GadgetsSmartphoneTechnology

Pilih Mana: Samsung A12 atau Samsung A22?

Jika berbicara mengenai siapa raksasa elektronik di Indonesia, sudah pasti jawabannya adalah Samsung. Banyak produk elektronik yang telah dikeluarkan oleh Samsung tak terkecuali smartphone. Well, kali ini kita akan membahas 2 produk smartphone milik Samsung yaitu, Samsung A12 dan Samsung A22.

Kedua produk jelas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini!

SAMSUNG A12

Tahun 2020 Samsung secara resmi meluncurkan Samsung A12 di Indonesia. Smartphone ini termasuk golongan menengah-ke bawah seperti generasi sebelumnya yaitu, Samsung A11.
Meskipun termasuk kategori menegah kebawah, ponsel ini hadir dengan banyak keunggulan, seperti baterai berkapasitas 15W fast charging. Tidak hanya itu, bagian belakang terdapat 4 buah kamera untuk menunjang kamu dalam mengabadikan momen terbaik. Baca Juga Pilih Mana: Samsung S10 Plus atau Note 10 Plus ?

SPESIFIKASI:

  • Dimensi 164 x 75,8 x 8,9 mm
  • Berat 205 g
  • Ukuran layar 6,5 Inci
  • Resolusi layar 720 x 1600 piksel, 20:9 ratio
  • Tipe layar PLS IPS
  • Bahan rangka Depan kaca, belakang plastik, frame plastik
  • SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Jaringan GSM / HSPA /LTE
  • Sistem Operasi Android 10, dapat ditingkatkan ke Android 11, One UI 3.1
  • Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • CPU Octa-core (4×2,35 GHz Cortex-A53 & 4×1,8 GHz Cortex-A53)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Slot kartu microSDXC (dedicated slot)
  • Memori internal / RAM 128 GB/ 4GB, 128 GB / 6 GB
  • Kamera belakang (Quad camera) 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), AF 5 MP, f/2, 123o (ultrawide) 2 MP, f/2.4,(macro) 2 MP, f/2.4, (depth) Video 1080p@30fps
  • Kamera depan (selfie) 8 MP, f/2 Video 1080p@30fps
  • Fitur Fingerprint (side-mounted), accelerometer, Virtual proximity sensing. USB Type-C 2.0, GPS, NFC (tergantung pasar/negara),
  • Bluetooth 5.0, GPS. FM radio, RDS, recording, loudspeaker, 3,5 mm jack.
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, non-removable
  • Pengisian daya Fast charging 15W

Kelebihan SAMSUNG A12

1. Desain Premium di Kelasnya
Dari sisi depan ponsel ini sudah full display dengan panel IPS. Kemudian terdapat 1 titik di tengah bagian atas untuk modul kamera. Mungkin tidak bezel-less namun sudah memberikan kesan bukan kaleng-kaleng.
Di sisi lain, Samsung menggunakan 2 jenis tekstur. Full menggunakan material polycarbonat dengan susunan 3/4 menggunakan tekstur garis-garis tipis. Lalu 1/4 bagian bawah hanya menggunakan tekstur polos.

2. Mengusung Quad Camera 48 MP
Kelebihan selanjutnya, terdapat kamera utama 48MP yang dilengkapi Auto-Focus. Kamera kedua adalah ultra wide 5 MP dengan sudut pandang pengambilan sampai 123o. Kemudian terdapat kamera lensa macro 2 MP serta terdapat llensa depth 2 MP.

3. Baterai Fast Charging
Baterai 5000 mAh di smartphone zaman sekarang bukanlah hal yang baru. Pasalnya smartphone lain seperti Poco X3 Pro sudah memilikinya. Namun harga yang diberikan Poco jauh lebih tinggi jika dibanding Samsung Galaxy A12. Tentu saja ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri bagi Samsung A12.

