Kecantikan

Pilih Mana: Sabun Batang atau Cair?

Semua orang membutuhkan mandi untuk memulai hari ataupun membersihkan diri dari beraktivitas seharian. Untuk membersihkan diri ketika mandi biasanya orang akan menggunakan sabun mandi. Terdapat dua jenis sabun mandi yang biasanya dipakai. Dua jenis sabun tersebut yaitu sabun batang dan sabun cair. Manakah sabun yang paling baik untuk kulit Anda? Sabun batang atau cair?

Sebagian besar orang pernah menggunakan sabun batang. Dilihat dari usianya, sabun batang hadir lebih dulu daripada sabun cair. Karena itulah, banyak orang-orang yang masih menggunakan sabun batang meskipun telah mengenal sabun cair. Hal ini dikarenakan sabun batang telah menempati hati masyarakat dan telah menjadi tradisi. Sedangkan sabun cair banyak digunakan karena memang lebih praktis dan lebih higienis daripada sabun batang. Sabun cair tidak terkontaminasi oleh kuman dan bakteri.

Sabun Batang

Sabun batang merupakan sabun yang memiliki bentuk batang dan padat. Sabun batang merupakan sabun yang pertama kali dikenal, sebelum adanya sabun cair. Baca juga Pilih Mana: Body Mist atau EDT (Eau de Toilette)?

Sabun batang banyak digunakan karena memiliki harga yang relatif terjangkau. Pengguna sabun batangan ini sangat beragam, hampir semua kalangan pernah memakai sabun batang.

Kelebihan Sabun Batang

Berikut kelebihan sabun batang yang perlu Anda ketahui:

  • Biaya Lebih Efisien

Menggunakan sabun batangan lebih efisien daripada menggunakan sabun cair. Sebagian besar orang mengatakan bahwa sabun cair yang mengandung pelembap dapat meninggalkan residu yang memerlukan waktu cukup lama untuk membilas dan menghilangkannya. Jadi air yang digunakan untuk membilas sabun cair akan lebih banyak diperlukan daripada untuk membilas sabun batangan. Bagi sebagian orang, menggunakan sabun batangan jauh lebih ekonomis daripada menggunakan sabun cair.

  • Tidak Terlalu Menyebabkan Polusi

Sabun batang tidak menyebabkan limbah yang terlalu berlebihan seperti sabun cair. Sabun batangan licin sehingga tidak meninggalkan busa sebagai limbah dalam saluran air. Selain itu, sabun batang memiliki kemasan yang biasanya terbuat dari kertas. Kemasan atau bungkus yang berbahan dasar kertas lebih mudah untuk dileburkan atau dihancurkan.

  • Harga Relatif Murah

Sabun batang memiliki harga yang relatif murah. Untuk satu sabun batang, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya beberapa ribu saja. Berbeda dengan sabun cair yang memiliki harga jauh lebih mahal daripada sabun batang.

  • Tidak Terlalu Banyak Mengandung Bahan Kimia

Walaupun sama-sama berfungsi untuk membersihkan tubuh, bahan kimia yang digunakan pada sabun batang tidak sebanyak sabun cair. Hal tersebut yang menjadi keunggulan untuk sabun batang. Itu sebabnya sabun jenis ini menjadi pilihan bagi orang yang memiliki kulit sensitif dan tidak bisa menggunakan sabun cair.

Kekurangan Sabun Batang

Berikut kekurangan sabun batang yang perlu Anda ketahui:

  • Sabun Batang Kurang Higienis

Jika dilihat dari segi kehigienisan sabun, sabun cair jauh lebih higienis daripada menggunakan sabun batangan. Kuman dapat ditemukan di mana-mana, hal ini disampaikan oleh para ahli biologi. Salah satu tempat adanya kuman yaitu di dalam sabun batang. Jika dibandingkan dengan sabun batangan, sabun cair terbukti secara efektif mengurangi penularan kuman ketika kita menggunakannya. Hal ini dikarenakan sabun cair tidak bersentuhan langsung dengan kulit pemakainya.

  • Mudah Rusak

Sabun batang yang mudah rusak ketika terlalu kering atau terendam air. Sabun yang terendam air akan menjadi sangat lembut dan tidak efektif lagi untuk dipakai. Solusinya, pastikan penadah tempat sabun diletakkan memiliki rongga di bawahnya agar tadah dan sabun dapat kering.

  • Kurang Efektif

Saat mandi menggunakan sabun mandi batangan, kadang sabun jatuh karena terlalu licin. Kondisi seperti ini akan menyulitkan dan merepotkan saat mandi. Sabun batangan juga bisa terjatuh di tempat-tempat yang tidak baik.

