Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy A51 vs Samsung Galaxy A70

Siapa sih yang tidak kenal Samsung? Salah satu brand elektronik raksasa di dunia ini selalu menyuguhkan produknya dengan kualitas yang canggih, salah satunya seperti smartphone-nya yang selalu up to date mengikuti perkembangan zaman.

Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A70 adalah salah dua dari sekian banyak produk smartphonenya dengan kualitas dan performa yang mumpuni untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari.

Penasaran dengan detail dari Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A70 ini? Untuk itu simak terus yuk Selera.id kali ini agar bisa kamu jadikan acuan saat memilihnya nanti. Stay tune!

Samsung Galaxy A51 vs Samsung Galaxy A70

Samsung Galaxy A51

Galaxy A51 menawarkan jantung pacu yang kencang dengan mempercayakan chipset Exynos 9611 yang dibuat dengan fabrikasi 10mm. Chipset tersebut mempunyai kecepatan processor Octa Core yang dibagi menjadi 2 inti, yaitu Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73 dan Quad Core 1.7 Ghz Cortex-A53.

Tersedia pula pengolahan grafis Mali-G72 MP3 dan sistem operasi Android 10 yang dibalut antarmuka OneUI. Konfigurasi memori yang tersedia juga beragam, mulai dari Ram 4GB/64GB, Ram 4GB/128GB, dan Ram 6GB/128GB. Apabila memori internalnya dirasa kurang, kita pula dapat menambahkan microSD sampai 512GB. Baca juga Pilih Mana: Samsung S10 vs Xiaomi Mi 10

Kamera Samsung Galaxy A51

Konfigurasi empat kamera pada sisi belakang Samsung A51 membuat kemampuan fotografi smartphone ini cukup mumpuni. Pasalnya, Samsung membekali Galaxy A51 dengan kamera utama 48 Megapixel yang dibantu sensor 1/2″, 0.8µm dengan aperture f/1.8 dan dilengkapi PDF.

Kemudian sensor yang kedua merupakan lensa Telephoto beresolusi 5 Megapixel dengan fitur Macro Lens. Kemudian ada pula lensa Ultra Wide 12 Megapixel dan Depth Sensor 5 Megapixel.

Kamera depan Galaxy A51 pula tidak kalah menarik. Ponsel ini mempunyai kamera depan beresolusi 32 Megapixel yang ditempatkan di bagian tengah layar. Kemampuan kamera depannya akan sangat mumpuni untuk selfie maupun membuat video vlog, karena telah dilengkapi fitur Live Focus.

Baterai Samsung Galaxy A51

Sebagai smartphone yang didesain untuk live generation-daya tahan baterai menjadi aspek yang diperhatikan dengan baik. Galaxy A51 hadir dengan baterai berkapasitas cukup besar, 4.000 mAh. Lengkap dengan kemampuan pengisian daya fast charging 15W.

Fitur Samsung Galaxy A51

  1. Super Steady
    Fitur yang Samsung tonjolkan yakni Super Steady, berguna untuk meredam goyangan saat merekam video. Tetapi fitur ini cuma bekerja pada resolusi 1080p, video 4K tidak didukung.
  2. Live Focus
    Semua kameranya telah dilengkapi fitur Live Focus, sehingga kita dapat bebas mengambil foto bokeh sesuka hati.

Samsung Galaxy A51 vs Samsung Galaxy A70

Kelebihan Samsung Galaxy A51

  • Kamera mumpuni
    Kamera belakang Galaxy A51 ini juga memiliki konfigurasi yang lebih baik. Selain menggunakan lensa 48 MP seperti Galaxy A50s, perangkat ini membawa dukungan lensa ultra-wide 12 MP, lensa makro 5 MP, dan lensa kedalaman 5 MP.
  • Performa memuaskan
    Galaxy A51 juga menawarkan kinerja yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Mengusung Samsung Exynos 9611 yang dikombinasikan RAM sampai 6GB dan penyimpanan 128 GB, perangkat ini nyatanya mempunyai kinerja yang mulus dan dapat dipakai untuk melibas game berat sekalipun.
  • Memiliki fitur NFC
    Tidak ketinggalan pula fitur NFC (Near-field communication) yang membuat kelebihan perangkat ini semakin komplit. Walaupun sekarang masih cukup terbatas kegunaannya, namun fitur ini dapat membantu konsumennya dalam aktivitas keseharian.

Kekurangan Samsung Galaxy A51

  • Kapasitas baterai kurang besar
    Bila kamu merupakan konsumen yang mempunyai aktivitas sangat berat seperti bermain game secara terus menerus, maka baterainya yang cuma berkapasitas 4.000 akan cepat terkuras.
  • Membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya
    Galaxy A51 cuma mendukung pengisian cepat 15 watt saja yang tergolong di bawah pada umumnya smartphone sekarang. Perihal ini mengartikan kalau smartphone membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi daya baterai sampai penuh.
  • Ukuran layar terlalu besar
    Pemakaian layar pada Galaxy A51 ini mempunyai ukuran yang cukup besar dan lebar. Lebar ukuran layar smartphone ini berukuran 6,5 inchi yang secara otomatis perihal ini akan merepotkan konsumen saat akan dibawa kemanapun.

Samsung Galaxy A70

Berbeda dengan ponsel flagship Samsung yang memakai chipset Exynos besutan sendiri ke pasar Tanah Air, Galaxy A70 ini justru tidak. Samsung Galaxy A70 dibekali dengan dapur pacu ciptaan Qualcomm yaitu Snapdragon 675.

Keputusan tak salah, sebab ini merupakan chip 600-seri terbaik dari Qualcomm. Chipset ini memberikan keseimbangan yang amat baik antara kinerja serta daya tahan baterai.

