ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy A30 atau Samsung Galaxy M30?

Perusahaan merek atau bernama Samsung, sudah tidak asing didengar banyak orang. Samsung juga adalah salah satu perusahaan elektronik yang terbesar dan memiliki banyak produk di dunia. Banyak tipe smartphone dari Samsung ini yang memiliki spesifikasi yang baik dengan harga yang terjangkau hingga yang mahal. Salah satu tipe smartphone dari Samsung yang banyak terjual adalah Samsung Galaxy A30 dan Samsung Galaxy M30. Nah, penasaran dengan spesifikasi kedua tipe ini? Baiklah disini saya akan menjelaskan mengenai kedua tipe dari Samsung ini.

Samsung

Samsung Group merupakan salah satu industri elektronik terbanyak di dunia. Dibuat oleh Lee Byung- chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, industri ini beroperasi di 58 negara serta mempunyai lebih dari 208. 000 pekerja. Sampai saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merk terbanyak di dunia dengan menghasilkan handphone pintar yang menjadi pemenang dalam persaingan pasar uang pasar kerja. Samsung merupakan salah satu konglomerat(chaebol) Korea Selatan terbanyak yang bermula sebagai industri ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat bertumbuh ke aspek yang lain. Baca juga Pilih Mana: Oppo A5s atau Oppo A3s?

Sekarang ini, Samsung bekerja dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi(telepon genggam dan jaringan), perlengkapan rumah tangga digital(termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dan lainnya), alat digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor(termasuk alat berat). Samsung mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan ekonomi, politik, alat dan budaya Korea Selatan dan sudah menjadi kekuatan pendorong penting dibalik fenomena” Keajaiban di Sungai Han”.

Tampilan Samsung Galaxy A30

Samsung tidak hanya memprioritaskan spesifikasi pendukung, dan kian memikirkan desain yang diusung perangkatnya. Merupakan perangkat kelas menengah, Samsung Galaxy A30 tampak tidak kalah bergaya bila dibanding dengan perangkat segmen lebih tinggi. Tampilan itu berkat dukungan bodi materi yang glossy di bagian belakang, meski berbahan plastik.

Sedangkan itu, desain yang diusung Galaxy A30 secara keseluruhan terlihat modern, juga berkat usungan layar luas yang saat ini tengah menjadi gaya di industri smartphone. Menariknya, perangkat ini ikut mengangkat desain layar berponi, walaupun berbeda dari desain smartphone buatan produsen yang lain.

Samsung Galaxy A30 muncul dengan desain poni layar berdimensi kecil, disebut dengan sebutan Infinity-U, yang hanya ditujukan sebagai posisi penyematan kamera depan. Berlayar luas, dengan dimensi 6.4 inci, dan bezel tipis, Samsung Galaxy A30 tetap mampu menyuguhkan kenyamanan saat digenggam berkat dukungan ketebalannya yang tergolong tipis 7.7mm.

Galaxy A30 ini terkategori mudah kotor oleh noda sidik jari dan sedikit licin, sehingga kamu disarankan untuk rajin membersihkan bodi bagian belakang untuk melindungi keindahan perangkat. Sedangkan itu untuk tombol fisik, kamu akan menemukan tombol volume dan daya berdampingan di bagian kanan bodi, dan slot kartu SIM dan micro SD di bagian kiri bodi handphone.

Kamera Samsung Galaxy A30

Samsung memperlengkapi Galaxy A30 dengan kamera belakang ganda, bersensor utama 16MP dan sensor sekunder 5MP berlensa ultra- lebar yang bisa memotret area seluas 123 derajat. Karenanya, kamu juga akan menemukan tombol di layar menu kamera yang memungkinkan berpindah ke sudut pandang normal dan luas untuk memotret.

Sebagai perangkat kelas menengah, tidak mengherankan jika Samsung memperlengkapi kamera yang tidak sebaik perangkat unggulannya, tetapi kamera Galaxy A30 lumayan mampu menghadirkan foto dengan kecerahan dan intensitas bagus. Untuk situasi pencahayaan gelap, perolehan gambar Samsung Galaxy A30 tampil kurang detail akibat fitur noise reduction yang tergolong agresif. Tidak hanya itu, ada juga fitur Scene Optimizer yang tidak lain merupakan fitur berbasis kecerdasan buatan(AI).