Kelebihan Sabun BatangKekurangan Sabun Batang
- Harga lebih ekonomis- Sabun batang kurang higienis
- Harga relatif murah- Mudah rusak
- Tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia- Sering selip saat digenggam

Sabun Cair

Sabun cair merupakan sabun yang memiliki tekstur yang cair. Sabun cair ini biasanya dikemas dalam botol plastik ataupun kemasan plastik. Sabun cair merupakan sabun yang higienis, hal ini dikarenakan sabun cair terjaga dari sentuhan banyak kulit. Banyak orang yang menggunakan sabun cair karena kepraktisan dan kehigienisannya.

Kelebihan Sabun Cair

Berikut kelebihan sabun cair yang perlu Anda ketahui:

  • Higienis

sabun cair lebih higienis dibandingkan sabun batangan. Hal ini dikarenakan sabun cair tidak bersentuhan langsung dengan tangan pemakai saat digunakan. Dengan demikian, sisa sabun yang berada pada botol sabun cair tetap higienis dan terhindar dari kuman dan bakteri. Dikutip dari Kompasiana.com mandi dengan menggunakan sabun dapat mencegah kuman berkembang dan menyebabkan penyakit.

  • Praktis

Sabun cair sangat mudah untuk digunakan. Anda dapat menyimpan dan membawa sabun cair ke manapun. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir sabun cair akan terjatuh saat mandi. Selain itu, sabun cair juga dapat Anda pakai hingga tetes terakhirnya. Sedangkan dengan sabun mandi, Anda akan kesulitan menggunakannya ketika sabun telah berukuran kecil.

  • Memiliki Kandungan Pelembap yang Baik

Sabun cair memiliki kandungan pelembap yang sangat baik. Karena itulah, jika Anda memiliki kulit yang relatif kering, maka sebaiknya Anda menggunakan sabun cair. Sabun cair biasanya mengandung pelembap patrolum yang memilii fungsi menjaga kulit tetap lembut.

Kekurangan Sabun Cair

Berikut beberapa kekurangan sabun cair yang perlu Anda ketahui:

  • Relatif Lebih Boros

Tidak sedikit orang yang enggan menggunakan sabun cair dengan alasan boros. Kemasan sabun cair yang biasanya dalam botol, membuat kita susah untuk mendapat takaran yang pas untuk mandi. Pada akhirnya, sering kali penggunaan sabun lebih dari kebutuhan atau boros. Selain itu, mandi menggunakan sabun cair juga menghabiskan lebih banyak air. Hal ini dikarenakan tubuh kadang masih lengket dan tidak mudah terbilas dengan mudah jika mandi menggunakan sabun cair.

  • Menghasilkan Lebih Banyak Limbah

Sabun cair menyebabkan lebih banyak limbah daripada sabun batang. Sabun cair menghasilkan busa yang sangat banyak kemudian akan tergenang dalam air. Hal ini berbeda dengan penggunaan sabun batangan yang licin sehingga tidak meninggalkan busa sebagai limbah dalam saluran air. Selain itu, botol sabun cair biasanya terbuat dari plastik. Hal ini juga menjadi penyebab produksi limbah. Berbeda dengan sabun batangan yang biasanya memiliki bungkus berupa kertas dan mudah dihancurkan.

  • Harga Lebih Mahal

Dibandingkan dengan sabun batang, harga sabun cair memang lebih mahal. Karena itu, masih banyak orang yang menggunakan sabun cair ini. Meskipun lebih higienis, masih banyak orang yang mempertimbangkan dengan baik harga sabun mandi.

Kelebihan Sabun CairKekurangan Sabun Cair
- Sabun cair lebih higienis- Relatif lebih boros
- Sabun cair lebih praktis- Menghasilkan lebih banyak limbah
- Memiliki kandungan pelembap yang baik- Harga lebih mahal

Pilih Mana: Sabun Batang atau Cair?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara sabun batang dan sabun cair. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Sabun BatangSabun Cair
- Memiliki bentuk batang- Memiliki bentuk yang cair
- Harga relatif lebih murah- Harga lebih mahal
- Bersentuhan langsung dengan kulit saat dipegang- Tidak bersentuhan langsung saat dipegang

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai sabun batang dan sabun cair, dapat disimpulkan bahwa sabun cair lebih baik untuk kulit. Selain tidak terkontaminasi oleh kuman dan bakteri, sabun cair juga dapat memberikan kelembapan kepada kulit dan tidak membuat kulit kering. Tapi, harga sabun cair memang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan sabun batangan. Harga tersebut sebenarnya sesuai dengan manfaat dan kepraktisan yang diberikan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sabun Batang vs Cair

VS

Leave a Reply