Chipset Snapdragon merupakan prosesor octa-core yang memakai Kryo 460 CPU serta Adreno 612 GPU yang mendukung tampilan gambar menakjubkan dan rendering grafik cepat dengan tenaga yang powerful. Menjadikan pengalaman mobile yang lebih seamless dan mengasyikkan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Kamera Samsung Galaxy A70

Pertama, lensa 32MP untuk menangkap gambar tajam dan jernih. Kedua, lensa Depth 5MP memungkinkan konsumen untuk menyesuaikan kedalaman bidang untuk fokus sebelum dan setelah mengambil gambar sehingga orang bisa memilih apa yang mau mereka tonjolkan.

Ketiga, lensa Ultra Wide 8MP untuk mengabadikan gambar dengan sudut pandang yang luas, seperti sudut pandang mata manusia.

Samsung Galaxy A51 vs Samsung Galaxy A70

Kamera ini pula dibekali dengan fitur Scene Optimizer yang bisa mengidentifikasi serta secara intuitif meningkatkan sampai 20 adegan, menghasilkan yang terbaik dalam apa yang dilihatnya.

Termasuk Flaw Detection yang secara otomatis mengidentifikasi gangguan sebelum mengambil gambar. Fitur ini sebelumnya terdapat di Samsung Galaxy Note 9 dan Samsung Galaxy S10 series.

Baterai Samsung Galaxy A70

Keuntungan dari dimensi yang lebih besar yaitu Samsung sanggup membenamkan baterai yang jauh lebih besar. Baterai 4.500mAh di Galaxy A70 memastikan kalau kita dapat lebih leluasa memakai ponsel ini untuk beraktivitas seharian, bahkan lebih.

Fitur Samsung Galaxy A70

  1. One UI
    Platform antarmuka baru andalan Samsung, One UI, disematkan di Galaxy A70. Antarmuka ini mendukung interaksi yang nyaman dan lebih cerdas termasuk One Handed Navigation. Sehingga interaksi dengan smartphone jadi lebih gampang dikontrol dalam jangkauan satu tangan.
  2. On Screen Fingerprint
    Galaxy A70 mendukung On Screen Fingerprint yang memberikan pengalaman intuitif yang nyaman untuk mengontrol akses ke smartphone tanpa mesti mengubah posisi genggaman. Bukan sesuatu yang esensial, tetapi cukup menarik dan terlihat lebih futuristik.

Kelebihan Samsung Galaxy A70

  • Baterai awet, didukung Super Fast Charging
    Baterai yang dibenamkan pada Galaxy A70 tergolong besar, yaitu 4. 500 mAh. Dengan kapasitas seperti ini, kamu dapat mengandalkan Galaxy A70 untuk menemani aktivitas seharian penuh.
  • Kamera dapat diandalkan di cahaya memadai
    Perlu diketahui kalau secara default, kamera 32 megapixel pada Galaxy A70 akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 megapixel. Hasil jepretannya cukup baik di kondisi cahaya yang ideal. Fotonya tajam, warnanya menggugah selera, serta dynamic range-nya cukup baik.
  • Performa mumpuni untuk bermain game
    Galaxy A70 mengandalkan chipset yang dapat dikatakan cukup bertenaga, yaitu Qualcomm Snapdragon 675 yang ditemani RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Kombinasi yang cukup menarik untuk menunjang segala kebutuhan, termasuk gaming.

Kekurangan Samsung Galaxy A70

  • Tidak dibekali NFC
    Sayangnya dengan harga hampir mencapai 6 juta rupiah, Galaxy A70 tidak dibekali NFC. Fitur yang umumnya mulai dicari khususnya oleh konsumen yang berada di kota besar seperti Jakarta.
  • Kamera belum didukung Night Mode
    Kamera Galaxy A70 sedikit kewalahan ketika diajak menangkap gambar di kondisi low-light. Tidak seperti smartphone masa kini lainnya, Samsung belum mau membenamkan fitur Night Mode di Galaxy A70.
  • Kinerja in-display fingerprint kurang memuaskan
    Fingerprint sensor pada smartphone ini kurang nyaman dipakai karena responnya kurang cepat dan terkadang gagal mendeteksi. Pengalamannya jelas belum sebanding sensor sidik jari konvensional. Bahkan bila dibandingkan dengan smartphone lain yang juga mempunyai sensor di dalam layar, kualitas sensor Galaxy A70 sedikit tertinggal.
SpesifikasiSamsung Galaxy A51Samsung Galaxy A70
Panel layar Super AMOLED Super AMOLED
Resolusi1080 x 2340 pixels 1080 x 2400 pixels
ChipetExynos 9611 (10nm) Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
ProcessorOcta-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
GPUMali-G72 MP3 Adreno 612
Harga per Februari 2020Rp 4.099.000,- Rp 4.830.000,-

Pilih Mana: Samsung Galaxy A51 vs Samsung Galaxy A70

Samsung Galaxy A51Samsung Galaxy A70
Kelebihan- Kamera mumpuni - Performa memuaskan - Memiliki fitur NFC - Baterai awet, didukung Super Fast Charging - Kamera dapat diandalkan di cahaya memadai - Performa mumpuni untuk bermain game
Kekurangan - Kapasitas baterai kurang besar - Membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya - Ukuran layar terlalu besar - Tidak dibekali NFC - Kamera belum didukung Night Mode - Kinerja in-display fingerprint kurang memuaskan

Kesimpulan

Setelah membahas Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A70 tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini cocok untuk kamu yang hobi bermain game. Pastinya terdapat beberapa kekurangan yang ada di dalamnya, namun tidak berarti kedua smartphone ini tidak worth untuk dibeli kok. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A51 vs Samsung Galaxy A70

VS

Leave a Reply