AplikasiAuto TechElektronikGadgetsKameraLifestylePhotographySmartphoneTechnologyUncategorized

Pilih Mana: Samsung Galaxy A32 atau A22?

Samsung memang tak henti-hentinya menjadi pelopor ponsel pintar. Tiga bulan setelah meluncurkan Galaxy A32, Samsung turut memboyong handphone Galaxy A22 ke Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau.
Meski memiliki perbedaan harga yang relatif jauh, namun kedua handphone ini ternyata memiliki persamaan beberapa beberapa aspek spesifikasinya.

Lalu apa perbedaan dari keduanya? Simak pembahasan selengkapnya!

SAMSUNG GALAXY A32

Setelah memperkenalkan jajaran ponsel kelas menengah Galaxy A terbaru. Samsung kembali mengenalkan produknya Bukan cuma satu, tapi tiga sekaligus, dan salah satunya adalah Samsung Galaxy A32.
Penerus Galaxy A31 ini hadir ke Indonesia pada 17 Maret 2021. Baca juga Pilih Mana: RedmiBook 15 atau Infinix X1?

SPESIFIKASI:

  • Layar: 6,4 inci, Super AMOLED, poni waterdrop, Full HD+ (2400 x 1080 piksel), refresh rate 90Hz
  • Chipset: MediaTek Helio G80 (12nm) Octa-Core 2 GHz
  • RAM / Penyimpanan internal: 6 GB / 128 GB
  • 8 GB / 128 GB
  • Baterai: 5.000mAh, 15W Fast Charging
  • Sistem operasi: Android 11 (OneUI Core 3.1)
  • Kamera belakang: Kamera utama 64 MP, Kamera ultrawide 8 MP, Kamera makro 5 MP, Kamera depth 5
  • Kamera depan: 20 MP
  • Fitur Lain: WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint di dalam layar, Face Unlock, GPS, dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, NFC

Kelebihan SAMSUNG GALAXY A32

1. Desain Minimalis
Desain Galaxy A32 merupakan satu-satunya yang sama dengan pendahulunya, Galaxy A31, adalah layar infinity-u beserta cuilan di tengah sebagai tempat kamera depan. Samsung memberi nama desain yang dipakai Galaxy A32 ini dengan Minimalist design with striking style and gloss finish.

2. Tampilan Menawan
Dengan menggunakan layar panel Super AMOLED membuat ponsel ini sudah memakainya. Hanya saja, Galaxy A32 adalah smartphone termurah pertama yang layarnya berpanel Super AMOLED dengan laju penyegaran 90 Hz (adaptif). Dipadu dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), layar 6,4 inci Galaxy A32 bisa menampilkan animasi yang amat mulus.

3. Kamera Oke
Sistem kamera yang dimiliki Galaxy A32 cukup lengkap. Pada bagian kamera belakang ada lensa utama 64 MP f/1.8, lensa ultrawide 8 MP f/2.2, lensa makro 5MP f/2.4, dan lensa sensor kedalaman 5 MP f/2.4. Keempat lensa didukung oleh satu lampu flash. Sementara itu, selingkar lensa kamera depan 20 MP f/2.2 berbaring tanpa lampu flash.

4. Kemampuan Gaming Baik
Tagline Awesome Performance yang disematkan pada Galaxy A32 ternyata bukan isapan jempol belaka. Sebab, Abhijeet menilai, ponsel ini dapat menangani gim dengan cukup baik. Menurut pengalamannya, gim seperti PUBG Mobile, Call of Duty, dan Asphalt 9 dapat dijalankan dengan lancar pada pengaturan grafik standar.

5. Baterai Lumayan Awet
Baterai 5000 mAh Galaxy A32 terbilang lumayan awet. Padahal, resolusi layarnya Full HD+ ditambah lagi laju penyegarannya 90 Hz. Pemakaian ringan membuat HP ini mampu menyala hingga dua hari.

Kekurangan SAMSUNG GALAXY A32

1. Pengurangan habis-habisan pada Layar
2. Fast charging yang tidak fast
3. Bodi besar dan berat

Beli Samsung A32 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

SAMSUNG A22

Di tahun 2022, spesifikasi dan harga HP Samsung A32 terasa masih sangat menarik. Usianya yang belum genap satu tahun pun membuat seri ini masih sangat layak untuk dibeli.

Spesifikasi dan harga HP Samsung A32 sendiri baru diumumkan di Indonesia pada Maret 2021 lalu. Sejak saat itu, Samsung A32 langsung berhasil jadi nama unggulan di pasar kelas menengah. Harga HP Samsung A32 yang ada di kelas Rp 3 jutaan terasa sangat terjangkau jika melihat spesifikasi yang dibawanya. Kapasitas RAM yang besar, kamera beresolusi tinggi, serta kualitas layar papan atas jadi daya tarik utama.