Baterai besar tentu perlu didukung dengan pengisian baterai yang cepat. Samsung A12 dibekali dengan fitur fast charging 15W. Kamu bisa mengisi baterai 5000 mAh dalam waktu sekitar 2 jam 15 menit untuk pengisian daya dari 0-100%.

4. Teknologi Side-Mounted Fingerprint
Membuka layar kunci dengan sidik jari di sisi belakang mungkin sudah jadi hal biasa. Samsung menghadirkan pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power pada sisi samping Hp.

5. Fitur Keamanan Ekstra
Keamanan adalah idaman dari setiap penggun ponsel. Tak terkcuali Samsung A12 ini, sudah memiliki fitur keamanan tambahan seperti Samsung Knox. Knox adalah fitur keamanan data pengguna Samsung.

Kekurangan SAMSUNG A12

1. Resolusi masih menggunakan HD plus
Mengusung layar 6,5 inci rasanya kurang lengkap. Bagi kamu yang sering menonton YouTube atau Netflix dengan resolusi tinggi tentu ini akan sedikit mengganggu.

Seharusnya ponsel ini sudah memberikan layar resolusi full HD. Di merek lain dengan harga yang hampir sama dengan Samsung Galaxy A12 sudah mendapatkan resolusi full HD.

2. Tidak Menyediakan Fitur Nightmode
Jika kamu mencari Hp dengan performa tinggi maka jangan berharap lebih pada smartphone ini. Chipset yang digunakan pun cukup lama yaitu Helio P35. Hasil pengujiannya pun hampir setara dengan Snapdragon 600.

3. Tidak Menyediakan Fitur Nightmode
Nightmode / mode malam merupakan salah satu fitur penting dalam pengambilan foto rendah cahaya. Jika kamu mengaktifkan mode malam maka hasil foto yang kamu ambil akan menjadi lebih terang. Sebenarnya proses nightmode ini dilakukan oleh software Hp. Dan fitur ini di Hp 1 jutaan pun ada.

Pada Samsung A12 fitur mode malam tidak disediakan. Cukup disayangkan karena sudah menggunakan quad-camera namun tidak ada fitur satu ini. Berasa ada yang kurang dan mudah dibandingkan dengan Hp 1 jutaan.

4. Tidak mendapatkan NFC untuk versi Indonesia
Sebenarnya dalam paket penjualan globalnya, smartphone ini memiliki NFC. Namun sangat disayangkan, apabila region Indonesia tidak mendapatkan fitur tersebut. Padahal sudah ditunjang fitur lain seperti USB tipe-C dan Bluetooth 5.0.

Beli Samsung A12 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

SAMSUNG A22

Di tahun 2022, spesifikasi dan harga HP Samsung A32 terasa masih sangat menarik. Usianya yang belum genap satu tahun pun membuat seri ini masih sangat layak untuk dibeli. Samsung A32 sendiri baru diumumkan di Indonesia pada Maret 2021 lalu.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V7 atau Oppo F5?

Sejak saat itu, Samsung A32 langsung berhasil jadi nama unggulan di pasar kelas menengah. Harga HP Samsung A32 yang ada di kelas Rp 3 jutaan terasa sangat terjangkau jika melihat spesifikasi yang dibawanya. Kapasitas RAM yang besar, kamera beresolusi tinggi, serta kualitas layar papan atas jadi daya tarik utama.

SPESIFIKASI:

• Layar: 6,4 inci, Super AMOLED, poni waterdrop, HD+ (1600 x 720 piksel), refresh rate 90Hz
• Chipset: MediaTek Helio G80 (12nm) Octa-Core 2 GHz
• RAM / Penyimpanan internal: 6 GB / 128 GB
• Baterai: 5.000mAh, 15W Fast Charging
• Sistem operasi: Android 11 (OneUI Core 3.1)
• Kamera belakang: Kamera utama 48 MP, Kamera ultrawide 8 MP, Kamera makro 2 MP, Kamera depth 2 MP
• Kamera depan: 13 MP
• Fitur Lain: WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint, Face Unlock, GPS, dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE

Kelebihan SAMSUNG A22

1. Chipset Helio G80 yang Powerful
Jika ingin rasakan pengalaman gaming terbaik, Samsung Galaxy A22 adalah jawabannya. Pasalnya, Helio G80 yang memiliki fabrikasi 12 nm dan TDP 5 W ini termasuk SoC paling gahar di ranah ponsel entry-level dengan efisiensi daya yang cukup tinggi.

