Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy A10 atau M10?

Samsung merupakan brand yang sangat terkenal di Indonesia dan biasa menjadi pilihan yang cukup mumpuni. Brand Samsung ini memiliki banyak produk mulai dari smartphone, tablet, laptop hingga smartwatch. Ada banyak jenis smartphone yang dikeluarkan oleh samsung. Samsung merupakan brand kelas menengah ke atas yang memiliki produk dengan harga kelas menengah ke bawah.

Adapun produk samsung yang cukup membuat kita sedikit pusing memilihnya adalah Samsung Galaxy A10 dan Samsung Galaxy M10. Kedua produk ini dirilis dalam waktu yang berdekatan dan memiliki selisih harga yang sangat tipis sehingga banyak yang bertanya-tanya apa perbedaan kedua produk yang satu ini.

PilihMana Samsung Galaxy A10 atau M10

Samsung Galaxy A10

Samsung Galaxy A10 ini dirilis pada Maret 2019 yang lalu, produk ini memiliki desain belakang yang terbuat dari plastik supaya harga jualnya dapat lebih murah dibanding jika dibuat dengan bahan yang lebih elegan. Samsung Galaxy A10 memiliki layar sebesar 6.1 inchi dengan PLS TFT capacitive touchscreen HD+(720×1520 pixel) dengan kerapatan pixel 271 ppi.

Ponsel pintar satu ini memiliki OS Android 9.0 Pie One UI dan memiliki kapasitas baterai sebesar 3.400 mAh. Sekilas, jika dilihat dari desain dan spesifikasi yang ada ini, samsung galaxy A10 hampir sama persis dengan samsung galaxy M10. Hal ini dikarenakan waktu rilisnya yang juga berdekatan. Baca Juga: Pilih Mana: Vivo Y91C atau Samsung Galaxy A10?

Kelebihan Samsung Galaxy A10

Adapun kelebihan samsung galaxy A10 dibanding Samsung Galaxy M10 adalah sebagai berikut:

  • Chipset dengan performa handal
    Meskipun kedua ponsel yang sedang kita bandingkan saat ini terlihat sama persis, perbedaan mendasar yang ada adalah pada bagian chipsetnya, samsung galaxy A10 menggunakan Exynos 7884 yang berukuran 14 nm Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53) sebagai chipsetnya.Ponsel yang satu ini dilengkapi dengan GPU Mali-G71 MP2 sebagai GPUnya. Chipset yang digunakan oleh samsung galaxy A10 ini harus diakui ‘sedikit’ lebih unggul dibanding chipset yang disematkan pada samsung galaxy M10.
  • Memori Internal yang lebih besar
    Samsung Galaxy A10 ini dibekali memori internal berkapasitas besar, yakni 32GB. Kapasitas ini jauh lebih besar ketimbang kapasitas yang ada pada samsung galaxy M10. Selain itu, samsung galaxy A10 ini menyediakan RAM sebesar 2GB.
  • Memiliki dua slot kartu SIM dan slot khusus MicroSD
    Keunggulan yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki dua nomor ponsel dan ingin menambahkan penyimpanan dengan kartu memori namun tidak ingin mengorbankan slot kartu SIM. Kamu dapat memperluas penyimpanan ponsel pintar ini hingga up to 512GB.

Kekurangan Samsung Galaxy A10

  • Kamera yang biasa saja
    Perbedaan yang cukup terlihat antara kedua ponsel pintar ini adalah pada bagian belakang, Samsung Galaxy A10 ini hanya dilengkapi sebuah kamera 13MP. Kedua kamera utamanya sudah dilengkapi dengan LED flash dan mampu merekam video 1080p @30fps.Untuk kamera depan, kedua ponsel ini dilengkapi sensor 5MP untuk kebutuhan selfie. Namun, kamera belakang tetap saja diungguli oleh samsung galaxy M10.
  • Harga yang sedikit lebih mahal
    Jika dibandingkan dengan samsung galaxy M10, ponsel pintar yang satu ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal, mengingat spesifikasi kedua ponsel ini yang tidak terlalu berbeda jauh, harga yang ada pun juga tidak terpaut terlalu jauh.

PilihMana Samsung Galaxy A10 atau M10

  • Tidak dilengkapi teknologi fast charging
    Meskipun memiliki kapasitas baterai yang cukup mumpuni, ponsel pintar yang satu ini tidak memiliki teknologi fast charging yang dapat membantu supaya waktu yang digunakan untuk mengisi daya ponsel tidak terlalu lama.
Samsung Galaxy A10Samsung Galaxy M10
GPUMali-G71 MP2 Mali-T830 MP1
OSAndroid 9.0 Pie One UIAndroid 9.0 Pie One UI
Internal Memory 2GB+32GB 2GB+16GB
BateraiNon-removeable Li-Po 3.400 mAh Non-removeable Li-Po 3.400 mAh
Harga per Desember 2019Rp. 1.700.000-,Rp. 1.600.000-,

Samsung Galaxy M10

Samsung galaxy M10 merupakan produk yang dirilis oleh samsung pada Februari 2019, tepat sebelum saudaranya, Samsung Galaxy A10 dirilis pada bulan setelahnya. Ponsel pintar yang satu ini memiliki kemampuan yang cukup mumpuni terutama bagi yang menginginkan ponsel pintar dengan kamera belakang yang baik.

