalaman sinematik yang amat halus. Plus, ini termasuk pengambilan gambar 360 derajat baru yang revolusioner.
  • Kinerja bagus
    Kartu grafis bertenaga Pascal memberi kamu kinerja serta efisiensi daya yang superior, dibangun memakai FinFET ultra cepat dan mendukung fitur DirectX™ 12 untuk memberikan pengalaman gaming tercepat, mulus, serta hemat daya.

Kekurangan GTX 1060

  • Harga tinggi
    Untuk mendapatkan VGA Card GTX 1060 ini kamu mesti merogoh kocek yang cukup dalam. Namun pastinya hal ini sesuai dengan kualitas bagus kamu didapatkan oleh para penggunanya.
  • Masih sedikit yang menjual
    Sama halnya dengan RX 570, GTX 1060 juga masih sedikit yang menjualnya lantaran barang yang masih sedikit beredar di Indonesia. Namun jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan barang ini di toko online.
  • Ukuran cukup besar
    Ukuran yang dimiliki oleh VGA Card ini besar dan bongsor sama seperti RX 570 yang sudah kita bahas tadi. Ada yang pro dan ada yang kontra dengan ukuran dari VGA Card ini, namun satu hal yang pasti adalah kualitasnya yang tidak bisa dianggap sebelah mata.
AMD RedeonRX 570GeForce GTX 1060
Tahun didirikanTahun 1969 Tahun 1993
Harga per Desember 2019Rp 2.190.000,-Rp 4.300.000,-

RX 570 vs GTX 1060

Tips merawat VGA Card

1. Gunakanlah Power Supply yang telah 80 plus
Harga psu 80 plus memang lebih mahal dari psu standar, akan tetapi psu 80 plus ini dapat memberikan aliran listrik yang stabil sehingga akan aman untuk komponen-komponen komputer seperti vga card, hardisk, processor dan lain- lain.

2. Hindari OverClock
Saat ini banyak vga card yang berlabel OC jadi gampang untuk di overclocking sama user, dengan overclocking vga dapat menambah kinerja atau tampilan grafis yang lebih baik dari bawaanya, akan tetapi membuat vga card ini bekerja diluar batas normal sehingga memperpendek umur hardware atau komponen tersebut.

3. Awasi suhu supaya senantiasa stabil
Suhu panas vga card dapat timbul akibat banyak hal seperti digunakan bekerja berat terus-menerus, sirkulasi udara yang jelek dan debu-debu yang menempel, suhu panas ini dapat kita akali dulu dengan memperbaiki sirkulasi udara komputer kita dengan menambah fan tambahan di komputer dan juga berilah fan tambahan di vga cardnya.

4. Pakailah driver yang terbaru
Dengan menggunakan driver yang terbaru maka kamu dapat mengoptimalkan kinerja vga card kamu, umumnya driver terbaru itu sudah memperbaiki bug juga ada peningkatan performa vga card tersebut.

5. Berhati-hatilah saat angkat Pasang Vga card dari motherboard
Untuk pemula atau yang belajar, upayakan jangan terlalu sering angkat pasang vga disebabkan dapat merusak socket vga card tersebut seandainya kamu tidak hati-hati dalam angkat pasangnya.

Pilih Mana: RX 570 vs GTX 1060

RX 570GTX 1060
Kelebihan- Desain menarik - Sistem pendingin yang baik - Performa graphics card berkualitas tinggi - Mumpuni untuk aktivitas VR - Teknologi gaming terbaru - Kinerja bagus
Kekurangan- Ukuran yang bongsor - Konsumsi daya masih tergolong tinggi - Masih sedikit yang menjual - Harga tinggi - Masih sedikit yang menjual - Ukuran cukup besar

Kesimpulan

Setelah membahas mengenai RX 570 dan GTX 1060 tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua VGA ini memiliki performa yang berkualitas tinggi. Untuk itu kamu bisa menggunakan salah satu dari kedua VGA ini untuk komputer kamu. Tentukan VGA andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

RX 570 vs GTX 1060

VS

Leave a Reply