Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy A10 atau A20?

Smartphone merupakan barang yang tentu sudah dimiliki oleh berbagai kalangan dari berbagai usia pula. Ada banyak pilihan smartphone yang ditawarkan di pasaran saat ini. Mulai dari yang memiliki spesifikasi dan harga di kelas menengah ke bawah hingga yang menengah ke atas.

Samsung merupakan salah satu brand yang paling terkenal dan diminati di Indonesia. Samsung memiliki banyak series ponsel seperti J series yang menjadi ponsel kelas menengah yang banyak digemari. Kini, samsung mengeluarkan smartphone series A yang juga menjadi pilihan banyak orang.

Untuk kamu yang bingung perbedaan samsung galaxy A10 dan A20 yang merupakan produk paling terjangkau di antara series A lainnya, yuk simak ulasan di bawah ini!

pilih mana Samsung Galaxy A10 atau A20

Samsung Galaxy A10

Samsung galaxy A10 merupakan produk yang dirilis pada maret 2019 lalu, smartphone yang satu ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni meski kurang cocok untuk kamu yang mengharapkan ponsel pintar dengan kamera yang memiliki spesifikasi luar biasa. Baca Juga: Pilih Mana: Samsung Galaxy A10 atau M10?

Samsung galaxy A10 merupakan ponsel keluaran samsung yang berada pada kelas menengah ke bawah untuk soal harga. Hal ini wajar mengingat spesifikasi yang tersemat pada ponsel yang satu ini juga tidak terlalu wah dibanding produk samsung yang ada di series lain, series S misalnya.

Kelebihan Samsung Galaxy A10

  • Harga jualnya yang murah
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa smartphone yang satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Terlebih jika dibandingkan dengan saudaranya yaitu samsung galaxy A20, perbedaan harga yang ada terpaut pada kisaran empat ratus ribu antara dua ponsel pintar yang dirilis dalam jangka waktu yang cukup berdekatan ini.
  • Chipset yang handal
    Produk yang satu ini dilengkapi dengan chipset buatan samsung sendiri yaitu Exynos 7884 Octa dengan RAM berukuran 2 GB. Untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari, performa prosesor ini cukup bisa diandalkan untuk mendukung mobilitas sepanjang hari.
  • Resolusi layar lebih baik
    Hal ini merupakan kelebihan dari samsung galaxy A10 yang sedikit membedakannya dengan A20. Samsung Galaxy A10 memiliki resolusi layar 720 x 1.520 piksel, 271 ppi. Kerapatan layar yang ada pada samsung galaxy A10 menjadi sedikit lebih baik daripada samsung galaxy A20.

Kekurangan Samsung Galaxy A10

Meskipun memiliki kelebihan yang cukup mumpuni untuk sebuah smartphone atau ponsel pintar, Samsung Galaxy A10 memiliki kekurangan di antaranya sebagai berikut:

  • Kapasitas penyimpanan internal yang kurang besar
    Samsung Galaxy A10 sudah memiliki memori 32 GB dan RAM 2 GB yang cukup besar untuk diadaptasikan pada ponsel pintar kelas menengah. Agar dapat mendukung performa yang lebih mulus, kamu bisa menambahkan kapasitas penyimpanan eksternal dengan adanya slot microSD hingga 512 GB.

    Namun, penyimpanan yang ada pada A10 ini masih lebih kecil jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A20 yang memiliki penyimpanan sedikit lebih besar.

  • Tidak ada fitur fast charging
    Samsung Galaxy A10 memiliki kapasitas baterai sebesar 3.400 mAh, kapasitas ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A20 yang memiliki kapasitas baterai lebih besar. Selain itu, baterai yang ada pada samsung galaxy A10 ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charging.

pilih mana Samsung Galaxy A10 atau A20

  • Tidak dilengkapi sensor finger print
    Hal yang satu ini menjadi hal yang krusial karena seperti yang sudah diketahui bahwa kebanyakan smartphone zaman sekarang mengunggulkan fitur sensor sidik jari pada ponselnya. Sayangnya, samsung Galaxy A10 ini belum dilengkapi dengan sensor yang satu ini untuk ‘mengamankan’ ponsel kesayanganmu.
Samsung Galaxy A10Samsung Galaxy A20
ChipsetExynos 7884 OctaExynos 7884 Octa
CPUOcta-core 1,6 GHzOcta-core (2x1.6 GHz & 6x1.35 GHz)
OSAndroid 9.0 PieAndroid 9.1 (Pie)
Internal Memory 2 GB RAM+32 GB ROM3 GB RAM + 32 GB ROM
BateraiNon-removeable Li-Po 3.400 mAh Non-removeable Li-PO 4.000 mAh
Harga per Desember 2019Rp. 1.700.000-,Rp. 2.200.000-.