2. Pilihan Warna yang ciamik dan Minimalis
Untuk versi yang masuk ke Indonesia, Samsung Galaxy A22 disuguhkan dengan tiga varian warna yakni Black, Mint (hijau), dan juga Violet. Bagian belakangnya terbuat dari material plastik polikarbonat, begitu juga dengan bingkainya.

3. Layar Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz
Salah satu keistimewaan dari Samsung Galaxy A22 adalah penggunaan panel layar Super AMOLED. Panel ini suguhkan kontras rasio lebih luas ketimbang IPS LCD, juga menyuguhkan efisiensi daya lebih baik berkat tampilan warna hitam sesungguhnya.

4. Baterai 5.000 mAh Jumbo
Baterai pertimbangan saat memilih Samsung Galaxy A22 ini. Kapasitas ponsel ini sebesar 5.000 mAh pada tipe Li-Polymer non-removable. Istimewanya, Galaxy A22 menggunakan panel Super AMOLED yang membuat ponsel bertahan lebih lama.

4. 48 MP Quad Camera dengan OIS
Samsung Galaxy A22 juga merupakan ponsel yang dikemas dengan kamera super, dengan resolusi 48 MP sebagai Main Rear Camera pada apertur f/1.8 yang mencakup fitur PDAF dan juga OIS (Optical Image Stabilization).

Kekurangan SAMSUNG A22

1. Layar Masih HD Plus
Dari segi resolusi, Galaxy A22 cukup tertinggal dibandingkan dengan para kompetitornya. Di harga 3 jutaan harusnya menawarkan resolusi Full HD Plus (1080p). Tapi apa boleh buat, Galaxy A22 hanya suguhkan resolusi HD Plus (720p) yang umumnya hanya dimiliki oleh ponsel 1 jutaan.

2. Fast Charging 15 W Terbilang Kalah Saing
Samsung Galaxy A22 memiliki tipe port pengisian USB Type-C dengan kapasitas baterai di angka 5.000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, fast charging 15 W terasa lambat untuk mengisikan daya.

3. Tanpa NFC
Samsung tidak menghadirkan NFC sama sekali untuk Galaxy A22 ini. Padhal fitur ini masih jadi hal yang terpolarisasi di Indonesia.

Beli Samsung A22 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: Samsung A12 atau Samsung A22?

Keterangan Samsung A12Samsung A22
Kelebihan - Desain Premium di Kelasnya - Mengusung Quad Camera 48 MP - Baterai Fast Charging - Teknologi Side-Mounted Fingerprint - Fitur Keamanan Ekstra- 48 MP Quad Camera dengan OIS - Baterai 5.000 mAh Jumbo - Layar Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz - Pilihan Warna yang ciamik dan Minimalis - Chipset Helio G80 yang Powerful
Kekurangan - Resolusi masih menggunakan HD plus - Tidak Menyediakan Fitur Nightmode - Tidak Menyediakan Fitur Nightmode - Tidak mendapatkan NFC untuk versi Indonesia- Layar Masih HD Plus - Fast Charging 15 W Terbilang Kalah Saing - Tanpa NFC
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Itulah ulasan yang bisa kami uraikan mengenai Samsung A12 dan A22. Tentunya, walau dari brand yang sama. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Pilihan semua tergantung pada Anda, kami sarankan pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung A12 atau Samsung A22

VS