Lihat juga:  Pilih Mana : Oppo A3S atau Oppo A83?

Dari segi desain dan OS, produk yang satu ini tidak memiliki perbedaan dibandingkan produk A10 yang dirilis satu bulan setelahnya. Dapat dikatakan kedua ponsel ini hanya berbeda pada sisi kamera saja di desainya. Kedua ponsel ini memiliki layar yang sama besar lengkap dengan kerapatan pixel yang sama.

Kelebihan Samsung Galaxy M10

  • Harga yang lebih murah
    Jika dibandingkan dengan harga jual dari Samsung Galaxy A10, Samsung Galaxy M10 ini memiliki harga jual yang sedikit lebih murah. Meskipun selisih yang ada tidak terlalu jauh, tetap saja ya, harganya memiliki perbedaan.
  • Kamera dengan lensa ultrawide
    Walau dibanderol dengan harga lebih murah, Samsung Galaxy M10 ini dibekali dual kamera belakang 13MP + 5MP lengkap dengan konfigurasi lensa ultrawide. Hal ini menjadikan kamera belakang dari samsung galaxy M10 ini sedikit lebih baik ketimbang samsung galaxy A10, ya.
  • Memiliki dua slot kartu SIM dan slot khusus MicroSD
    Sama persis seperti yang ada pada samsung galaxy A10, samsung galaxy M10 ini juga memudahkan kamu yang memiliki dua nomor ponsel dan ingin menambahkan penyimpanan dengan kartu memori namun tidak ingin mengorbankan slot kartu SIM. Sama seperti saudaranya, penyimpanan ponsel pintar ini bisa kamu perluas hingga up to 512GB.

Pilih Mana Samsung Galaxy A10 atau M10

Kekurangan Samsung Galaxy M10

  • Chipset yang kurang mumpuni
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa samsung galaxy A10 memiliki keunggulan dalam segi chipset. Samsung galaxy M10 membawa Exynos 7870 (14 nm) Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53 sebagai otak dari ponsel pintar yang satu ini.Ponsel pintar yang satu ini dilengkapi dengan GPU Mali-T830 MP1 yang performanya sudah cukup mumpuni untuk digunakan baik untuk memutar video, melihat foto atau mungkin bermain game di ponsel.
  • Memori Internal yang kecil
    Samsung galaxy M10 memiliki RAM yang sama besarnya dengan samsung galaxy A10 yaitu 2GB, namun perbedaan yang cukup signifikan ada pada ROM yang dibawa, samsung galaxy M10 hanya menyediakan RAM sebesar 16GB yang mungkin saja sudah dipotong dengan bloatware yang ada. Hal ini tentu menyebabkan ponsel ini mungkin akan sedikit ‘sesak’ terutama jika digunakan untuk menyimpan aplikasi yang banyak dan besar.
  • Tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging
    Tidak berbeda jauh dengan saudaranya, samsung galaxy M10 ini memiliki kapasitas baterai yang sama persis yaitu 3400 mAh dan juga tidak memiliki kemampuan untuk mengisi daya ponsel dengan sedikit lebih cepat.

Pilih Mana: Samsung Galaxy A10 atau M10?

Samsung Galaxy A10Samsung Galaxy M10
Kelebihan- Chipset - Memori Internal - Memiliki dua slot kartu SIM dan slot khusus MicroSD - Harga yang lebih murah - Kamera - Memiliki dua slot kartu SIM dan slot khusus MicroSD
Kekurangan- Kamera - Harga yang sedikit lebih mahal - Tidak dilengkapi teknologi fast charging - Chipset - Memori Internal - Tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging

Kesimpulan

Mengingat harga yang ada di antara samsung galaxy A10 dan samsung galaxy M10 ini sangat tipis perbedaannya, tentu sedikit membingungkan ya untuk menentukan ponsel mana yang akan dibeli. Terlebih kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang tidak berbeda jauh.

Namun jika dilihat pada kelebihan dan kekurangan yang ada pada kedua ponsel ini, tentunya samsung galaxy A10 yang lebih baru dirilis dibanding samsung galaxy M10 memiliki spesifikasi yang sedikit lebih baik ditambah dengan penyimpanannya yang lebih luas.

Namun jika kamu ingin ponsel pintar yang memiliki kamera belakang lebih baik, maka pilihan yang terbaik untuk kamu adalah samsung galaxy M10. Semua pilihan kembali lagi tergantung pada kebutuhan, keinginan dan kemampuanmu, ya!

Semoga referensi yang ada bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A10 atau M10

VS

Leave a Reply