Samsung Galaxy A20

Samsung galaxy A20 merupakan produk samsung yang perilisannya dilakukan pada April 2019, smartphone yang satu ini bisa dikatakan merupakan ‘perbaikan’ dari smartphone series A yang dirilis sebelumnya yaitu samsung galaxy A10.

Samsung galaxy A20 memang memiliki spesifikasi yang sedikit lebih maju dibandingkan dengan samsung galaxy A10, hal ini wajah mengingat bahwa perilisannya dilakukan setelah A10 beredar di masyarakat. Hal ini juga yang menyebabkan harga jual dari ponsel pintar yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal dibanding dengan saudaranya yang lebih dulu dirilis.

Kelebihan Samsung Galaxy A20

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari samsung galaxy A20 yang menonjol dibanding dengan samsung galaxy A10:

  • Adanya sensor sidik jari
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa samsung galaxy A10 tidak memiliki sensor sidik jari. Nah, untuk kamu yang menginginkan ponsel dengan sensor pemindai sidik jari, samsung galaxy A20 ini merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk kamu. Hal ini menjadikan desain belakang yang ada pada kedua ponsel bersaudara ini menjadi berbeda.
  • Memiliki kamera ultrawide
    Resolusi kamera yang ada pada ponsel samsung galaxy A20 ini tentunya lebih baik daripada yang dimiliki oleh samsung galaxy A10, hal ini jelas dapat kita lihat dari perbedaan kamera belakang dimana samsung galaxy A20 memiliki dua kamera belakang. Samsung galaxy A20 memiliki resolusi kamera depan 8 MP, f/2.0. Sedangkan kamera belakangnya  13 MP, f/1.9, 28 mm (wide) + 5 MP, f/2.2, depth sensor.
  • Adanya fitur fast charging
    Samsung galaxy A20 memiliki kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh yang jauh lebih besar dibandingkan dengan samsung galaxy A10. Selain itu, samsung galaxy A20 memiliki fitur fast charging yang dapat membuat pengisian daya pada ponsel kamu menjadi lebih cepat.

Pilih Mana Samsung Galaxy A10 atau A20?

Kekurangan Samsung Galaxy A20

Meskipun memiliki kelebihan yang sangat banyak, tentunya ponsel pintar ini memiliki beberapa kekurangan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Resolusi layar rendah
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika dibandingkan dengan samsung galaxy A10, resolusi layar yang dibawa oleh samsung galaxy A20 ini sedikit lebih rendah. Namun, hal ini tidak terlalu perlu kamu masalahkan jika kamu menginginkan ponsel yang memiliki performa lebih tangguh karena soal ketangguhan, dibanding dengan A10, A20 adalah juaranya.
  • Harga jual yang lebih mahal
    Dengan spesifikasi yang ada, ponsel satu ini dijual lebih mahal daripada samsung galaxy A10. Hal ini sebenarnya hal yang wajar. Namun, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk kamu dalam memutuskan ponsel mana yang akan kamu beli.
  • Kamera tidak dilengkapi dengan fitur auto fokus
    Meskipun sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kamera yang ada pada ponsel ini memiliki resolusi yang lebih baik daripada samsung galaxy A10, kamera belakang ultrawide dari samsung galaxy A20 ini tetap tidak dilengkapi dengan auto fokus. Namun, hal ini tentu tidak menjadi masalah mengingat spesifikasi lain yang ditawarkan sudah sangat baik.

Pilih Mana: Samsung Galaxy A10 atau A20?

Samsung Galaxy A10Samsung Galaxy A20
Kelebihan- Harga jualnya yang murah - Chipset yang handal - Resolusi layar lebih baik - Adanya sensor sidik jari - Memiliki kamera ultrawide - Adanya fitur fast charging
Kekurangan- Kapasitas penyimpanan internal yang kurang besar - Tidak ada fitur fast charging - Tidak dilengkapi sensor finger print- Resolusi layar rendah - Harga jual yang lebih mahal - Kamera tidak dilengkapi dengan fitur auto fokus

Kesimpulan

Dari ulasan yang sudah ada di atas dapat disimpulkan bahwa kedua ponsel pintar keluaran samsung ini memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk smartphone kelas menegah ke bawah. Namun, harus diakui bahwa samsung galaxy A20 memiliki fitur yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan samsung galaxy A10 yang dirilis sebelumnya.

Dengan harga yang cukup berbeda jauh, pilihan tetap berada di tangan kamu, ya. Pilihlah ponsel yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam membelinya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A10 atau A20?

VS

Leave a Reply