Lihat juga:  8 Merk Stand Mixer Terbaik 2021

Baterai Samsung Galaxy A30

Untuk baterai 4.000 mAh Samsung Galaxy A30 mampu bertahan cukup lama. Pada kondisi pemakaian aktif, juga melalui aplikasi benchmark baterai, Galaxy A30 mampu bertahan selama 13 jam 58 menit. Sedangkan untuk pemakaian sehari-hari, handphone pintar ini mampu bertahan paling tidak selama 15 jam.

Harga Samsung Galaxy A30

Harga yang dijual atau dipasarkan dari tipe Samsung Galaxy A30 ini adalah sekitar Rp. 3.399.000.

Tampilan Samsung Galaxy M30

Untuk tampilan Samsung M30 terlihat sangat elegan, mengangkat desain unibody dengan ukuran dimensi 159 x 75.1 x 8.4 milimeter dan berat 186 gram. Walaupun cukup bongsor namun desain Galaxy M30 terbilang sangat cocok dan nyaman untuk digenggam walaupun dengan satu tangan.

Apabila tertarik untuk menebus harga Samsung M30, smartphone ini ada dalam 2 pilihan warna yang cantik yaitu warna yang gradiasi blue dan black. Tetapi sayangnya hingga saat ini Samsung belum memberi kepastian kedatangan Galaxy M30 ke Indonesia.

Samsung Galaxy M30 mengusung desain layar Infinity U, dimana pada bagian atas layar terdapat poni berbentuk setengah lingkaran yang sekaligus sebagai tempat dudukan untuk kamera depan. Dan mempunyai bezel berdimensi tipis sehingga membuat tampilan Galaxy M30 terlihat stylish dan elegan.

Sedangkan untuk bagian display, ditopang panel berteknologi super AMOLED dengan bentang layar 6.4 inci dan sudah mendukung resolusi dengan Full HD+ atau 2340 x 1080 piksel. Dengan spek tersebut, Samsung Galaxy M30 mampu menyuguhkan kualitas gambar yang tajam dan jernih.

Kamera Samsung Galaxy M30

Spesifikasi Samsung M30 pada sektor kamera terbilang sangat mumpuni, dipersenjatai triple kamera yang tertanam pada bagian belakang. Yang masing-masing kamera mempunyai resolusi sebesar 13 MP untuk autofokus, 5MP ultra- wide angle, dan 5MP bersensor bokeh.

Sedangkan untuk kamera depannya, Samsung membekali Galaxy M30 dengan lensa kamera beresolusi dengan 16 MP aperture f atau 2.0. Dan sudah disisipkan fitur HDR sehingga hasil foto sangat berkualitas. Sangat sesuai untuk dijadikan penunjang aktivitas berfoto selfie atau vlogging.

Baterai Samsung Galaxy M30

Untuk mendukung seluruh kegiatan harian, Samsung Galaxy M30 dibekali baterai dengan kapasitas energi yang cukup besar. Dimana terdapat baterai berjenis lithium ion dengan kapasitas daya 5000 mAh yang ditanamkan ke dalam bodi smartphone. Meski menggendong baterai berkapasitas besar, tetapi untuk pengisian ulang baterai Samsung M30 tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena handphone pintar ini telah mendukung teknologi pengisian daya super cepat(fast charging 15W), dan menggunakan konektor USB tipe c.

Harga Samsung Galaxy M30

Harga yang dijual tipe Samsung Galaxy M30 ini sekitar Rp. 3.000.000. Kamu bisa mendapatkannya di toko offline dan juga online.

Pilih Mana: Samsung Galaxy A30 atau Samsung Galaxy M30?

Samsung Galaxy A30 Samsung Galaxy M30
Kelebihan - Layar super AMOLED - Baterai besar dengan fast charging - Kualitas kamera yang baik- Baterai besar dan fast charging - Layar yang jernih - USB tipe-c
Kekurangan- Fingerprint belum on-screen - Layar belum HDR10+- Bodi glasstic - Masih menjalankan android 8.1 oreo

Kesimpulan

Dari kedua tipe smartphone samsung yang sudah dijelaskan. Keduanya sama-sama mempunyai spesifikasi yang sangat baik mulai dari tampilan, kualitas kamera sampai harga yang dijual juga sama di angka tiga. Jadi jika kamu ingin mempunyai tau membeli smartphone dengan spesifikasi yang bagus dan harga yang standar untuk sejenis smartphone. Kedua smartphone ini bisa menjadi pilihan kamu. Kamu bisa mendapatkan kedua smartphone ini di toko offline dan juga online.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A30 vs Samsung Galaxy M30

VS