Lihat juga:  Pilih Mana: Go Launcher atau Hola Launcher?

SPESIFIKASI:

  • Layar: 6,4 inci, Super AMOLED, poni waterdrop, HD+ (1600 x 720 piksel), refresh rate 90Hz
  • Chipset: MediaTek Helio G80 (12nm) Octa-Core 2 GHz
  • RAM / Penyimpanan internal: 6 GB / 128 GB
  • Baterai: 5.000mAh, 15W Fast Charging
  • Sistem operasi: Android 11 (OneUI Core 3.1)
  • Kamera belakang: Kamera utama 48 MP, Kamera ultrawide 8 MP, Kamera makro 2 MP, Kamera depth 2 MP
  • Kamera depan: 13 MP
  • Fitur Lain: WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint, Face Unlock, GPS, dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE

Kelebihan SAMSUNG A22

1. Chipset Helio G80 yang Powerful
Jika ingin rasakan pengalaman gaming terbaik, Samsung Galaxy A22 adalah jawabannya. Pasalnya, Helio G80 yang memiliki fabrikasi 12 nm dan TDP 5 W ini termasuk SoC paling gahar di ranah ponsel entry-level dengan efisiensi daya yang cukup tinggi.

2. Pilihan Warna yang ciamik dan Minimalis
Untuk versi yang masuk ke Indonesia, Samsung Galaxy A22 disuguhkan dengan tiga varian warna yakni Black, Mint (hijau), dan juga Violet. Bagian belakangnya terbuat dari material plastik polikarbonat, begitu juga dengan bingkainya.

3. Layar Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz
Salah satu keistimewaan dari Samsung Galaxy A22 adalah penggunaan panel layar Super AMOLED. Panel ini suguhkan kontras rasio lebih luas ketimbang IPS LCD, juga menyuguhkan efisiensi daya lebih baik berkat tampilan warna hitam sesungguhnya.

4. Baterai 5.000 mAh Jumbo
Baterai pertimbangan saat memilih Samsung Galaxy A22 ini. Kapasitas ponsel ini sebesar 5.000 mAh pada tipe Li-Polymer non-removable. Istimewanya, Galaxy A22 menggunakan panel Super AMOLED yang membuat ponsel bertahan lebih lama.

4. 48 MP Quad Camera dengan OIS
Samsung Galaxy A22 juga merupakan ponsel yang dikemas dengan kamera super, dengan resolusi 48 MP sebagai Main Rear Camera pada apertur f/1.8 yang mencakup fitur PDAF dan juga OIS (Optical Image Stabilization).

Kekurangan SAMSUNG A22

1. Layar Masih HD Plus
Dari segi resolusi, Galaxy A22 cukup tertinggal dibandingkan dengan para kompetitornya. Di harga 3 jutaan harusnya menawarkan resolusi Full HD Plus (1080p). Tapi apa boleh buat, Galaxy A22 hanya suguhkan resolusi HD Plus (720p) yang umumnya hanya dimiliki oleh ponsel 1 jutaan.

2. Fast Charging 15 W Terbilang Kalah Saing
Samsung Galaxy A22 memiliki tipe port pengisian USB Type-C dengan kapasitas baterai di angka 5.000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, fast charging 15 W terasa lambat untuk mengisikan daya.

3. Tanpa NFC
Samsung tidak menghadirkan NFC sama sekali untuk Galaxy A22 ini. Padhal fitur ini masih jadi hal yang terpolarisasi di Indonesia.

Beli Samsung A22 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.
Pilih Mana: Samsung Galaxy A32 atau A22?

Keterangan Samsung Galaxy A32Samsung Galaxy A22
Kelebihan - Desain Minimalis - Tampilan Menawan - Kamera Oke - Kemampuan Gaming Baik - Baterai Lumayan Awet- Chipset Helio G80 yang Powerful - Pilihan Warna yang ciamik dan Minimalis - Layar Super AMOLED + Refresh Rate 90 Hz - Baterai 5.000 mAh Jumbo - 48 MP Quad Camera dengan OIS
Kekurangan - Pengurangan habis-habisan pada Layar - Fast charging yang tidak fast - Bodi besar dan berat- Layar Masih HD Plus - Fast Charging 15 W Terbilang Kalah Saing - Tanpa NFC
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Setelah melihat spesifikasi kedua produk Samsung tersebut, apakah kamu jadi tertarik untuk membelinya salah satunya? Jika iya, pastikan kamu membeli smartphone ini di toko yang terpercaya dan bergaransi resmi ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A32 atau A22?

VS